cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JSME MIPA UNIMA
ISSN : 2337327X     EISSN : 23376139     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia; dan 2) Bidang Pendidikan dan Pembelajaran dari Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan IPA. Hal lain juga memuat issue-issue yang konstruktif dan inovatif. Jurnal ini terbit 6 kali dalam 1 tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 144 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BESED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TONDANO Pasoi, Retna G.; Pulukadang, Rosiah J.; Pesik, Anekke
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran PBL pada materi Statistika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII E yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakanPosttest. Hasil penelitian mengungkapkan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78 berarti > 67 nilai KKM dengan persentase kelulusan kelas adalah 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) pada materi statistika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Kata Kunci: Problem Based Learning(PBL), Hasil belajar, Statistika
STUDI KANDUNGAN AIR SUMUR DI DESA SUM SEBAGAI MEDIA GAMBAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Tjiakra, Rosalina A.; Worang, Rina L.; Mokosuli, Yeremia S.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA N 31 Halmahera Selatan pada peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 tahun ajaran 2015/2016 mata pelajaran Biologi pada pokok bahasan sistem ekskresi. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh media gambar pada hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Rancangan penelitian menggunakan Pretest dan posttest control group design. Data yang diambil dan dikumpulkan dari tes awal sebelum diterapkan perlakuan dan tes akhir sesudah diterapkan perlakuan. Analisis data menggunakan uji homogenitas, normalitas, uji hipotesis dengan menggunakan statisti uji-t. Dari data analisis menggunakan SPSS dapat diketahui homogenitas nilai f yaitu 0.006 dan untuk nilai signifikansi 0.542. Maka setelah didapati nilai yang ada menggunakan taraf α = 5 % Karena nilai α = 0.05< darinilai sig = 0,542 maka H1 diterima dan kedua kelas tersebut adalah homogenydengan menggunakan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol = 60,83 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,54, berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaakan media gambar pada materi sistem ekskresi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: Sistem Ekskresi, Media Gambar, Hasil Belajar
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERACTIVE VIDEO BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL Tatu, Margareta; Wenas, Jhon R.; Marasut, Alri
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kompetensi kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan AVA (Audio Visual Aids). Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bitung dimana diambil dari 2 kelas yang homogen yaitu kelas VIII A dengan anggota 29 siswa sebagai Kelas Eksperimen dan VIII B dengan anggota 29 siswa sebagai Kelas Kontrol. Data untuk melihat pencapaian kompetensi pada pokok bahasan (SPLDV) diperoleh melalui Tes Akhir.Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer adalah 78,79 sedangkan kelas yang pembelajarannya tidak menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer adalah 70,179. Pada analisis inferensial untuk mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi yang menggunakan uji dua rata-rata, menunjukkan nilai . Ini berarti, nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritik sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian kompetensi kognitif siswa pada pokok bahasan (SPLDV) yang diajarkan dengan menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer.Kata Kunci: Pembelajaran , Multimedia, Interactive Video, berbasis Komputer
PEMBUATAN BIOETANOL DARI BUAH PISANG MELALUI DESTILASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP BIOTEKNOLOGI DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN Tandaju, Retnawati M.; Nanlohy, Fanny N.; Rungkat, Jovialine A.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa kurang memahami konsep bioteknologi karena guru tidak mendemonstrasikan pembelajaran boteknologi yang berdampak pada rendahnya hasil belajar.Penelitian Ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian Eksperimen Pretest Posttest Control Group Design dengan populasi 95 siswa kelas XII, sampel diambil secara acak yaitu 40 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Data diolah menggunakan statistik uji-t dan diperoleh t-hitung=7.323 tTabel= 2.024. Jadi t-hitung= 7.323 > tTabel= 2.024,Jadi tolak H0 dan terima H1. Nilai rata-rata kelas eksperimen 53.25 dan kelas kontrol 32.25. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol artinya Demonstrasi Pembuatan Bioetanol dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Bioetanol, Destilasi Demonstrasi, Hasil Belajar
PENGARUH KEMAMPUAAN AWAL MATEMATIKA SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Lumansi, Frids M.; Salajang, Santje M.; Mangobi, James U. L.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa, pengaruh kreativitas belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa dan pengaruh kemampuan awal matematika dan kreativitas belajar matematika secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tondano, yang terdiri dari 109 siswa. Sampel diambil sebanyak 30 siswa berdasarkan analisis multivariate korelasi. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes untuk kemampuan awal matematika, angket tertutup untuk kreativitas belajar matematika dan dokumentasi untuk prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari nilai semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kemampuan awal matematika dengan prestasi belajar matematika siswa yang ditunjukkan nilai korelasi sebesar 0,549 dengan interpretasi cukup kuat dan kontribusi sebesar 30.1% dengan Taraf signifikan sebesar 0.002. Tidak ada pengaruh signifikan kreativitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan nilai korelasi sebesar 0,270 dengan interpretasi rendah dan kotribusi sebesar 7,29% dengan taraf signifikan sebesar 0.149. Ada pengaruh kemampuan awal matematika dan kreativitas belajar matematika secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa yang ditunjukkan nilai korelasi sebesar 0,641 dengan interpretasi kuat dan kontribusi sebesar 41,1% Taraf signifikan sebesar 0.001. Kata Kunci: Kemampuan Awal Matematika, Kreativitas Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika
ANALISIS FILOGENI MOLEKULER TANAMAN PALA (Myristica sp) DARI TAHUNA MENGGUNAKAN gen rbcL DNA KLOROPLAS Ingkiriwang, Marselino; Repi, Rudi A.; Nanlohy, Fanny N.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pala (Myristica sp) merupakan tanaman yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Daging buah Pala dapat diolah menjadi manisan atau asinan, biji dan fulinya dapat dimanfaatkan dalam bidang industri. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kedudukan species dan pohon filogeni Pala dari Tahuna berdasarkan barcode molekuler tumbuhan gen rbcL (the rubisco large subunit), DNA kloroplas. rbcL berukuran lebih dari 1400 bp. Hasil penelusuran BLAST dari situs NCBI menunjukkan bahwa Pala dari Tahuna tepatnya dari desa Mahena dan desa Kulur masih kekerabatan dengan Myristica fragrans dengan tingkat kemiripan 99%. Dari kedudukan pohon Filogeni tumbuhan Pala yang ada di Tahuna menunjukkan bahwa Pala ini lebih dekat kekerabatannya dengan Mauloutchia chapelieri, Horsfieldia amygdalina, Staudtia kamerunensis, Virola michelii, Virola kwatae, Myristica fragrans, Compsoneura atopa, Compsoneura capitellata, Virola sebifera, Horsfieldia amygdalina, Coelocaryon preussii. Kata Kunci: Myristica sp, Pala, DNA Kloroplas, gen rbcL
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI CAMPURAN BILANGAN BULAT Kainde, Royke; Wenas, John R.; Damai, I Wayan
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis dapat digambarkan bahwa daya serap yang dicapai siswa kelas VI SDN 11 Manado pada materi operasi campuran bilangan bulat belum mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan Penelitian ini adalah  meningkatkan dan menuntaskan hasil belajar siswa kelas VIb SD Negeri 11 Manado pada materi operasi campuran bilangan bulat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Subyek penelitian adalah siswa kelas Vib dengan jumlah siswa 25 orang. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan kelompok maupun individu. Kemampuan siswa kelas VIb SD Negeri 11 Manado mencapai kriteria mampu 83,8 % dan ketuntasan belajar secara klasikal dicapai pada angka 92 %. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa kelas VIb SD Negeri 11 Manado pada materi operasi campuran bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw mencapai ketuntasan belajar baik secara kelompok maupun individu. .Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar.  Bilangan Bulat
DEMONSTRASI PEMBUATAN NATA DE COCO DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TONDANO Gurumanis, Ahebron; Sumampouw, Herry M.; Sumakul, Jemmy L. M.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran di sekolah yang masih cenderung terpaku pada metode belajar yang belum menarik siswa secara aktif dalam pembelajaran, membuat siswa cenderung pasif dalam kegiatan belajar, merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang di sampikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui demostrasi pembuatan nata de coco pada pokok bahasan biotekologi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Data dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Observasi guru pada kelas XII IPA 7 dengan jumlah 23 siswa. Hasil penelitian pada siklus pertama menujukan bahwa 56,52 % masih belum mencapai ketuntasan sedangkan pada siklus kedua sudah mencapai 91,30 %. Demostrasi pembuatan pembuatan nata de coco pada pokok bahasan bioteknologi dapat meningkatkan hasil belajar sisiwa. Kata Kunci: Demostrasi, Hasil Belajar, Nata De Coco
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG MATERI PRISMA DENGAN ALAT PERAGA BUATAN GURU Tundunaung, Lidia R.; Pangemanan, Altje S.; Rembet, Treesje A. S.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga materi prisma lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimum ( KKM ). Penelitian ini dikategorikan penelitian ekperimen. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 orang. Dari hasil analisis data uji-t satu sampel pada taraf nyata 0,05 menunjukkan > . Hasil analisis data menyimpulkan bahwa menolak H0 dan menerima H1, Yang menyatakan nilai rata-rata hasil belajar siswa 78.65 lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada materi prisma dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sehingga lebih dari nilai KKM. Kata Kunci: Alat peraga, hasil belajar, materi prisma.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIPADU MEDIA PETA KONSEP BERBASIS METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 1 BITUNG Rahman, Hardiyanty; Simantjuntak, Suddin; Rompas, Chrisny F. E.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di SMA Negeri 1 Bitung proses pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru, penyajian materi tidak dikemas secara menarik dan tidak menekankan konsep dari materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan membahas mengkaji pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dipadu media peta konsep berbasis metakognitif dalam pembelajaran materi Virus di kelas X siswa SMA Negeri 1 Bitung. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2016 dengan metode eksperimen semu dan rancangan randomized control grup Pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bitung dengan jumlah 194 siswa. Pengambilan data menggunakan teknik sampel acak (random sampling) pada 2 kelas yaitu kelas X Peminatan IPA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan X Peminatan IPA 3 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil Pretest dan posttest menunjukkan bahwa skor minimum 18 dan 70 serta skor maksimum 50 dan 99 untuk kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen, skor minimum 16 dan 46 dengan skor maksimum 86 dan 100. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dipadu media peta konsep berbasis metakognitif lebih baik dibandingkan hasil belajar dengan metode konvensional pada pembelajaran Biologi kelas X SMA Negeri 1 Bitung. Kata Kunci: Metakognitif, Numbered Heads Together

Page 1 of 15 | Total Record : 144