cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm_stmik@royal.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL GLOBAL EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 2597873X     EISSN : 26145588     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Global Edukasi (JGE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 231 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Nurmalawati, Nurmalawati
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.155 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this class action research is to improve the ability to comprehend the content of reading and reading quickly by paying attention to correct punctuation and intonation through the Make a Match learning model with the subject matter of reading drama script in Indonesian lesson. The subject of this research is the students of class IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat. The results showed that the results of the learning process after research efforts to improve the ability to understand the contents of reading and reading quickly by paying attention to punctuation and correct intonation through the method make a match with the subject matter of reading drama script on Indonesian Language lessons reached an average of 78.28 on cycle I. After motivated the research done through cycle II average value to 84.06. Learning outcomes in the first cycle reached a classical learning completeness of 76.72% after cycle II was done reflection and the completion of classical learning achievement reached 85.7%. Thus it can be concluded that the application of Make A Match learning model can improve the ability to comprehend the content of reading and reading quickly by paying attention to punctuation and correct intonation on the subject matter of reading drama script in Indonesian lesson on the students of class IX SMPN 1 Pulau Rakyat. Keyword: make a match, speed reading, punctuation, intonation Abstrak: Tujuan penelitia tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan dan membaca cepat dengan memperhatikan tanda baca serta intonasi yang benar melalui model pembelajaran Make A Match dengan materi pokok membaca naskah drama pada pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Pulau Rakyat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil proses belajar setelah penelitian upaya meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan dan membaca cepat dengan memperhatikan tanda baca serta intonasi yang benar melalui metode make a match dengan materi pokok membaca naskah drama pada pelajaran Bahasa Indonesia mencapai nilai rata-rata 78,28 pada siklus I. Setelah termotivasi dilakukan penelitian melalui siklus II nilai rata-rata menjadi 84,06. Hasil belajar pada siklus I mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,72% setelah siklus II dilakukan refleksi dan rekomendasi ketuntasan belajar klasikal mencapai 85,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan dan membaca cepat dengan memperhatikan tanda baca serta intonasi yang benar pada materi pokok membaca naskah drama pada pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX SMPN 1 Pulau Rakyat. Kata kunci: make a match, membaca cepat, tanda baca, intonasi
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament Polem, Yusnidar
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.633 KB)

Abstract

Abstract: This research was conducted in SMP Negeri 5 Gunungsitoli. This study aims to determine the use of learning model Team Game Tournament (TGT) can improve student learning outcomes in class VII-A SMP Negeri 5 Gunungsitoli. The subject of this research is the students of class VII-A with the number of students 38 people. From the research results obtained after learning carried out the action has increased, ie in cycle I average value 63.8 with 62.2% complete learning. In cycle II the average grade value increased to 70.4 with learning completeness 80.6%. Can be concluded through the learning model team tournament game can improve student learning outcomes in class VII-A SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Keyword: team game tournamnet Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-A SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dengan jumlah siswa 38 orang. Dari penelitian diperoleh hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 63,8 dengan ketuntasan belajar 62,2%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,4 dengan ketuntasan belajar 80,6%. Dapat disimpulkan melalui model pembelajaran team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-A SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Kata kunci: Team Game Tournament
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pariani, Pariani
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.345 KB)

Abstract

Arikuto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hamid, A.I. & Ichas, T.T. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara Riyana, C. & Susilana, R. 2006. Media Pembelajaran, Bandung: Wacana Sapriya, 2009. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press. Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Tim Pustaka Yustisia Sardiman, A.M. 2005. Inetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83-90. Sapta, A. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diberi Umpan Balik Berupa Angka Saja Dengan Umpan Balik Berupa Angka Disertai Komentar. AGMASU Research, 1(1), 85-92. Sapta, A. PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER. Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79. Sumarni,S. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada Syaripudin, T. & Kurniasih. 2008. Pedagogik Teoritis Sistematis. Bandung: Percikan Ilmu. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group. Wiriaatmaja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya Witarsa, dkk. 2010. Ilmu Pengetahuan Sosial Bilingual, Bandung: Yrama Widya
Peningkatan Daya Layan Sekolah dan Pembelajaran Dengan Layanan Google Situmorang, Sudirman
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 6 (2018): Juni 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.296 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to integrate Google services to improve school service capacity, namely school management and learning carried out by teachers. Google services that are applied in this best practice are Gmail, Google Drive, Google Calendar, and Google Classroom. This research was carried out in Simanindo 4 Public Middle School in the 2015/2016 learning year. From the results of implementing this Google Service, obtained an increase in school management and learning services, namely (1) the average knowledge and competence about Google services is sufficient, and (2) the cumulative percentage of service descriptions, namely (a) not good 18.80 %, (b) good enough 65.35%, (c) good (24.52%), and (d) very good (10.13%). Keywords: Google services, management, schools, learning Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah pengintegrasian layanan Google untuk meningkatkan daya layan sekolah yaitu pengelolaan sekolah dan pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru. Layanan Google yang diaplikasikan dalam praktik terbaik ini adalah Gmail, Google Drive, Google Calendar, dan Google Classroom. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Simanindo pada tahun pembelajaran 2015/2016. Dari hasil penerapan ini Layanan Google, diperoleh peningkatan daya layan pengelolaan sekolah dan pembelajaran yaitu (1) rata-rata pengetauan dan kompetensi tentang layanan Google adalah cukup, dan (2) rata-rata persentase kumulatif dari deskripsi layanan yaitu (a) kurang baik 18.80%, (b) cukup baik 65.35%, (c) baik (24.52%), dan (d) sangat baik (10.13%). Kata kunci: layanan Google, pengelolaan, sekolah, pembelajaran
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Koto, Erniwati
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 2, No 1 (2018): Agustus 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.335 KB)

Abstract

Abstract: The subjects of this study were 30 students in grade 3 Semester II of Academic Year 2017/2018, consisting of 21 male students and 9 female students. The results of the learning evaluation from the pre cycle, cycle I and cycle II always increase and it can be seen from the percentage of students who complete in learning at the time of the pre cycle there is 30%, then the first cycle there is 60% and the second cycle there is 93.3%. From the results of the second cycle as a whole, it can be stated that classroom action research carried out in SD Negeri 074045 Saewe, Gunungsitoli South Gunungsitoli Subdistrict, academic year 2017/2018 has succeeded in achieving a predetermined success indicator of 85%. Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Learning Abstrak: Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 30 anak, yang terdiri dari 21 siswa laki- laki dan 9 siswa perempuan. Hasil evaluasi pembelajaran dari pra siklus, siklus I dan siklus II selalu meningkat dan itu dapat dilihat dari prosentase siswa yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran pada waktu pra siklus ada 30%, kemudian siklus I ada 60% dan siklus II ada 93,3%. Dari hasil pada siklus II secara keseluruhan maka dapat dinyatakan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 074045 Saewe Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018 telah berhasil mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 85%. Kata kunci: Hasil Belajar, Jigsaw Learning
Penerapan Model Pembelajaran Outentic Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Simangunsong, Rugun
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.761 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve science learning outcomes by applying Outentic Learning learning model on Organ and Human Animal Body material. Subjects in this study were students of grade V SD Negeri 014691 Serdang district Meranti academic year 2016/2017. The results obtained by the learning process after the research apply the Outentic Learning model to improve the learning outcomes of Natural and Organ Veterinary Science materials reaches an average value of 77.2 in cycle I after motivated in cycle II the average score reaches 84.8 means there is an increase of 7.6. Completeness of learning outcomes in the first cycle reached an average value of 74.7% after reflection and recommendation in cycle II reached 88% means there is an increase of 11.3%. It can be concluded that the application of Outentic Learning learning model can improve the learning outcomes of science on human and animal organ materials in grade V students SDN 014691 Serdang district Meranti academic year 2016/2017. Keywords: Outentic Learning, organs Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Outentic Learning pada materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 014691 Serdang kec. Meranti tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian diperoleh hasil proses belajar setelah penelitian menerapkan model Outentic Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan mencapai nilai rata-rata 77,2 pada siklus I setelah termotivasi pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,8 berarti ada peningkatan sebesar 7,6. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,7% setelah refleksi dan rekomendasi pada siklus II mencapai 88% berarti ada peningkatan sebesar 11,3%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Outentic Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V SDN 014691 Serdang kec. Meranti tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Outentic Learning, organ tubuh
Upaya Memotivasi Semangat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Integreted Reading and Composition Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Yetti, Yetti
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.886 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to increase the motivation of students' learning spirit through integrated learning and composition learning model in Indonesian Language lesson. Subjects in this study were the seventh grade students of SMP Negeri 1 Aek Kuasan kab. Asahan which amounts to 37 students. From the results of the assessment on the learning activities of students cycle I is 62% increase to 86% in cycle II students actively follow the learning efforts to motivate the spirit of student learning in reading and writing quickly through the learning model Integreted Reading and Composition on Indonesian lessons. It can be concluded that through integrated learning and composition learning model can increase the motivation of students' learning spirit in reading and writing fast in Indonesian lesson. Keywords: integrated reading and composition, reading, writing Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan motivasi semangat belajar siswa melalui model pembelajaran integrated reading and composition pada pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Kuasan kab. Asahan yang berjumlah 37 siswa. Dari hasil penilaian pada aktivitas belajar siswa siklus I terdapat 62% meningkatkan menjadi 86% pada siklus II siswa aktif mengikuti pembelajaran upaya memotivasi semangat belajar siswa dalam membaca dan menulis cepat melalui model pembelajaran Integreted Reading and Composition pada pelajaran Bahasa Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran integrated reading and composition dapat meningkatkan motivasi semangat belajar siswa dalam membaca dan menulis cepat pada pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: integrated reading and composition, membaca, menulis
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Model Pembelajaran TGT Daulay, Pangihutan
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.919 KB)

Abstract

Abstract: This classroom action research is conducted by researchers with activities consisting of 2 (two) cycles by applying the Team Games Tournament learning model in an effort to improve the learning result of speaking in English. For this research done in class IX SMP Negeri 3 Stabat by choosing action class, that is class IX1 with amount of student 30 people. The average score of students before the implementation of the action is 60.00 is below the KKM value. After the action done on the first cycle the average value of student learning outcomes rose to 66.30. Then on the second cyclical that after the implementation of the action as a reflection of cyclical I the average value of student learning outcomes rose to 73.25. Student's complete action before action is 62,5%, after action in cycle I goes up to 75% and in cycle II goes up to 91%. Keywords: team games tournament, talking Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilakukan oleh peneliti dengan kegiatan yang terdiri dari 2 (dua) siklus dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk ini dilakukan penelitian di kelas IX SMP Negeri 3 Stabat dengan memilih kelas tindakan, yaitu kelas IX1 dengan jumlah siswa 30 orang. Nilai rata-rata siswa sebelum dilaksanakannya tindakan adalah 60,00 berada di bawah nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 66,30. Kemudian pada sikluas II yaitu setelah dilaksanakannya tindakan sebagai refleksi dari sikluas I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 73,25. Tindakan ketuntasan belajar siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 62,5%, setelah tindakan pada siklus I naik menjadi 75% dan pada siklus II naik menjadi 91%. Kata kunci: team games tournament, berbicara
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Haryani, Ismik
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 5 (2018): April 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.724 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know the description of students' learning motivation after receiving group guidance service, and to know whether the learning motivation can be improved through group guidance service. The subjects of this study are 10 students of class VII-6 SMP Negeri 6 Kisaran consisting of 8 students motivated to learn low and 2 students who have high learning motivation, in order to happen group dynamics. Data collection methods used were interview, learning motivation scale and observation. While the technique of data analysis using descriptive analysis percentage and qualitative. The results showed that the motivation of student learning before getting treatment in the form of group guidance, amounting to 44.4% low category. After being given group guidance services on the first cycle, students' learning motivation increased to a moderate category of 65%. While on the second cycle students' learning motivation continues to increase to a high category with the acquisition of 74%. This indicates that group counseling services can improve the motivation of learning in grade VII-6 students in SMP Negeri 6 Kisaran. Keywords: motivation, group guidance Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok, dan untuk mengetahui apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Subyek penelitian ini yaitu 10 siswa kelas VII-6 SMP Negeri 6 Kisaran yang terdiri atas 8 siswa bermotivasi belajar rendah dan 2 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, agar terjadi dinamika kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, skala motivasi belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif persentase dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok, sebesar 44,4% kategori rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sedang sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan sebesar 74%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 6 Kisaran. Kata kunci: motivasi, bimbingan kelompok
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay Fathonah, Fathonah
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 2, No 1 (2018): Agustus 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.399 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research in general aims to improve the quality of learning for fourth grade students at SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut. specifically aims to: 1. Efforts to Improve Learning Outcomes Through Course Review Horay Learning Methods Environmental Material Around Indonesian Language Class IV Students SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut district Kota Kisaran Timur academic year 2017/2018; 2. Describe the management of Indonesian language learning by teachers; This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. This classroom action research was conducted in class IV of SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut, which consisted of 38 students. The subjects of this study were grade IV teachers and fourth grade students at SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut, data were collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keyword: Course Review Horay Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas IV SD NEGERI 018453 Siumbut-Umbut. secara khusus bertujuan untuk : 1. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melaui Metode Pembelajaran Course Review Horay Materi Lingkungan Sekitar Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD NEGERI 018453 Siumbut-Umbut Kec. Kota Kisaran Timur TP. 2017/2018; 2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Bahasa Indonesia oleh guru ; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SD NEGERI 018453 Siumbut-Umbut yang berjumlah 38 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD NEGERI 018453 Siumbut-Umbut, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Course Review Horay

Page 1 of 24 | Total Record : 231