cover
Contact Name
Bahrun ALi Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala : Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial
ISSN : 25809385     EISSN : 25810197     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Cakrawala invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education Management, Islam, Muslim society, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, Learning, philosophy, theology, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020)" : 14 Documents clear
EVALUASI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP EKSISTENSI MADRASAH DINIYAH Rois Luthfi
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.914 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.186

Abstract

Abstrak Full Day School merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Mendikbud Muhadjir Efendy dengan adanya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Dengan keluarnya permendikbud ini maka sekolah yang asalnya enam hari menjadi lima hari dengan ketentuan delapan jam pelajaran setiap harinya. Yang asalnya kegiatan belajar mengajar dari pagi sampai siang, maka dengan adanya kebijakan ini kegiatan belajar mengajar menjadi pagi sampai sore hari. Tidak sedikit masyarakat yang menanggapi negatif dari kebijakan full day school ini. Mereka menganggap bahwa full day school dapat mematikan kegiatan sekolah sore / sekolah keagamaan / madrasah diniyah. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa kebijakan ini akan membuat para siswa kurang bersosial dengan masyarakat. Dan masih banyak permasalahan lainnya. Dengan adanya tanggapan negatif masyarakat tersebut, maka kebijakan ini perlu adanya evaluasi. Yaitu dengan mempertanyakan kembali bagaimana sebenarnya proses pelaksanaan full day school ini?, apakah semua sarana-prasarana di sekolah-sekolah sudah memadai?, bagaimana dengan para siswa yang rumahnya jauh dari sekolah? Bagaimana dengan para siswa yang sore harinya harus mengaji di pondok pesantren atau madrasah diniyah?, dan lain-lain. Hasil akhir dari evaluasi ini adalah revisi kebijakan atau bahkan penghapusan kebijakan. Kata Kunci : full day school, pro dan kontra, madrasah diniyah, evaluasi
implementasi mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa madrasah ibtidaiyah miftakhul falah kedu temanggung Lubna Handayani
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.066 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.188

Abstract

Assalamualaikum wr.wb Yth, redaktur journal IAINU Kebumen, saya lubna handayani dari STAINU Temanggung mengirimkan jurnal dengan judul Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftakhul Falah Kedu Temanggung, saya berharap agar dapat dimuat pada jurnal IAINU Kebumen, urnal ini murni dari penelitian saya, tidak ada unsur plagiasi, tidak ada unsur dari pihak lain dan jurnal ini murni saya kirimkan pada jurnal IAINU Kebumen dan belum pernah saya kirimkan pda jurnal yang lain terima kasih wassalamualaikum wr.wb
GAWAI DAN IBU MUDA : STUDI POLA ASUH IBU MUDA PADA ANAK DI DUSUN KARANGANYAR m muadi
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.734 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.190

Abstract

Media soaial merupakan sumber informasi yang bisa mengubah segala hal sisikehidupan manusia. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang merambah kaum hawa khususnya ibu muda. Dikalangan ibu muda media sosial diangap unggul didalam kecepatan interaksi segala informasi bisa dengan mudah didapatkan. Tidak hanya itu, media sosial juga sebagai ruang khusus untuk para ibu muda berbagi pengalaman. Bahkan tidak sedikit yang kemudian menganggapnya sebagai label kekinian demi menjaga gengsi. Pandangan masyarakat melihat perempuan yang masih didominasi dalam segala hal oleh laki-laki. Buat perempuan media sosial menjadi sarana untuk membuktikan bahwa perempuan bisa mengaktualisasi diri mereka dengan baik. Sehingga ketimpangan sosial terhadap laki-laki bisa teratasi, perempuan yang aktif dalam media sosial dan tidak adanya kontrol secara langsung yang diberikan oleh orang tua, terdapat upaya kontrol yang diberikan dari orang tua. Dalam membatasi perilaku pemain gawai yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dimasyarakat.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 17 PURWOREJO Muhamad Churdaini
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.911 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.208

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen berbasis sekolah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Impelentasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 17 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan: (1) Otonomi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP N 17 Purworejo sudah berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (2) Partisipasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP N 17 Purworejo yaitu dengan melibatkan seluruh stakeholder sekolah terkait. Partisipasi dilakukan dalam kegiatan perencanaan, penetapan kebijakan, maupun dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP N 17 Purworejo berjalan dengan baik. Kepala sekolah mampu melaksanakan perannya sebagai leader dan manajer secara seimbang. (4) Kerja tim sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikandi SMP N 17 Purworejo yaitu dilakukan dengan kekompakan dan kebersamaan yang kuat, sehingga mampu mengatasi persoalan secara optimal.
MANAJEMEN MUTU SMK MA’ARIF NU 1 BENER PURWOREJO DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT eliyanto .,; Agus Muzamil
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.791 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.209

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen mutu sekolah. Sehubungandengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Mutu SMKMaarif NU 1 Bener Purworejo dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan KepercayaanMayarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan datamenggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empatkesimpulan: (1) Perencanaan SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam meningkatkanmutu pendidikan dan kepercayaan masyarakat yaitu: Pertama, Penetapan standar mutu,yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Kedua, Pemetaan mutu, yangdidasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah dan SNP (Standar Nasional Pendidikan).Ketiga, Penyusunan rencana pemenuhan mutu. (2) Pelaksanaan SMK Maarif NU 1 BenerPurworejo dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kepercayaan masyarakat dilakukanmelalui pemenuhan Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, StandarPendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan,Standar Penilaian Pendidikan, Standar Pembiayaan. Selanjutnya, seluruh komponensekolah juga memiliki komitmen tinggi dalam pelaksanaan pemenuhan mutu tersebut. (3)Evaluasi SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam meningkatkan mutu pendidikan dankepercayaan masyarakat dilakukan melalui Evaluasi Diri Sekolah. Pada tahap ini, sekolahmenyusun instrumen evaluasi kemudian membentuk tim pelaksana evaluasi. (4) TindakLanjut SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam meningkatkan mutu pendidikan dankepercayaan masyarakat dilakukan sebagai suatu siklus yang berkelanjutan, yaitu melalui:Corrective Action, tindakan perbaikan ini dilakukan jika hasilnya tidak mencapai apa yangtelah ditargetkan; dan Standardization Action, tindakan perbaikan ini dilakukan jikahasilnya mencapai target yang telah diteta
MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PAI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI BERAKHLAKUL KARIMAH DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO Zaenatun Sururiyah
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.037 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.210

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasari oleh pentingnya akhlakul karimah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran PAI dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah di SMK N 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAI dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah di SMK N 3 Purworejo dilakukan sebelum pembelajaran awal tahun dimulai. Dalam hal pembuatan perangkat mengajar, para guru membuat persiapan dengan membuat Program tahunan, Program semester, Silabus dan RPP menyesuaikan dengan materi dan arahan kepala sekolah. (2) Para guru mata pelajaran PAI di SMK N 3 Purworejo telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan kalender pendidikan, jadwal yang telah ditentukan, dan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. (3) Para guru yang mengajar PAI melaksanakan penilaian terhadap keberhasilan pembelajaran PAI dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah di SMK N 3 Purworejo dengan beberapa cara, di antaranya adalah dengan adanya ujian/test tertulis (penilaian harian dan akhir semester) dan penilaian sikap/akhlaq siswa dalam kehidupan sehari-hari. Standar yang dijadikan sebagai alat ukur penilaian keberhasilan santri dalam belajar pembelajaran PAI adalah perubahan sikap santri dan praktiknya dalam bersikap, berbicara, bertingkah laku, dan perubahan sikap santri terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari. (4) Setiap guru PAI melakukan tindak lanjut pembelajaran dengan melaporkan hasil pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang diampu kepada kepala sekolah. Pelaporan hasil pembelajaran dilakukan setiap semester. Hasil pembelajaran yang berupa penilaian akan direkap dan dilaporkan baik secara lisan maupun secara tertulis. Hasil pembelajaran juga disampaikan oleh para wali kelas secara langsung kepada orang tua/wali siswa pada saat pengambilan buku laporan hasil belajar.
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 02 PURWOREJO Hodin ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.127 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.211

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 02 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan: (1) Otonomi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Purworejo dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sudah berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (2) Partisipasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu sekolah selalu melibatkan komite sekolah dalam merencanakan dan menetapkan kebijakan, komite sekolah pun berperan aktif dalam membantu penyelanggaraan pendidikan di sekolah dalam kapasitasnya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung program, pengontrol, dan bahkan mediator. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat efektif dalam mengelola sarana prasarana yang ada dan bila ada yang kurang lengkap segera berusaha melengkapi agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal. (4) Tim kerja sekolah melaksanakan tugas sebagai tim pengembang sekolah yaitu dengan memberikan masukan kepada sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan, melaksanakan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan guru, membuat perencanaan pengembangan sekolah dan membuat laporan pelaksanaan tugas.
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN GENERASI BERAKHLAKUL KARIMAH DI SMP NEGERI 4 PURWOREJO Dukhri Muhamad
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.96 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.212

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya akhlakul karimah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah di SMP Negeri 4 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai dan moralitas dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah di SMP Negeri 4 Purworejo dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan karyawan dan seluruh warga sekolah. Guru mengintegrasikan karakter melalui RPP pembelajaran dan melalui kegiatan ektra kurikuler sekolah, pemberian motivasi. (2) Pemodelan Nilai-Nilai dan Moralitas dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah dilakukan oleh kepala sekolah semua guru dan karyawan serta orang tua. Mereka menyadari bahwa perilakunya menjadi model bagi anak didiknya. Oleh karena itu semua warga sekolah senantiasa berhati hati dalam bertingkah laku dan bertutur kata dihadapan Peserta didik di sekolah. (3) SMP Negeri 4 Purworejo memfasilitasi nilai-nilai dan moralitas dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah. Sekolah memberikan kesempatan peserta didik untuk mengatasi masalah berkaitan dengan kegiatan sekolah. Kepala sekolah, guru karyawan senantiasa mendengarkan dengan sungguh-sungguh keluhan, saran peserta didik. Guru melibatkan peseta didik secara langsung sehingga berpengaruh terhadap karakter peserta didik. (4) Pengembangan nilai dan literasi moral dalam mewujudkan generasi berakhlakul karimah dilakukan SMP N 4 Purworejo untuk memberikan keterampilan berfikir kritis, kreatif, dan berkomunikasi dengan jelas. (5) Pengembangan program pendidikan nilai untuk mewujudkan generasi berahlakul karimah yang dilakukan SMP N 4 Purworejo yaitu dengan memasukkan dalam pembelajaran ekstra kurikuler.
MANAJEMEN BALANCE SCORECARD DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KB MUSLIMAT NU NUR IKHLAS DESA BOJONGSANA KECAMATAN SURADADI KABUPATEN TEGAL Muksin .
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.658 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.213

Abstract

Manajemen balance scorecard dapat membantu proses pendidikan yang memuat sistem manajemen peningkatan mutu berkelanjutan dan dengan keseimbangan pengelolaan disetiap unit. Dalam Penerapannya di dunia pendidikan mempunyai empat perspektif, perspektif keuangan, pelanggan, proses, dan pembelajaran / pertumbuhan. Sehingga perlu dikaji dan diadakan penelitian (research), tentang manajemen balance scorecard sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kelompok Belajar (KB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (explanatory) manajemen BSC yang dilaksanakan oleh KB Muslimat NU Nur Ikhlas, termasuk di dalamnya mendeskripsikan sumber-sumber pendukung yang dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari segi mutu pendidikan yang diraih KB Muslimat NU Nur Ikhlas relatif lebih baik untuk tingkat PAUD yang belum lama berdiri. (1) Perspektif Balanced ScoreCard yang diterapkan untuk organisasi/lembaga non profit seperti di KB Muslimat NU Nur Ikhlas ini mengharuskan untuk dimodifikasi. Jika pada organisasi profit untuk perspektif finansial adalah kas masuk dan modal kerja, maka untuk organisasi non profit fokus utama bukan pada pencapaian finansial, tetapi pada pencapaian tujuan yang terfokus pada pelanggan, dalam konteks organisasi pemerintah adalah masyarakat, maka layanan publik harus diberikan pada tingkat biaya yang kompetitif dan efisien. (2) Dalam dunia usaha, apapun usahanya termasuk usaha dalam jasa pendidikan yaitu Kelompok Belajar (KB), agar sukses dalam usahanya maka harus memberikan kepuasan kepada pelanggannya, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal. (3) Kemampuan mendidik dan melatih yang dimiliki guru berbeda-beda sehingga diperlukan satu upaya untuk membantu para guru dalam menemukan strategi dan metode yang pas dalam pembelajaran sehingga dapat menjamin perbaikan mutu dan memecahkan persoalan pembelajaran masing-masing. (4) Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan tujuan strategi mengembangkan kreativitas guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang berkualitas dan terjangkau dapat diukur dengan meningkatnya kreativitas guru dan bervariasinya metode yang digunakan dalam pembelajaran (outcome), serta dilihat dari rasio murid: guru serta rasio alat peraga : murid.(pengendalian mutu).
MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PADA PESERTA DIDIK DI PAUD IT ALHAMDULILLAH YOGYAKARTA AULIA LAILY RIZQINA
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 1 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.922 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i1.214

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen ekstrakurikuler pada peserta didik di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler yang dilaksanakan di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta. Tulisan ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di PAUD IT Alhamdulillah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler di PAUD IT Alhamdulillah dilaksanakan setiap hari. Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap hari, yaitu: drumband, melukis, dan menari. Manajemen ekstrakurikuler dilaksanaka juga dimulai dari tahap perencanaan, pemgorganisasiaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 14