cover
Contact Name
Bahril
Contact Email
bahrilhidayat@fis.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bahrilhidayat@fis.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 14125382     EISSN : 25982168     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
The articles were published in the Journal include the results of the quantitative research, qualitative research, conceptual, theoretical and a literature review. The series of studies covering integration between Religion, Islamic, Education, Economic, and Human Behavior in Social Science issues, such as Educational Behavior, can be either Economic and Organization Behavior issues.
Arjuna Subject : -
Articles 192 Documents
Hubungan Kompetensi Lulusan Sarjana Ekonomi Syariah dengan Dunia Kerja Zulkifli, Zulkifli; Murdiana, Deswita
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi lulusan sarjana ekonomi syariah dengan dunia kerja dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Program Studi Ekonomi Syariah dalam mempersiapkan kompetensi lulusan sarjana ekonomi syariah tersebut, sehingga berdaya guna dan memiliki kompetensi yang berkualitas. 
Pengaruh Perputaran Kas terhadap Likuiditas Perusahaan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia Permata, Lolyta
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 8 No 1 (2011): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh perputaran kas terhadap likuiditas perusahaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Likuiditas yang dimaksud dalam penelitian ini adalah quick ratio. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari perputaran kas sebagai variabel bebas dan likuiditas sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006 sampai dengan 2008 dan jumlah sampel dari penelitian adalah 19 perusahaan. Analisis yang digunakan pada peneltian adalah anlisis regresi sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perputaran kas pengaruh secara signifikan terhadap likuiditas perusahaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Pengaruh perputaran kas terhadap variasi likuiditas perusahaan sebesar 7,7% sedangkan sisanya sebesar 92,3% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.
Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan Di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru Ahmad, Muhammad Yusuf; Arisanti, Devi; Nasution, Ridoan
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di Madrasah. Kepala madrasah dikatakan sebagai pemimpin yang efektif bilamana kepala sekolah mampu menjalankan proses kepemimpinannya yang mendorong, mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan dan tingkah laku kelompoknya. Inisiatif dan kreatifitas kepala madrasah yang mengarah kepada kemajuan madrasah. Berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan, beberapa penyebab sekolah dasar menjadi tidak bermutu antara lain: karena tidak ada standar input (siswa) sehingga kemampuan dan karakteristk siswa sangat beragam, sistem guru kelas berdampak pada menurunnya kinerja guru, kurikulum pada beberapa mata pelajaran masih dianggap terlalu luas, sehingga memberatkan bagi siswa untuk mempelajarinya dan masih adanya guru yang kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui strategi Kepala Madrasah dalam mewujudkan Madrasah Unggulan di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Tempat penelitian ini di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah. Subjek penelitian ini adalah Kepala MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan informasi, melalui wawancara maupun observasi  langsung. Setelah dilaksanakan penelitian dan data yang terkumpul dan dianalisa, strategi yang dibuat oleh kepala sekolah yaitu, peningkatan kemampuan mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan suvervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin yang ketat yang senatiasa dilaksanakan.
Analisis Kinerja Keuangan Baitul Mal Wattamwil Al-Ittihat di Pekanbaru Masnur, Masnur
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja keuangan BMT merupakan suatu gambaran tentang kondisi keuangan suatu BMT yang dianalisis dengan metode analisis keuangan, sehingga dapat diketahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Kinerja keuangan yang baik dapat dinilai dari hasil analisis yang memperoleh presntasi yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Rumusan masalah yang dihasilkan adalah bagaimana kinerja keuangan pada BMT AL ITIHAD pekanbaru dalam meningkatkan penerimaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan analisis yang dilakukan menghasilkan angka ratio yang stabil. Kinerja keuangan yang terjadi pada pendapatan BMT Al-Ittihad Pekanbaru cukup stabil dalam hal efesiensi biaya disebabkan jika pengeluaran (biaya) operasional meningkat maka pendapatanpun meningkat dan sebaliknya jika pengeluaran (biaya) operasional menurun maka pendapatanpun menurun. Hasil penelitian menunjukan Sisa hasil usaha diperoleh dari pendapatan dikurangi dengan pengeluaran (biaya) operasional. Stabilitas sisa hasil usaha BMT Al-ittihat Pekanbaru terbukti setiap tahun meningkat, artinya pendapatan BMT Al-Ittihad Pekanbaru setiap tahun selalu lebih besar dari pada pengeluaran.Sisa hasil usaha selama empat tahun terakhir juga dapat dipertahankan stabilitasnya seperti pada tahun 2011 laba bersih yang diperoleh relatif kecil dari tahun 2012 tetapi dibarengi dengan biaya kecil pula sehingga laba yang dihasilkan juga relatif stabil. Pada tahun 2012 sisa hasil usaha mengalami peningkatan dari tahun 2011sebesar 0,24% tetapi dibarengi dengan peningkatan biaya maka laba yang dihasilkan juga relatif stabil. Pada 2013 sisa hasil usaha mengalami pendekatan sebesar 0,21% tetapi di barengi dengan peningkatan biaya maka laba yang dihasilkan juga relatif stabil. Pada tahun 2014 laba bersih mengalami kenaikan sebesar 0,26% dibarengi dengan peningkatan biaya maka laba yang dihasilkan juga relatif stabil.
Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa Ahmad, Muhammad Yusuf; Nurjannah, Siti
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 1 (2016): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu dan merupakan salah satu kecerdasan yang dianggap penting. Dengan memiliki kecerdasan emosional, seseorang mampu memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berfikir, berempati dan berdoa. Selain itu, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional juga akan mampu menjalani hidup hanya berorientasi pada kebutuhan, bukan keinginan. Pencerdasan emosional dilakukan menurut pencerdasan intelegensi dan pencerdasan spiritual. Pencerdasan spiritual dapat diperoleh melalui pendidikan Agama Islam. Selain itu, dalam materi pembelajaran pendidikan Agama Islam juga mengandung ajaran tentang kecerdasan emosional. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, penulis meneliti hubungan materi pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP PGRI Pekanbaru. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara materi pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP PGRI Pekanbaru.
Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pengurus Cabang Olahraga dan Prestasi Atlet KONI Riau Satria, Deswita
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 15 No 2 (2018): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to analyze organizational culture and leadership of the sport branch Board and Athlete Performances and impact against KONI (Indonesian National Sport Committee) of Riau Province. The object of research is the Sport Branch Board members of KONI (Indonesian National Sport Committee) of Riau Province. Population in this study is the Sport Branch Board members of KONI of Riau province as many as 165, with a sample of 117 people, by using a formula Solvin. The type of data required in this research is primary data and secondary data. Primary data sources were obtained from the results of empirical research through deployment questionnaire to the Branch Board Sports, while the secondary data source authors were obtained in the form of ready-made include about organisational profile of KONI of Riau Province.  Data collection methods used were interviews and questionnaires. Data analysis tools used in the study was a multiple linear regression analysis.  Results from this study showed that: (1) There is a positive effect of the Cultural Organization (X1) on the performance variable (Y1) the coofficient 0,386 with sig = 0.002 ≤ 0,05; (2) there is a positive influence Leadership variable (X2) of the variable Cultural Organization (Y1) the coofficient 0,182 with sig = 0,038 ≤ 0,05; (3) there is a positive influence organizational culture variable (X1) to achievement athlete (Y2) the coefficient 0,252 with sig 0,002, 4). there is positive leadership variables (X2) on achievment athlete (Y2) the coefficient 0,287 with a value coofficient sig = 0,000 ≤ 0,05. there is a positive influence organizational culture variables (X1) to the achievement athlete (Y2) with sig = 0,000 ≤ 0,05. Cultural organizations are independent variables that influence is greater than the other independent variables. Coofficient determination or R-square is 79.04%, while 20.96% is influenced by other variables outside the research. Suggestions for further research are to find out other variables that have a greater influence on the performance of government policy, and the development of school sports.
Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam Arisanti, Devi
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan wadah untuk memperoleh ilmu yang ditransfer dari guru kepada para siswanya. Dalam pendidikan, istilah model pembelajaran tidak pernah bisa lepas dari setiap kegiatan antara guru dan para siswa dimana model pembelajaran merupakan strategi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Ketidakpuasan terhadap hasil dari model pembelajaran konvensional menjadikan para pakar pendidikan terus berupaya untuk mengembangkan suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu untuk memberikan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan proses pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang dianjurkan yaitu model pembelajaran kooperatif. Model ini menekankan agar para siswa mampu belajar memahami ilmu serta belajar bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran kooperatif juga mengajarkan siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik antar sesama siswa. Belajar menciptakan hubungan yang baik antara diantara siswa akan melatih siswa untuk terbiasa menciptakan hubungan yang baik diantara manusia. Tujuan ini sangat sesuai dengan ajaran agama islam. Sehingga dengan adanya model pembelajaran kooperatif ini, siswa akan mampu untuk melakukan interaksi yang baik diantara umat manusia baik dalam lingkungan pendidikan di sekolah maupun di lingkungan masyarakatnya.
Sikap Siswa Non Muslim dalam Mengikuti Pelajaran Arab Melayu Wahyuni, Ida Windi; Ahmad, Mawardi; Mulyanti, Sri
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 8 No 1 (2011): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa non muslim dalam mengikuti pelajaran Arab Melayu dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kurang perhatian siswa non muslim dalam mengikuti pelajaran Arab Melayu di SDN 016 Kampung Pinang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan tentang sikap siswa non muslim dalam mengikuti pelajaran Arab Melayu. Dan secara praktis, diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran kepada siswa non muslim, orang tua dan lembaga tempat penelitian sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki pola pikir siswa non muslim mengenai pelajaran Arab Melayu. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sikap siswa non muslim dalam mengikuti pelajaran Arab Melayu dikategorikan “tidak positif” (33,59 %). Adapun faktor-faktor yang lebih banyak mempengaruhi sikap siswa non muslim dalam mengikuti pelajaran Arab Melayu SDN 016 Kampung Pinang, yaitu faktor internal ini berasal dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa.
Analisa Permasalahan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) melalui Pendekatan Analytical Network Process (ANP) Zulkifli, Zulkifli; Hamzah, Zulfadli; Hamzah, Hamzah
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 1 (2016): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

BMT adalah lembaga keuangan yang berhubungan dengan pengusaha kecil untuk tambahan modal bagi kegiatan usahannya. Lembaga ini menyediakan dana untuk menolong pengusaha kecil yang tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank. Selanjutnya, adanya BMT ini ditujukan untuk membantuk perekonomian masyarakat golongan ekonomi kebawah, sehingaa menereka terjauh dari rentenir yang kerap kali meminta imbalan berupa bunga pinjaman yang tinggi. Sejak munculnya BMT ini pada tahun 1992, lembaga ini ternyata disambut positif oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Banyak masyarakat telah terbantu secara ekonomi karena adanya BMT ini; namun, ada juga yang usahanya tetap gagal dan akhirnya bangkrut. Penyebab kegagalan usaha mereka biasanya dikarenakan oleh banyaknya kendala yang muncul dalam kegiatan usaha mereka. Maka dari itu, melalui penelitian ini, beberapa BMT di Pekanbaru telah diseleksi kemudian di adakan penelitian studi kasus yang menganalisa tentang faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh BMT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytic Network Process (ANP). Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pakar akademisi, praktisi dan undangundang yang mana memiliki pemahaman khusus tentang kajian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya SDM merupakan faktor internal utama sehingga perlu adanya pelatihan dan pendidikan tambahan. Oleh karena itu, permasalahan ini sebaiknya segera diselesaikan dengan memberikan peraturan khusus tambahan sehingga masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan baik oleh BMT.
Hubungan Metode Sosiodrama dengan Akhlak Terpuji Siswa Madrasah Aliyah Hidayatullah Kabupaten Siak Hayati, Najmi; Ahmad, Muhammad Yusuf; Daryati, Daryati
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 14 No 1 (2017): Jurnal Al-Hikmah
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran yang biasanya digunakan oleh kebanyakan guru yaitu metode diskusi, ceramah dan tanya jawab, dimana guru sebagai pusat informasi, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hanya sebagai penerima informasi. Metode sosiodrama adalah mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungan dengan masalah sosial. Metode sosiodrama yang dilakukan diharapkan dapat mengukir akhlak terpuji dalam diri melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak terpuji yang terbentuk melalui metode sosiodrama yang diharapkan adalah akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap manusia, dan akhlak terhadap ibu bapak. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah untuk mengetahui hubungan metode sosiodrama dengan akhlak terpuji siswa. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan dikelas XI Madrasah Aliyah Hidayatullah Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Adapun tehnik pengumpulan data adalah angket yang disebar kepada 23 responden yang merupakan peserta didik Madrasah Aliyah Hidayatullah kelas XI IPA dan XI IPS. Adapun hasil penelitian tentang hubungan metode sosiodrama dengan akhlak terpuji siswa dapat dilihat dari analisis korelasi pearson moment diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,023 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Artinya ada hubungan antara metode sosiodrama dengan akhlak terpuji siswa Madrasah Aliyah Hidayatullah. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara metode sosiodrama dengan akhlak terpuji siswa Madrasah Aliyah Hidayatullah Siak.

Page 1 of 20 | Total Record : 192


Filter by Year

2011 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 2 (2023): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (JAIP) Vol. 20 No. 1 (2023): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (JAIP) Vol. 19 No. 2 (2022): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (JAIP) Vol. 19 No. 1 (2022): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (JAIP) Vol. 18 No. 2 (2021): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (JAIP) Vol. 18 No. 1 (2021): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (JAIP) Vol. 17 No. 2 (2020): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol. 17 No. 1 (2020): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol. 16 No. 2 (2019): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol. 16 No. 1 (2019): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 15 No 2 (2018): Jurnal Al-Hikmah Vol. 15 No. 2 (2018): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Al-Hikmah Vol. 15 No. 1 (2018): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 14 No 2 (2017): Jurnal Al-Hikmah Vol. 14 No. 2 (2017): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol. 14 No. 1 (2017): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 14 No 1 (2017): Jurnal Al-Hikmah Vol. 13 No. 2 (2016): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Al-Hikmah Vol. 13 No. 1 (2016): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 13 No 1 (2016): Jurnal Al-Hikmah Vol 12 No 2 (2015): Jurnal Al-Hikmah Vol. 12 No. 2 (2015): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol. 12 No. 1 (2015): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 12 No 1 (2015): Jurnal Al-Hikmah Vol. 8 No. 1 (2011): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan Vol 8 No 1 (2011): Jurnal Al-Hikmah More Issue