cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School
ISSN : -     EISSN : 26145626     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 117 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Hellison Untuk Meningkatkan Nilai Tanggung Jawab Siswa Dalam Penggunaan Alat Pembelajaran Penjas Ginanjar, Gilang; Budiana, Dian
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 2 (2018): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i2.11937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Hellison dapat meningkatkan nilai tanggung jawab siswa dalam penggunaan alat pembelajaran Penjas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan model penelitian adaptasi dari Elliott. Penelitian dilakukan dalam dua  siklus, tiap satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian merupakan siswa kelas  V  33 orang  terdiri dari 17 siswi dan 16 siswa. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil presentase siklus I tindakan I sebesar 43% siklus II tindakan II sebesar 63% , siklus II tindakan I sebesar 83%  dan siklus II tindakan II sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian terhadap  nilai tanggung jawab siswa dalam penggunaan alat pembelajaran Penjas telah menunjukkan bahwa model Hellison dapat meningkatkan rasa tanggungjawab siswa. AbstractThis study aims to determine whether hellison learning model can improve the value of student responsibility in the use of  physical education learning tools . This research uses classroom action research with adaptation research model from Elliott. The study was conducted in two cycles, each cycle was carried out twice. The subjects of the study were students of class V 33 people consisting of 17 boys and 16 girl. Data collection techniques, among others, with observation, field notes, and documentation of learning activities then data analyzed using percentage techniques. The result of the first cycle percentage of action I was 43% second cycle II action 63%, cycle II action I was 83% and second cycle II action was 90%. Based on the results of research on the value of student responsibility in the use of physical education learning tools  has shown that the Hellison model can improve student responsibility. 
Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun Riyanto, Ian Alfian; Kristiyanto, Agus Kristiyanto
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i1.8679

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan yang sesuai untuk anak sekolah dasar usia 9-10 tahun serta mampu untuk mengembangkan aspek afektif (sikap), kognitif  (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R D), yang mengadaptasi penelitian dan pengembangan menurut Borg Gall. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara dan observasi, (2) lembar observasi darft model, (3) lembar pengamatan aktifitas siswa, (4) lembar kuisioner siswa. Teknik analisis data dengan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan ini sangat sesuai untuk anak sekolah dasar usia 9-10 tahun serta sangat baik untuk mengembangkan aspek afektif (sikap), kognitif  (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan).
Perbandingan Pengaruh Aktivitas Lompat Engklek Dengan Aktivitas Lompat Tali Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Wardani, Gumilar Dwi; mahendra, Agus
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i1.8651

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas lompat engklek (hopping) dan aktivitas lompat tali (skipping rope) terhadap kemampuan lompat jauh, untuk digunakan sebagai alternatif pembelajaran lompat jauh manakala persoalan dukungan sarana di sekolah masih terbatas. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gegerkalong KPAD sebanyak 111 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lompat jauh. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh berdistribusi tidak normal tetapi homogen. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil pengujian menunjukan bahwa pembelajaran aktivitas lompat engklek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan lompat jauh sedangkan pembelajaran aktivitas lompat tali tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan lompat jauh. Dengan demikian, pembelajaran aktivitas lompat engklek dipandang menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran aktivitas lompat tali dalam meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa.
Increasing the Ability of Concentration Through the Implementation of Brain Gym Septian, Rendra; Darajat, Jajat; Suntoda, Andi; Mulana, Mulana
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 2, No 1 (2018): Teaching and Educating Children through Movement
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v2i1.13775

Abstract

The purpose of this study is to improve the ability of concentration. Subjects in this study are the students of grade IV - VI Ciparay Elementary School 07 Kabupaten Bandung Sampling technique in this study is Purposive Sampling with a subject of 42 people. The method used in this study is the experimental method with One-Group Pretest-Posttest Design research. Measuring instrument in this study using Concentration Grid Exercise test. t paired test results. The obtained p-value value 0.00 0.05 Ho rejected, with an increase of 30% then there is the influence of the application of the gym gym to increase the ability of concentration in the students SDN Ciparay 07 Kab. Bandung. 
Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Melalui Penerapan Modifikasi Alat Dalam Permainan Bola Kecil Purnama, Andari Dewi; Lubay, Lukmannul Haqim
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 2 (2018): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i2.11933

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aspek keterampilan bermain dalam aktivitas permainan kasti yang dimiliki siswa yang dipengaruhi oleh alat yang terkesaan sulit yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa di SDN Burujul Kulon 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bermain siswa dalam pembelajaran permainan bola kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Games Performace Assesment Instrumen (GPAI) sebagai instrumen pengumpul data. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas V yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Penelitian ini dilakukan di SDN Burujul Kulon 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar observasi penilaian keterampilan bermain, catatan lapangan, dan dokumentasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi alat dalam pembelajaran permainan bola kecil mampu memberikan manfaat positif terhadap proses belajar mengajar bagi siswa antara lain adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan bermain siswa kelas V SDN Burujul Kulon 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. AbstractThis research was motivated by the students’ low skill in kasti ball game. The tool used was difficult because it did not match the students’ characteristics in SDN Burujul Kulon 1 District Jatiwangi Majalengka Regency. The purpose of this study was to improve the playing skills in small ball game. The method used in this research was the classroom action research (PTK). The instrument used was the Games Performace Assessment Instrument (GPAI) with 20 students of class V, consisting 10 male students and 10 female students, as the subjects. This research was conducted at SDN Burujul Kulon 1 District Jatiwangi Majalengka District. Research data were taken by using observation sheets, field notes, and research documentation. The results of this study showed that the application of tools modification in small ball game could provide positive benefits to the learning process for students that was shown by the increase from cycle I to cycle II. Therefore, it can be concluded that the application of l earning tools modification can improve the students’ playing skills in SDN Burujul Kulon 1 District Jatiwangi Majalengka. 
Penerapan Model Personal System For Intruction Dalam Pembelajaran Aktivitas Melompat Guna Meningkatkan Kemandirian Siswa Ruhyan, Rizqi Apriandi; Yudiana, Yunyun
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i1.8675

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model PSI (Personal System for Intruction) mampu meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran aktivitas melompat kelas V SDN Cikareo Kabupaten Cianjur. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Cikareo Kabupaten Cianjur yang berjumalah 28 orang siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model PSI (Personal System for Intruction) kemandirian siswa dalam pembelajaran aktivitas melompat meningkat di setiap siklusnya, baik siklus I, maupun siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I tindakan I 55,58%, tindakan II 65,40%, dan mengalami peningkatan pada siklus selanjutnya yaitu pada siklus II tindakan I 73,88%, tindakan II 80,80%, sehingga dari data tersebut disimpulkan bahwa dengan diberikannya penerapan model PSI (Personal System for Intruction) kemandirian siswa dalam pembelajaran aktivitas melompat meningkat.
Uji Validitas Dan Reliabilitas Test Of Gross Motor Development-2 (TGMD-2) Dale A. Ulrich Pada Anak 9 Tahun Apriyani, Indri; Suntoda, Andi; Budiman, Didin
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 2, No 1 (2018): Teaching and Educating Children through Movement
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v2i1.13780

Abstract

The TGMD-2 test is one of the motor development tests developed by Ulirch in 1985. The purpose of this study is to determine the level of validity and reliability of the TGMD-Ulrich test in grade 3 SDN Sukaluyu Bandung. This research is based on the curiosity of researchers whether the TGMD-2 test is feasible in use in elementary school in Bandung, especially for Physical Education lesson. This research uses descriptive method with quantitative approach. The subjects of this study were 135 students at SDN 201 Sukaluyu Kota Bandung. It was implemented on 27 March 2018. The data collection technique used is a structured non-participant obsevation technique. The result of the research indicates that TGMD-2 test on grade 3 students of SDN 201 Bandung City has significant validity with result t count 2,27 t Table 1.65 and for reliability, after done data analysis has been described that this test has a level reliability is very high with a degree of reliability correlation coefficient worth 0.765. Thus, these tests are said to be consistent or have a high degree of stability. AbstrakTes TGMD-2 ini merupakan salah satu tes perkembangan gerak yang di kembangan oleh Ulirch pada tahun 1985. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas dari tes TGMD- Ulrich pada siswa kelas 3 SDN Sukaluyu Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu peneliti apakah tes TGMD-2 layak di gunakan untuk siswa SD di Kota Bandung, khususnya untuk pembelajaran penjas. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 135 siswa di SDN 201 Sukaluyu Kota Bandung. Pengkajian dilaksanakan pada tanggal 27 maret 2018. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik obsevasi  nonpartisipan yang terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes TGMD-2 pada siswa kelas 3 SDN 201Sukaluyu Kota Bandung memiliki validitas yang signifikan dengan hasil t hitung 2,27 t Tabel 1,65 dan untuk reliabilitas, setelah di lakukan analisis data telah di gambarkan bahwa tes ini memiliki tingkat reliabilitas yang sangat  tinggi dengan derajat koefisien korelasi reliabilitas senilai 0,765. Dengan demikian, tes ini dikatakan konsisten atau memiliki derajat keajegan yang cukup tinggi.
Penerapan Pembelajaran Kompetitif Guna Mengembangkan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Bola Voli Maryamah, Iyam Siti; Slamet, Suherman; Hapsyah, Yeyet
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 2 (2018): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i2.11938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SDN 3 Sukaluyu Bandung melalui penerapan pembelajaran kompetitif dalam pembelajaran bola voli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian merupakan siswa kelas IV yang berjumlah 35 Siswa dari 24 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan menggunakan desain penelitian atau langkah-langkah penelitian tindakan yaitu, Perencanaan (planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Aspek karakter pada penelitian ini meliputi tanggung jawab, sportivitas, dan kerjasama dinilai dengan menggunakan teknik observasi. hasil penelitian di dapat hasil proses pembelajaran siswa Pra siklus 28,82%, pada siklus I tindakan I (37,63%), siklus I tindakan II (43,92%), siklus II tindakan I (53,06%), dan siklus II tindakan II (63,43%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kompetitif dapat mengembangkan karakter siswa kelas IV SDN 3 sukaluyu Bandung dalam pembelajaran bola voli. AbstractThis study aims to develop the character of fourth grade students of SDN 3 Sukaluyu Bandung by using the application of competitive learning in volleyball learning. The methods used is classroom action research (Classroom Action Research). The subjects of the fourth grade study were 35 students from 24 male students and 10 female students. This research uses Kemmis and Mc Taggart model, this research is conducted in two cycles. By using research design or action research steps that is, planning (planning), Action (Action), Observation (Observing), and Reflection (Reflecting). Instruments in this study using student character observation sheets, field notes, documentation, and evaluation. Based on the results of the research in the results of the learning process of students Pre cycle 28.82%, in the first cycle action I (37.63%), cycle I action II (43.92%), cycle II action I (53.06%), and second cycle II action (63,43%). From the results of data processing and data analysis can be concluded that the application of competitive learning can develop the character of fourth grade students SDN 3 sukaluyu Bandung in learning volleyball. 
Upaya Meningkatkan Pemahaman Taktis Dan Tanggung Jawab Dalam Permainan Bola Voli Melalui Penerapan Volley Ball-Like Games Handika, Ilham; Slamet, Suherman
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i1.8681

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman siswa dalam rasa-bermain (games-sense) dan sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran permainan bola voli di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan bermain (volley ball-like games) dan model Hellison dapat meningkatkan  nilai pemahaman taktis dan tanggungjawab siswa dalam pembelajaran permainan bola voli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua  siklus, di mana tiap satu siklus dilaksanakan dengan dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas VB SD Negeri Gegerkalong KPAD Kota Bandung, dengan subyek sebanyak 38 orang siwa dan siswi  terdiri dari 23 siswi dan 15 siswa. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran selanjutnya dilakukan analisi data. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik presentase. Hasil presentase siklus I tindakan I sebesar (52%) siklus I tindakan II sebesar (59%) , siklus II tindakan I sebesar (71%)  dan siklus II tindakan II sebesar (80%). Berdasarkan hasil penelitian terhadap pemahaman dan nilai tanggung jawab siswa dalam permainan bola voli telah menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pemahaman dan  tanggungjawab siswa.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Gerak Dasar Lempar Lembing Melalui Penerapan Lembing Modifikasi Dalam Pembelajaran Atletik Wijayanti, Diana; Suntoda, Andi
TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge
Publisher : Prodi PGSD Penjas FPOK UPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/tegar.v1i1.8652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak dasar lempar lembing dengan menggunakan lembing modifikasi pada siswa kelas V SDPN Setiabudhi Kota Bandung. Dari hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan gerak dasar lempar lembing masih rendah, sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan memberikan tindakan intervensi sebanyak 3 siklus yang terdiri dari 6 tindakan. Analisa data dilakukan dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Subjek penelitian berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 17orang siswa putra dan 18 orang siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan gerak dasar lempar lembing mencapai hasil (52,80%), Pada siklus II menunjukkan bahwa gerak dasar lempar lembing mencapai peningkatan hingga (80,17%), Pada siklus III menunjukan bahwa gerak dasar lempar lembing terdapat sedikit peningkatan yaitu (82,17%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan lembing modifikasi dapat meningkatkan gerak dasar lempar lembing pada siswa kelas V SDPN Setiabudhi Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017.

Page 1 of 12 | Total Record : 117