cover
Contact Name
Dr. Ir. Setyo Leksono, M.T.
Contact Email
setyo.leksono@bppt.go.id
Phone
+62315947849
Journal Mail Official
jurnal.wave@bppt.go.id
Editorial Address
Jl. Hidrodinamika BPPT, Komplek ITS, Sukolilo, Surabaya 60112
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim
ISSN : 1978886X     EISSN : 2614641X     DOI : http://dx.doi.org/10.29122/jurnalwave
Core Subject : Science,
Merupakan jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 dengan tujuan sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian, hasil pengkajian maupun hasil penerapan teknologi bagi para perekayasa, peneliti, dosen maupun mahasiswa di bidang teknologi kemaritiman pada umumnya. Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim terbit pada bulan Juli dan Desember setiap tahunnya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2009)" : 8 Documents clear
Sistem Kendali Aktif Menggunakan Sensor – Aktuator PZT untuk Meredam Getaran Struktur Kapal Wibowo Harso Nugroho
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4105

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk  memperlihatkan kemungkinan  penggunaan dari suatu desain alat peredam getaran yang dikendalikan secara  aktif untuk  mengurangi atau bahkan secara ideal menghilangkan getaran struktur kapal. Hal yang penting dari sistem kendali ini adalah kemampuan untuk merasakan respon dan bereaksi terhadap respon tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Dalam penulisan ini secara numerik  kemampuan tersebut akan ditampilkan dengan penggunaan sensor dan aktuator yang berasal dari satu jenis material cerdas ( smart material)  yaitu Lead  Zirconate Titanate (PZT). Material ini dikatakan cerdas karena PZT ini akan menghasilkan beda potensial jika diberi gayamekanik dan juga sebaliknya jika diberi beda potensial akan menghasilkan gaya mekanik berupa regangan atau “strain”. Pada kasus getaran struktur kapal ini hipotesa yang akan diuji adalah kesanggupan sistem kendali dengan penggunaan pasangan sensor – aktuator PZT untuk meredam getaran struktur yang terjadi.
Kajian Dan Langkah-Langkah Yang Harus Diambil Dalam Penggantian Brenntag Oil Di Unit Pengujian UPT BPPH Widodo Widodo
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4106

Abstract

UPT Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika merupakan unit yang dilengkapi dengan media unit-unit pengujian, seperti unit pengujian MOB, TT, dan CT. Kedua media unit pengujian dilengkapi dengan wave actuator yang menggunakan media brenntag oil (pelumas) sebagai media penggerak actuator, sehingga gerakan actuator lebih smooth. Dalam kurun waktu, brenntag oil mengalami penyusutan volum dikarenakan adanya kebocoran pada actuator. Pengadaan brenntag sangat sulit, dimana dalam mengadakannya harus import sehingga perlu dilakukan terobosan-terobosan dan inovasi untuk melakukan penggantian brenntag oil dengan pelumas jenis lain. Dalam melakukan penggantian pelumas brenntag perlu dilakukan beberapa tahapan yang dapat memberikan hasil memuaskan dan tidak terjadi kerusakan pada peralatan yang akan diinovasi (khususnya peralatan wave actuator). Ketentuan-ketentuan tersebut adalah : spesifikasi peluas pengganti harus sama, khususnya pada viskositas, spesifik gravity, density, titik beku, titik leleh, dan ada tidaknya perubahan secara fisik dan kimia jika terjadi perubahan kondisifisik seperti temperatur, tekanan (kondisi operasi actuator), dan dilakukan flashing untuk menghilangkan kandungan pelumas lama (brenntag oil), hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari terjadinya reaksi antara brenntag oil dan pelumas pengganti.
Perancangan Sensor Arus Sebagai Pengaman Rangkaian Driver Motor DC SS40E8-T0 Hardi Zen; Eko Marta; Zakky Murakham
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4107

Abstract

Pada pengujian maneuovering biasanya menggunakan motor DC dengan tegangan kerja 24 Volt. Agar driver motor DC ini aman dari arus beban lebih maka perlu dilakukan perancangan sensor arus sebagai pengaman driver motor DC. Tujuan penggunaan sensor arus adalah untuk melindungi driver motor penjepit supaya tidak terbakar. Sensor arus ini terdiri dari resistor shunt dan optocoupler. Resistor shunt dihubungkan secara serial dengan motor, sedangkan input dari opto-coupler dihubungkan paralleldengan resistor shunt. Peningkatan arus pada rangkaian akan menyebabkan peningkatan tegangan pada resistor shunt. Pada tegangan tertentu optocoupler akan aktif sehingga dari opto tersebut akan memberikan logika 0 yang akan diolah oleh mikrokontroller dan memberikan perintah untuk menghentikan putaran motor. Nilai resistansi untuk mengatur kekuatan penjepit diperoleh dari hitungan secara teoritis dan beberapa pengambilan data pada rangkaian sensor arus.
Sistem Monitoring Putaran Generator Pada Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut Eko Marta; Miftah Miftah; Cahyadi Jati Mintarso
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4108

Abstract

Dalam rangka pengembangan energi alternatif untuk pembangkit energi listrik, maka telah dilakukan penelitian pemanfaatan energi arus laut sebagai pembangkit energi listrik terbarukan. Untuk menghasilkan energi listrik dibutuhkan sebuah generator yang digerakkan oleh arus laut melalui blade turbin yang dipasang didalam laut. Berdasarkan pemetaan / survei yang telah dilakukan dapat diketahui besarnya arus laut yang ada di perairan indonesia. Dari hasil survei maka generator yang digunakanadalah type Low Speed agar didapatkan konversi energi yang optimal. PMG 3500 adalah generator low speed dengan permanen magnet mempunyai  kapasitas sampai 3500 VA. Dari data sheet PMG 3500dapat diketahui bahwa putaran maksimal  yang diijinkan adalah 250 Rpm dan bila melebihi putaran maksimalnya akan menyebabkan kerusakan pada belitan generator tersebut. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut maka putaran generator harus di monitoring karena generator tersebut tidak dilengkapi dengan sistem pengaman terhadap over speed. Sistem monitoring ini menggunakan Rotari encoder sebagai sensor pendeteksi Rpm generator dan rangkaian mikrokontroller untuk memproses data darirotary encoder agar bisa ditampilkan dalam display LCD.
Perancangan Sistem Kelistrikan pada Prototipe SepHull Bubble Vessel Mochammad Guruh; Muhammad Ali Mudhoffar; Ronny Wicaksono
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4109

Abstract

Sephull Bubble Vessel adalah kapal dengan pelumasan udara yaitu kapal dengan injeksi udara di bagian bawahnya, disain kapal ini untuk mendapatkan sebuah kapal dengan kemampuan berlayar dengankecepatan tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang minimal. Untuk mendapatkan performance kapal yang optimal maka kapal tersebut dilengkapi dengan sistem navigasi , penerangan, instrumentasi ukurdan sistem air bubble sistem. Untuk mengoperasikan peralatan yang ada pada kapal sephull bubble vessel tersebut dibutuhkan dua jenis sumber tegangan, yaitu sumber tegangan DC dan sumber tegangan AC. Pada paper ini akan dibahas perancangan sistem kelistrikan pada prototipe SepHull Bubble Vessel sebelum prototype kapal tersebut dibangun.
Perancangan Signal Conditioning Sensor Piezo Film Untuk Pengujian Model Struktur Akibat Tsunami Totok Sudarto; Mochamad Guruh
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4110

Abstract

Perancangan yang tepat  dari rangkaian interface untuk optimasi Piezo Film Sensor (PVDF film)mempunyai peranan sangat penting. Karena aplikasi-aplikasi dari piezo film sangatlah luas, mulai dari hal-hal yang menyangkut mainan anak-anak sampai dengan keperluan uji laboratorium bahkan sensor-sensor militer dan interfacing terhadap rangkaian elektronik sangatlah bergantung padaaplikasinya. Dalam banyak hal, piezo film dapat secara langsung dihubungkan pada rangkaianelektronik tanpa pertimbangan memerlukan interface khusus. Namun demikian, untuk hal-hal  tersebutdimana dibutuhkan sebuah rangkaian interface, ada beberapa langkah yang harus dipertimbangkan yangmenyangkut topologi yang paling sesuai untuk aplikasi yang dibutuhkan. Pada makalah ini hanya dibahas tentang perancangan dan pembuatan signal conditioning untuk kebutuhan pengujian Modelkekuatan struktur akibat  gelombang tsunami.
Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Naga Listrik Skala Laboratorium Cahyadi Mintarso
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4111

Abstract

PLTO – Naga Listrik merupakan pembangkit listrik tenaga alternative ombak laut yang dirancang semi mengapung di permukaan air laut terdiri dari beberapa rangkaian silinder memanjang sesuai karakteristik ombak di daerah pengoperasiannya. Rangkaian ini dilengkapi dengan system mekanik yang mampu bergerak bebas sesuai gerakan ombak. Energi gerakan mekanik ini akan disalurkan ke generator listrik dengan mengubah gerakan  mekanik translasi menjadi gerakan putar. Untuk mendukung optimasi rancangan PLTO-Naga Listrik di kolam uji untuk memvalidasi hasil rancangan. Pada kegiatan TA 2009 dilakukan pengkajian performansi prototip model melalui uji fisik di kolam uji hidrodinamika dengan kondisi model ombak untuk kandidat perairan yang ditetapkan.
Analisa Gelombang Jangka Waktu Panjang untuk Perairan Selatan Sukabumi Erwandi Erwandi; Cahyadi Mintarso
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 1 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i1.4112

Abstract

Agar pelaksanaan kegiatan Rancangan Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO-Nagalistrik) dapat efektif bekerja serta menghasilkan energi listrik sesuai dengan desain (target yang ingin dicapai) maka diperlukan analisa prediksi gelombang jangka waktu panjang menurut rencana daerahyang dipakai sebagai kandidat penempatan PLTO-Nagalistrik . Analisa gelombang jangka waktu panjang tujuannya adalah untuk memprediksi dan merekonstruksi satu per tiga tinggi gelombang rata-rata tertinggi yang akan terjadi dalam jangka 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun mendatang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8