cover
Contact Name
Didik Efendi
Contact Email
di2kefendi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
di2kefendi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP)
ISSN : 23549513     EISSN : 26556367     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan ini memuat karya hasil penelitian, kajian teori pendidikan khususnya pembelajaran dan tulisan tentang pengembangan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran.Terbit 4 (empat) bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 192 Documents
Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Teknik Reword Pada Siswa Kelas II C SD Negeri Banjarejo Kota Madiun Mamiek Sutarmi, S.Pd
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1344.477 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik integratif melalui teknik reward pada siswa kelas II C SD Negeri Banjarejo Kota Madiun tahun pelajaran 2016 / 2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pola kolaboratif yang menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II C SD Negeri Banjarejo Kota Madiun dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, skala psikologi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini adalah persentase dari skala motivasi belajar mencapai ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik reward pada pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II C SD Negeri Banjarejo Kota Madiun tahun pelajaran 2016 / 2017. Adapun teknik reward yang diterapkan dalam pembelajaran adalah reward verbal dan non verbal. Reward verbal berupa ucapan bersifat pujian seperti ”bagus, pintar, hebat” yang diberikan kepada siswa atas perbuatan atau hasil belajarnya. Reward non verbal yang berupa stempel aku hebat dan bintang yang ditempelkan pada papan juara yang diberikan kepada siswa ketika siswa menyelesaikan tugas dengan baik dan aktif dalam pembelajaran. Peningkatan terlihat dari hasil skala motivasi belajar siswa secara klasikal pada pratindakan memperoleh persentase 57,93%, siklus I memperoleh persentase 74,68% dan siklus II memperoleh persentase 91,82% sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari persentase rata-rata hasil skala motivasi belajar siswa secara individu, jumlah siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan pada pratindakan sejumlah 1 siswa atau 3,33% siswa, siklus I sejumlah 8 siswa atau 26,67% siswa, siklus II sejumlah 27 siswa atau 90% siswa.
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tentang Struktur Teks Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Terbimbing Pada Siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo Tri Woelan
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.237 KB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran terbimbing pada siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Tahun Pelajaran 2017/2018. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran terbimbing dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Babadan. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (76,19%), siklus III (90,48%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMPN 1 Babadan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis teks deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia.
Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Memahami Energi Dan Perubahannya Pada Siswa Kelas V SDN Tanjungsari Kabupaten Sidoarjo Vicentia Darwati
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.472 KB)

Abstract

Penggunaan metode eksperimen diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Tanjungsari II Kabupaten Sidoarjo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (61,54%), siklus II (76,92%), siklus III (92,31%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode eksperimen dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SDN Tanjungsari II Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Peningkatan Kemampuan Menghitung Keliling Dan Luas Lingkaran Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Certainly Of Response Index (CRI) Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Sukamto .
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.243 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran melalui strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Peranan strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) dalam meningkatkan kemampuan Matematika materi ajar Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 69,82; siklus II 74,64, dan siklus III 82,50. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu siklus I hanya 60,71%, siklus II 78,57%, siklus III mencapai 96,42%.
Peningkatan Kemampuan Mengenal Koperasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas IV SDN Kertosari 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Titin Hartini
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.342 KB)

Abstract

Strategi pembelajaran yang kurang melibatkan siswa akan menurunkan minat siswa, sehingga prestasi belajarnyapun akan mengalami penurunan.. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya pada kompetensi dasar Mengenal Koperasi yang didengar dalam beberapa kalimat sangat rendah. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan strategi pembelajaran Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan.Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Koperasi Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas IV SDN Kertosari 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial materi ajar Mengenal Koperasi ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 71,88; siklus II 74,75, dan siklus III 80,38. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 60,00%, siklus II meningkat menjadi 75,00%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 92,50%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Inquiry dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan Mengenal Koperasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Peningkatan Semangat Kerja Guru Melalui Supervisi Komunikasi Administrasi Guru SMP Negeri 3 Gempol Satu Atap Kabupaten Pasuruan Ustadi .
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.654 KB)

Abstract

Tercapainya tujuan organisasi merupakan suatu hal yang penting bagi pimpinan. Begitu juga dalam lembaga pendidikan, tercapainya tujuan lembaga pendidikan menjadi tolok ukur bagi peneliti dalam menilai keberhasilan pimpinan yakni guru di dalam memimpin para guru. Namun demikian sering dijumpai adanya guru yang kurang bersemangat dalam bekerja meskipun kebutuhan hidupnya, yang berupa gaji yang tinggi sudah dipenuhi. Hal ini disebabkan karena pihak sekolah kurang memperhatikan kebutuhan sosial psikologis para guru. Hasil dari pelaksanaan supervisi komunikasi administrasi ini ditengarai menjadikan situasi sekolah menjadi lebih kondusif apalagi jika didukung adanya lingkungan kerja yang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus melalui penatahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan semangat kerja guru SMP Negeri 3 Gempol Satu Atap Kabupaten Pasuruan melalui Supervisi Komunikasi Administrasi pada Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan komunikasi administrasi dapat meningkatkan semangat kerja guru, karena komunikasi administrasi mampu memperjelas tugas guru dalam melaksanakan manajemen sekolah yang akan selalu dikembangkan guru dalam melaksanakan tugas profesinya.
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas V SDN Sumbersuko I Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Winarti Kusuma Astuti
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.279 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjahahan Belanda dan Jepang melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa Kelas V, SDN Sumbersuko I Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjahahan Belanda dan Jepang ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 74,64; siklus II 81,43; dan siklus III 86,79. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 64,29%, siklus II 85,71%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah Karena Pelapukan Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas V SDN Candijati 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Munasiah .
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.002 KB)

Abstract

Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang diharapkan adalah pengajaran yang dapat membuat siswa benar-benar mampu menerapkan, bukan hanya menguasai teori saja. Pada kenyataannya Ilmu Pengetahuan Alam pada saat ini tidak seperti yang diharapkan. Siswa belum dapat menerapkan secara maksimal, hal ini terjadi karena guru seringkali hanya mengevaluasi pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari segi teorinya saja. Terbukti dari data hasil belajar siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada standar kompetensi Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan sangat rendah, yakni hanya 51,61% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 59,35. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Learning Expeditions. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan melalui metode Learning Expeditions pada siswa Kelas V SDN Candijati 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Learning Expeditions dalam meningkatkan hasil belajar siswa ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,58; siklus II 77,10, dan siklus III 82,10. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 64,52%, siklus II meningkat menjadi 77,42%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Peningkatan Hasil Belajar Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu Melalui Metode Modeling The Way Siswa Kelas IV SDN 1 Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo Pudjo Tontro
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.206 KB)

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa untuk dalam bidang Bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu atau Penjelasan Tentang Cara Membuat Sesuatu sangat rendah, yakni 50,00% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 60,00. Peneliti menganggap hal tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Modeling the Way. Dengan penerapan Modeling the Way diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa memiliki hasil belajar Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu atau Penjelasan Tentang Cara Membuat Sesuatu dengan baik.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu atau Penjelasan Tentang Cara Membuat Sesuatu melalui metode Modeling the Way pada siswa Kelas IV SDN 1 Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.Peranan Model Pembelajaran Modeling the Way dalam meningkatkan hasil belajar ditandai dengan adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,50; siklus II 76,00; dan siklus III 83,00. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 70,00%, siklus II 90,00%, siklus III 100%.
Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Gradien, Persamaan, Dan Grafik Garis Lurus Melalui Strategi Pembelajaran Gallery Of Learning Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 3 Grati Satu Atap Kabupaten Pasuruan Riyanto .
Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP) Vol 5 No 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.467 KB)

Abstract

Sejumlah masalah harus dihadapi dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini dan salah satu masalah yang utama adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak dari rerata hasil belajar siswa yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran Matematika khususnya pada Kompetensi Dasar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus sangat rendah, yakni 45% siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 57,27. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Galery of Learning dan diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa mampu memahami konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 1 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika Kompetensi dasar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus melalui metode Galery of Learning pada siswa Kelas VIII BI B SMP Negeri 3 Grati Satu Atap Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Galery of Learning dalam meningkatkan kemampuan belajar Matematika materi ajar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 71,36; siklus II 76,82; dan siklus III 80,91. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 63,64%, siklus II meningkat menjadi 77,27%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 90,91%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Galery of Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan belajar Matematika pada materi ajar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus.

Page 1 of 20 | Total Record : 192