cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Semhavok
Published by Universitas Bina Darma
ISSN : 26545438     EISSN : -     DOI : -
SEMHAVOK merupakan singkatan dari "Seminar Hasil Penelitian Vokasi" yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma. Ruang lingkup penelitian yang dihasilkan merupakan gabungan dari 5 (lima) Program Studi pada Fakultas Vokasi, yaitu: Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Manajemen Perusahaan. Keseluruhan hasil penelitian yang telah dipresentasikan dan melalui proses review akan diterbitkan pada "Prosiding Semhavok". SEMHAVOK akan dijadwalkan agar dapat diselenggarakan satu kali setiap tahunnya pada bulan September. Seminar ini juga mengundang penulis dari seluruh Indonesia karena ruang lingkup seminar ini dalam skala Nasional.
Arjuna Subject : -
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020" : 33 Documents clear
SISTEM DATA TAMU DAN KONSULTASI TAMU KANTOR REGIONAL VII BKN PALEMBANG BERBASIS WEB MOBILE Putra, Ade; Azhari, Ayu
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.988 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara Palembang adalah adalah bagaimana merancang suatu Sistem Informasi Data Tamu dan Konsultasi Tamu Pada Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara Palembang Berbasis Web Mobile. Dalam pengolahan data tamu dan konsultasi tamu masih sangat konvensional sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pelayanan bertamu maupun untuk melakukan konsultasi tamu. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah pegawai dalam pengolahan data tamu dan konsultasi, serta mempermudah tamu untuk mendaftar data tamudan konsultasi tamu dimanapun mereka berada. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Tahap-tahapan dari Waterfall adalah analisis, system, desain, pengodean dan penguji. Metode pengumpulan data dilalui dengan kegiatan wawancara dan observasi serta studi pustka. Hasil penelitian ini agar dapat mempermudah dalam melakukan pendaftaran bertamu dan konsultasi tamu dah pengolahan data tamu dan konsultasi tamu.
PENTINGNYA PERALATAN KANTOR DALAM MENUNJANG AKTIVITAS KERJA PADA PT. PERTAMINA MOR II SUMBAGSEL PADA FUNGSI COMREL & CSR Septayuda, Irwan; Arialapiya, Arialapiya
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seperti halnya yang penulis jumpai pada Kantor PT. Pertamina MOR II Fungsi COMREL & CSR Sumbagsel, selama penulis melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) di kantor tersebut penulis mendapati ada beberapa peralatan kantor yang belum tersedia dan peralatan kantor yang masih kurang, Seperti CCTV yang tidak ada, AC nya kurang baik, karena mengalami kerusakan seperti bocor dan tidak dingin sehingga ruangan terasa panas dan membuat karyawan merasa tidak nyaman, serta meja kerja yang kurang. Saran yang diberikan penulis untuk kantor PT. Pertamina MOR II Sumbagsel Fungsi COMREL & CSR, lebih diperhatikan lagi peralatan kantornya seperti peralatan yang rusak segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru, meja yang kurang segera ditambah, demi kenyamanan ruangan. Serta untuk para karyawan sebaiknya lebih menjaga mesin – mesin kantor yang ada dan dilakukan pemeliharaan yang rutin agar peralatan kantor disana lebih tahan lama.
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMA MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG Mazalisa, Zanial; Alfian, Muhammad Rendy
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1001.248 KB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan sudah menjadi hal yang wajar. Sekolah dituntut untuk mengikuti perubahan dalam menerapkan sistem informasi yang menggunakan teknologi informasi, termasuk pada bagian perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah SMA Muhammadiyah 4 Palembang merupakan sumber ilmu pada sekolah tersebut, akan tetapi dalam pengelolahan datanya masih manual yaitu dalam pendataannya masih menggunakan pembukuan sehingga mempunyai resiko yang besar data bisa rusak. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat suatu sistem informasi berbabis web pada perpustakaan SMA Muhammadiyah 4 Palembang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Tujuan penelitian ini untuk membantu dalam pengelolahan data perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (System Development Life Cycle) air terjun (Waterfall). Dalam pengumpulan data melalui wawancara, obervasi dan studi pustakan. Hasil dari penelitian ini diharap dapat membantu dalam pengelolahan data perpustakaan SMA Muhammadiyah 4 Palembang
EVALUASI SISTEM AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG Agustina, Merry; Meirosa, Intan Sari
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap perusahaan yang didirikan umumnya mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan yang bermanfaat bagi perusahaan.PT Pusri juga menjadikan penjualan sebagai aktivitas utama. Untuk meningkatkan produksi dengan kualitas yang baik, maka diperlukan kemampuan manajemen dalam mengelola faktor-faktor produksi yang ada dalam perusahaan. Penggunaan aset tetap setiap perusahaan berbeda satu sama lainnya, hal ini tergantung dari jenis kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, aset tetap akan mengalami penyusutan (kecuali tanah). Aset tetap juga memiliki peranan penting untuk kelancaran operasional perusahaan.Dalam memaksimalkan peranan tersebut dibutuhkan kebijakan yang tepat dalam pengelolaan aset tetap.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RADIUS SERVER SEBAGAI WIRELESS SECURITY DI RSUP DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG Puspasari, Ledyana; Dasmen, Rahmat Novrianda
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang saat ini telah menyediakan hotspot sehingga para Karyawan, staff, dapat menikmati layanan internet yang disediakan secara gratis tanpa harus menggunakan kabel jaringan (wireless). Keamanan jaringan pada hotspot sangat penting untuk menjaga dari kebocoran informasi maupun data, oleh karenanya perlu ada sistem keamanan yang handal. Mikrotik menyediakan sistem keamanan jaringan yang disebut dengan RADIUS server yang mengotentikasi dengan menggunakan username dan password, dapat menyulitkan user yang tidak sah untuk menerobos masuk ke dalam jaringan. Salah satu perubahan utama dibidang telekomunikasi adalah teknologi nirkabel (wireless LAN). Masalah yang akan kita hadapi apabila menerapkan wireless LAN adalah isu tentang keamanannya. Banyak pihak yang masih mempertanyakan tentang keamanan wireless LAN, Maka kita juga harus mengimplementasikannya sistem keamanan apa yang akan kita terapkan. Solusi atau penanganan yang dilakukan adalah dengan menggunakan RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service) server. RADIUS server memiliki protokol AAA (Authentication, Authorization, Accounting) yang dapat mengatur mekanisme bagaimana tata cara berkomukasi baik antara client ke domain-domain jaringan dengan tetap menjaga keamanan pertukaran data. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Perancangan dan Implementasi RADIUS server sebagai Wireless Security di RSUP Dr, Mohammad Hoesin Palembang. Dengan pengujian RADIUS server yang di implementasikan pada jaringa hotspot RSUP Dr, Mohammad Hoesin Palembang, diharapkan sistem RADIUS server ini dapat berjalan dengan baik serta cukup efisien dan praktis dalam menangani permasalahan-permasalahan jaringan hotspot.
PROSEDUR SISTEM PENYIMPANAN DAN PEMELIHARAAN KEARSIPAN PADA BAGIAN KESEKRETARIATAN DI PT PLN (PERSERO) UIWS2JB Jaya, Ade Kemala; Lestari, Melda
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prosedur sistem penyimpanan dan pemeliharaan kearsipan pada bagian kesekretariatan di PT PLN (Persero) UIWS2JB. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prosedur penyimpanan dan pemeliharaan kearsipan setelah menggunakan Aplikasi Manajemen Surat (AMS) pada PT PLN (Persero) UIWS2JB dan untuk mengetahui apakah dengan adanya AMS ini mampu meningkatkan kinerja karyawan yang lebih cepat dan lebih praktis. Arsip merupakan pusat kegiatan dan alat pengawasan yang diperlukan dalam rangka melaksanakan segala kegiatan perkantoran. Oleh sebab itu tanpa adanya arsip tidak mungkin seseorang dapat mengingat segala dokumen dan catatan yang begitu kompleks, terutama dalam pengelolaan administrasi perkantoran. Dilihat dari prosedur penyimpanan surat meliputi : pemeriksaan, mengindeks, mengkode, menyortir dan menempatkan. Tetapi pada PT PLN (Persero) UIWS2JB dalam pengelolaan surat sudah menggunakan aplikasi AMS. Aplikasi Manajemen Surat (AMS) merupakan salah satu aplikasi komputer yang berfungsi sebagai sarana untuk pengelolaan administrasi kesekretariatan yang bukan bersifat rahasia, kelancaran penerimaan surat, pendistribusian surat, pengeluaran surat, pencarian surat baik surat masuk maupun surat keluar, produk hukum, surat bentuk khusus maupun nota dinas. Aplikasi ini dipakai untuk menyimpan data surat menyurat dalam bentuk softcopy sekaligus dalam bentuk sarana bantu untuk menunjukkan lokasi / tempat hardcopy dan memberi kemudahan bagi user dalam melakukan pengarsipan maupun pencarian dokumen.
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMA NEGERI 19 PALEMBANG BERBASIS WEB Khudri, Akhmad; Oktariansyah, M. Dwi
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem informasi perpustakaan sekolah SMA Negeri 19 Palembang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP seta database MySQL. Tujuan penelitian membangun suatu sistem pengolahan data perpustakaan berbasis komputerisasi untuk mempercepat pecarian data seperti data penerbit, kategori, buku, siswa, pminjaman buku, dan pengembalian buku. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (System Development Life Cycle) air terjun (waterfall). Tahapan-tahapan dari SDLC Waterfall adalah analisis kebutuhan sistem, desain, pembuatan kode program dan pengujian. Metode pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermuda dalan pendataandan penginputan data perpustakaan sekolah SMA Negeri 19 Palembang.
SISTEM INFORMASI REGISTER SURAT PERINTAH MEMBAYAR PADA KANTOR BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH Yudiastuti, Helda; Pratiwi, Melliza Dwi
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) merupakan salah satu Badan yang ada di Walikota Palembang yang merupakan suatu instansi pemerintah yang sangat berpengaruh dalam Pemerintah Kota Palembang terutama di bagian Pelayanan berkas surat perintah membayar “(SPM) adalah dokumen yang diterbitkan oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran yang ditunjuk untuk mencairkan dana yang bersumber dari daftar isian pelaksaan anggaran (DIPA) atau dokumen lain yang dipersamakan”. Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) selama ini belum memiliki sistem yang memadai pada pendataan register pada surat perintah membayar, sehingga masih dilakukan secara manual dengan cara pencatatan tertulis ke dalam buku agenda yang dimana akan mengahabiskan waktu mencatat data spm tersebut. Dalam satu hari rata-rata berkas surat perintah membayar yang masuk ada 40. Permasalahan yang timbul adalah dengan masih dilakukan secara manual, menyebabkan kemungkinan buku hilang dan rusak sewaktu-waktu diperlukan, apabila bagian kasubbid pembendaharaan ingin meminta data masih menggunakan pencarian dengan cara satu persatu, hal ini tentu saja membutuhkan waktu yang lama karena data yang dibutuhkan harus dicari satu-persatu secara manual.
PERANCANGAN DAN PENGUJIAN MANAJEMEN BANDWIDTH DI KANTOR DPRD PROVINSI SUMATERA SELATAN Widayati, Qoriani; ABE, Bagus Arianto
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi tanpa kabel/nirkabel (wireless) telah menjadi kebutuhan dasar ataugaya hidup baru masyarakat informasi. LAN nirkabel yang lebih dikenal dengan jaringan Wi-Fi menjadi teknologi alternatif dan relatif lebih mudah untukdiimplementasikan di lingkungan kerja. Instalasi perangkat jaringan Wi-Fi lebihfleksibel karena tidak membutuhkan penghubung kabel antar komputet. Access point merupakan perangkat yang biasa digunakan dalam jaringan wireless ( Hotspot area ) dimana user atau pengguna terhubung ke internet menggunakanmedia udara melalui perangkataccess point . Selain itu, dengan jaringan berbasiswireless ini membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses internetdimanapun berada. Implementasi pemasangan jaringan ini terdiri dari pemasangankonektor RJ- 45 pada kabel UTP, melakukan konfigurasi repeater , konfigurasi Access Point , konfigurasi HotSpot Server MikroTik . Dengan adanya jaringan wireless berbasis HotSpot di Gedung DPRD, akan mempermudah pegawaii untuk mengakses internet dengan gratis. Selain itu, melakukan konfigurasi jaringan wireless tidak begitu sulit, asalkan mengikuti aturan pembuatan jaringan.
PERANCANGAN PEMETAAN IP ADDRESS MENGGUNAKAN METODE VLSM DI PT KAI DIVRE III PALEMBANG SUMATERA SELATAN Tujni, Baibul; Alfiansyah, A. Hendra
SEMHAVOK Vol 2 No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. KAI adalah badan usaha milik negara indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api layanan PT. KAI meliputi angkutan penumpang dan barang. Untuk dapat terintegrasi, PT. KAI harus didukung jaringan yang terdiri dari banyak komputer. Dalam jaringan yang memiliki ratusan host device dan mengoperasikan semua device tersebut didalam network ID yang sama, dan sangat rentan terjadinya collision. Collision merupakan tabrakan antar paket data yang dikirim oleh dua atau lebih pengguna pada saat yang bersamaan pada jaringan komputer. Perlu adanya antisipasi salah satunya dengan melalukan subnetting. Metodologi yang digunakan dalam subnetting ini adalah VLSM (Variable Lenght Subnet Mask). Dengan menggunakan metode subnetting ini diharapkan akan memaksimalkan penggunaan alamat host device dan terhindar dari alamat yang kembar. Selain itu subnetting metode ini mampu meningkatkan keamanan jaringan dan mengurangi terjadinya collision.

Page 1 of 4 | Total Record : 33