cover
Contact Name
Tismen Yoga Pradana
Contact Email
tismenyogapradana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalreferensi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Telaga Warna Tlogomas Malang Telp. 0341 565500 Fax. 0341 565522
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 20890532     EISSN : 25486152     DOI : -
Core Subject : Economy,
Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi ISSN 2548-6052 (online), ISSN 2089-0532 (cetak), adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Scope jurnal terdiri dari manajemen, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen pemasaran, dan akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 182 Documents
KEGIATAN PELABELAN, PENGEMASAN DAN PEMASARAN KERUPUK DAN RENGGINANG PANARUKAN SITUBONDO Yuslinda Dwi Handini; Suhartono Suhartono; Sri Wahjuni
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.22 KB) | DOI: 10.33366/ref.v4i2.524

Abstract

Para penduduk desa adalah masyarakat produktif yang memiliki bisnis UKM produktif Kerupuk dan rengginang, tapi masih ada masalah mendasar yang berkaitan dengan pelabelan, pemasaran dan kemasan yang belum efektif dan efisien. Melalui kegiatan ini, usaha produktif masyarakat telah membantu dalam proses PIRT, tapi label, kemasan dan pemasaran masih sangat sederhana dan tidak tahan lama. Kegiatan ini akan dilakukan dengan metode sosialisasi dan pelatihan masyarakat produktif anggota Posdaya, terutama pada pembuatan label, kemasan dan pemasaran proses yang lebih efektif dan efisien untuk menghemat biaya produksi karena proses pemasaran, label dan kemasan yang lebih praktis dan menghemat waktu serta meningkatkan kualitas dan kuantitas Kerupuk dan Rengginang produksi dengan menerapkan teknologi tepat guna. Meningkatkan pendapatan masyarakat produktif yang memiliki kerupuk dan bisnis Rengginang dengan penerapan teknologi yang lebih efektif, lebih mudah, dan lebih disukai oleh konsumen dalam hal kuantitas dan kualitas. Solusi yang ditawarkan dalam pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi empat tahap pelaksanaan dan target adalah masyarakat produktif anggota Gelung Kartika Posdaya dan Siaga Desa Posdaya dari Galung, Panarukan, Situbondo. Keempat tahapan implementasi adalah: Pengetahuan tentang proses pemasaran yang efektif dan efisien kepada konsumen, Teknologi keterampilan transfer untuk label, kemasan atau proses menekan dengan menggunakan tangan Sealer menekan alat, Pelaksanaan pemasaran konsumen yang efektif dan efisien, dan menggunakan alat-alat Menekan atau kemasan pada produk sehingga pemberdayaan masyarakat Gelung Village akan ditingkatkan dengan peran aktif mereka dalam masyarakat yang Posdaya.
KEBIJAKAN PEMBANGUNAN ESDM PERIKANAN DI ERA PEMERINTAHAN JOKOWI Muhammad Buswari; Noor Kholis
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.314 KB) | DOI: 10.33366/ref.v4i1.515

Abstract

Dalam sebuah pemerintahan, usaha untuk mensejahterakan masyarakat merupakan tujuan utama, yang dapat dibuktikan dengan peningkatan (GNP) suatu Negara, di Indonesia pada era pemerintahan jokowi ini merupakan titik balik bagi peningkatan (GNP), salah satu indikatornya adalah peningkatan pemasukan di bidang perikanan dan kelautan , dalam mewujudkan peningkatan (GNP) itu tentu saja diperlukan perencanaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola potensi perikanan dan kelautan di Indonesia, dengan ditunjuknya ibu susi pudjiastuti sebagai menteri kelautan jokowi berharap terjadi perubahan yang signifikan dalam sektor tersebut, penelitian ini bertujuan memahami strategi peningkatan ekonomi sector perikanan dan kelautan dengan perubahan besar-besaran yang dilakukan oleh ibnu susi pudjiastuti, metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan komparasi literature baik yang berasal dari berita-berita terbaru dari sumber-sumber Koran yang terpercaya, laporan pemerintah dan buku-buku yang berhubungan dengan esdm peneliti mempunyai kesimpulan di era pemerintahan jokowi terjadi peningkatan ekonomi yang signifikan di bidang perikanan walau tidak drastis.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PERSONAL LEADERSHIP, KOMPENSASI FINANCIAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA MPS KUD TANI MULYO-PUSKUD JATIM Noer Rafikah Zulyant; Ratna Handayanti
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.977 KB) | DOI: 10.33366/ref.v6i1.987

Abstract

Penelitian Pengaruh Gaya Kepemimpinan Personal Leadership, Kompensasi Financial dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada MPS KUD Tani Mulyo – Puskud Jatim bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan personal leadership, kompensasi financial dan motivasi kerja secara simultan dan secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan serta menganalisis kompensasi finansial sebagai variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi pada MPS KUD Tani Mulyo – Puskud Jatim. Data diolah menggunakan software SPSS versi 17.0 Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik penarikan sampel secara kebetulan. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa gaya kepemimpinan personal leadership (X1) mempuyai pengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. b1 < 5% (0,019 < 0,05). Variabel kompensasi financial (X2) berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan (Y) dengan nilai signifikan b2 < 5% (0,002 < 0,05). Variabel motivasi kerja (X3) berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi (Y) pada MPS KUD Tani Mulyo Puskud- Jatim dengan nilai signifikan b3 < 5% (0,036 < 0,05). Berdasarkan hasil uji F memperlihatkan bahwa semua variabel independent secara simultan mempengaruhi prestasi kerja karyawan (Y) secara positif dan signifikan yang bisa dilihat dari signifikansi F < 5% (0,000 < 0,05). Pada hasil penelitian ini kompensasi finansial adalah variabel yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi pada MPS KUD Tani Mulyo Puskud- Jatim.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT ROKOK CAKRA GUNA CIPTA Ida Nuryana; Alfinur Alfinur
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.879 KB) | DOI: 10.33366/ref.v4i1.808

Abstract

PT. Cakra Cipta Guna Malang adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi rokok. Dalam menyelenggarakan kinerja perusahaan PT. Cakra Cipta Guna mempunyai budaya organisasi dan sistem kompensasi yang berbeda dengan perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah budaya organisasi, kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada perusahaan rokok PT.Cakra Cipta Guna Malang. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang dijadikan responden dipilih secara random yaitu sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan angket berupa pertanyaan serta wawancara untuk melengkapi data yang tidak diperoleh dengan kuesioner. Sebagai variabel dependennya adalah kepuasan kerja karyawan dan variabel independennya adalah budaya organisasi dan kompensasi. Penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi berganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa budaya organisasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan perusahaan rokok PT. Cakra Guna Cipta Malang.
PEKERJA WANITA DAN MASALAH GENDER Afrid’s Tamara Wiladatika
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.307 KB) | DOI: 10.33366/ref.v4i1.513

Abstract

Pada masa ini wanita turut berpartisipasi meningkatkan pedapatan keluarganya dengan cara bekerja merupakan hal yang biasa. Peran wanita dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi menjadi suatu keharusan, akibat semakin mendesaknya kebutuhan hidup. Sulitnya keadaan ekonomi keluarga sering kali memaksa beberapa anggota keluarga khususnya wanita untuk mencari nafkah, mengingat kebutuhan hidup semakin sukar dipenuhi oleh penghasilan suami, sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Hal ini terlihat jelas pada keluarga dengan ekonomi rendah, wanita terdorong untuk ikut berperan dalam meningkatkan pendapatan keluarganya dengan bekerja di sector publik. Wanita dari keluarga ekonomi menengah ke atas juga tidak sedikit yang terjun ke dalam dunia kerja.Diskriminasi terhadap perempuan banyak sekali terjadi pada fasilitas tanggungan keluarga. Di mana mayoritas pekerja laki-lakimendapatkan tunjangan untuk keluarga bahkan setelah mereka mencapai usia 40 tahun,sementara pekerja perempuan tidak mendapatkan fasilitas yang sama pada kelompok usia 30-39 tahun. Wanita memiliki beberapa keunggulan serta potensi yang juga tidak kalah dibanding dengan kaum pria, baik dari segi intelektual, kemampuan, maupun keterampilan.
PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN PASURUAN Akhmad Nasir
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.329 KB) | DOI: 10.33366/ref.v5i1.559

Abstract

Strategi pemasaran yang diharapkan perusahaan adalah bagaimana untuk meningkatkan jumlah penjualan produk sesuai target. Strategi yang dibuat oleh perusahaan diarahkan untuk menghasilkan kinerja, terutama kinerja pemasaran. Pada perusahaan besar inovasi produk sudah menjadi strategi pasar yang berkelanjutan sesuai kebutuhan guna mempertahankan kinerja pemasaran, namun bagaimana bagi perusahaan kecil dan menengah seperti industri mebel yang masih memiliki keterbatasan pemahaman terhadap strategi pemasaran. Bagi perusahaan kecil dan menengah apakah inovasi produk merupakan hal yang penting bagi kelangsungan bisnis secara berkelanjutan. Sampel penelitian ini pada perusahaan mebel di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 38 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi sederhana. Inovasi pada produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, untuk itu perusahaan ditekankan untuk menjaga kualitas produk yang sudah dipercaya konsumen.
STRATEGI EKSTENSIFIKASI PENERAPAN PP NO 46 TAHUN 2013 DALAM UPAYA PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) DARI WAJIB PAJAK USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA MALANG Asadi Asadi
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.774 KB) | DOI: 10.33366/ref.v4i2.520

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan penerimaan Pajak Penghasilan dengan diterapkannya pengenaan pajak 1% dari Omset yang di atur dalam PP No 46 Tahun 2013 pada wajib pajak Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jenis penelitian kualitatif yang mana diperkuat dengan adanya observasi dan wawancara, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Hasil penelitian adalah (1) Prosedur yang digunakan sudah sesuai dengan Undang-undang yang sudah ditetapkan oleh Direktur Jendral Pajak, dengan mengadakan pemetaan Wilayah, mengamati serta melakukan penyuluhan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah. (2) Kurangnya Sumber Daya Manusia yang ada di Kantor Palayanan Pajak Pratama Malang dan kurangnya kesadaran pelaku Usaha Kecil dan Menengah terhadap perpajakan sehingga menjadi hambatan strategi ekstensifikasi untuk pencapaian yang maksimal.
PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN PASURUAN Akhmad Nasir
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.148 KB) | DOI: 10.33366/ref.v6i2.528

Abstract

Strategi pemasaran yang diharapkan perusahaan adalah bagaimana untuk meningkatkan jumlah penjualan produk sesuai target. Strategi yang dibuat oleh perusahaan diarahkan untuk menghasilkan kinerja, terutama kinerja pemasaran. Pada perusahaan besar inovasi produk sudah menjadi strategi pasar yang berkelanjutan sesuai kebutuhan guna mempertahankan kinerja pemasaran, namun bagaimana bagi perusahaan kecil dan menengah seperti industri mebel yang masih memiliki keterbatasan pemahaman terhadap strategi pemasaran. Bagi perusahaan kecil dan menengah apakah inovasi produk merupakan hal yang penting bagi kelangsungan bisnis secara berkelanjutan. Sampel penelitian ini pada perusahaan mebel di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 38 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi sederhana. Inovasi pada produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, untuk itu perusahaan ditekankan untuk menjaga kualitas produk yang sudah dipercaya konsumen.
ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PT. SEMEN INDONESIA Tbk VS PT. HOLCIM INDONESIA Tbk Cakti Indra Gunawan; Lilva Puspita Anggraeni
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.503 KB) | DOI: 10.33366/ref.v3i2.508

Abstract

Strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah untuk masa depan perusahaan dengan membangun visi dan misi perusahaan. Dalam rangka menciptakan nilai terbaik yang berasal dari konsumen. Strategi yang telah ditentukan harus sesuai dengan tujuan perusahaan, sehingga akan membawa posisi perusahaan ke posisi yang terbaik. Fokus penelitian ini merujuk pada perusahaan industri semen dengan sampel yaitu PT. Semen Indonesia Tbk dan PT. Holcim Indonesia Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan strategi dengan menggunakan analisis SWOT antara PT. Semen Indonesia Tbk dan PT. Holcim Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis SWOT. Data yang digunakan adalah data sekunder. Adapun cara memperoleh data adalah dengan teknik dokumentasi dan studi literature yang berhubungan dengan penelitian ini.
INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DENGAN MENGINGAT KEMATIAN PADA PEMBELAJARAN PAI DI PTU Muhammad Fauzy Emqi
Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Unitri Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.917 KB) | DOI: 10.33366/ref.v6i1.983

Abstract

Kematian adalah suatu kepastian bagi semua orang. Mengingat kematian menjadi pemicu awal bagi siswa untuk mempelajari agama secara mendalam. Dengan ini, diharapkan para dosen Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Universitas, akan lebih efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai agama para siswa. Dan menerapkan internalisasi Nilai-Nilai Islam dengan Mengingat Kematian, sebagai motivasi belajar Agama di Perguruan Tinggi Universitas.

Page 1 of 19 | Total Record : 182