cover
Contact Name
M. Taufiq
Contact Email
bioumuslim@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
bioumuslim@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Almuslim
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23387394     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga Pendidikan dan Instansi secara umum dan sivitas akademika FKIP Umuslim Bireuen secara khusus
Arjuna Subject : -
Articles 304 Documents
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIMANG GAJAH Siti Khaulah, Siti Khaulah
Jurnal Pendidikan Almuslim No 1 (2015): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pembelajaran Konvensional pada Materi program linear dikelas XI SMA Negeri 1 Timang Gajah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (Quasi-Experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Timang Gajah dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen (X1) yang diajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) sedangkan kelas kontrol (X2) yang diajarkan dengan pembelajaran langsung konvensional. Hasil pengujian maka diperoleh , maka , yaitu , sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran konvensional pada materi Program Linear di kelas XI SMA Negeri 1 Timang gajah. Hasil Rata-rata prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah 72,06 dan rata-rata hasil belajar siswa diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 58,22. Berdasarkan hasil observasi pengamat yaitu aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar diperoleh skor persentase rata-rata untuk pertemuan pertama sebesar . dan aktivitas siswa 93,86 %. Sedangkan lembar observasi untuk model konvensional pada akitivitas guru dan siswa diperoleh skor persentase rata-rata untuk pertemuan sebesar 86,67 % dan aktivitas siswa 81,11 %. Kata kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Model Missouri Mathematics Project (MMP), Konvensional.
ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL EKONOMI PADA SMAN 7 BANDA ACEH Agustina, Yenni
Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN LESSON STUDY Wahyuni, Sri
Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Almuslim
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN KURIKULUM DI SMK NEGERI 8 LHOKSEUMAWE Nurmasyitah, Nurmasyitah
Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Almuslim
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapat informasi tentangkemampuan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di SMK Negeri 8 Lhokseumawe.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah.Data penelitian ini berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan yang di sajikan guru di SMK Negeri 8 Lhokseumawe.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di SMK Negeri 8 Lhokseumawe merupakan serangkaian kegiatan membentuk guru mengembangkan kemampuannya, maka dalam melaksanakan supervisi terhadap guru perlu diadakan kemampuan guru, sehingga dapat ditetapkan aspek mana yang perlu dikembangkan dan bagaimana cara yang tepat dalam proses mengembangkannya. Artinya kepala sekolah dapat memberikan penilaian performansi guru dalam mengelola proses belajar mengajar sebagai suatu proses dalam mengelola penampilan guru dalam proses belajar mengajar.  Kata kunci: Kepala sekolah, manajemen kurikulum.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI IRISAN KERUCUT DI KELAS XI SMA N 1 KUALA Wahyuni, Rahmi; Rahayu, Cut Silviana
Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa dan perbedaan berpikir siswa menjadi faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam memahami irisan kerucut, terutama dalam menentukan letak kurva irisan kerucut tersebut, disamping itu guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan masih minimnya penggunaan media pembelajaran sebagai alat mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi irisan kerucut berbantuan media GeoGebra di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek enelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Kuala yaitu 17 orang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Subjek wawancara adalah 5 orang siswa denagn kriteria 1 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah berdasarkan tes awal dan data tersebut dianalisis dengan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada materi irisan kerucut dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Ini berdasarkan nilai tes akhir tindakan siklus II diperoleh data bahwa ssiwa yang mendapat skor 65 sebanyak 16 orang siswa dan yang mendapat skor < 65 sebanyak 1 orang siswa. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir tindakan siklus II adalah 94,11 %. Sesuai dengan krteria yang ditetapkan pada tindakan, jika 85 % siswa mendapat skor65 maka tindakan dikatakan berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: penalaran matematis, Aptitude Treatment Interaction (ATI),                 GeoGebra, Irisan Kerucut
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN EMPECE PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 3 SMA NEGERI 1 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN Wardah, Asma
Jurnal Pendidikan Almuslim No 5 (2017)
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini yang berjudul ”Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika melalui Pembelajaran Empece pada Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen” ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Empece  pada peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dianggap berhasil jika hasil test akhir setiap tindakan minimal 85% peserta didik mendapat nilai 72 dan proses pembelajaran telah diperoleh > 85%, jika kedua hal tercapai maka kegiatan pembelajaran dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya, namun jika hal yang ditargetkan tidak tercapai maka siklus kegiatan pembelajaran harus diulang. Berdasarkan penelitian, hasil tes awal peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan untuk materi Arus Listrik Searah diperoleh bahwa persentase peserta didik yang memperoleh nilai tuntas sebesar 48,27% dan pada hasil tes siklus 1 mengalami kenaikan sedikit menjadi 55,55%, persentase tersebut menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil karena masih banyak peserta didik yang tidak tuntas, maka penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Setelah pembelajaran dilakukan pada siklus 2 dengan menggunakan metode pembelajaran Empece,  nilai tes siklus 2 meningkat menjadi 85,18%. Sehingga keberhasilan pembelajaran sudah tercapai. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode Empece dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Metode pembelajaran Empece ini sangat cocok digunakan untuk mengajarkan materi Arus Listrik Searah, karena terbukti di kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen biasanya selalu menemukan hambatan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, namun setelah guru mengajarkan materi ini dengan menggunakan metode Empece terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik. Kata kunci: peningkatan aktivitas, hasil belajar fisika, pembelajaran Empece
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADAMATERI PERSAMAAN LINGKARAN Wahyuni, Rahmi
Jurnal Pendidikan Almuslim No 3 (2017): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam menjelaskan prosedur penyelesaian disebabkan oleh rendahnya kemampuan Pemecahan masalah siswa sehingga menjadi suatu masalah dalam pembelajaran matematika, oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Novick Berbantuan Media Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran di kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam ini aalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 23 orang. Sampel dipilih dengan cara acak. Data dianalisi dengan t-tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t-hitung > t-tabel (2,26 > 1,68), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Novick berbantuan media Geogebra lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajran konvensional. Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas Xi IPA 1 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Novick berbantuan Media Geogebra ( dan siswa kelas XI IPA 2 sebelum dan sesudah model konvensional (. Denagan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Novick berbantuan media Geogebra dan penggunaan pembelajaran konvensional.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA MATERI LENSA DAN CERMIN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS XI IPA. H SMA NEGERI 1 BIREUEN TAHUN AJARAN 2014/2015 Rahmawati, Rahmawati
Jurnal Pendidikan Almuslim No 2 (2015): Edisi Khusus
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 3 GANDAPURA Khairunnisa, Khairunnisa; Karim, Asrul
Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Almuslim
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi  penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SD Negeri 3 Gandapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Gandapura yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, hasil observasi terhadap aktivitas peneliti mencapai 79,22% dan aktivitas siswa mencapai 79,23%. Untuk hasil tes akhir mencapai 76,19%. Sedangkan hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, hasil observasi terhadap aktivitas peneliti mencapai 89,99% dan aktivitas siswa mencapai 89,22%. Sedangkan untuk hasil tes akhir mencapai 90,47%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SD Negeri 3 Gandapura, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model TAI sudah termasuk dalam kategori baik, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model TAI pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas V SD Negeri 3 Gandapura sudah sangat baik.  Kata kunci :      Hasil belajar, Team Assisted Individualization, Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI GAMPONG GEULUMPANG KECAMATAN MEURAH MULIA KABUPATEN ACEH UTARA Muthmainna, Muthmainna; Afrianti, Devi
Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim
Publisher : Jurnal Pendidikan Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi Masyarakat Gampong Geulumpang sebagian besar masih berada di bawah garis kesejahteraan dengan tingkat pendapatan dan pendidikan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sosial ekonomi masyarakat Gampong Geulumpang yang berkaitan dengan  pendidikan, pendapatan dan kesehatan. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Aceh Utara di Gampong Geulumpang.Populasi yang diambil adalah seluruh masyarakat yang ada di Gampong Geulumpang dengan menggunakan tehnik Snowball Samplingsampel yang digunakan tidak menentu sampai data yang diperoleh oleh peneliti sudah cukup.Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer (lapangan) dan data sekunder (kepustakaan).Dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) tingkat pendidikan masyarakat di Gampong Geulumpang masih rendah, rata-rata masyarakat hanya menyelesaikan pendidikan sampai jenjang SMP. 2) tingkat pendapatan masyarakat Gampong Geulumpang berkisar antara 500.000 dengan jumlah anggota keluarga sekitar 6-7 orang per kepala keluarga bermata pencaharian sebagai petani. Rata-rata tingkat pendapatan masyarakat Gampong Geulumpang masih rendah. 3) kondisi kesehatan masyarakat di Gampong Geulumpang masih tergolong baik hal ini dapat dilihat dari tindakan kepala keluarga terhadap anggota keluarganya yang sakit dengan membawanya ke dokter/puskesmas dikarenakan hampir setiap masyarakat di Gampong Geulumpang memiliki kartu jaminan kesehatan yang digunakan untuk berobat gratis. Namun dalam segi pemenuhan gizi masih terbilang rendah hal ini disebabkan oleh kondisi ekonomi keluarga yang tidak berkecukupan untuk mengkonsusmsi makanan yang bergizi setiap harinya. Kata Kunci: Kondisi sosial ekonomi

Page 1 of 31 | Total Record : 304


Filter by Year

2013 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 8 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 8 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 7 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 7 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 6 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 6 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 5 No. 2 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 5 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim No 5 (2017) No. 5 (2017) No. 3 (2017): Edisi Khusus No 3 (2017): Edisi Khusus Vol 4, No 2 (2016): Vol 4, No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 4 No. 2 (2016): Vol 4, No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 4 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 3 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Pendidikan Almuslim No. 2 (2015): Edisi Khusus Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim No 2 (2015): Edisi Khusus No. 1 (2015): Edisi Khusus No 1 (2015): Edisi Khusus Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Almuslim Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Almuslim More Issue