cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti, M.Pd
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpgmistpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembatan Merah No 116 K, Prayan Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26223902     EISSN : 26850451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide/gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): JUNI" : 8 Documents clear
PENERAPAN PRINSIP DAN PRAKTIK DEMOKRASI INTEGRASI KURIKULUM TERPADU STUDENT CENTERING DI KOTA MEDAN Safran Safran; Ahmad Tarmizi Hasibuan; Fitri Yuliawati
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.375 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.171

Abstract

Integrasi kurikulum yang berpusat pada siswa atau sering disebut dengaan Curriculum Integration (CI) adalah konsep yang didukung dengan pendidikan demokrasi. Ini menempatkan siswa di pusat pembelajaran, melibatkan mereka dalam keputusan kelas dan perencanaan kurikulum. Tulisan ini memeriksa apa yang terjadi ketika tiga guru, berlokasi di tiga sekolah di kota Medan, mengeksplorasi prinsip-prinsip demokrasi dan praktik yang melekat dalam integrasi kurikulum yang berpusat pada siswa. Studi ini adalah proyek kualitatif skala kecil, jadi interpretasi temuan harus dilihat dengan Penelitian tindakan partisipatif (PAR). Teknik pengumpulan data adalah Triangulasi. Temuan menunjukkan bahwa bentuk penerapan prinsip dan praktik demokrasi Integrasi Kurikulum yang berpusat pada siswa di Sekolah Dasar di kota medan adalah berpikir secara demokratis-pedagogi dan praktik, terampil mempertanyakan, membangun rasa kebersamaan melalui pengambilan keputusan bersama, kurikulum yang dibangun bersama.
MOTIVASI BELAJAR SISWA DISLEKSIA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR Sitta Novia Muyassaroh; Izzatin Kamala
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.239 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.172

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) yang menyandang gangguan disleksia dapat menyebabkan anak kesulitan dalam belajar, diantaranya kesulitan mengeja, membaca, menulis dan komunikasi dengan orang lain. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa disleksia yang berinisial DH di salah satu SD Inklusi di Sleman. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan kajian literatur. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua baru menyadari anak disleksia disaat anak sudah memasuki usia remaja, lingkungan juga mempengaruhi motivasi belajar anak disleksia, dan upaya yang dilakukan oleh guru serta orangtua dalam mengatasi kesulitan belajar siswa disleksia. Dari hasil penelitian, gangguan disleksia yang dialami oleh DH berupa kesulitan dalam berbicara, raguragu ketika menjawab pertanyaan lawan biacaranya, mengeja kata demi kata dengan lambat dengan suara atau intonasi yang lirih atau pelan, dan kesulitan dalam menulis serta kesulitan komunikasi dengan lingkungan sekitar. Dengan melakukan pendampingan belajar yang maksimal antara guru dan orangtua maka akan meningkatkan motivasi belajar bagi anak disleksia.
ANALISIS BLENDED LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD Abroto Abroto; Seka Andrean; Aulia Diana Devi
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.061 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.173

Abstract

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut guru untuk membuat sebuah inovasi dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu dengan penggunaan strategi dan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesripsikan penggunaan metode blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu pendekatan studi pustaka (library research) melalui sumber pustaka yang berhubungan dengan metode blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar serta berbagai sumber literatur lainnya. Kemudian dianalisis dan disajikan hasil temuan data secara objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blended Learning merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran secara konvensional, belajar mandiri dan belajar mandiri secara online. Dalam meningkatkan motivasi belajar dengan metode Blended Learning di sekolah dasar dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu 1) mempersiapkan silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP), 2) membuat rancangan penilaian 3) menentukan metode yang cocok, dan 4) melaksanakan proses pembelajaran yang berlangsung secara efektif. Dengan ini, proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik dan menghasilkan generasi yang terdidik, yang mampu bersaing dan menjawab tantangan masa depan, serta berprestasi.
PERAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI SDIT SALSABILA 2 KLASEMAN YOGYAKARTA Alifia Intan Sekar Sari; Ihda A'yunil Khotimah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.64 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.174

Abstract

Perpustakaan memiliki peran penting di bidang pendidikan, untuk kepentingan penelitian, pelestarian sumber informasi dan tempat rekreasi . Perpustakaan juga memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa, sebagai pribadi mausia yang selalu ingin maju maupun perkembangan lembaga yang semakin mengalami persaingan yang ketat. Penelitian ini berupaya untuk melihat peran perpustakaan terhadap peningkatan kualitas sekolah dasar di SDIT Salsabila 2 Klaseman, baik berkaitan dengan prestasi peserta didik maupun kemajuan lembaganya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melihat langsung pada objek penelitian (observasi langsung) wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa perpustakan memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas sekolah dasar seperti mulai berkembangnya fasilitas perpustakaan; adanya ruang khusus, koleksi buku yang semakin banyak, sistem pelayanan modern, fasilitas ruang ber AC, tersedia komputer dan LCD proyektor dan juga mendukung prestasi anak dalam memperoleh beberapa kejuaraan diantaranya dalam perlombaan cerdas cermat PAI dan olimpiade MIPA.
TRANSFORMASI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) MENJADI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKADEMIK Zulkarnain Zulkarnain; Ahmad Syukri; Maisah Maisah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.467 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan transformasi STAIN menjadi IAIN dan pelayanan akademik pra – pasca transformasi, serta studi persepsi mahasiswa PGMI terhadap transformasi lembaga tersebut. Adapun latar penelitian yaitu IAIN Batusangkar dan IAIN Bukittinggi di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Penentuan subjek penelitian secara snowball sampling, analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) STAIN Batusangkar dan STAIN Bukittinggi melakukan transformasi dipengaruhi faktor internal dan eksternal; (2) Aspek sejarah kedua lembaga tersebut dengan kampus ternama di Sumatera Barat, yaitu UIN Imam Bonjol dan Universitas Negeri Padang (UNP); (3) upaya meningkatkan daya jangkau pemerataan, sebaran mutu, dan daya saing di era globalisasi; (4) peningkatan layanan akademik meliputi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian, dosen (tenaga pendidik), sarana-prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan pendidikan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa transformasi STAIN menjadi IAIN di Sumatera Barat dapat meningkatkan pelayanan akademik.
OPTIMALISASI TIGA PUSAT PENDIDIKAN MELALUI KURIKULUM TERSEMBUNYI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER AGAMA SISWA DI ASRAMA AL-AZHAR YOGYAKARTA Ridho Agung Juwantara; Khusnul Khotimah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.413 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.176

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran strategis kurikulum tersembunyi dalam proses penanaman nilai pendidikan karakter melalui kontribusi sekolah, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan partisipasi. Subyek penelitian ini adalah pengurus asrama dan ustadz atau ustadzah, wali santri, pejabat di lingkungan pondok pesantren dan santri. Validitas data diperiksa dengan triangulasi menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui Hidden Curriculum di Pondok Pesantren Al-Azhar Yogyakarta dilakukan melalui; (a) Halaqoh: yaitu kegiatan berupa tadarus mandiri, kegiatan berbahasa, bimbingan, bimbingan dan pengawasan. (b) Di luar ajaran Halaqoh yaitu Infaq Jum'at, sholat dhuha, budaya hidup bersih, budaya disiplin dan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan santun, dan sopan santun). (2) Melaksanakan program untuk mengoptimalkan peran ketiga pusat pendidikan dalam pembinaan karakter religius melalui; (a) mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pesantren. (b) pembiasaan sehari-hari. (3) Kontribusi ketiga pusat pendidikan dalam membina religiusitas melalui; (a) metode pembentukan kebiasaan (habituation). (b) Pelatihan dengan menerapkan contoh. (c) Berlatihlah dengan Kebijaksanaan. (d) rapat komite. (e) kegiatan berbasis masjid (f) masyarakat sebagai pemangku kepentingan.
PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TELOKO Andrianto Andrianto
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.099 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.177

Abstract

Peran Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam SDN Teloko. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam sejak dini di sekolah maupun diluar sekolah untuk membentuk akhlak siswa. Dari latar belakang siswa yang berbedabeda, minat belajar PAI cenderung masih sedikit sehingga diperlukan strategi belajar yang dapat meningkatkan minat belajar tersebut, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Bagi sekolah-sekolah di pedesaan masih jarang digunakan media pembelajaran yang berupa audio visual karena berbagai faktor seperti tidak adanya sarana prasarana serta masih kurangnya guru yang memiliki kemampuan untuk menggunakan media tersebut. Namun di SDN Teloko, guru PAI sudah mulai menggunakan media audio visual sebagai media mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III di SDN Teloko, serta mengetahui hasil penggunaan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Teloko dan guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara bebas berstruktur dan angket sederhana untuk mengambil data dari siswa serta mengumpulkan dokumentasi data. Hasil wawancara direduksi dengan memilih jawaban yang penting kemudian disusun secara sistematis. Adapun hasil penelitian yang berupa bilangan diubah menjadi sebuah predikat 75% – 100% “Efektif”, 50% – 75% “Cukup Efektif”, di bawah 50% “Tidak Efektif”. Data yang terkumpul dituangkan dalam betntuk uraian deskriptif. Selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III SDN Teloko cukup efektif, karena antusiasme siswa ketika belajar semakin tinggi. Dari 21 responden 100% menyatakan senang belajar dengan menonton video yang diputar oleh guru. Minat terhadap pelajaran PAI diketahui adalah 42.85% siswa dengan minat tinggi dan 57.14% siswa dengan minat rendah serta 0% siswa yang tidak berminat. Peran media dalam membantu siswa mengingat materi juga cukup efektif pada 71.42% siswa yang menyatakan dapat mengingat materi.
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI KINTELAN 2 YOGYAKARTA Eri Susanto; Wasifatun Najiroh; Fina Raudlatul Jannah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.092 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i1.178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Kintelan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini kepala sekolah di SD Negeri Kintekan 2 Yogyakarta benar memiliki gaya kemimpinan yang sangat baik, kolektif serta bertanggung jawab seperti penuturan warga sekitar sekolah. Selain itu kepala sekolah berdasarkan temuan menerapkan gaya kepemimpinan yaitu tipe demokratis. Kepala sekolah di SD Negeri Kintelan 2 memiliki gaya kepemimpinan yang demokratis, dapat merangkul pendidik dan pegawai dalam meningkatkan kinerja guru, kualitas pembelajaran, dan kualitas pembelajaran yang baik secara cepat, serta memahami terus mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan di SD Negeri Kintelan 2 Yogyakarta dengan strategi dan metode yang tepat. . cocok. Untuk menjadi pemimpin yang baik, harus ada faktor-faktor yang mempengaruhi sikap seorang pemimpin, antara lain; faktor pengetahuan atau keterampilan kepemimpinan, lingkungan, perilaku atau kepribadian, dan sosial. Untuk menjadi pemimpin yang memiliki kualitas yang baik, seorang kepala sekolah harus memiliki keterampilan kepemimpinan, ikatan dan kerjasama yang harmonis, dan lingkungan yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8