cover
Contact Name
Muhammad Fuad
Contact Email
muhammadfuad@unsam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadfuad@unsam.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis
Published by Universitas Samudra
ISSN : 20891989     EISSN : 26141523     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
FOCUS Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis (JSEB) focused on economics, business and management studies and present developments through the publication of research articles, research report, and book reviews. Languages used in this journal are Indonesia and English. SCOPE Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis (JSEB) specializes on economics, business, and management and is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholar of related disciplines.
Arjuna Subject : -
Articles 157 Documents
Kajian Ekonomi Pariwisata Syariah Kota Banda Aceh Nanda Rahmi
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.92 KB)

Abstract

Kota Banda Aceh adalah ibukota Provinsi Aceh yang merupakan salah satu daerah yang memberlakukan Syariat Islam di Indonesia. Kota Banda Aceh juga mengalami dampak yang besar saat bencana Tsunami menghancurkan tanah Aceh pada tahun 2004 lalu. Walau pernah mengalami bencana besar, kini Kota Banda Aceh kembali berbenah diri untuk menjadi tempat destinasi pariwisata berbasis syariah dengan mengandalkan kawasan pariwisata, adat istiadat, dan budaya.Pengembangan sektor pariwisata Kota Banda Aceh dilakukan berdasarkan pada nilai-nilai Islam. Sektor pariwisata ini diharapkan menjadi sektor utama yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Peningkatan jumlah kunjungan pariwisata menjadi faktor pendukung terjadinya peningkatan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya sehingga sektor pariwisata mampu menjadi sektor utama terhadap peningkatan perekonomian daerah. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan subsektor hotel, restoran, dan biro perjalanan wisata. Peningkatan perekonomian ini juga tampak dari peningkatan kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian Banda Aceh.
Pengaruh Kewirausahaan dan Peluang Pasar terhadap Kinerja Usaha Perdagangan Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur Iskandar Iskandar
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.318 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kewirausahaan dan orientas pasar terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah sector perdagangan di Kecamatan Peureulak Kota Aceh Timur. Dalam melakukan penelitian ini penulis mengunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner penelitian yang disebarkan terhadap responden di peureulak Kota. Metode analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda,uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F, dimana diperoleh hasil penelitian adalah Y=2,194+0,150X1+0,130X2, konstanta (a) menunjukan kinerja sebesar 2,194 sebelum dipengaruhi oleh orientasi kewirausahaandan orientasi pasar. Orientasi kewirausahaan (9X1) berpengaruh positif terhadap kinerja dan setiap kenaikan orientasi kewirausahaan satu satuan maka kinerja akan naik sebesar 0,150. Orientasi pasar (X2) berpengaruh positif terhadap kinerja dan setiap kenaikan orientasi pasar satu satuan maka kinerja akan naik sebesar 0,130. Hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,406, nilai tersebut menunjukan bahwa sebesar 40,6% variable orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pada usaha mikro kecil dan menengah sector perdagangan di peureulak Kota. Hasil uji t diperoleh pada orientasi kewirausahaan diperoleh nilai t signifikan <5% yaitu 0,00<0,05. Pada orientasi pasar diperoleh nilai t signifikan <5% yaitu <0,00<0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan dan dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah perdagangan di Kecamatan Peureulak Kota.
Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soedarso Pontianak Muntaha Muntaha; Mazayatul Mufrihah
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.851 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soedarso, Pontianak.Penelitian dilakukan pada bulan Nopember sampai dengan Desember 2009 di Rumah Sakit Umum Daerah Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode survei.yang berjumlah 280 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 162 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesionerdidesain dalam bentuk skala Likert dan skala peringkat (rating scale). Data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan pada hasil analisis dan pengujian hipotesis, dapat ditarik kesimpulan yaitu motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pontianak. Temuan ini menunjukkan bahwa variasi kinerja karyawan disebabkan oleh motivasi kerja, sehingga motivasi kerja menyebabkan peningkatan kinerja karyawan.
Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Keuangan Pada PT. Indojaya Agri Nusa Riny Chandra
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.934 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan system pengendalian manajemen terhadap kinerja karyawan pada PT. Indojaya Agri Nusa. PT. Indojaya Agri Nusa adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang pakan ternak untuk industri. Dalam kegiatan operasionalnya, PT. Indojaya Agri Nusa menyusun anggaran operasi yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai kinerja yang diharapkan. Sistem pengendalian manajemen perusahaan bertugas untuk menentukan anggaran operasi perusahaan untuk mencapai tingkat profitabilitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisa deskriptif dan metode analisa deduktif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum, PT. Indojaya Agri Nusa dalam mencapai laba sebagai salah satu ukuran kinerja pada perusahaan mengalami peningkatan sebesar 82,02%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kinerja operasional sebagai suatu ukuran prestasi kinerja bagi perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang positf atau baik.
Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Alokasi Belanja Modal Daerah Kota Langsa Yani Rizal
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.918 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Alokasi Belanja Modal Daerah Kota Langsa. Data yang digunakan adalah data PAD, DAU, DAK, dan belanja modal periode 2006-2015. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 3,182 + 1,337 PAD + 0,829 DAU + 1,026 DAK. Pendapatan asli daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal Kota Langsa dimana diperoleh thitung > ttabel (2,711 > 2,353) dan nilai t sig yaitu 0,028 < 0,05. Dana alokasi umum berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal Kota Langsa dimana diperoleh thitung > ttabel (2,990 > 2,015) dan nilai t sig yaitu 0,035 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dana alokasi khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal Kota Langsa dimana diperoleh thitung > ttabel (2,511 > 2,015) dan nilai t sig yaitu 0,021 < 0,05, maka hipotesis diterima. Pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus secara simultan berpengaruh signifikan terhadap belanja modal Kota Langsa dimana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (7,291 > 4,757) dan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dari analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus mempengaruhi alokasi belanja modal Kota Langsa sebesar 48,6%, sedangkan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan di Kecamatan Idi Rayeuk Ahmad Ridha
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.017 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di wilayah pesisir Kecamatan Idi Rayeuk, yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan perahu tempel di Kecamatan Idi Rayeuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model regresi linear berganda. Jumlah sampel nelayan yang digunakan sebanyak 30 orang nelayan perahu tempel. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modal, harga ikan dan jumlah tangkapan ikan berpengaruh nyata terhadap pendapatan nelayan perahu tempel di Kecamatan Idi Rayeuk. Sedangkan secara simultan variabel modal, tenaga kerja, pengalaman, harga ikan dan jumlah tangkapan berpengaruh nyata terhadap pendapatan nelayan di Kecamatan Idi Rayeuk.
Pengaruh Current Ratio, dan Quick Ratio Terhadap Return on Invesment Pada Perusahaan Trasnportasi Di BEI Menhard Menhard
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.124 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh current ratio terhadap return on investment pada perusahaan Trasnportasi Di BEI, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh quick ratio terhadap return on investment pada perusahaan Trasnportasi Di BEI, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh current ratio dan quick ratio terhadap return on investment pada perusahaan Trasnportasi Di BEI. Hasil dari penelitian ini adalah current ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on investment pada perusahaan Transportasi Di BEI, quick ratio tidak berpengaruh positif maupun signifikan terhadap return on investment pada perusahaan Transportasi Di BEI, dan current ratio dan quick ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on investment pada perusahaan Transportasi Di BEI.
Pengaruh Pendapatan Terhadap Laba Bbersih Pada Perusahaan Plastik Dad Kaca Yang Listing Di BEI Periode 2010 - 2014 Masril Masril
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.955 KB)

Abstract

Perusahaan didirikan memiliki tujuan seperti untuk mendapatkan laba yang maksimum, akan tetapi dalam mendapatkan laba yang tinggi tentu saja harus disertai dengan pendapatan yang tinggi juga agar laba yang di inginkan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan yang di inginkan. Perusahaan plastik dan kaca merupakan salah satu perusahaan yang tergabung di dalam bura efek Indonesia atau yang masuk ke dalam pasar modal Indonesia, dalam perkembangannya sektor ini mengalami perkembangan laba yang fluktuasi dari tahun ke tahunnya Tujuan dari penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap laba bersih pada perusahaan plastik dan kaca yang lisiting di BEI periode 2010 – 2014. Metode penelitian ini terdiri dari populasi pada penelitian ini berjumlah 19 emiten, dengan sampel penelitian menjadi 10 perusahaan dengan kriteria pengambilan sampel yaitu perusahaan yang mengalami keuntungan pada periode 2010 sampai dengan 2014. Hasil dari penelitian ini dihasilkan yaitu pendapatan berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan plastik dan kaca yang listing di BEI periode 2010 sampai 2014.
Pengaruh Perputaran Kas, dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Real Estate dan Property Zubir Zubir
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.16 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah untuk mengetahui dan melakukan analisis pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas pada perusahaan real estate dan property, untuk mengetahui dan melakukan analisis pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas pada perusahaan real estate dan property, dan untuk mengetahui dan melakukan analisis pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap profitabilitas pada perusahaan real estate dan property. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah perputaran kas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan real estate dan property, perputaran piutang berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan real estate dan property, dan perputaran kas dan perputaran piutang berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan real estate dan property.
Pengaruh Penyaluran Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja dan Kredit Konsumtif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Nurjannah Nurjannah; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.067 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredit investasi, kredit modal kerja dan kredit konsumtif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia periode tahun 2004-2015. Berdasarkan hasil uji Koefisien determinasi diperoleh nilai 0,606 yang artinya bahwa sebesar 60,6% pertumbuhan ekonomi Indonesia dijelaskan oleh Kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit konsumtif sebesar 60,6%, sedangkan sebesar 39,4% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain.Secara parsial, berdasarkan hasil uji-t terhadap variabel kredit investasi dan modal kerja diperoleh t-hitung>t-tabel dan nilai sig<0,05 artinya variabel kredit investasi dan kredit modal kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, sedangkan variabel kredit konsumtif secara parsial diperoleh t-hitung<t-tabel dan nilai sig>0,05 artinya variabel modal konsumtif tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia

Page 1 of 16 | Total Record : 157