cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti, M.Pd
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpgmistpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembatan Merah No 116 K, Prayan Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26223902     EISSN : 26850451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide/gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Desember" : 8 Documents clear
HYBRID LEARNING: MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN Wildan Nuril Ahmad Fauzi; Yuli Setiawati
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.6 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.204

Abstract

 Hybrid   learning  adalah   pembelajaran   yang   memadukan   antara   kegiatan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi computer dan   internet.  Hybrid learning  memfasilitasi   siswa mendapatkan   bahan-bahan   untuk   kegiatan   pembelajaran   melalui   internet. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penerapan hybrid learning di SDIT Luqman Al Hakim Sleman: Pertama, mempersiapkan kurikulum. Kedua, setiap pararel mulai dari kelas satu sampai enam telah dibuatkan jadwal untuk melaksanakan pembelajaran Tatap Muka di sekolah. Ketiga,  social  distanding  seperti  mengatur  jarak  tempat duduk peserta didik minimal 1 meter. Keempat, selalu memakai masker dan atau faceshield. Kelima,  pembelajaran  ini  hanya  dilaksanakan  di  dalam ruangan. Keenam, siswa satu  dengan siswa lainnya  tidak  boleh  saling  bersentuhan.  Ketujuh, Sekolah  memberikan tempat untuk mencuci tangan beserta sabunnya dengan air  yang mengalir di setiap penjuru ruang dan dalam jumlah  yang  cukup.  Kedelapan,  seluruh  orang  di  lingkungan  sekolah  tanpa  terkecuali  harus  dalam  keadaan sehat,. Kelebihan dari sistem metode hybrid learning ini proses interaksi antara guru dan siswa yang hadir dalam proses belajar mengajar kembali dapat diterapkan. Kelemahan yang paling signifikan terlihat adalah masalah penyediaan perangkat pendukung hybrid learning yang harganya masih tergolong besar.
PENERAPAN METODE AR-RABITH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR’AN DI MIT IBNU MAS’UD YOGYAKARTA Nusyaibah Nusyaibah; Fuad Arif Noor
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.383 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.200

Abstract

 Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an membutuhkan sebuah metode yang diharapkan nantinya akan mempermudah dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di MIT Ibnu Mas’ud Yogyakarta menggunakan metode Ar-Rabith yang memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Ke khasan metode Ar-Rabith dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadi keunggulan dan nilai tersendiri di Madrasah Ibtidaiyah karena masih jarang sekolah yang menerapkan metode Tahfizh Al-Qur’an. Permasalahan dalam Penelitian ini: (1) bagaimana penerapan metode Ar-Rabith dilaksanakan di MIT Ibnu Mas’ud Yogyakarta (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an (3) bagaimana hasil penerapan metode Ar-Rabith dalam pembelajaran Al-Qur’an. Sedangkan tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan, proses dan faktor penghambat serta pendukung dalam penerapan pembelajaran Tahfizh menggunakan metode Ar-Rabith di MIT Ibnu Mas’ud Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Metode Ar-Rabith adalah metode mengikat hafalan yang diharapkan dapat terus membantu siswa dalam menghafal hafalan yang baru dengan yang lama. Faktor pendukungnya adalah motivasi, Lingkungan yang mendukung, Guru yang berkompeten dan Kerja sama antara sekolah dan orang tua.  Faktor penghambatnya ada kemampuan siswa dibawah standar, rasa malas pada diri siswa dan tidak semua orang tua bisa menjadi motivator yang baik. Hasilnya adalah metode Ar-Rabith berhasil diterapkan menurut hasil dari wawancara peneliti dengan guru maupun siswa.
ANALISIS TEORI BEHAVIORISME (THORNDIKE) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA SDN UPT XVII MUKTI JAYA ACEH SINGKIL Nur Rohman
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.268 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.210

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Bagaimana penerapan teori pembelajaran Thorndike dalam pembelajaran (2) teori pembelajaran Thorndike pada pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia di SDN UPT XVII Mukti Jaya Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam bentuknya penelitian ini  untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, kepercayaan, dan pemikiran seseorang secara individual maupun kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan teknik pengumplan data digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini bahwa teori Thorndike merupakan salah satu bagian dari teori behaviorisme yang dikembangkan oleh Edward Lee Thorndike di williamsburg. Dalam penjabaran teorinya diabagi menjadi beberapa bagian yakni: pertama, pemikiran tahap pertama yang meliputi: hukum kesiapan, hukum latihan, hukum akibat dan hukum sikap. Kedua, pemikiran tahap kedua merupakan bentuk revisi yang dilakukan oleh Thorndike yang berkenaan dengan hukum latihan dan hukum akibat. Berdasarkan analisis data yang ada terlihat bahwa teori pembelajaran Thorndike secara tidak langsung sudah diterapkan oleh guru khususnya pada pelajaran matematika dan bahasa indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian antara teori pembelajaran Thorndike dengan tahapan-tahapan yang digunakan guru dalam melakukan proses belajaran mengajar di kelas.
TEORI BELAJAR KOGNITIF GESTALT DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Andi Setiyawan; Wulan Fitriani; Zubaedah Nasucha; Suci Muzfirah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.327 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.157

Abstract

Keberhasilan seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh faktor penguasaan teori belajar oleh si pendidik. Oleh karenanya seorang pendidik hendaknya perlu mengerti dan memahami serta memiliki pengetahuan tentang teori belajar sehingga kelak dapat mengaplikasikannya ketika pendidik melaksanakan pembelajaran di sekolah. Tujuan disusunnya makalah ini ialah untuk mengenal dan mengetahui apa itu teori belajar kognitif dan konstruktivisme. Setelah mengetahui kedua teori tersebut penulis akan menarik keterkaitan penggunaan teori tersebut dengan pembelajaran yang dilakukan ditingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Dalam penulisan ini, menggunakan metode penelitian kajian kepustakan dari berbagai sumber. Cara pengumpulan data yang dilakukan pada kepenulisan ini dilaksanakan melalui telaah terhadap berbagai buku, literatur, dan laporan berkaitan dengan kedua teori tersebut.
SEJARAH SENAM DAN JENIS-JENIS SENAM DI SD/MI Aulia Fitri Damayanti; Ahmad Tarmizi Hasibuan
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.371 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.201

Abstract

 Metode penelitian ini adalah metode Library Reseacrh dengan jenis penelitian kualitatif. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani di SD/MI melalui senam, dengan adanya senam di SD/MI dapat membuat tubuh menjadi sehat. Olahraga senam yang banyak dipakai di SD/MI ternyata senam Ritmik diantaranya yaitu: SKJ, Senam Jantung Sehat, Senam Aerobik. Melakukan senam dapat membuat anak anak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui olahraga maupun gerak jasmani. Setiap senam juga memiliki gerak yang berbeda. Senam juga memiliki manfaat bagi tubuh manusia diantaranya: mempelancar peredaran tubuh manusia, membantu melancarkan sistem pernafasan, memperkuat otot tangan dan kaki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejarah senam dan jenis jenis senam yang ada di SD/MI.
PENGARUH MEDIA VLOG DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN Istikomah Istikomah; Umi Faizah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.642 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.199

Abstract

 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami penurunan nilai dimana 70% peserta didik tidak tuntas KKM. Sejak Pandemi covid 19 pembelajaran berlangsung secara daring. Pembelajaran daring yang tidak efektif membuat hasil belajar turun. Salah satu sebabnya tidak menariknya proses pembelajaran IPA secara daring. Maka dibutuhkan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan media Vlog. Media Vlog berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi Hubungan Gaya dan Gerak pada peserta didik SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo hal ini didapatkan dari hasil pos-test kelas kontrol sebesar 60,2 dan pada hasil post-test kelas eksperimen sebesar 71,1. Dari data tersebut terdapat selisih hasil belajar dalam bentuk rerata sebesar 10,9. Keefektifan media Vlog pembelajaran IPA melalui hasil perhitungan dari uji independent sampel t-test post test terdapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0,008 dengan rerata asumsi sebesar 109.35714. terbukti efektif secara signifikan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi Hubungan Gaya dan Gerak kelas IV SDIT Salsabila Pandowoharjo Sleman.
INTERAKSI EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN METODE YANBUA DI MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN KAYUHAN KULON Arina Mustafidah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.069 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.198

Abstract

Pendidikan dapat terselenggara dengan baik jika seluruh proses dan aktivitas pembelajaran terdapat peranan guru dan anak didik yang disebut interaksi edukatif. Seperti di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien (Madin HM) Kayuhan Kulon, interaksi antara guru dan anak didik juga terjadi. Bahkan peranan guru sangat menentukan atas kualitas bacaan siswa, karena Madin HM Kayuhan Kulon memberlakukan metode Yanbu’a dalam memfasilitasi kebutuhan anak didik dalam baca tulis Al Quran. Pentingnya hubungan interaksi turut menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran metode Yanbu’a ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi edukatif yang terdapat dalam pembelajaran Yanbu’a. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian diambil di Madin HM Kayuhan Kulon, meliputi guru, kepala Madin, dan santri yang mayoritas merupakan siswa usia sekolah dasar. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada prosedur Milles dan Huberman, yakni secara berturut-turut meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Yanbu’a yang di terapkan di Madin HM Kayuhan Kulon sesuai dengan ciri-ciri interaksi edukatif. Metode Yanbu’a di Madin HM Kayuhan Kulon sudah sesuai dengan ciri-ciri interaksi edukatif. Yaitu 1) memiliki tujuan di setiap materi; 2) ada prosedur pembelajaran untuk mencapai tujuan; 3) adanya materi khusus yang telah tersedia di buku Yanbu’a; 4) adanya aktifitas anak didik; 5) adanya bimbingan guru; 6) menerapkan kedisiplinan dalam hal membaca dan menulis sesuai materi Yanbu’a; 7) terdapat pembatasan waktu belajar; serta 8) adanya evaluasi dari guru.
ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN VIRTUAL SEBAGAI TINDAKAN PENCEGAHAN COVID-19 DI PERGUTUAN TINGGI Eri Susanto
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 4, No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.816 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v4i2.197

Abstract

 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pembelajaran virtual sebagai tindakan pencegahan COVID-19 di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan dasar metode kualitatif dengan studi pustaka dari beberapa sumber, baik cetak maupun elektronik, serta jurnal ilmiah yang terakreditasi. Kriteria artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel yang menggambarkan pembelajaran virtual pada mahasiswa dan memiliki bagian yang lengkap. Mekanisme pencarian menggunakan database Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “dampak COVID-19 pada perguruan tinggi” dan “pembelajaran virtual”. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yang dapat berupa risalah, surat kabar, esai, karya ilmiah, literatur atau artikel jurnal. Uji validitas yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber data. Analisis studi pustaka dengan 4 tahapan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) pembelajaran berbasis virtual diyakini menjadi salah satu kunci bagi perguruan tinggi untuk bangkit dari krisis pandemi yang berkepanjangan, (2) pembelajaran virtual berbasis Model Pembelajaran Online (OLM) dapat meningkatkan daya serap materi mahasiswa terhadap materi kuliah dengan peningkatan persentase mencapai lebih dari 81% dibandingkan hanya menggunakan model pembelajaran tatap muka, (3) pembelajaran virtual juga memiliki kekurangan, pertama, keterbatasan penguasaan teknologi oleh pendidik dan peserta; kedua, sarana dan prasarana yang belum memadai; ketiga, akses internet yang terbatas dan tidak merata; keempat, penyediaan anggaran yang tidak memadai; Kelima, jika dilihat dari sisi mahasiswa, kegiatan perkuliahan berbasis online ini akan membebani pengeluaran kuota mahasiswa dan pada akhirnya terdapat kerugian peserta didik dalam proses penilaian.

Page 1 of 1 | Total Record : 8