cover
Contact Name
Wahidin
Contact Email
info.jpj@ung.ac.id
Phone
+6285340002520
Journal Mail Official
info.jpj@ung.ac.id
Editorial Address
Department of Physics, Universitas Negeri Gorontalo Lt.1 Gedung F.MIPA, Jl. Prof Dr. Ing B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96119, Indonesia
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Physics Journal
ISSN : 26549107     EISSN : 27215687     DOI : https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2
Core Subject : Science, Education,
The Jambura Physics Journal (JPJ) is the official journal of Physics Department, Faculty Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo. JPJ is a peer-reviewed article publish articles twice a year in April and October. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. The accepted research articles will be available online following the journal peer-reviewing process. The language used in this journal is English or Indonesia. The Jambura Physics Journal is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics applications and education physics, including learning media development, learning methods development, learning methods implementation, and several application of physics. The Jambura Physics Journal publishes comprehensive research articles and invited reviews by leading experts in the field. Papers will be selected that high scientific merit, impart important new knowledge, and are of high interest to physics and education physics community.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 52 Documents
PENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN KIT IPA PADA PEMBELAJARAN FISIKA Tirtawaty Abdjul; Ritin Uloli
Jambura Physics Journal Vol 1, No 2 (2019): October 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.299 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i2.5382

Abstract

IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REACT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI Een Ibrahim; Muhammad Yusuf
Jambura Physics Journal Vol 1, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.043 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i1.2281

Abstract

Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembalajaran fisika model REACT berbasis kontektual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada konsep usaha dan energi. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknikcluster random sampling dari peserta didik kelas X SMAN 1 Gorontalo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan angket untuk memperoleh respon minat peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah N-gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian dengan uji gain mengungkapkan bahwa penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar kongnitif peserta, dilihat dari hasil n-gain sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 100%. Rerata persentase hasil penilaian pengamatan aktivitas peserta didik untuk tiga pertemuan adalah 96,2% pada kategori sangat baik serta hasil angket menunjukkan respon positif peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontektual dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model REACT berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN Firayuniar Montu; Tirtawaty Abdjul
Jambura Physics Journal Vol 1, No 2 (2019): October 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.746 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i2.5383

Abstract

IMPLIKASI MODUL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN KAJIAN SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Relin Pakaya; Mursalin Mursalin
Jambura Physics Journal Vol 1, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.151 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i1.2282

Abstract

Abstrak: Pengorganisasian dan penyampaian isi bahan ajar dalam bentuk buku tidak terstuktur dengan baik serta materi pembelajaran banyak yang bersifat abstrak dan rumit yang menyebabkan peserta didik malas untuk membaca apalagi mempelajarinya. Bahan ajar yang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar adalah modul. Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada topik suhu dan kalor. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian tertulis, lembar aktivitas peserta didik, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rerata gain ternormalisasi dan presentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan modul pembelajaran POE pada topik suhu dan kalor dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik yakni nilai gain 0.85 (kategori tinggi). Data pendukung dari penelitian ini adalah rerata persentase aktivitas belajar peserta didik dalam mempelajari fisika topik suhu dan kalor menunjukan kategori sangat baik, sementara respon peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran POE adalah positif. Secara keseluruhan modul pembelajaran POE pada topik suhu dan kalor terbukti praktis dan efektif untuk digunakan.
PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PHYSICS INDEPENDENT LEARNING (PIL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA Ilan Sunga; Masri Kudrat Umar; Nova Elisa Ntobuo
Jambura Physics Journal Vol 1, No 2 (2019): October 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.098 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i2.5384

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT UNTUK PELAJARAN IPA BAGI SISWA SMP PADA MATERI CAHAYA, CERMIN, DAN LENSA Eko Khoerul Nurnamawi; Etris R. Rahim
Jambura Physics Journal Vol 1, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.406 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i1.2392

Abstract

Artikel ini membahas hasil penelitian tentang pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint untuk pelajaran IPA bagi siswa SMP pada materi cahaya, cermin dan lensa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas multimedia pembelajaran berbasis PowerPoint bagi siswa SMP kelas VIII pada materi cahaya, cermin dan lensa yang telah dikembangkan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian pengembangan media. Media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk multimedia pembelajaran berbasis program Microsoft PowerPoint. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis PowerPoint dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pengembangan desain pembelajaran, tahap pengembangan produk, dan tahap evaluasi dan revisi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa instrument tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang kegiatan pengembangan multimedia berdasarkan data-data yang diperoleh penilaian/evaluasi media dan tes hasil belajar. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa kualitas produk multimedia yang dikembangkan, ditinjau dari aspek pembelajaran memperoleh skor penilaian sebesar 4,12 dengan kategori baik, aspek materi memperoleh skor penilaian sebesar 4,55 dengan kategori sangat baik, dan dari aspek media memperoleh skor penilaian sebesar 4,64 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas multimedia pembelajaran PowerPoint materi cahaya, cermin, dan lensa yang dikembangkan untuk kelas VIII SMP tergolong dalam kategori baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas.
UJI KONDUKTIVITAS FILM ELEKTROLIT POLIMER KITOSAN CANGKANG KEPITING DENGAN PENAMBAHAN KCl Fifit Safitri; Idawati Supu
Jambura Physics Journal Vol 1, No 2 (2019): October 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.206 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i2.5385

Abstract

MODEL ASSESMEN PENGETAHUAN KONSEPTUAL MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA Muhammad Yusuf; Prabowo Prabowo
Jambura Physics Journal Vol 1, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1337.895 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i1.2393

Abstract

Berbagai macam model pembelajaran  dikembangkan oleh para pengembang pendidikan. Namun kenyataannya kecakapan mahasiswa dalam memecahkan masalah masih rendah. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada diri mahasiswa yang diduga adalah pengetahuan konseptual. Untuk mengkaji pengetahuan konseptual mahasiswa ini, maka perlu dikembangkan suatu model assesmen pengetahuan konseptual mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model assesmen pengetahuan mahasiswa dalam memecahkan masalah Fisika dan implementasinya. Penelitian termasuk penelitian pengembangan dengan  menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mengembangkan model assesmen pengetahuan konseptual mahasiswa dalam memecahkan masalah Fisika. Model assesmen yang telah dikembangkan akan diuji kevalidan oleh ahli yang kompeten. Proses penelitian ini akan dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu tahap pengembangan model instrumen pengetahuan konseptual mahasiswa, uji coba model assesmen. Uji lapangan dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Berdasarkan hasil Penelitian  diperoleh  model assesmen pengetahuan konseptual mahasiswa dalam memecahkan masalah Fisika. Hasil implementasi model assesmen dapat disimpulkan bahwa subjek dengan kategori akademik tinggi dapat mendefinisikan  dan mengaplikasikan konsep dengan sangat baik, tetapi kurang baik dalam menunjukkan interelasi antara beberapa konsep pada pemecahan masalah. Sedangkan subjek dengan kategori akademik rendah dapat mendefinisikan konsep dengan baik, tetapi kurang baik dalam mengaplikasikan konsep fisika, serta tidak baik dalam menunjukkan interelasi antara beberapa konsep pada pemecahan masalah fisika.
IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI DAERAH PANAS BUMI DESA PANCURAN KECAMATAN SUWAWA SELATAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI SHCLUMBERGER Meilan Demulawa; Wiwin Kobi
Jambura Physics Journal Vol 1, No 2 (2019): October 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.532 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i2.5386

Abstract

THE MEASURENMENT OF ELECTRICITY AND DIELECTRIC CHARACTERISTIC OF ONION (ALLIUM CEPA) Abd Wahidin Nuayi; Farly Reynol Tumimomor
Jambura Physics Journal Vol 1, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.153 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v1i1.2394

Abstract

This experiment aimed to measurenment of the electricity and dielectric characteristic of onion (Allium cepa). In this study, the onion have been done through the variation of frequency and temperature. The frequency was setup in 30 different values from 100 Hz -1 MHz with the temperature are from 26 0 C up to 40 0C with each increase of 2 0C. The measurement was performed on AC current in 1 kHz and input voltage is one volt. The ions through to the membrane was measured as a conductance value by using LCRmeter that connected with two pieces of AgCl electrodes on both side of the membrane. Beside that, the conductance (G) was measured by the variation temperature of the solution. The results based on the electric characteristics variation of the frequency shows that the electricity of the onion membrane from the conductance itself is tend to increase and the capacitance is decrease due to increasing of the frequency. However, the conductance and the capacitance of the soaked onion membrane is increase doe to increase of the temperature than the original onion membrane. In adddition, the increasing of conductance to temperature was plotted on ln G to 1/T curve. The slope or gradient of the curve is used to determine the change of the self-energy of the membrane and its pore radius. Self-energy of ion which obtained from non-washed and washed and soaked (with distilled water) membrane is respectively 7,66967 x 10-21 J or  0,04787 eV dan 1,2156 x 10-19 J or  0,7869 eV ( 1 joule = 6,2415 x 1018 eV) and the average of pore membrane radius is 2,00 x 10-9 meter (2,00 nm) and 1,26 10-10 meter (0,126 nm). Based on the results the onion membrane could be a good membrane for established the electrisity anf the dielectricity.