cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2021): Saintifik" : 12 Documents clear
Flipped Classroom sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika di Era Pandemi Sativa, Yoka Agry; Badu Kusuma, Anggun
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.317

Abstract

Saat ini, guru dan siswa menghadapi banyak tantangan ketika belajar matematika. Dalam flipped classroom, kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di dalam kelas dilakukan di luar kelas. Oleh karena itu, kegiatan kelas dapat berfokus pada kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir pada tingkat yang lebih tinggi. Metode desain kelas terbalik ini perlu membuatnya memiliki nilai lebih dalam desain pembelajaran. Artikel ini akan mengulas literatur tentang pembelajaran matematika kelas terbalik. Secara khusus, artikel ini akan mengulas definisi dan desain flipped classroom, serta tantangan implementasinya. Artikel ini akan mengulas desain dan implementasi penelitian kelas terbalik dalam pembelajaran matematika, dan memberikan beberapa saran bagi guru dan praktisi tentang penerapan kedua strategi pembelajaran tersebut.
Mengukur Keterampilan Berpikir Analitis Fisika saat Masa Pandemi Covid-19 Arsyad, Arie Arma; Dewi Sartika
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.323

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir analitis peserta didik di SMA setelah diajar melalui pembelajaran online selama pandemic covid-19 di Makassar. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 nomor konseptual. Jumlah peserta didik yang mengikuti tes ini sebanyak 864 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir analitis peserta didik rendah. Sehingga pada pembelajaran saat pandemic covid 19 tidak meningkatkan keterampilan berpikir analitis.
Pengembangan E-Modul Berbantuan QR Code pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA Nurhidayah, Nurhidayah; Firdaus, Firdaus; Amaliah, Nur; Atirah, Nur
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.324

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbantuan QR code sebagai bahan ajar pada pembelajaran daring mata pembelajaran biologi materi sel yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah XI MIA 2 MAN 1 Majene. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian: (1) validasi instrumen yang telah dibuat dari segi angket ahli 92%, angket kepraktisan 92% dan tes hasil belajar 0.975 merupakan kategori sangat valid sedangkan e-modul berbantuan QR code dari segi ahli materi 90%, dan dari segi ahli media 90% merupakan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan e-modul berbantuan QR Code berdasarkan respon guru 96% dan respon peserta didik 87% merupakan kategori sangat praktis. (3) Keefektifan e-modul berbantuan QR Code berdasarkan tes hasil belajar peserta didik adalah 68.75% merupakan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan QR code telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.
Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Biologi Wajdi, Muhammad
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.325

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar biologi konsep sistem sirkulasi darah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. (2) mengetahui hasil belajar biologi konsep sirkulasi darah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian “Pretest Posttest Control Group Design”. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar dan sampel penelitian yaitu XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cara Sampling Jenuh. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model Giving Question and Getting Answer sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dari hasil tes belajar siswa melalui pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah Normalitas Gain dan Independent Sample t-Test. Hasil menunjukkan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yaitu 77,04 sedangkan pada kelompok kontrol yaitu 65,45. Hasil uji analisis Independent Samples T-Test, diperoleh nilai signifikan p = 0,002 < α = 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian model Giving Question and Getting Answer berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar.
Uji Aktivitas Antibakteri Fraksi N-Heksan dari Ekstrak Daun Meniran (Phyllanthus niruri L.) terhadap Pertumbuhan Bakteri Salmonella sp. Hatur Rahmah, Mufti
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.331

Abstract

Meniran (Phyllanthus niruri L.) adalah tumbuhan Euphorbiaceae yang banyak tumbuh liar pada daerah tropis yang mengandung senyawa bioaktif flavonoid, filantin dan hipofilantin yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri fraksi N-heksan dari ekstrak daun meniran terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella sp. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pengujian efek antibakteri dengan metode ekstraksi meniran (Phyllanthus niruri L.) menggunakan pelarut non polar berupa n-heksan dengan variasi konsentrasi 0.1%, 0,5%, 1% dan 5%. Uji antimikroba ekstrak tersebut dilakukan dengan menggunakan metode difusi agar pada medium Glukosa Nutrient Agar (GNA) dengan masa inkubasi 1 x 24 jam dan 2 x 24 jam. Berdasarkan hasil penelitian, pada konsentrasi 5% dari ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L.) fraksi n-heksan memiliki bioaktivitas terbesar terhadap Salmonella sp. dengan nilai zona hambatan sebesar 16,03 mm pada inkubasi 1 x 24 jam dan 14,03 pada inkubasi 2 x 24 jam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fraksi n-heksan dari ekstrak daun meniran (Phyllanthus niruri L.) bersifat bakteriostatik terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella sp.
Efektivitas Pembelajaran Remedial Secara Daring pada Masa Belajar dari Rumah di SMA Negeri 1 Majene Yanti, Yanti; Firman, Firman; Puspita Sari, Arlinda
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.332

Abstract

Proses pembelajaran dari rumah membawa berbagai dampak pada hasil belajar peserta didik, salah satunya yaitu tidak tercapainya nilai ketuntasan minimum sehingga diperlukan pembelajaran remedial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran remedial yang dilaksanakan secara daring selama periode belajar dari rumah di SMA Negeri 1 Majene. Efektifitas pembelajaran ditinjau dari dua aspek yakni hasil belajar dan proses pembelajaran. Analisis data hasil belajar menunjukkan nilai Normalized Gain (N Gain) sebesar 0.55 yang berarti pembelajaran remedial efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis angket respon guru dan peserta didik secara berturut-turut adalah 71, 67% dan 76,55% yang berarti bahwa baik guru dan peserta didik menilai bahwa pembelajaran remedial secara daring efektif untuk dilaksanakan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran remedial secara daring di SMA Negeri 1 Majene efektif dari sudut pandang proses dan hasil pembelajaran.
Biodiversitas Mangrove di Desa Terapung dan Totobo Sulawesi Tenggara Erfina, Erfina
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.333

Abstract

Mangrove adalah ekosistem lahan basah pasang surut yang sangat produktif dan ditemukan di sepanjang pantai tropis maupun subtropic, mempunyai peranan sangat penting di daerah estuaria, merupakan ekosistem yang sangat unik dan rapuh serta sebagai daerah pertemuan antara lingkungan darat dan laut. Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.504 pulau dan panjang garis pantai sekitar 95.181 km dengan kondisi biofisik lingkungan dan iklim beragam. Hal ini, didukung dengan ekosistem mangrove terluas di dunia (3.49 juta ha), dimana terdapat sekitar 202 jenis mangrove dengan 166 jenis di Pulau Jawa, 157 jenis di Pulau Sumatera, 150 jenis di Pulau Kalimantan, 142 jenis di Pulau Irian Jaya, 133 jenis di Pulau Maluku, 120 jenis di Kepulauan Sunda Kecil dan 135 jenis di Pulau Sulawesi, sehingga Indonesia dikenal sebagai negara mega biodiversitas. Penelitian ini bertujuan melihat biodiversitas mangrove dan sebagai acuan dalam menambah informasi (database) mengenai kelimpahan mangrove yang ada di Sulawesi Tenggara. Penelitian dilaksanakan di pesisir pantai Desa Terapung dan Desa Totobo Sulawesi Tenggara. Pengambilan data vegetasi mangrove di lokasi penelitian menggunakan metode tanpa plot Point Centered Quarter Method (PCQM) yang masing-masing lokasi diletakan dibuat baseline 100 m, jarak antara sub transek 25 m dan pengukuran parameter lingkungan. Hasil penelitian di dua lokasi ditemukan 7 spesies yaitu: Bruguiera gymnorrhiza (L.) Lamk., Bruguiera sexangula (Lour). Poir. Rhizophora mucronata Lamk. Xylocarpus granatum Keon. Sonneratia Alba J.E Smith dan Avesinnia marina (Forsk) Vierh. Namun, jenis yang banyak ditemukan pada stasiun 1 (desa Marobo), karena didukung oleh subtract dan parameter lingkungan (pH tanah: 5 – 7,8), (Kelembaban udara: 72,1—81,55%), (Temperatur udara: 30,45—34,4 0C), (intensitas cahaya 27.5--541.5cd) dan salinitas berkisar (20 -- 30‰).
Analisi Data Tersensor Berpasangan dengan Estimasi Kaplan Meier dan Nelson Aalen Hikmah, Hikmah; Ekawati, Darma
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.334

Abstract

Dalam bidang matematika, terdapat cabang statistika yang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah analisis kelangsungan hidup (survival). Masalah yang sering ditemui dalam analisis survival adalah adanya pengamatan yang tidak lengkap karena terdapat unit penelitian yang sampai akhir pengamatan tidak diketahui apakah mengalami kejadian atau tidak. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan analisis data tersensor berpasangan dengan menggunakan estimasi Kaplan-Meier dan Nelson-Aalen. Kedua estimasi tersebut banyak digunakan dalam statistik nonparametrik. Dari hasil yang diperoleh, kedua estimasi tersebut menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara waktu sembuh pasangan suami istri penderita hipertensi.
Analisis Model Mangsa Pemangsa dengan Fungsi Respon Holling Tipe II dan Adanya Mangsa Sakit Fardinah, Fardinah; Qadrini, Laila; Febrilian Fatimah, Meryta
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.335

Abstract

Interaksi antara dua populasi yang bersifat mangsa dan pemangsa dapat digambarkan dalam suatu model mangsa pemangsa. Dalam kenyataannya, pemangsa memerlukan waktu untuk berburu dan mengkonsumsi mangsanya yang dapat dinyatakan dalam model fungsi respon Holling Tipe II. Selain itu, dapat pula dijumpai dalam suatu lingkungan adanya populasi mangsa yang sakit yang mengakibatkan kematian karena penyakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kestabilan model mangsa pemangsa dengan fungsi respon Holling Tipe II yang terdiri dari tiga subpopulasi yaitu mangsa sehat, mangsa sakit dan pemangsa. Jenis kestabilan ditentukan berdasarkan karakteristik nilai eigen yang diperoleh dengan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz. Dari penelitian ini diperoleh bahwa tanpa adanya mangsa sakit maka populasi tidak akan pernah eksis sedangkan populasi akan eksis jika ketiga subpopulasi ada dan memenuhi syarat hubungan parameter yang digunakan dalam model tersebut
Metode Elemen Hingga Untuk Perpindahan Panas Konduksi Steady State pada Domain 2D dengan Menggunakan Elemen Segitiga Ningsi, Surya
SAINTIFIK Vol 7 No 2 (2021): Saintifik
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v7i2.336

Abstract

Perpindahan panas konduksi adalah perpindahan panas antar molekul tanpa disertai pergerakan aktual dari molekul tersebut. Tujuan utama dari analisis konduksi adalah menentukan distribusi temperatur pada medium, baik pada kasus tunak (steady state) maupun tak tunak (bergantung waktu atau transient). Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut adalah metode elemen hingga (finite element method atau FEM). Dengan metode pendekatan ini akan membentuk persamaan-persamaan numerik yang harus diselesaikan dengan cermat dan teliti untuk memperoleh hasil yang akurasi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan akurasi , maka domain akan dibagi dalam beberapa bagian elemen dimana dalam setiap sudut garis elemen akan terdapat node/simpul pada jarak tertentu. Semakin banyak elemen pada sebuah benda yang dianalisis, maka tingkat akurasinya semakin bagus. Persoalan akan menjadi lebih sulit jika diselesaikan secara manual dalam penyelesaian numeriknya. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penyelesaian metode numerik tersebut akan diselesaikan dengan menggunakan software MATLAB. Hasil dari pemodelannya adalah distribusi temperatur. Konduktivitas panas juga divariasikan untuk mengetahui hubungan antara distribusi temperatur dengan konduktivitas panas bahan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12