cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
ISSN : 25488112     EISSN : 26228890     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 853 Documents
Perancangan Sistem Kontrol Pesawat Model Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vehicle) Berbasis Arduino Ariyono Setiawan; Sudrajat Sudrajat; Ridho Rinaldi; Didi Hariyanto
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) 1-6
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.349 KB)

Abstract

Pesawat UAV (Unmanned Aerial Vehicle) adalah sebuah sistem pesawat udara yang tidak memiliki awak yang berada didalam pesawat, sedangkan awak pengendali pesawat tetap berada di darat dan mengendalikanya dari jarak jauh. Perkembangan teknologi UAV cukup pesat sejak 30 tahun yang lalu. Salah satu teknologi canggih yang pesat ini adalah teknologi autonomous. Teknologi ini mampu membuat wahana pesawat UAV mampu terbang secara mandiri. Penggunaan teknologi flight controller saat ini sudah sangat maju dan mudah diakses datanya sehingga memungkinkan teknologi cepat berkembang di semua kalangan militer mapun non militer. UAV di Indonesia secara komersial banyak sekali dijumpai pada pemetaan lahan pertanian, perkebunan atau peta untuk pemerintah karena memang di Indonesia potensi pemetaan sangatlah luas dan dapat mempermudah pekerjaan manusia. Pada sistem ini menggunakan APM sebagai autopilot UAV yang lengkap untuk mendukung misi penerbangan UAV. Pesawat UAV di rancang untuk dapat melakukan misi terbang dari titik koordinat awal sampai koordinat akhir melalui GPS.
Analisa Peningkatan Manajemen Keamanan Kelas I Terhadap Kinerja Aviation Security Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang Dewi Ratna Sari; Dhian Supardam; Sutar Sutar; Elly Pujiatuti
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) 7-11
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan Bandara Abdulrachman Saleh Malang sampai saat ini masih dikelola oleh pihak TNI Angkatan Udara yangdimanfaatkan secara bersama oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk penerbangan komersial. terletak di tengah kotayang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, yaitu Kota Malang. Oleh karena itu, Bandara militer (Enclave Civil),ni sangat potensial untuk digunakan dan dimanfaatkan semua potensinya untuk penerbangan komersial yang terencanadan berkelanjutan. seiring dengan perkembangan penerbangan di Indonesia dan semakin ramainya pelaku bisnis di duniapenerbangan yang ditandai dengan bermunculannya perusahaan penerbangan baru, serta permintaan pembukaan rutepenerbangan yang baru baik domestik dan internasional sehingga perlu sekali bandara Abdulrachman Saleh Malangditingkatkan menjadi Bandara kelas I. Kondisi sekarang hanya penerbangan Domestik, dalam rangka peningkatanmenjadi bandar udara kelas I diperlukan penambahan sarana, prasarana dan Sumber Daya Manusia khususnya diperlukanpeningkatan manajemen keamanan (x) terhadap kinerja Avition Security (Y) Bandara Abdulrachman Saleh. Hasilperhitungan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan manajemen keamanan (x) dengan kinerja AvitionSecurity (Y). Implikasi bagi penyelenggara bandar udara terlaksana sesuai kinerja Avition Security menjadi bandar udaraaman, lancar, tertib, dan selamat dalam suatu penerbangan.
ANALISA KEGIATAN PENYEBAB RISK AND HAZARD TERHADAP KESELAMATAN PENERBANGAN DI PERUM LPPNPI CABANG BALIKPAPAN Erlina Muji Rahayu Wijayanti
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan merupakan salah satu bandara Internasional di Indonesia yang melayani penerbangan sipil dan militer, dikelola oleh PT. Angkasa Pura I (Persero). Jumlah traffic yang ada saat ini mencapai ±200 traffic/hari. Dengan banyaknya jumlah pergerakan pesawat udara, maka dalam hal pelayanan lalu lintas udara, dituntut memberikan pelayanan maksimal sehingga mampu menciptakan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas udara. Namun, hal tersebut belum maksimal karena tidak diimbangi dengan penerapan safety management system yang optimal. Koordinasi antar unit dalam pelaksanaannya masih belum optimal sesuai dengan LOCA yang ada menjadi salah satu penyebabnya. Tata letak peralatan yang kurang sesuai sehingga mengganggu ATC dalam pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan. Beberapa ATC masih sering melanggar peraturan dengan mengoperasikan handphone dan bermain game disaat on duty. Tentunya hal ini menciptakan hazard dan risk terhadap pesawat. Penggunaan phraseology yang tidak standar juga menjadi penyebab kurang optimalnya penerapan safety management system di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Teori-teori pendukung penelitian ini antara lain ICAO Annex 14 Aerodrome Vol. I Aerodrome Design and Operation, ICAO Annex 11 Air Traffic Services, ICAO Annex 10 Communication. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan prosedur yang menyebabkan hazard dan risk di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan terhadap keselamatan penerbangan. Diperlukan suatu upaya antara lain safety promotion untuk ATC, pengkajian ulang SOP dan LOCA, class room khusus pembahasan penggunaan standart phraseology dan segera difungsikannya tower baru guna meningkatkan kelancaran pelayanan lalu lintas penerbangan serta keselamatan di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.
Pemilihan Moda Angkut Antar Moda Jalan Raya dengan Bus Air Lintas Prajen-16 Ilir Palembang Chairul Insani Ilham
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daya tarik perjalanan angkutan lintas Prajen- 16 ilir Palembang , semakin hari mempunyai kecenderungan yang semakin meningkat dan hal ini memberikan dampak kepada kelancaran pelayanan jasa angkutan jalan pada lintas tersebut yang sering mengalami kemacetan dan dampak lain dari tingginya volume lalu lintas tersebut turut pula membebani jaringan transportasi jalan di Terminal Plaju yang sudah mulai jenuh tersebut.Upaya mencarikan lintas alternatif dengan ide memanfaatkan angkutan sungai musi dari Prajen Banyuasin ke 16 ilir Palembang (CBD),perlu dilakukan justifikasi secara ilmiah mengenai prospek kedepannya, dengan mengkaji faktor karaktristik system transportasi dengan tolok ukur Rasio Waktu Perjalanan(RWP) dan Rasio Biaya Perjalanan (RBP). Setelah dikaji secara ilmiah dari jumlah perjalanan kendaraan Angkutan jalan umum pada tahun 2015, dengan sampel 1-2 persen yang dikerjakan oleh 15 orang surveyor Rasio waktu Perjalanan (RWP) antara angkot dengan bis air didapati RWP sama dengan 2,06 kali atau 206 persen atau bis air lebih singkat waktu perjalanannya.Rasio Biaya Perjalanan (RBP) antara angkot dengan bis air didapat 1,14 kali lebih mahal.Rasio Waktu Pelayanan Perjalanan antara angkot dengan bis air adalah 3 kali atau bis air lebih baik atau hemat waktupelayanannya tiga kali.secara ilmiah yang menjelaskan bahwa lintas angkutan sungai lebih baik bila dibandingkan dengan lintas angkutan jalan . Dengan metode kajian yang cukup sederhana dan memanfaatkan data serta kesempatan yang ada, seyogyanya akan dapat membantu pemerintah untuk memberikan solusi lalu lintas angkutan orang dari dan ke CBD 16 ilir Palembang kedaerah Prajen/mariana.
Strategi Pengembangan SDM Transportasi Sunarno Sunarno
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melakukan kajian Strategi Pengembangan SDM Transportasi bertujuan menganalisis dan mengevaluasi terhadapketersediaan Potensi SDM Transportasi yang profesional dan kompeten dalam mendukung penyelenggaraan sistemtransportasi rasional yang rnampu menggerakan roda ekonomi nasional menuju tenwujudnya pemerataanpembangunati sek-toral keseluruh wilayah Indonesia sesuai dengan tujuan nasional. Metode penelitian inimenggunakan metode analisis kualitatif terhadap data sekunder dan primair SDM Transportasi. Adapun hasil kajianmengenai Strategi Pengembanga SDM Transportasi ditemukan bahwa selama ini penerapan strategi pengembanganSDM Transportasi belum tepat, sehingga ketersediaan SDM Transportasi yang profesional dan kompeten belumterpenuhi secara cukup dan fleksibel, merata keseluruh wilayah tanah air yang terjangkau jaringan transportasi baikmatra darat, laut, udara dan keretaapi. Dalam hasil kajian ini memberikan saran perlu agar diterapkan StrategiPengembangan SDM Transportasi yang tepat sehingga ketersediaan potensi SDM Transportasi tersebut mamputerdistribusikan secara merata metalui Perencanaan SDM yang lebih komprehensif dan berkelanjutan.
Rancangan Modifikasi Semikonduktor Tester Berbasis Raspberry PI Dengan Output Tampilan LCD secara Portable sebagai Media Penunjang Praktikum di Politeknik Penerbangan Surabaya Septi Rahman Sari; Margono Margono; Aulia Regia
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.559 KB)

Abstract

Rancangan semikonduktor tester ini dibuat dengan tujuan nantinya dapat digunakan sebagai media penunjang praktikumdi Politeknik Penerbangan Surabaya. Rancangan ini berfungsi untuk mengetahui keadaan komponen semikonduktor(Transistor, MOSFET, TRIAC, SCR, Dioda,dan DIAC, sehingga dapat mempermudah pengujian komponen tanpamenggunakan Multitester.Prinsip kerja rangkaian ini adalah Raspberry Pi di program dengan memperhatikan karakteristik dan komponen yangnantinya bisa menunjukkan kondisi baik atau buruknya komponen. Apabila peletakan komponen pada soket yangseharusnya dan komponen dalam kondisi baik, maka pada display LCD akan tertera “NO FAULT”. Apabila komponendalam kondisi buruk, maka pada display LCD akan tertera “FAULT”.
Rancang Bangun Remote Control Desk Dengan Human Machine Interface Infor U pada Laboratorium Airfield Lighting System (AFL) Simulator Suhanto Suhanto; Setiyo Setiyo; Kustori Kustori; Prasetyo Iswahyudi
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Airfield Lighting System (ALS) merupakan fasilitas dari peralatan dibandar udara yang memiliki peranan yang sangatpenting. Para teknisi bandara pada umumnya adalah alumni Politeknik Penerbangan (Poltekpen) Surabaya, dimanamereka harus memiliki kemampuan yang memadai dalam memahami dan menangani saat terjadi permasalahan terkaitALS. Poltekpen Surabaya telah memiliki sebuah miniatur fasilitas ALS dengan pengendali PLC dan Control desk sebagaisarana pembelajaran bagi para taruna agar lulusannya memiliki kompetensi yang baik terkait dengan ALS. Miniaturtersebut digunakan sebagai modul praktikum pembelajaran dasar kontrol ALS dan pengaturan konfigurasi lampu-lampuvisual aids. Lampu - lampu pada visual aids tersebut di atur menggunakan sebuah Constant Current Regulator (CCR) dansebuah Programmable Logic Controller (PLC). Ada beberapa perangkat yang keberadaannya dilapangan ada tetapi belumada di dalam miniatur, perangkat tersebut misalnya sistem pemantau arah angin dan kondisi cuaca. Oleh karena itu padapenelitian ini telah diimplementasikan sebuah sistem monitoring arah dan kecepatan angin beserta cuaca yang meliputikelembaban dan suhu lingkungan. Displai monitoring sistem tambahan ini diintegrasikan ke dalam HMI sistem ALS yangtelah ada, hal ini bertujuan agar perangkat HMI menjadi ringkas dan taruna dapat belajar mengintegrasikan antara HMIdan mikrokontroler. Sistem monitoring angin dan cuaca ini menggunakan pengolah data berupa mikrokontroler jenisAVR ATMega 328 dengan komunikasi ke HMI menggunakan jaringan ethernet dengan protokol Modbus TCP dengansoftware HMI yang digunakan adalah Info U. Jenis PLC yang digunakan untuk mengendalikan ALS adalah XG5000merupakan produk LG corporation. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan tingkat keberhasilan pengukurandan komunikasi data hingga 100%.
Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya dan Gangguan Beban Menggunakan Android Dhoni Chalifar Rachman; Prasetyo Iswahyudi; Wiwid Suryono
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama ini, Modernisasi memang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan masyarakat sekarang, dengan adanya era modern ini semuanya selalu berhubungan dengan teknologi. Tak lepas dari itu, penggunaan peralatan listrik pun juga mengikuti sesuai dengan perkembangan yang ada. Oleh karena itu, pada tugas akhir kali ini dibuat sistem informasi yang dapat memudahkan atau meningkatkan kehandalan dalam monitor pemakaian daya khususnya.Untuk sistem rancangan alat ini menggunakan Android sebagai sistem monitoring. Sensor arus dan sensor tegangan sebagai komponen pembaca arus dan tegangan yang kemudian diolah oleh mikrokontroler, dimana hasilnya kemudian ditampilkan dalam interface Android.
Rancang Bangun Simulasi Sistem Supervisory Control And Data Acquition (SCADA) Panel Sub Distribution Panel (SDP) Hikmahtul Maulani; Suhanto Suhanto; Setiyo Setiyo
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) adalah sistem kendali listrik berbasis komputer yang berfungsisebagai akuisisi data, komunikasi data jaringan, penyajian data, dan kontrol (proses). Sistem disini dapat berupa sistemdistribusi listrik, pengoperasian mesin pabrik, untuk pendistribusian air, sistem bandara dan lain sebagainya.Monitoring dan pengendalian ini dilakukan secara terpusat dengan Personal Computer (PC). Tujuan penelitian inimemudahkan mendapatkan informasi data pada panel Sub Distribution Panel (SDP).Dalam penelitian ini penulis merancang sistem pengendalian menggunakan Arduino Mega2560 dan beberapa alat lainyang dibutuhkan seperti kontaktor, Personal Computer (PC), dan beberapa sensor. Software Microsoft Visual C# 2010Express sebagai metode untuk tampilan hasil monitoring dan pengendalian beban panel SDP. Untuk komunikasi antarakomputer dengan Arduino menggunakan kabel Komunikasi serial RS232. Tujuan dari rangkaian alat ini yaitumemonitoring beban yang tidak seimbang pada setiap phasenya.
Rancang Kontrol Dan Monitoring Sistem Proteksi Pompa Air Submersible Berbasis Arduino Nano Muhamad Maftuh Fuad Fatori; Fiqqih Faizah; Devi Arisandi
Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)
Publisher : Politeknik Penerbangan Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pompa air adalah alat yang digunakan untuk memindahkan cairan (air) dari suatu tempat ke tempat yang lain, melalui media pipa dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung terus menerus. Salah satu jenis pompa air adalah submersible yaitu pompa yang dioperasikan di dalam air dan akan mengalami kerusakan jika dioperasikan dalam keadaan tidak terdapat air terus-menerus. Jenis pompa ini mempunyai tinggi minimal air yang dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja agar life time pompa tersebut lama. Namun, hingga saat ini masih belum ada kontrol dan monitoring sistem proteksi untuk melindungi pompa dari beberapa gangguan, seperti arus lebih, gangguan lebih, suhu berlebih, keadaan aliran air pada pipa serta tekanan air. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis bermaksud untuk merancang sebuah alat kontrol dan monitoring sistem proteksi pompa air submersible. Penelitian ini menggunakan sensor ACS-712 untuk mengetahui berapa arus yang mengalir, sensor ZMP101B untuk mengetahui berapa tegangan yang bekerja, sensor DS18B20 untuk mengetahui suhu pompa, water flow sensor YF-S201 untuk mengetahui aliran air pada pipa, dan sensor DC5V ¼ inci untuk mengetahui tekanan udara pada pipa. Output sensor masuk ke Arduino dan di proses. Setelah diketahui nilai dari tiap tiap sensor, jika nilai yang keluar tidak sesuai dengan nilai yang telah di tentukan, maka pompa akan mati. Hasil dari pengukuran tiap sensor akan di tampilkan pada PC dengan menggunakan Visual Basic sebagai Human Machine Interface.

Page 1 of 86 | Total Record : 853


Filter by Year

0000