cover
Contact Name
Dr. Ir. Setyo Leksono, M.T.
Contact Email
setyo.leksono@bppt.go.id
Phone
+62315947849
Journal Mail Official
jurnal.wave@bppt.go.id
Editorial Address
Jl. Hidrodinamika BPPT, Komplek ITS, Sukolilo, Surabaya 60112
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim
ISSN : 1978886X     EISSN : 2614641X     DOI : http://dx.doi.org/10.29122/jurnalwave
Core Subject : Science,
Merupakan jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 dengan tujuan sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian, hasil pengkajian maupun hasil penerapan teknologi bagi para perekayasa, peneliti, dosen maupun mahasiswa di bidang teknologi kemaritiman pada umumnya. Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim terbit pada bulan Juli dan Desember setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2020)" : 5 Documents clear
THE SIMULATION OF SKEG EFFECT TO BARGE RESISTANCE CALCULATION USING CFD-RANS OPENFOAM Abrari Noor Hasmi; Samsu Dlukha Nurcholik
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 14 No. 1 (2020)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v14i1.3952

Abstract

The paper discusses the significance of different types of skegs in a barge toward the pressure, fluid velocity and the ship’s total resistance. There are three kinds of skeg configurations: barge without skegs, skegs without deflection, and skegs with deflection. The barge was towed with forward speed were ranging across 3 knots – 9 knots. The simulations were conducted using an open-source RANS (Reynold Averaged Numerical Simulation) CFD code Open-FOAM. The simulations show that the skegs raise the barge’s resistance. The skegs with deflection have a bigger resistance amplification compared to skegs without deflection.
DESAIN SKIMMER BOAT (KAPAL PENGAMBIL SAMPAH) DAERAH PERAIRAN SUNGAI DIKALIMANTAN TIMUR Amalia Ika Wulandari; Wira Setiawan Setiawan; Taufik Hidayat Hidayat; Arman Fauzi
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 14 No. 1 (2020)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v14i1.4087

Abstract

Jumlah sampah yang dibawa ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) Manggar Balikpapan saat ini mencapai 305 m3 perharinya. Lebih dari itu, sering pula dijumpai sampah-sampah yang masih tersebar di muara-muara sungai,pelabuhan dan kawasan perairan lain yang tidak diketahui jumlahnya salah satunya di Sungai Klandasan Hilir. Maka masalah yang muncul adalah bagaimana mendesain suatu kapal yang dapat mengatasi penumpukan sampah di perairan sungai dan berapa ukuran utama yang sesuai untuk perairan sungai diKalimantan. solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi penumpukan sampah yang ada disungai yaitu dengan menggunakan bantuan Trash Skimmer Boat. Work Boat ini adalah salah satu jenis dari kapal khusus yang difungsikan untuk melakukan pengambilan sampah perairan baik sungai, danau, laut maupun kanal. Menggunakan metode Parent Design Approach dan dengan bantuan Software Maxsurf maka diperoleh ukuran utama sebesar LOA = 3 m, B =  2 m, T = 0,37 m, H = 0,7 m, B1 = 0,962 m, dan v = 6 knots. Bentuk dasar dari Trash Skimmer Boat ini berlambung pontoon catamaran yang dilengkapi dengan bak sampah dengan kapasitas 1 m3 dan  Setelah dilakukan survey data sampah, disarankan kapal ini dioperasikan sekali dalam seminggu selama 1 jam dengan fasilitas tambahan yaitu 1 bak penampungan sampah dan 1 unit  mini portable crane dengan kapasitas angkut sebesar 300 kg yang diletakkan pada dermaga titik akhir penampungan sampah dari sungai. Kata kunci: Sampah,Sungai Klandasan Hilir, Trash Skimmer Boat
DEVELOPMENT OF ANALYTICAL STRUCTURAL MODEL FOR COMPOSITE GRILLAGE Dwitya Harits Waskito; Adam Sobey
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 14 No. 1 (2020)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v14i1.4136

Abstract

With the high demand and market growth for composite boats, there is a competition to design a high-quality ship which leads to thinner boat’s hull structure. To meet this objective, a highly accurate and computationally fast calculation for composite structure is needed. In ship's structure the most used configuration of the stiffeners is by using grillage. However, most of the theory of the grillage is designated for steel structure. There is a gap between steel and composites for grillage theory which will be modified especially for the deflection. There are two general methods that used in this analysis, Navier Grillage theory as the analytical method and Finite Element Analysis as the benchmark tools. To develop analytical method of composite grillages, the current method were investigated by comparing the analytical results and FEA. Two composites with high difference in Young Modulus were analyzed and the results shows that there are significant difference of results with two previous method. The deflection results of two method were analyzed with every composite elastic properties of E-Glass. Empirical equation were developed from the relation between deflection graph of two methods and composite to increase the accuracy of Navier Grillage theory for E-Glass composites grillage.
ANALISA PENGARUH KOMPONEN KUADRATIK DAMPING PADA DECAY TEST BUOY TSUNAMI 3.1 Baharuddin Ali; Totok Triputrastyo Murwantono; Sumarsono Sumarsono; Chandra Permana
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 14 No. 1 (2020)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v14i1.4204

Abstract

Koefisien damping sangat berperan dalam akurasi prediksi gerak suatu benda apung. Dari pengujian decay akan didapatkan komponen koefisien damping linear a dan kuadratik b. Koefisien damping linear dan kuadratik dapat diperoleh dengan penurunan persamaan gerak sebagai energy dissipated pada motion decay untuk tiap setengah periode roll (T/2). Pada studi ini disajikan hasil analisa pengaruh kuadratik b terhadap prediksi gerak decay model Buoy INA TEWS Generasi 3.1. Hasil decay model test didapatkan nilai roll natural period 1.726 sec, dengan koefisien damping linear a = 0.36022, koefisien damping kuadratik b = -0.023672, sedangkan heave natural period didapatkan 1.707 sec, koefisien damping linear a = 0.40328, koefisien damping kuadratik b = 0.685230. Dengan memasukan komponen kuadratik damping selain komponen linear damping pada prediksi numerik gerak decay roll dan heave model buoy didapatkan hasil yang lebih baik.
KAJIAN TEKNIS KEBUTUHAN ARMADA KAPAL UNTUK SISTEM LOGISTIK LNG MENGGUNAKAN ISO TANK KONTAINERS DI WILAYAH MALUKU Andi Cahyo Prasetyo Tri Nugroho; Sunaryo; Fariz Maulana Noor
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 14 No. 1 (2020)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v14i1.4207

Abstract

Paper ini merupakan study kelayakan perencanaan armada pengangkut LNG. Dalam studi ini wilayah yang dijadikan objek studi adalah Maluku dimana kebutuhan LNG hanya dipergunakan untuk pembangkit listrik PLN. Lokasi pembangkit tersebar di beberapa pulau seperti Ambon, Seram, Namlea, kondisi ini membuat sistem suplay menggunakan pipa tidak memungkinkan sehingga penggunaan virtual-pipeline menjadi alternative sebagai cara yang lebih cepat untuk membawa gas alam ke tempat-tempat di mana tidak ada kelayakan teknis atau ekonomis untuk pipa konvensional. Salah satu konsep virtual-pipeline adalah pemanfaatan Iso Tank Containers. Untuk mendapatkan.skenario rantai suplai LNG menggunakan Iso Tank Containers yang optimum untuk dikembangkan di wilayah Maluku dilakukan analisis kebutuhan LNG dalam ISO tank kontainer dan armada kapal yang sesuai. Beberapa skenario pengiriman dibuat untuk mendapatkan rute, kapasitas, kecepatan kapal. Analisa AHP digunakan untuk menentukan tipe kapal. Selanjutnya basic desain kapal dibuat dan dilakukan analisa kelayakan desain.  Dari hasil perhitungan diperoleh kapal tipe deck cargo kontainer dengan kapasitas 36 ISO tank container 40 feet dengan kecepatan 9 knot adalah ukuran kapal yang ideal.Kata kunci : LNG, Iso Tank Containers, Basic Design

Page 1 of 1 | Total Record : 5