cover
Contact Name
Bahrun ALi Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala : Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial
ISSN : 25809385     EISSN : 25810197     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Cakrawala invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education Management, Islam, Muslim society, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, Learning, philosophy, theology, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019)" : 7 Documents clear
PENDEKATAN DAN PENGKAJIAN PENDIDIKAN ISLAM DALAMPERSPEKTIF FILSAFAT Daimah ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.506 KB)

Abstract

Philosophical thinking can be used in understandingreligious teachings, with the intention that wisdom, essenceor essence of religious teachings can be understood andunderstood carefully. Quoted from his book, according toPiter Connolly There are five philosophical positions asapproaches to Islamic studies. First, philosophy as religion,that is by reflecting on the nature of the highest reality ofGod's goodness. Second, philosophy as a servant of religion,namely reflection gives knowledge of God. Third, philosophyas a space maker for faith. Fourth, philosophy as a study ofanalysis of religion, and fifth is philosophy as a study ofreasoning used in religious thought.
KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL UJUD SUPRIAJI
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.107 KB)

Abstract

Dalam rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Kecerdasan Spiritual sangatberperan didalam dunia pendidikan karena sesungguhnya dalam hidup ini tidak hanyadibutuhkan Cerdas intelektual saja yang bersifat logis,realistis akan tetapi jugadibutuhkan sebuah spirit semangat untuk berketuhanan , bahwa menyadari betul hidupkita ini ada yang mengendalikan mengatur dan menetapkan yaitu Alloh SWT, kita jugaharus menyadari betul bahwa setiap prestasi, dan sebuah pencapaian besar karenakehendaknya , sehingga manusia hanya mampu berusaha dan momohon , berdoakepada Alloh SWT yang dalam hal ini merupakan Implementasi Pendidikan Spiritualpada setiap individu yang hidup di dunia ini , sehingga setiap prestasi pencapaian besarpasti diiringi dengan sejauhmana tingkat usaha dan spiritual orang tersebut. Penelitianini bertujuan mendeskripsikan proses pendidikan spiritual , mendeskripsikan apakahimplementasi pendidikan spiritual quetiont di mts padureso dapat meningkatkanprestasi madrasah,dan mendeskripsikan problem yang muncul dan apa solusinya. Darihasil penelitian ada beberapa kesimpulan diantaranya: bahwa terdapat perbedaankondisi yang sangat signifikan antara sebelum dilaksanakan pendidikan spiritual dansetelah implementasi pendidikan spiritual quetiont dengan adanya bukti-bukti validyang peneliti temukan terdapat perubahan sikap yaitu setelah merutinkan PendidikanSpiritual baik Guru dan siswa menjadi lebih tenang hatinya, sikap jujur, disiplin,semakin hari semakin meningkat. Walaupun terdapat Problem penghambat pelaksanaanImplementasi Pendidikan Spiritual quotiont khususnya diawaal pelaksanakan yaitupeserta didik masih sulit diatur dan sehingga ketertiban belum terwujud dengan baik,namun seiring waktu dengan solusi penerapan tata tertib yang diiring pengawasan guruyang inten sehingga lama-lama anak muncul kesadaran sendiri tanpa paksaan darimanapun untuk melaksanakan pendidikan spiritual quetiont.
EVALUATING ENGLISH TRAINING PROGRAM FOR THE LOCAL PEOPLE OF KAMPUNG NG INGGRIS KEBUMEN BASED ON CIPP Hastri Firharmawan; Alek Andika
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.888 KB)

Abstract

Evaluating a program is an important process by which program administrators cansee the program effectiveness and make right decision about the program. This studywas to evaluate the effectiveness of the English training program for the local people ofKampungInggrisKebumen (KIK) at Jatijajar village, Ayah, Kebumen. The evaluationwas conducted qualitatively by using CIPP evaluation model which focused onevaluating contexts, inputs, processes, and products of the program. The researchinvolved the students, the tutors, and the chief of the program. Data were obtainedthrough observation, in depth interview, and analysis of the documents gained. Thedata were analyzed through four steps, namely: 1) Data collecting, 2) Data reducing,3) Data serving; and, 4) Concluding or verifying. Data sources triangulation was usedfor data validating. The research discovered that the program was ineffective due tofour main factors. First, the context of teaching-learning was less supportive to theprogram success. Second, the inputs were in lack of quality. Third, the teachinglearningprocess did not show good teaching practices. Fourth, the course products didnot reflect the program goals.This proves Dunkin’s and Biddle’s theory (1974) thatcontext, presage, process, and product variables are interrelated to affect the successof teaching-learning for a course program.
Politik dan Pendidikan Nahdlatul Ulama Nur Rohmah Hayati
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.729 KB)

Abstract

Ditengah perubahan dunia yang terjadi, NU perlu melihat peluang dan tantangan .tantangan terbesar adalah pasar bebas yang sedang menyerang Indonesia, dalamberbagai bentuk, bagaimanapun juga tatanan dunia tidak lagi uni polar tetapi sudahmulai cenderung multipolar. Peluang dan tantangan tersebut dimanfaat, Banyak yangberfikir NU dan banyak yang mengatakan disisi internal NU hanya mampumengirimkan orang dalam cabinet untuk mengisi posisi agama, namun di era presidenJokowi NU mendapatkan perhatian lebih karena terdapat.Sederetan mentri NU di EraPresiden Jokowi. Kesadaran bahwa NU telah mengalami stagnasi yang bisamembahayakan perjalanan NU dan eksistensinya kedepan, NU perlu melakukan upayaupayapembaharuan diantaranya : Pertama, dari segi system penyelenggaraanpendidikannya yang hanya mengandalkan kajian-kajian yang bersumber pada kajiankitab tradisional harus disesuaikan dengan tuntutan paradigm modernisasi. Kedua, darisisi manajemen mulai dari pesantren hingga organisasi, karena menurut kelompokprogresif kelompok tradisional yang jumlahnya banyak bisa dikalahkan oleh kelompokkecil yang manajemennya bagus. Ketiga, persentuhan NU dengan dunia luar tidak bisadi hindari lagi dengan cara-cara defensive, melainkan sebaliknya harus dilihat sebagaikondisi objektif yang harus dihadapi dengan melakukan berbagai upaya penyesuaiandalam NU sendiri
INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI ERA INDUSTRI 4.0 Rahmat Joko Nugroho
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.587 KB)

Abstract

Inovasi pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar yang selalumenghadirkan sesuatu yang baru sehingga mampu menghilangkan rasa jenuh danbosan. Pembelajaran inovatif selalu menhadirkan sesuatu yang baru dalam setiapelemen-elemen pendidikan mulai dari aspek strategi guru, bahan perangkat danbeberapa elemen penting lainya. Proses pembelajaran di sekolah, Universitasmerupakan inti dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya.Dalam proses pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalamanbelajaruntuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran inovatif adalahpembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebihmemberikan peluang kepada siswa/mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuansecara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediatedinstruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik.Pendidikan karakter (character education) saat ini menjadi perhatian yang begitupenting dalam sistem pendidikan di Indonesia.Hal ini sesuai dengan Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, yang menyebutkanbahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentukkarakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskankehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertuan untuk berkembangnya potensipeserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YangMaha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.Penulisan ini mempunyai tujuan : (1) menjelaskan tentang pembelajaran menjelaskanpenanamkan nilai-nilai karakter melalui inovasi pembelajaran konstektual, (2)menjelaskan konsep penanaman pendidikan karakter melalui inovasi pembelajarankuantum (3) menjelaskan penanamkan nilai-nilai karakter melalui inovasipembelajaran berbasis kompetensi (4) menjelaskan konsep pembelajaran di eraindustry 4.0
IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN KINERJA MELALUI BALANCE SCORECARD Ujang Cepi Barlian; Eliyanto ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.526 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi sistem pengendalianmanajemen melalui Analisis Balance Scorecard, melalui struktur sistem pengendalianmanajemen, dan melalui proses sistem pengendalian manajemen. Pendekatan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah explanative research. Rancangan analisis untukmenguji hipotesis dilakukan dengan pengujian secara simultan dengan menggunakanteknik analisis Regresi Sederhana. Hasil pengolahan data melalui analisis statistikdengan analisis regresi sederhana dengan langkah-langkah pengolahan dimaksud di atasdan setelah melalui pengujian secara rinci dengan uji signifikansi, selanjutnya dibuatsuatu pembahasan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kesimpulan atas hasilpenelitian yang dilakukan. Penelitian ini menunjukkan dua temuan. Pertama, Sistempengendalian manajemen sangat berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Kedua, BSCsangat diperlukan dalam sistem manajemen baik di organisasi pemerintah maupun nonpemerintah/swasta.
MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH TPQ MIFTAHUL HUDA, KRAKAL ALIAN Bahrun Ali Murtopo; Syifa Maulana
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.268 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v3i1.117

Abstract

Research in an Islamic educational institution about management is very important to know and understand the concepts and principles and functions of management. Research conducted at TPQ Miftahul Huda Krakal, Alian, Kebumen is an old educational institution, but only recently legalized recently. Specifically the research emphasizes the concept of planning until its implementation. With this research is expected we will know how a management concept in Islamic educational institutions planned until the implementation. This research is qualitative and quantitative by using method of interview, documentation, and observation. The results of research in TPQ Miftahul Huda began to show a pretty good development, although there are some parts of infrastructure facilities are lacking, but it does not reduce the spirit to continue to implement learning. Kayword: Management, Madrasah, Diniyah

Page 1 of 1 | Total Record : 7