cover
Contact Name
Sri Yanthy Yosepha, S.Pd, MM
Contact Email
yosephariyanto09@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
yosephariyanto09@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
ISSN : 20880421     EISSN : 2654461X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Topik dari jurnal M-Progress ini adalah semua yang berkaitan dengan bidang ilmu Ekonomi.
Arjuna Subject : -
Articles 124 Documents
PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA, TERHADAP KINERJA PERSONEL BINTARA & TAMTAMA STUDI KAUSAL DI DENMA MABES AU Kadarwati Kadarwati
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 8, No 1 (2018): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.762 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v8i1.184

Abstract

Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh variabel Perilaku Kepemimpinan (X₁), Budaya Organisasi (X₂) dan Kepuasan Kerja (X₃) terhadap Kinerja (Y). Sampel penelitian 100 orang Bintara & Tamtama yang diambil secara acak sederhana dari populasi terjangkau dan berkarakter sama, dari jumlah 450 Bintara & Tamtama di Denma MabesAU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode survei, pada Mei s.d. Agustus 2017. Teknik analisis data penelitian, menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil analisis penelitian: 1) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan variabel Perilaku Kepemimpinan (X₁) terhadap variabel Kepuasan Kerja (X₃), secara parsial sebesar 51,32%. 2) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan variabel Budaya Organisasi (X₂) terhadap variabel Kepuasan Kerja (X₃), secara parsial sebesar 26,62%. 3) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan variabel Perilaku Kepemimpinan (X₁) terhadap variabel Kinerja (Y), secara parsial sebesar 41,96%. 4) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan variabel Budaya Organisasi (X₂) terhadap variabel Kinerja (Y), secara parsial sebesar 21,41%. 5) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan variabel Kepuasan Kerja (X₃) terhadap variabel Kinerja (Y), secara parsial sebesar 18,51%. Kata Kunci : Perilaku Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja
PENINGKATAN PERANAN WANITA DALAM PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA Wasis Gunadi
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 9, No 1 (2019): JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.78 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v9i1.265

Abstract

Peranan wanita dalam dunia usaha dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, baik jumlah maupun macam industri yang dipilih sebagai jenis usahanya, khususnya industri jasa. Dari sekitar 60 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), 60% diantaranya adalah UMKM wanita. Perdagangan dan investasi bebas yang semakin mempertajam persaingan antar pelaku usaha pada hampir seluruh industri, menuntut agar produk UMKM memiliki daya saing yang lebih kuat. Dari tiga strategi bersaing: cost leaderships, product differentiation, dan focus, yang paling memungkan ditempuh dan dikembangkan oleh UMKM adalah strategi kedua, utamanya melalui pengembangan produk kreatif, khas dan up-dated. Pengembangan produk kratif ini harus merupakan upaya sinergis melibatkan pemerintah, Lembaga akademis, pelaku usaha dan masyarakat. Produk-produk UMKM memiliki daya saing yang baik, khususnya di pasar luar negeri seperti saat berpameran Hongkong Fashion Week,  Malaysian Halal Showcase (MIHAS), dan Dubai Global Village (DGV).
PENGARUH EFEKTIFITAS E-TICKETING DAN PROMOSI ON-LINE TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PT. CITILINK INDONESIA DI BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA Sri Yanthy Yosepha; Galuh Diah Pitaloka
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 7, No 2 (2017): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.544 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v7i2.179

Abstract

Citilink is one of the Low Cost Carrier airlines in Indonesia, providing customers with options for cheap and quality flights that make it easier for customers to reach their destination. But With the rapid increase of the air transport industry nowadays that have implemented internet service in marketing strategy such as e-ticketing and promotion online make the competition between companies more tight in grabbing customers and maintaining existing market share. Citilink is one airline service company since 2012 has implemented e-ticketing and online promotion to achieve sales volume increase target. The e-ticketing and online promotion system is a marketing strategy that brings marketers and consumers closer together, the ease of consumers to interact effectively and efficiently at the end of the consumer's benefit and then repurchase and recommend to friends, relatives and family to buy and use information interactive through online facilities. Based on this background, the formulation of the problem This study aims to determine (1) is there any effect of e-Ticketing effectiveness partially on the increase of sales volume, (2) is there any influence of partial online promotion on sales volume increase, (3) is there any effect of e- and simultaneous online promotion of increased sales volume. The method used is accumulated sampling with 100 respondents using Citilink at Halim Perdanakusuma Airport. The results obtained by multiple linear regression equation is Y = 0.909 + 0.404X1 + 0.101X2, indicating that the Effectiveness of E-ticketing and online promotion have a positive and significant impact on the increase of sales volume. Partial test (t test) e-ticketing effectiveness is Y1 = 3.435 + 0.513X1 shows that Effectiveness of E-ticketing have a positive and significant impact to the increase of sales volume. Partial test (t test) online promotion is Y1 = 5.719 + 0.329X2. shows that online promotion has a positive and significant impact on sales volume increase. Keywords: effectiveness of e-ticketing, online promotion, increase in sales volume
PEMBERDAYAAN KOPERASI Wasis Gunadi
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 8, No 2 (2018): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.731 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v8i2.234

Abstract

Sampai sekarang ini koperasi masih dihadapkan pada masalah rendahnya kemampuan manajemen yang berhubungan dengan kualitas SDM yang dimiliki. Bidang-bidang kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh koperasi belum sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh koperasi dan lingkungannya, serta tidak sejalan dengan kepentingan anggotanya. Sangat banyak terlihat bahwa kegiatan usaha koperasi tidak memiliki kaitan dengan kegiatan usaha anggota dan ada kecenderungan koperasi melakukan bisnis hanya untuk kepentingan koperasi sebagai unit usaha dan bukan sebagai lembaga yang mendukung usaha-usaha dari anggotanya. Berkurangnya program-program kegiatan usaha koperasi yang bersumber dari pemerintah secara langsung juga mempengaruhi penurunan kinerja usaha koperasi. Hal ini mengindikasikan koperasi masih sangat terikat pada bantuan pemerintah, dan bantuan program pemerintah itu sendiri tidak menjadikan koperasi sebagai lembaga perekonomian yang mandiri. Keyword : ekonomi, koperasi,  dan pemerintah
PENGARUH DIMENSI BUDAYA DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESEPSI KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PURCHASE DECISION PELANGGAN E-COMMERCE DI JAKARTA Choiril Maksum; Mochammad Jasin; Nurezas Nurezas
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 7, No 1 (2017): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1291.654 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v7i1.177

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dimanfaatkan oleh sektor usaha dan industry untuk meningkatkan produktifitas. Salah satu cara dengan menggunakan platform ecommerce, cara ini dinilai sangat potensial karena Indonesia merupakan salah satu market ecommerce terbesar di Asia Tenggara. Masyarakat atau pengguna internet kini lebih cenderung membeli ataupun review barang atau jasa secara on-line. Artinya preferensi pembelian sebagian masayarakat mulai mengalami perubahan, hal ini membuat pergeseran budaya pembelian dari konvensional menjadi secara on-line. Maka adanya pergeseran budaya dengan ditunjang penggunaan instrumen komunikasi pemasaran oleh sektor usaha, dapat diukur prespsi konsumen atas e-commerce yang kemudian apakah berimplikasi terhadap purchase decision. Obyek penelitian ini adalah pelanggan e-commerce di Jakarta lalu teknik penentuan sample adalah non probability sampling dengan jumlah sample sebanyak 120 responden. Metode analisis menggunakan Structural Equation Model berbasis variance atau Partial Least Square. Berdasarkan analisis jawaban angket responden didapati seluruh indikator dinyatakan valid dan reliable dan model yang diteliti dikategorikan marginal fit. Hasil penelitian dapat disimpulkan seluruh variabel dimensi budaya berpengaruh terhadap presepsi konsumen sedangkan hanya variabel uncertainty avoidance yang berpengaruh terhadap purchase decision. Untuk dimensi komunikasi hanya variable advertising yang berpengaruh terhadap presepsi konsumen sedangkan seluruh variable dimensi komunikasi tidak berpengaruh terhadap purchase decision. Kata Kunci: E-commerce, Dimensi Budaya, Komunikasi Pemasaran, Consumer Behaviour
PENGARUH STRES DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. MARKINDO REKATEKNIK Sumarsid Sumarsid; Sri Yanthy Yosepha
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 8, No 2 (2018): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.366 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v8i2.229

Abstract

PT. Markindo Rekateknik adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor mesin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana keseimbangan antara stress, kompensasi dengan kinerja karyawan. Stress dibahas ini adalah stres yang dipicu dari banyak pihak seperti pekerjaan, ekonomi, keperluan personal dan masalah relasi dengan orang lain. Tentu kompensasi akan sedikit banyak membantu mengurangi stress yang merupakan penyakit mental (mental illness)  tersebut sehingga mempengaruhi kualitas atau quality performance dari kinerja karyawan.  Metode penelitian untuk pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Instrumen penelitian (Uji Validitas & Uji Reliabilitas), Uji Asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Multikolinearitas) dan Uji Hipotesa. Dan kesimpulan dari hasil semua pengujian adalah sesuai dengan syarat dari pengujian tersebut. Tentunya harapan untuk ke depannya adalah penelitian ini dapat menjadi referensi baik untuk perusahaan maupun untuk perorangan guna mengetahui bagaimana hubungan antara stress, kompensasi untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan hasil kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan Kata Kunci : Mental Illness, Quality Performance, Keperluan Personal, Mengoptimalkan
KEDUDUKAN HAK CIPTA DALAM MEWUJUDKAN HAK EKONOMI SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS Indah Sari
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 6, No 2 (2016): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.117 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v6i2.173

Abstract

This research aimed at analysing how copyrights could bring about economic rights for innovators and authors. In addition of generating economic rights, copyrights also protecting intellectual property rights. As we know, intellectual property rights is rights obtained from one’s thoughts or ideas, and it has economical values for the innovator and/or author. As it consequence, people required to get license from and grant royalty to the innovator and/or author when they need to gain further these economic values. This condition also valid to the copyrights as contained in law no. 28 of 2014 on Copyrights. Research here focused on economic rights of copyrights; what kind of economic advantages would gained by the innovator and/or author of his/her creation Keywords: Copyrights, Economic Rights, Intellectual Property Rights
PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI INKUBATOR BISNIS Wasis Gunadi
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 8, No 1 (2018): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.368 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v8i1.185

Abstract

Sistemik, inkubator bisnis merupakan suatu wahana transformasi pembentukan sumberdaya manusia yang tidak atau kurang kreatif dan produktif, menjadi sumberdaya manusia yang memiliki motivasi wirausaha secara kreatif, inovatif, produktif dan kooperatif.   Metode pembinaan dan pengembangan wirausaha yang dilakukan adalah (1) Pembimbingan yaitu memberikan dukungan bimbingan di bidang administrasi keuangan, manajemen, teknologi, pemasaran dan pencarian dana, sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan lingkungan tumbuh kalangan pengusaha; (2) Pelatihan yaitu memberi pelatihan dengan materi-materi dan waktu/sessi yang disesuaikan dengan keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai aspek kegitan usaha, mulai dari perencanaan produksi sampai dengan pemasarnnya; (3) Konsultasi  yaitu memberikan jasa pelayanan konsultasi mengenai segala aspek usaha. Inkubator bisnis juga mengusahakan jaringan informasi yang berkaitan dengan akutansi, manajemen, teknologi, pemasaran (di dalam maupun di luar negeri) dan penggalangan dana, dengan memanfaatkan keterkaitan inkubator bisnis dengan lembagalembaga atau instansi-instansi pemerintah maupun swasta.   Adapun jenis-jenis bimbingan dan pelatihan yang biasa  ditawarkan oleh inkubator bisnis adalah Bimbingan dan Pelatihan Bidang Kewirausahaan; Bimbingan dan Pelatihan Bidang Perencanaan; Bimbingan dan Pelatihan Bidang Manajemen; Bimbingan Pelatihan Bidang Akuntansi; serta Bimbingan dan Pelatihan Bidang Teknologi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JASA PENGIRIMAN PT. TIKI Vera Sylvia Saragi Sitio
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 9, No 1 (2019): JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.589 KB) | DOI: 10.35968/m-pu.v9i1.266

Abstract

Kebutuhan akan jasa pengiriman barang semakin meningkatkan dan cukup bersaing. Untuk itu setiap perusahaan penyedia jasa pengiriman harus memberikan kualitas pelayanan yang prima kepada para pelanggan agar pelanggan tidak beralih kepada perusahan penyedia jasa pengiriman barang yang lain. Selain itu, Perusahaan juga dituntut untuk dapat bersaing secara kompetitif dalam menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal (pelanggan) yaitu salah satunya melalui persaingan merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengerahu pengaruh kualitas pelayanan , citra merek terhadap keputusan pembelian  Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 50 responden. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan alat SPPS for Windows 24. Hasil penelitian menjelaskan bawah kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebesar 0.642. Artinya 64.2 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel yang terdapat didalam model, sedangkan sisanya 35,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
KORELASI EKSPOR DAN IMPOR TERHADAP NERACA PERDAGANGAN DAN NERACA PEMBAYARAN DI INDONESIA TAHUN 2007-2016 Wiryanti, Tutik
JURNAL ILMIAH M-PROGRESS Vol 7, No 2 (2017): JURNAL M-PROGRESS
Publisher : JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.449 KB)

Abstract

The total export consist of gas and petroleum and non gas and petroleum to many countries. The total import consist of petroleum, mineral, agriculture, industry from many countries. The trade balance of Indonesia are notes of the total export minus the total import. Whereas the Indonesian balance of payment are notes of foreign transactions which to became revenue or payment from another countries. The aim of the research is to know of correlations and influence between the total export and import to the Indonesian balance of payment and the trade balance in 2007 - 2016. The research methods used library research from annual report of the Bank Indonesia since 2007 until 2016, BI and BPS website, other reference and then statistic analysis. The result of the research show that: (1) the total export and import were the linear and strong positive correlations relationship (R=1,00) to the trade balance,but Its were linear and the enough correlation relationship (R=0,631) to the Indonesion balance of payment in 2007 - 2016. (2) The total export and import were not an influence to the trade balance and Indonesian balance of payment in 2007 – 2016. Keywords : Export, Import, Trade Balance and the Indonesian Balance of Payment.

Page 1 of 13 | Total Record : 124