cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti, M.Pd
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpgmistpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembatan Merah No 116 K, Prayan Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26223902     EISSN : 26850451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide/gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Desember" : 8 Documents clear
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK RELIGIUS MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR Lusi Oktavia; Nur Hidayat
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.252

Abstract

Pentingnya pengajaran karakter anak sejak kecil dan ketika anak mulai memasuki sekolah dasar adalah untuk mempermudah pembentukan karakter baik, hal ini juga menjadi acuan agar ana-anak tidak mengalami krisis moral ketika dewasa nanti. Untuk membentuk perubahan kepribadian siswa menjadi lebih religius ialah dengan memakai metode pembiasaan, dalam pembelajaran agama islam. Serta untuk melihat faktor apa saja yang memperhambat dan mendukung dalam pelaksanaan metode pembiasaan di SDN 67 Kota Bengkulu tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode pembiasaan yang diterapkan guru dalam membentuk karakter anak dapat tercapai dan terlaksanakan. Dapat diperkuat dengan hasil-hasil laporan wawancara dari guru maupun dari orang tua siswa.
IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MI ISLAMIYAH WONOKITRI KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR IMPLEMENTATION OF HUMANISTIC LEARNING THEORY IN LEARNING AQIDAH MORALS CLASS V MI ISLAMIC MI WONOKITRI BUAY MADANG EAST DISTRICT OKU TIMUR I DISTRIC Nurul Junida; Sri Enggar Kencana Dewi; Ratih Purnama Pertiwi
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas V MI Islamiyah Wonokitri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai prosedur pengumpulan data. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan  triangulasi sumber. Subjek penelitianya adalah kepala madrasah, guru pelajaran akidah akhlak dan siswa/siswi kelas V Mi Islamiyah Wonokitri. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerja lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa implementasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas V Mi Islamiyah wonokitri yaitu: pada tahap perencanaan a) guru menentukan materi pembelajaran yang akan disampaikan untuk siswa. b) guru menentukan tujuan pembelejaran yang akan dicapai dalam pembelajaran. c) mengidentifikasi kemampuan siswa terkait materi yang akan diberikan. d) menyediakan fasilitas berupa sumber belajar dan sarana belajar seperti lingkungan dan buku. e) membimbing siswa untuk dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan. f)  mengevaluasi siswa diakhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan perkembangan siswa dalam menguasi materi pembelajaran. pada tahap pelaksanaan a) kegiatan dimulai dengan melakukan shholat dhuha berjamaah yang dilakukan setiap pagi. b) metode belajar yang digunakan pada dasarnya bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. c) guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. d) faktor yang mendukung pembelajaran yaitu lingkungan dan sumber belajar. e) faktor yang menghambat proses pembelajaran humanistik adalah kurangnya sarana dan prasarana belajar. pada tahap evaluasi implementasi teori belajar humanistik. Evaluasi dilaksanakan dengan memperhatikan tiga aspek yaitu, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Evaluasi dilakukan diakhir pembelajaran dan juga waktu ujian tengah semester, dan ujian akhir tahun.
PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI BUSTANUL ULUM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA linda agustian agustian; Sri Enggar Kencana Dewi; Arini Rosa Sinensis
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.360

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam sebuah proses pembelajaran. Salah satu hal yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya suatu motivasi belajar adalah penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dan tepat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempengaruhi pengaruh yang signifikan pada motivasi peserta didik dengan menggunakan metode course review horay dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di MI Bustanul Ulum Wonotirto dengan rancangan penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Wonotirto yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling yaitu sampel jenuh. Motivasi siswa pada penelitian ini diukur dengan menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk angket motivasi yang berjumlah 12 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan rekapitulasi uji hipotesis dengan menggunkan uji regresi linier sederhana di peroleh nilai F hitung sebesar 32.460 dengan signifikansi 0,000, nilai korelasi / pengaruh (R) sebesar 0,802 dan koefisien determinasi (R squere) sebesar 0,643 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode course review horay (variabel bebas) terhadap motivasi belajar siswa (variabel terikat) sebesar 64,3%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA TANGRAM PADA ANAK KELOMPOK A DI BA ‘AISYIYAH KUNCEN CAWAS KLATEN Melya Purbasari; Ihda A'yunil Khotimah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.361

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan media tangram untuk peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A di BA ‘Aisyiyah Kuncen Cawas Klaten, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui media tangram pada anak kelompok A di BA ‘Aisyiyah Kuncen Cawas Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, teknik pemberian tugas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok A di BA ‘Aisyiyah Kuncen Cawas Klaten yang berjumlah 24 anak terdiri dari 15 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penerapan media tangram untuk peningkatan kemampuan kognitif pada anak kelompok A di BA ‘Aisyiyah Kuncen Cawas Klaten dengan cara a) mengenalkan media tangram sebagai media pembelajaran kognitif di kelompok A, b) mengenalkan nama-nama bentuk geometri pada tangram, c) memindahkan tangram sambil menghitungnya. 2) peningkatan kemampuan kognitif melalui media tangram pada anak kelompok A di BA ‘Aisyiyah Kuncen Cawas Klaten mengalami peningkatan. Adapun skor yang diperoleh pada pra siklus adalah 39,58%, siklus 1 sebanyak 59,37%, dan siklus 2 sebanyak 86,45%. Jadi peningkatan yang diperoleh adalah 46,87%. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil pra siklus hingga siklus 2 yang menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif anak.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG Andriani Andriani; Gustin Rifaturrofiqoh; Ridho Agung Juwantara
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.362

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik melalui media Audio Visual  pada Peserta Didik Kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Data awal menunjukan bahwa banyak siswa yang masih kesulitan mengikuti pelajaran, banyak keluhan siswa terkait kontekstualisasi materi ke kehidupan nyata, serta yang paling konkret yakni ditunjukkan dari hasil belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan instrumen aktivitas dan hasil pembelajaran. Pengumpulan Data dengan melakukan tindakan di Siklus I dan Siklus 2 menggunakan alat Observasi, Tes dan Dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis, penyusunan dan publikasi. Adapun siklus yang digunakan yaitu Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil temuan Aktivitas Belajar menunjukan pada pra siklus hanya sebesar 26,5%, siklus I meningkat 42,5%, Siklus II meningkat menjadi 78,5%, sehingga peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 52%. Temuan ketuntasan hasil belajar siswapun menunjukkan peningkatan di siklus I sebesar 57,1% dengan kategori “Cukup Baik”. Sedangkan Siklus II sebesar 85,71% siswa tuntas dengan kategori “baik”. Prosentase hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari Pra Siklus ke siklus II sebesar 57,14% (meningkat cukup signifikan). Kinerja guru dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan Media Audio Visual terlaksana dengan cukup baik, namun masih diperlukan perbaikan yang bertujuan agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara komprehensif dimana masih terdapat 14,29% (4 siswa) diantaranya belum mencapai ketuntasan.
EFEKTIVITAS METODE MENYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH Nur Zakiyah; Fuad Arif Noor
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  penerapan metode  menyanyi dalam pembelajaran Sejarah, dan efektivitasnya dalam pencapaian hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa  kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tahassus (MIT) Ma’arif NU Pedan Klaten. Sementara pembelajarannya kurang optimalnya,  hanya memandang pembelajaran sejarah sekedar berisi hafalan tentang tahun kejadian, nama-nama tokoh, dan peristiwa yang terjadi tanpa mengambil hikmah didalamnya. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian eksperimen, sebagai subjek yang di gunakan adalah peserta didik kelas III MIT Ma’arif NU Pedan dengan populasi 31. Kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung= 0,648, sedangkan t tabel = 2,05. Karena t hitung t tabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode menyanyi lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam  pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen sebesar 73,43 dan kelompok kontrol sebesar 69,66. Sehingga metode menyanyi efektif terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi sejarah kelahiran dan sislilah Nabi Muhammad SAW.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB ( MUFRODAT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAM TEMPEL SLEMAN Luk Luk Muniroh; Umi Faizah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.364

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar latar belakang masalah yaitu adanya siswa yang kurang semangat dan terlihat tidak ada minat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab di kelas karena penggunaan metode ceramah yang membuat siswa bosan dan kurang tertarik dengan mata pelajaran bahasa Arab, mengingat bahasa Arab merupakan bahasa asing, maka modal utama siswa kelas IV B dalam mengerjakan soal adalah bekal hafalan. Jadi penting bagi guru untuk membekali anak didiknya modal dalam mengerjakan, yakni hafalan kosakata bahasa Arab.Tujuanya untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mufrodat dengan metode bernyanyi dan peningkatan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 26 orang di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Tempel Sleman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran kosakata bahasa arab ( mufrodat ) dengan menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Tempel ,tahapan pembelajaran sebagai berikut: a. Pemutaran Video lagu, b. Guru memberikan kuis tentang mufrodat dengan bantuan media gambar, c. Siswa mengikuti pembacaan mufrodat yang guru sebutkan sampai akhir, d. Guru memberikan reward kepada siswa yang sudah hafalan pada hari itu. 2) Peningkatan kemampuan menghafal kosakata bahasa arab setelah menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Tempel, terlihat dari hasil tindakan yang dilakukan yaitu pada pra siklus berjumlah 0%, pada siklus 1 yaitu sebesar 46%, dan pada siklus 2 yaitu sebesar 81%. Dapat dikatakan bahwa ketercapaian metode bernyanyi itu berhasil sangat baik sebesar 81% dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat siswa kelas IV B pada mata pelajaran bahasa Arab.
PENINGKATAN KREATIVITAS MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DI KELAS IV MIN KOTA JAYAPURA Fajar Dwi Mukti
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/abdau.v5i2.371

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas IPA melalui model pembelajaran cooperative learning di kelas IV MIN Kota Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa  kelas IV MIN Kota Jayapura. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Adanya peningkatan kreativitas siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran dalam setiap siklus. Pada siklus I dengan persentase 74% termasuk kriteria cukup. Pada siklus II diperoleh persentase 92.5 % dengan kriteria kreativitas Sangat baik. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kreativitas IPA di  kelas IV MIN Kota Jayapura Kota Jayapura

Page 1 of 1 | Total Record : 8