cover
Contact Name
Raden Gamal Tamrin Kusumah, M.Pd
Contact Email
raden@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
attalim@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
ISSN : 16932161     EISSN : 26211955     DOI : -
Core Subject : Education,
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam memuat artikel tentang Pendidikan Islam hasil penelitian dan kajian di bidang Pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan JUNI dan DESEMBER.
Arjuna Subject : -
Articles 280 Documents
Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Etika Profesi Keguruan Untuk Peningkatan Kompetensi Pendagogik Dalam Karakter Kemadirian Dan Ketekunan Mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu Edi Ansyah
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 15, No 1 (2016): JUNI
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.035 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v15i1.285

Abstract

VISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MERESPON GLOBALISASI; Telaah Konsep Pandangan Hidup Islam QOLBI KHOIRI
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2018): JUNI
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.945 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v17i1.1179

Abstract

Implikasi Perkembangan Intelektual Dan Pemerolehan Bahasa Dalam Pengajaran Bahasa (Indonesia) Naisan Yunus
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 13, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.202 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v13i1.544

Abstract

PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI BAGIAN INTEGRAL DARI SISTEM PENDIDIKAN Nurul Fadhilah
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2013): JUNI
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.552 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v12i1.1620

Abstract

KOMPARASI STRATEGI PQ4R DENGAN STRATEGI KOOPERATIF JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN MAHAMAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Junaidi, Junaidi
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 14, No 1 (2015): JUNI
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.614 KB)

Abstract

This article compares PQ4R Strategy, with the Cooperative Strategy Jigsaw, Against Educational Technology Learning Outcomes Studies Program of Islamic Education. The population in this study were all students. This study population is the fourth semester students who are 4 classes of Islamic education courses in Academic Year2014 -2015. The amount of each class of 30 students. Sampling was done by cluster random sampling technique. Results of the research analysis pointed-out that the use of learning strategies PQ4R its better results compared to learning by using Jigsaw learning strategy on learning outcomes Educational Technology student of Islamic Education Semester Va and Vb
Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Azwar Rahmat
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 15, No 2 (2016): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.015 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v15i2.535

Abstract

COVER ATTALIM ATMIPI ATMIPI
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 17, No 2 (2018): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.313 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v17i2.1420

Abstract

Mengembalikan Jiwa Humanisasi Pendidikan: Mengenal Profil Kognitif Anak Autis Dalam Persepsi Spasial Geometri 3 Dimensi Berdasarkan Level Van Hiele imamul muttakhidah
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 14, No 2 (2015): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.187 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v14i2.274

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING Buhari Muslim
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 16, No 2 (2017): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.57 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v16i2.840

Abstract

Teaching Reading Comprehension Through Snowball Throwing Teaching Technique Ponda Sari Styawati; Syamsul Rizal
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam Vol 13, No 2 (2014): DESEMBER
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3332.867 KB) | DOI: 10.29300/attalim.v13i2.558

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa agar pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih efektif, guru harus mengaplikasikan teknik pembelajaran yang membuat siswa menjadi tertarik dan mudah dalam memahami. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa, diantaranya 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes reading, lembar observasi siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan snowball throwing teaching technique untuk materi membaca dikelas ternyata mampu meningkatkan keefektifan siswa dalam membaca dan juga mampu meningkatkan proses belajar dan mengajar di kelas. Siswa langsung aktif terlibat di dalam kelas dan mampu mengutarakan pendapat mereka dalam bentuk tulisan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tes evaluasi siswa selalu dilakukan di tiap-tiap akhir siklus. Dari hasil nilai rata-rata dalam setiap siklus ada penigkatan terhadap kemampuan membaca siswa, pada siklus I (51,36), siklus 2 (63,63), dan siklus 3 (72,27). Pada siklus ketiga, nilai rata-rata siswa telah mencapai target penelitian. Dengan demikian jelas bahwa Snowball Throwing teaching technique bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks umum.

Page 1 of 28 | Total Record : 280