cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Semhavok
Published by Universitas Bina Darma
ISSN : 26545438     EISSN : -     DOI : -
SEMHAVOK merupakan singkatan dari "Seminar Hasil Penelitian Vokasi" yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma. Ruang lingkup penelitian yang dihasilkan merupakan gabungan dari 5 (lima) Program Studi pada Fakultas Vokasi, yaitu: Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Manajemen Perusahaan. Keseluruhan hasil penelitian yang telah dipresentasikan dan melalui proses review akan diterbitkan pada "Prosiding Semhavok". SEMHAVOK akan dijadwalkan agar dapat diselenggarakan satu kali setiap tahunnya pada bulan September. Seminar ini juga mengundang penulis dari seluruh Indonesia karena ruang lingkup seminar ini dalam skala Nasional.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): November 2019" : 34 Documents clear
SISTEM INFORMASI MONITORING KONTRAK PADA PENGADAAN AREA PT PLN (PERSERO) PALEMBANG Agustina, Merry; Pirza, Muhammad Arief
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1532.702 KB)

Abstract

Pada PT PLN (Persero)  Area Palembang dalam melakukan proses pengadaan barang atau jasa serta pembuatan laporan kontrak dan monitoring kontrak bagi pemenang atau vendor masih menggunakan Microsoft Excel, dari itu sering kali terjadi hal-hal seperti tidak merespons, macet,sering terhapus, sulitnya melakukan pengecekan data secara berkala sehingga menyita waktu dalam melakukan pencarian data sehingga menjadi permasalahan dalam proses pembuatan laporan dan monitoring kontrak yang menghambat pekerjaan pada bagian pengadaaan di PT PLN (Persero).Setelah dilakukannya observasi dan interview kepada karyawan, peneliti mengambil gagasan atau ide untuk merancang pembuatan sebuah aplikasi agar mempermudah proses penginputan, penyimpanan, pemantauan (monitoring) dan pencarian laporan data kontrak agar bisa menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang sangat lama, bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sistem yaitu PHP dan database MySQL sebagai medium penyimpanan data. Dari hasil implementasi dapat dilihat bahwa Sistem Informasi Monitoring Kontrak Pada Pengadaan Area PT PLN (Persero) Palembang dapat diterapkan dengan baik.
SISTEM INFORMASI LAPORAN DATA KONTRAK PENGADAAN PT. PLN (PERSERO) AREA PALEMBANG Yudiastuti, Helda; Alsha, Muhammad Tusin
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.183 KB)

Abstract

PT. PLN (Persero) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. PT PLN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang kelistrikan yang melayani masyarakat diseluruh Nusantara, bertekad untuk memberikan pelayanan jasa ketenaga listrikan yang terbaik dan memenuhi standar ketenaga listrikan yang dapat diterima dunia internasional dan mewujudkan hal itu dengan bertumpu pada kapasitas seluruh warganya. Pada bagian ini pengadaan barang atau jasa memiliki penginputan data penyimpanan sampai kepembuatan laporan kontrak bagi pemenang atau vendor,  permasalahan pada sistem penginputan, penyimpanan pada Microsoft Excel, data yang sekian banyak setelah melalui proses diatas menjadi permasalahan proses pembuatan laporan yang menghambat pekerjaan bagian pengadaaan seperti, membuat laporan data kontrak pengadaan dan memakan waktu yang lama. Jadi, dibutuhkan aplikasi pengolahan data kontrak pengadaan dalam proses pembuatan laporan, aplikasi ini berupa aplikasi berbasis web dengan menggunakan metode RUP (Rational Unified Process) Melihat dari kondisi dan permasalahan diatas, maka penulis ingin melakukan penelitian yang diangkat dengan judul ?Sistem Informasi Laporan Data Kontrak Pengadaan PT.PLN (Persero) area Palembang?.yang akan menghasilkan laporan data kontrak pengadan yang bertujuan untuk mempermudah proses penginputan dan mempersingkat waktu dalam pencarian laporan data konrak
SISTEM ONLINE PROSES PENDATAAN NASABAH BARU PADA PT. SOLID GOLD BERBASIS WEB Sahfitri, Vivi; Arnaldo, Frenky
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.454 KB)

Abstract

Pada PT. Solid Gold Berjangka telah memiliki website tersebut berisi informasi saja mengenai profil perusahaan dan produk yang ditawarkan sehingga apabila nasabah/investor yang ingin melakukan transaksi penanaman modal saham harus menghubungi broker/perusahaan sekuritas melalui telepon dengan memberikan data-data nasabah yang sifatnya rahasia dan berbahaya jika diketahui pihak lain. Hal ini  kurang efisien dalam hal waktu dan tempat sebab nasabah/investor harus susah payah datang dan mengantri di perusahaan sekuritas yang merupakan perusahaan yang memiliki ijin untuk menjalankan kegiatan transaksi saham, apalagi jika perusahaan tersebut berada di ibukota Jakarta sehingga nasabah/investor membutuhkan biaya yang cukup besar. Melihat dari kondisi dan permasalahan diatas, maka penulis ingin melakukan penelitian yang diangkat dengan judul ?Sistem Online Proses Pendataan Nasabah Baru pada PT. Solid Gold Berjangka Berbasis Web?.
SISTEM PENJADWALAN TAMU PADA DINAS PEKERJAAN UMUM TATA RUANG PROVINSI SUMATERA SELATAN Mazalisa, Zanial; Fadhillah, Umbra Pratama
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.152 KB)

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang  provinsi Sematera Selatan bertugas merencanakan, merumuskan dan melaksakan perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang provinsi berdasarkan peraturan perundang ? undangan di sumatera selatan dan sebagai penyelenggara urusan pemerintahan dibidang pekerjaan umum, pembangunan insfrastruktur dan perumahan untuk daerah Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan pertemuan dengan kepala bidang Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang provinsi Sumatera Selatan telah sesuai dengan prosedur yang berlaku, namun prosesnya masih dilakukan secara manual, tamu harus datang ke kantor menemui sekertaris untuk membuat jadwal bertemu dengan kepala bidang, sekertaris akan memberikan informasi kepada tamu tentang schedule kepala bidang dan memberitahu waktu bertemu dengan kepala bidang. Jika kepala bidang sedang tidak ada schedule maka tamu dapat bertemu langsung dengan kepala bidang, namun jika beliau sibuk maka tamu harus menunggu kepala bidang terlebih dahulu. Berdasarkan permasalahan mengenai penjadwalan tamu tersebut, maka Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang provinsi Sumatera Selatan perlu mengembangkan sebuah aplikasi penjadwalan yang dapat dibuat dimana saja tanpa harus datang ke kantor terlebih dahulu. Metode pengembangan sistem yang akan digunakan dalam penulisan tugas akhir adalah Web Enginering. Metode ini dikenal dengan rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Metode ini memerlukan pendekatan yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kamajuan sistem pada setiap tahapan. Hasil yang didapatkan suatu aplikasi penjadwalan tamu pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang provinsi Sumatera Selatan. Adapun tujuannya adalah membangun aplikasi penjadwalan berbasis web untuk membantu tamu mengatur jadwal bertemu dengan kepala bidang Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang provisi Sumatera Selatan agar medapat waktu yang pasti tanpa harus menunggu kegiatan kepala bidang.
PERANCANGAN DAN SIMULASI JARINGAN WAN DENGAN IP VPN PADA PT. KAI DIVRE III PALEMBANG Dasmen, Rahmat Novrianda; Mutiyah, Laras Putri
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.693 KB)

Abstract

Penggunaan komunikasi data saat ini sudah sangat dibutuhkan oleh sector bisnis, terutama perusahaan di sector bisnis yang mempunyai bnyak cabang di Indonesia atau di Negara lain. Saat ini banyak perusahaan yang mengintegerasikan system informasinya dalam suatu system yang terpusat seperti teknologi Enterprise Resources Planning (ERP), customer Relationship Management (CRM). Teknologi Jaringan Skala Luas (WAN) menjadi solusi untuk komunikasi datanya , ada banyak solusi yang ditawarkan penyedia jasa aksesnya untuk menghubungkan Jaringan Skala Luas ini, Seperti solusi leased channel, VSAT, DSL dan sebagainya. Solusi Virtual Private Nrtwork (VPN) banyak ditawarkan penyedia jasa dan dipilih oleh perusahaan karena bias menjadi alternative yang murah dan aman untuk komunikasi data WAN perusahaannya . VPN suatu teknologi WAN yang dilewatkan di jaringan public internet namun datanya dibungkus, di enkripsi dan dilewatkan dengan tunneling di internet. VPN merupakan solusi alternative yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk interkoneksi ke kantor lainnya
KUALITAS TENAGA KERJA FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI AZZA HOTEL PALEMBANG Fitriasuri, Fitriasuri; Heriyanto, Heriyanto; Caca, Melisa sawallya
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.854 KB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemajuan pertumbuhan ekonomi yang memberikan warna tersendiri dalam wajah dunia saa tini. Hal ini di buktikan dengan berkembanganya industry perhotelan di berbagai daerah. Banyaknya hotel di Indonesia yang melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Azza Hotel Palembang merupakan hotel berkasifikasi di bintang 2 yang di dirikan sejak 11 November 2012. Penelitian ini berjudul kualitas tenaga kerja front office department dalam meningkatkan kepuasan tamu di Azza Hotel Palembang. Tujuan penelitian ini untuk melihat kualitas tenaga kerja front office department dalam meningkatkan kepuasan tamu di Azza Hotel Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh penulis berdasarkan keterlibatan langsung dan hasil pengamatan dalam opeasional kerja hotel pada waktu melakukan praktik kerja lapangan di Azza Hotel selama 3 bulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas tenaga kerja front office dalam meningkatkan kepuasan tamu sudahcukup baik yang dapat di lihatdari data yang di gunakan dari review online travel agent dan di tanyakan secara langsung kepada tamu yang menginap.
PERANCANGAN DAN SIMULASI MANAJEMEN VLAN PADA JARINGAN DI PT.POS INDONESIA PALEMBANG Purwanto, Timur Dali; Ananta, Naufal Rakha
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.695 KB)

Abstract

Virtual Local Area Network (VLAN) merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk melakukan segmentasi user di dalam sebuah jaringan yang besar. VLAN mengatasi konfigurasi dari sebuah jaringan yang berpindah tempat. Metode ini berguna untuk meciptakan jaringan-jaringan yang secara logika tersusun sendiri. Meski telah digunakan cukup lama oleh beberapa penyedia layanan komunikasi, metode VLAN mulai dikhawatirkan kemampuannya untuk mengakomodasi jaringan komunikasi yang semakin besar jumlah penggunanya. Virtual Local Area Network (Vlan) merupakan jaringan yang dihubungkan dengan jaringan yang sama, walaupun berbeda lokasi dengan dilakukan konfigurasi pada switch dengan metode trunking. Switch dapat dihubungkan dengan router untuk menghubungkan sebuah jaringan VLAN yang telah dtentukan. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan manajemen VLAN pada jaringan komputer di PT.Pos Indonesia Palembang dengan menggunakan aplikasi simulasi packet tracer untuk memberikan hasil bahwa VLAN dapat mempermudah user untuk mengelola jaringan, memudahkan pengontrolan dan pembagian hak ases kepada seluruh anggota VLAN.
SISTEM INFORMASI WISATAWAN YANG BERKUNJUNG KE KOTA PALEMBANG BERBASIS WEB Komalasari, Dinny; Putri, Samarta Telu
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.807 KB)

Abstract

Kebutuhan begitu pesat, khususnya pada teknologi informasi yang berbasis komputer. Teknologi pada zaman sekarang ini sangat meningkat dan berperan penting dalam kebutuhan kantor. Dengan adanya aplikasi palembang tourism , maka masyarakat atau pengunjung dapat mengetahui jumlah turis yang berkunjung di palembang. Permasalahan yang ada pada dinas pariwisata kota palembang ini yaitu Bagaimana membuat Perancangan Sistem Informasi Pendataan Jumlah Wisatawan Asing Yang Berkunjung ke Palembang. Untuk itu dibuatlah aplikasi Palembang Toutism yang berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan mendefinisikan masalah, melakukan suatu studi kelayakan, merancang sistem, mendesain data, dan mengimplementasikan nya. Untuk membuat aplikasi yang dimaksud yaitu dengan menyiapkan peralatan ? peralatan seperti hardware, software, serta kebutuhan lainnya. Kemudian langkah selanjutkan yaitu mendesain program tersebut yang akan dibuat, sebagai kesimpulan bahwa program ini dapat membantu masyarakat mengetahui jumlah turis yang berkunjung ke Palembang.
PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) MOR II SUMBAGSEL Septayuda, Irwan; Sari, Komala Permata
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.569 KB)

Abstract

Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan (observation), wawancara (interview), dan literatur. Kesimpulan dari hasil pembahasan prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada PT. Pertamina (Persero) MOR II Sumbagsel Pada Fungsi Comrel & CSR dapat dikatakan cukup baik dikarenkan pencatatan surat sudah  memakai sistem yaitu sistem E-Correspondence. Tetapi terkadang pekerja tidak menerapkan dengan benar prosedur pengelolaan surat yang telah ditetapkan oleh Pertamina Pusat, dan kurang kepeduliannya pekerja dalam penyimpanan surat. Surat hanya di masukkan kedalam ordner tanpa ada penyimpanan khusus.
PENERAPAN PSAP NO. 07 TENTANG AKUNTANSI ASET TETAP PADA DINAS SOSIAL PROPINSI SUMATERA SELATAN Merina, Citra Indah; Verawaty, Verawaty; Manoppo, Fiska Andini
SEMHAVOK Vol 1 No 1 (2019): November 2019
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.871 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan Pernyataan Standar Akuntansí Pemerintahan (PSAP) No. 07 tentáng Akuntansi Aset Tetap Pada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan pernyataan Standar Akuntansí Pemerintahan No. 07 Akuntansi Aset Tetap pada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan yang disusun sudah sesuai dengan PSAP No. 07. Metode pengumpulan data didapat dari wawancara, observasi, serta jurnal penelitian terdahulu. Pengungkapan aset tetap belum sesuai dengan PSAP No. 07 tentang akuntansi aset tetap. Dinas ini belum mengungkapkan tentang dasar penilaian yang digunakan untuk menentukan nilai tercatat, informasi penyusutan yang meliputi, metode penyusutan yang digunakan, masa manfaat atau tarif penyusutan yang digunakan, nilai tercatat bruto dan akumulasi penyusutan pada awal dan akhir periode, serta rekonsiliasi. Karena tidak optimalnya pengelolaan aset tetap yang dilakukan dengan belum dipahaminya kewenangan serta bagaimana pelaksanaan pengeloaan aset tetap sehingga terjadi kesalahan pengelolaan pada hampir beberapa tahapan, selain itu juga lemahnya sistem tnformasi yang digunakan menyebabkan terjadinya kesalahan dalam input data sehingga membuat nilai aset tetap menjadi tidak dapat diyakini kewajarannya. Secara keseluruhan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan telah sesuai dengan Peraruran Pemerintah Republik Indonesia No. 71 tahun 2010 Standar Akuntansi Pemerintahan No. 07 Tentang Akuntansi Aset Tetap pada kegiatan operasional pemerintah.

Page 1 of 4 | Total Record : 34