cover
Contact Name
Dr. Ir. Setyo Leksono, M.T.
Contact Email
setyo.leksono@bppt.go.id
Phone
+62315947849
Journal Mail Official
jurnal.wave@bppt.go.id
Editorial Address
Jl. Hidrodinamika BPPT, Komplek ITS, Sukolilo, Surabaya 60112
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim
ISSN : 1978886X     EISSN : 2614641X     DOI : http://dx.doi.org/10.29122/jurnalwave
Core Subject : Science,
Merupakan jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 dengan tujuan sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian, hasil pengkajian maupun hasil penerapan teknologi bagi para perekayasa, peneliti, dosen maupun mahasiswa di bidang teknologi kemaritiman pada umumnya. Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim terbit pada bulan Juli dan Desember setiap tahunnya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2009)" : 8 Documents clear
Simulasi Manuver Turning Kapal Ferry Penumpang Ridwan Utina; Cahyadi Sugeng Jati Mintarso
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4652

Abstract

Banyaknya kasus kecelakaan kapal dilaut salah satu sebabnya adalah kemampuan manuver kapal yang jelek, hal ini disebabkan kurangnya perhatian para disainer kapal terhadap manuver kapal yang akan dibangun. Untuk menghindari resiko kecelakaan tersebut maka IMO merekomendasikan perlunyasetiap kapal data karakteristik manuver sendiri. Dalam paper ini akan dibahas uji manuver kapal ferry penumpang melalui metode simulasi Numerik dengan menggunakan software manuver SURSIM. Hasil dari program ini dapat digunakan untuk memprediksi kemampuan manuver kapal pada tahap disain.Tujuan dari simulasi ini adalah untuk menentukan kemampuan kapal untuk berbelok dari lintasan lurus melalui manuver putar (course changing ability) pada kondisi muatan penuh pada sudut kemudi 35 derajat.
Pengembangan Sistem Kontrol Autopilot Rudder Untuk Pengujian Zig zag Model Kapal Mochammad Nasir; Zakky Murakham
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4653

Abstract

Salah satu jenis pengujian olah gerak kapal yang dapat dilakukan di kolam maneuovering (MOB) UPT BPPH adalah Uji ZigZag model. Pada pengujian zigzag model akan dijalankan pada suatu kecepatan yang telah ditentukan dengan sudut kemudi (rudder) nol derajat pada mode manual (dari remot kontrol)propeller digerakkan sampai kondisi initial tercapai baru model digerakkan dengan autopilot. Daun kemudi dengan remote control diputar kesalah satu sisi, misal starboard, hingga mencapai sudut kemudi yang telah ditentukan, misal 10°. Model akan berputar dengan segera setelah heading angle yang telahditentukan tercapai, misal 10°, secara automatis daun kemudi akan berputar kearah sebaliknya ( portside ) hingga mencapai 10° dan heading model akan berubah kembali ke posisi starbord. Pada saat ini kontrol Autopilot ini tidak bisa berfungsi pada mode otomatis karena sesuatu hal, karena itu diperlukanpengembangan sistem kontrol autopilot . Pada kontrol yang baru ini menggunakan Mikrokontroller AT-Mega 16 sebagai pusat kontrollernya. Sedangkan sensor pendeteksi gerakan yaw menggunakan sebuah kompas digital. Dengan pengabungan ini maka diharapkan kegiatan pengujian zigzag di kolamMOB bisa terlaksana dengan baik , khususnya untuk pengujian zigzag model kapal LNG Carrier.
Penggunaan Material Piezoceramics (PZT) untuk Pemantauan Integritas Struktur Wibowo Harso Nugroho
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4657

Abstract

Makalah ini menunjukkan potensi penggunaan material Piezoceramics (PZT) untuk mendeteksi secara dini adanya keretakan dari suatu komponen struktur. Material PZT ini merupakan material cerdas yang akan menghasilkan beda potensial (volt) jika diberi gaya mekanik dan sebaliknya jikadiberi beda potensial akan menghasilkan gaya mekanik berupa regangan (strain). Penggunaan pasangan sensor – aktuator PZT untuk melakukan pendeteksian dini dilakukan dengan mengamati perubahan fungsi alih (transfer function) sinyal getaran dari pasangan sensor – aktuator PZT tersebut. Serangkaian hasil numerik dan eksperimen akan diperlihatkan pada makalah ini. Aplikasi dari teknik ini sangat potensial di masa depan karena struktur menjadi aktif untuk mendiagnosa sendiri kerusakan dan memprediksi sisa umur pakainya.
Perancangan Alat Ukur Tinggi Gelombang Skala Lab Miftah; Mochammad Nasir; Ronny Wicaksono
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4658

Abstract

Pada pengujian Hidrodinamika di MOB UPT BPPH sering sekali menggunakan spectrum gelombang. Salah satunya adalah pengujian Proyek INPEX dimana sebelum dilakukan pengujian terlebih dahulu dilakukan pembuatan spectrum gelombang yang akan digunakan pada saat pengujian berlangsung. Pada kegiatan pembuatan spectrum diperlukan alat ukur / sensor tinggi gelombang yang biasa di sebut WHS ( Wave High Sensor ). Type WHS yang sering digunakan di UPT BPPH adalah WHS type resistance dimana perubahan ketinggian air sebanding dengan konduktifitas dari wave probe. Untuk mendapatkan nilai output dari sensor WHS tersebut dibutuhkan sebuah rangkaian pengondisi sinyal yang sering disebut dengan Pre-Amplifier, dimana komponen utama Pre Amplifier ini adalah rangkaian Sine Wave Oscilator. Pada saat ini di MOB telah dilengkapi 1 set Pre Amplifier untuk WHS sensor, akan tetapi karena faktor waktu Pre Amplifier ini sering mengalami kerusakan. Dengan adanya perancangan Pre Amplifier ini diharapkan pembuatan spectrum gelombang bisa berjalan dengan lancar.
Kajian Teoritis Pabrik Es Batu Skala Mini Untuk Mensupplay Kebutuhan Para Nelayan Sebagai Pengawet Ikan Hasil Tangkapan Widodo
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4660

Abstract

Sistem pengawetan ikan hasil tangkapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan dengan baik, agar ikan hasil tangkapan tetap segar dan memiliki nilai gizi yang baik. Secara umum pengawetan yang selama ini dilakukan adalah dengan menggunakan cold storage atau dengan menggunakan media es batusebagai media pendinginan. Permasalahan yang sering timbul sampai saat ini adalah pengadaan media pendingin atau es batu untuk nelayan yang berada pada wilayah-wilayah terpencil. Sehingga perlu dilakukan solusi atau pemecahan dalam hal pengadaan es batu yang secara kontinyu agar prosespengawetan ikan dengan proses pendinginan es batu berlangsung baik. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembangunan pabrik es skala mini dengan memanfaatkan kontainer sebagai ruang pendingin. Sebelumnya perlu dilakukan kajian dan analisa proses dan sistem untuk mendapatkanproses dan sistem yang mempunyai effesiensi tinggi.
Pengujian Model Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) Naga Listrik Cahyadi Sugeng Jati Mintarso
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4661

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengujian model Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)-Nagalistrik yang dilaksanakan di Manoeuvering and Ocean Engineering Basin (MOB) di harapkan mampu menjadi salah satu energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan energi dimasa akan datang. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)-Nagalistrik merupakan suatu system terapung yang ditambat, yang terdiri dari beberapa struktur yang bersambungan berbentukmenyerupai silinder yang tersambung dengan sambungan fleksibel. Stuktur PLTO-Nagalistrik akan dipasang searah atau berlawanan arah (head atau following sea) dengan arah gelombang datang yang dominan. Untuk mendapatkan data-data mengenai gaya tarik dan tekan yang nantinya akan disalurkan ke oleh fluida incompressible dengan bantuan motor hidrolik plus dengan penguatan accumulator akan dihubungkan dengan generator elektrik untuk menghasilkandaya listrik, maka hasil pengujian yang dilakukan perlu dianalisa.
Prediksi Gerak Terhadap Desain Awal Ferry 600, 500 dan 300 GRT Untuk Pelayaran Antar Pulau Baharuddin Ali; Cahyadi Sugeng Jati Mintarso
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4662

Abstract

Kapal ferry merupakan angkutan umum antar pulau di Indonesia yang populer. Sebagai angkutan penumpang maka faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting. Prediksi olah gerak kapal yang berkaitan dengan stabilitas kapal adalah tahapan penting untuk mengkaji suatu desain ferry yang layak laut. Tiga buah jenis ferry 600, 500 dan 300 GRT telah dilakukan prediksi gerak kapal berupa heave, pich dan roll dengan menggunakan metode strip teori. Hasil prediksi menunjukkan bahwa respon gerak yang dihasilkan heave dibawah nilai batas maksimum Hw/Za kurang dari satu, pitch dibawah 4o, dan roll dibawah 12o dengan merekomendasikan pemasangan bilge keel untuk meredam roll saat resonansi.
Penerapan DSM (Demand Side Management) Untuk Merencanakan Kebutuhan Konsumsi Energi Listrik Di Indonesia Afian Kasharjanto; Rina
Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim Vol. 3 No. 2 (2009)
Publisher : Badan Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29122/jurnalwave.v3i2.4663

Abstract

Pertumbuhan konsumsi energy yang mencapai 7.2 persen per tahun mengakibatkan pengurangan sumber daya dari fosil sebagai sumber utama pemasok kebutuhan energi. Pada suatu saat nanti kita akan mengalami permasalahan krisis konsumsi energi secara besar-besaran apabila tidak dilakukan usahapenghematan,konversi dan konservasi sumber energi sejak dini. Salah satu usaha penghematan yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan metode DSM (Demand Side Management). DSM adalah salah satu metoda yang dapat digunakan oleh perusahaan pembangkit listrik dalam merencanakan kebutuhan konsumsi listrik di masa mendatang berdasarkan pertimbangan kebutuhan konsumen secara lebih efisien sehingga perencanaan produksi tenaga listrik yang akan dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar (tidak over supply). Diharapkan dengan system perencanaan / perkiraan kebutuhan komsumsi listrik pada masa mendatang yang baik maka akan meningkatkan efisiensi biaya keseluruhan (total cost) sehinggga dari hasil penghematan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kepada konsumen. Selain itu, dampak dari penerapan metode DSM Dalam jangka panjang adalahmengurangi tingkat polusi akibat pembakaran sumber energi fosil secara berlebihan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8