cover
Contact Name
Bahrun ALi Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala : Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial
ISSN : 25809385     EISSN : 25810197     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Cakrawala invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education Management, Islam, Muslim society, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, Learning, philosophy, theology, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020)" : 15 Documents clear
Strategi Manajemen Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di SMK Ma’arif 9 Kebumen Agus Nur Soleh .
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.243

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini merupakan hasil penelitian kolaboratif tentang Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Covid-19 di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan pembelajaran pada masa covid-19. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah (1) Bagaimana manajemen kurikulum dan pembelajaran pada masa covid-19 di SMK Ma'arif 9 Kebumen? (2) Bagaimana hasil analisa swot terhadap manajemen kurikulum dan manjemen pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta analisa SWOT yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 24 Juli 2020 di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Informan dari penelitian ini diantaranya kepala sekolah, waka kurikulum, dan kepala jurusan. Hasil dari penelitian ini adalah SMK Ma’arif 9 Kebumen tetap menggunakan kurikulum yang sama seperti sebelum terjadi pandemi yaitu kurikulum 2013. Meskipun ada beberapa perubahan di dalam proses pembelajaran, dimana proses pembelajaran yang tadinya menggunakan metode tatap muka diubah dengan beberapa metode untuk menyesuaikan protokol kesehatan diantaranya metode daring, dan lain sebagainya.
Evaluasi Program Ujian Akhir Semester (Uas) Virtual Model Cipp (Context, Input, Process, Product) Di Iainu Kebumen Tahun Akademik 2019/2020 Imam Subarkah ,; Atim Rinawati ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.244

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana tahapan evaluasi program UAS virtual di Perguruan Tinggi IAINU Kebumen dengan model CIPP. 2) Untuk Mengetahui Efektivitas dan efisiensi dari pelaksanaan UAS virtual di IAINU Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dengan objek penelitian penyelenggaraan program Ujian Akhir Semester (UAS) Virtual pada Perguruan Tinggi IAINU Kebumen, yang dilaksanakan oleh seluruh fakultas di IAINU Kebumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator pelaksanaan UAS Virtual dan Mahasiswa yang menjadi peserta UAS Virtual perdana pada tahun 2019 di Perguruan Tinggi IAINU Kebumen. Mahasiswa yang dijadikan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP dengan metode evaluasi kuantitatif. Pengumpulan data diambil melalui kuesoner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Hasil dari penelitian ini adalah tahapan evaluasi program yang dilakukan oleh peneliti disesuaikan dengan prosedur evaluasi program, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring, tahap analisis data penafsiran dan tahap penyusunan rekomendasi. Setelah proses analisis data selesai dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa evaluasi program UAS virtual di IAINU Kebumen Tahun Akademik 2019/2020 adalah sebagai berikut: persentase evaluasi terhadap context menunjukkan hasil yang tergolong baik dengan persentase 75,20%, persentase evaluasi terhadap input menunjukkan hasil yang tergolong baik yaitu 68,37%, persentase evaluasi terhadap process menunjukkan hasil yang tergolong baik yaitu 71,50%, persentase evaluasi terhadap product menunjukkan hasil yang tergolong baik yaitu 73,28%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan UAS virtual ditinjau dari keseluruhan aspek yaitu context, input, process, product tergolong baik dengan hasil persentase 72,09%. Berdasarkan persentase tersebut pelaksanaan UAS virtual dapat dikatakan efektif dan efisien. Jadi, rekomendasi yang dapat penulis berikan kepada pembuat keputusan yaitu (1) meningkatkan sarana dan prasarana penunjang UAS virtual; (2) meminimalisir terjadinya gangguan dalam sistem yang digunakan sebagai media UAS virtual; (3) meningkatkan keamanan jawaban supaya tidak terjadi plagiasi.
TRANSFORMASI BIROKRASI MELALUI E-GOVERNMENT Umi Arifah ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.245

Abstract

Kajian ini menyajikan tentang pelaksanaan transformasi birokrasi melalui e-government dan faktor yang mempengaruhi proses transformasi birokrasi. Metodologi yang digunakan dalam kajian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research), dan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mengeksplor jurnal, buku, dan dokumen pendukung lainnya yang relevan dengan kajian yang dilakukan. Temuan dari kajian ini yaitu e-government harus dilaksanakan dengan serius dan konsisten akan sangat mendukung transparansi pelayanan publik. Transformasi birokrasi melalui e-government harus dilakukan dengan dukungan dari beberapa faktor yaitu a) dukungan regulasi, b) struktur organisasi, c) budaya organisasi, d) pembaharuan sistem. Selain itu jika e-government yang dilaksanakan secara serius dan konsisten akan sangat menunjang transparansi pelayanan publik. Yang juga harus dipahami oleh para birokrat bahwa pemanfaatan e-government tetap memerlukan sistem pengawasan yang konsisten. Selain pengetahuan yang luas tentang teknologi informasi, e-government juga harus didukung oleh integritas yang baik di antara para perumus kebijakan dan pelaksannya. Karena teknologi informasi memang membuat banyak hal semakin mudah dan semakin efisien.
ANALISIS STRATEGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA Eliyanto .; Moh. Oky Sadam Basri
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.246

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena dimana terdapat sekolah dengan sarana dan prasarana yang memadahi, memiliki gedung yang lantai tiga yang digunakan khusus untuk menampung santri namun nyatanya santri yang ekspetasinya adalah dengan gedung lantai tiga dapat menampung 500 santri namun hanya digunakan oleh kurang dari 20 santri, dan fomena ini terjadi di SMK Ma’arif 2 Gombong. Sedangkan SMK Ma’arif 5 Gombong dengan sarana dan prasarana yang terbatas dan hanya dapat menampung santri yang terbatas pula, yang mana jarak antara kedua sekolah tersebut berdekatan namun memiliki 100 santri yang ada di SMK Ma’arif 5 Gombong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada penyelenggaran pendidikan di SMK Ma’arif 5 Gombong. Peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknikpengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Seluruh data dianalisis dengan model interaktif dengan alur: pencatatandata, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pertama, Dalam perencanaan strategi kepala sekolah SMK Ma’arif 5 Gombong lebih dominan karena alasan yang bersifat situasi pada saat awal menjabat sebagai kepala sekolah dan pengalaman pribadi kepala sekolah SMK Ma’arif 5 Gombong. Kedua, Dalam implementasi strategi, SMK Ma’arif 5 Gombong dapat mengimplementasikan strategi secara baik dimana hal itu tercermin dari suasana lingkungan sekolah, karakter guru dan siswa serta iklim dan budaya yang dibangun di SMK Ma’arif 5 Gombong. Ketiga, Evaluasi strategi dilakukan secara periodik baik dilakukan satu bulan sekali maupun satu tahun sekali, selain itu evaluasi dilakukan secara langsung oleh kepala sekolah maupun tidak langsung dengan dibantu tim pengembangan sekolah. Hasil evaluasi akan menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan perbaikan strategi atau menyatakan jika strategi yang diterapkan sudah tepat guna.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MAJELIS TAKLIM DARUNNAJAH DESA BEJIRUYUNG KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN Akh. Kheroni
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.247

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi manajemen strategik pada Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pada Lembaga Pendidikan Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen? (2) Bagaimana pelaksananan strategik pada Lembaga Pendidikan Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen? (3) Bagaimana evaluasi strategik pada Lembaga Pendidikan Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Perencanaan strategik Majelis Taklim Darunnajah Kebumen mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu pengembangan visi, misi, dan tujuan, identifikasi faktor internal dan eksternal melalui teknik analisis SWOT, perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang, serta menentukan strategi unggul dalam meningkatkan mutu pendidikan. Perencanaan strategik Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Sempor dilakukan secara kolektif oleh Ketua, pengurus, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pejabat desa; (2) Pelaksanaan manajemen strategik Majelis Taklim Darunnajah mencakup pada kegiatan yang dilakukan yaitu menentukan kebijakan organisasi, memotivasi pengurus dan jamaah, mengalokasikan sumber daya manusia, serta mengembangkan budaya organisasi. Hasil pelaksanaan manajemen strategik yang dihasilkan di Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Sempor yaitu meningkatnya kinerja sumber daya manusia, proses pelaksanaan program yang efektif, dan daya tarik masyarakat tinggi; (3) Evaluasi manajemen Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen yaitu memonitor seluruh hasil kegiatan dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategik, dan mengambil langkah perbaikan.
PENYULUHAN PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN KONSEP 3R DALAM MENGURANGI LIMBAH RUMAH TANGGA Trisnawati Oky Ristya
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.250

Abstract

Sampah menjadi salah satu permasalahan yang cukup sulit di tangani di Indonesia. Keberadaan limbah rumah tangga (sampah) yang dihasilkan akibat aktivitas manusia mempunyai banyak dampak pada manusia dan lingkungan sekitar. Masih banyak ditemukan sampah organik dan anorganik yang dihasilkan oleh aktivitas masyarakat di lingkungan sekitar pemukiman warga Desa Kebadongan yang bersumber dari aktifitas rumah tangga. Pelaksanaan penyuluhan dan pemberian pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan sampah menggunakan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau pengurangan, penggunaan kembali dan mendaur ulang sampah adalah salah satu cara yang efektif untuk dapat menciptakan suatu kawasan dengan tingkat pengelolaan sampah mandiri yang akan membantu pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) memberikan pengetahuan kepada masyakat tentang pentingnya memilah sampah organik dan anorganik sebagai kunci awal penerapan konsep 3R dan (2) memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos dan pengolahan sampah anorganik menjadi berbagai jenis kerajinan tangan. Kegiatan penelitian ini dilakukan di Desa Kebadongan pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2019 pukul 11.00 bertempat di aula balaidesa dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan penelitian dapat diuraikan melalui 3 (tiga) tahapan kegiatan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil nyata yang didapatkan dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan pengelolaan sampah menggunakan konsep 3R ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang sampah. Masyarakat juga menyadari dan mulai membiasakan diri untuk memilah sampah organik dan anorganik sebagai kunci awal penerapan konsep 3R. Penggunaan konsep 3R (reuse, reduce, recycle) dapat menginspirasi warga untuk menciptakan suatu kawasan dengan tingkat pengelolaan sampah mandiri yang akan membantu pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Selain itu, pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah organik dan anorganik juga semakin meningkat.
PEMIKIRAN AL-RAGHIB AL-ASFAHANI TENTANG AL-QUR'AN, TAFSIR DAN TA'WIL Wahyuni Shifatur Rahmah
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.251

Abstract

The Qur'an is the core texts in the history of Arab civilization. Because the Qur’an uses Arabic, one of the medieval thinkers of the Qur’an, Al-Raghib al-Asfahani, focused his research on the essence of the Qur’an and its character as a language text. This study focuses on al-Asfahani's views on the Qur'an, Tafsir and Ta'wil. Through the description of the analysis of this research shows that Al-Asfahani tried to understand the Qur'an through deepening the Arabic language through his work mu'jam al-Mufradat li Alfaz al-Qur'an. For al-Asfahani, the most important means of understanding the Qur'an is through mastery of language. Because the Qur'an as a great book in Arabic, with its wonderful literary influence. More specifically, He describes the verses of the Qur'an through the mufradat (vocabulary) of the words and the meanings it shows according to the placement of the words in the sentence sequence. So do not depart from a verse and then peeled through the study of language, but the method used is to determine the vocabulary or key words in the Qur'an and then connected with the pieces of verses that contain the same word.
Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen Ety Rahayu; Agus Suroso
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses perencanaan partisipatif pembangunan desa pejengkolan tahun 2019 –2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif –deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses perencanaan pembangunan desa dilakukan secara partisipatif melalui musyawarah dusun (musdus), musyawarah desa (musdes), Loka Karya Desa (Lokdes) dan musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes). Pada proses tersebut menunjukan bahwa setiap tahapan yang dilakukan mulai dari tahapan penyelidikan, perumusan masalah, tahapan identifikasi sumber daya (daya dukung), tahapan perumusan tujuan, tahapan rencana tindakan, dan tahapan penyusunan anggaran telah dilakukansecarabersama –sama pemerintah desa dengan masyarakat. Dalam setiap tahapan, yang menunjukan perencanaan partisipatif atau perencanaan yang melibatkan masyarakat adalah tahapan pengkajian keadaan desa atau tahapan penggalian. Sebab pada tahapan ini masyarakat diberikan kewenangan seluas –luasnya untuk mengusulkan proyek/program sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan melihat potensi, peluang, dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Sedangkan pada tahap paska pengkajian keadaan desa, tahapan –tahapan berikutnya hanya diikuti oleh perwakilan atau delegasi dari tiap –tiap dusun untuk mengawal usulan menjadi prioritas pembangunan desa selama 6 tahun. Kemudian untuk menentukan prioritas pembangunan dilakukan dengan cara perangkingan yang di nilai oleh masyarakat secara bersama –sama dengan melihat dampak, pemenuhan hak dasar, dan pengaruh dari program yang diusulkan oleh masyarakat desa.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 40 PURWOREJO Siti Zulaikah
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/cakrawala.v4i2.253

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kepemimpinan kepala sekolah yang cukup baik. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 40 Purworejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada gejala secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika berpikir ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan. Ada tiga hal yang dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu: (1) kemampuan manajerial kepala sekolah kaitannya dengan chief officer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 40 Purworejo terbukti nyata menghasilkan produk visi dan misi sekolah yang telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih belum semuanya, dan untuk mencapainya dibutuhkan kerja sama yang baik dengan semua elemen sekolah; peran dari kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan sekolah, dengan memberikan tugas guru sesuai tupoksinya dan guru dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan profesional; memberi kesempatan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan profesinya; (2) kemampuan Sense of business Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, dibuktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola dana pendidikan terutama dalam mencari sumber dana pendidikan untuk mencukupi kebutuhan dalam penyelenggaraan pendidikan; (3) kemampuan sense of education kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, yang di buktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan pembinaan mental, pembinaan moral, pembinaan fisik dan pembinaan artistik yang di laksanakan secara terprogram.
MANAJERIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN ORGANISASI ROHANI ISLAM DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO Habib Bahrodin
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 4 No 2 (2020)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya kemampuan manajerial Guru PAI dalam membina dan memberdayakan organisasi Rohani Islam (Rohis) guna membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 7 Purworejo. Guru PAI selaku Pembina Rohis semestinya memiliki keterampilan manajemen yang sangat dibutuhkan bagi kemajuan organisasi Rohis.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisisketerampilan manajerial guru PAI dalam memberdayakan organisasi Rohani Islam (Rohis) di SMA Negeri 7 Purworejo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori keterampilan manajemen yang dikemukakan oleh Robert L. Katz mengenai conceptual skill, human skill dan technical skill. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dengan Pembina, Pengurus dan Anggota Rohis yaitu Guru PAI dan peserta didik. Peneliti juga melakukan pengamatan langsung di lingkungan SMA Negeri 7 Purworejo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka ditemukan beberapa hal: Pertama, conceptual skill Guru PAI dalam pemberdayaan organisasi Rohis dilakukan melalui keterampilannya dalam menentukan strategi, mengambil kebijakan, menyusun rencana program dan keterampilannya dalam pengambilan keputusan. Kedua, human skill Guru PAI dalam pemberdayaan organisasi Rohis dilakukan melalui keterampilannya dalam membangun komunikasi, meningkatkan moral kerja, menciptakan iklim organisasi, menilai kinerja organisasi, dan keterampilannya dalam pembentukan karakter anggota Rohis. Ketiga, technical skill Guru PAI dilakukan melalui keterampilannya dalam menciptakan peserta didik belajar, mengadakan dan mengatur sumber belajar, meningkatkan partisipasi alumni dan masyarakat, meningkatkan kerjasama dengan lembaga sejenis, dan keterampilan dalam mengelola ketatausahaan organisasi. Dari keseluruhan keterampilan manajer yang dimiliki Guru PAI, maka dapat dinyatakan bahwa Guru PAIsebagai seorang manajer pendidikan telah mampu mengelola dan memberdayakan organisasi Rohis di SMA Negeri 7 Purworejo dengan baik karena telah menerapkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dalam memajukan suatu organisasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 15