cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
nurhayatideli@gmail.com
Phone
+6285252244603
Journal Mail Official
gervasi.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 25986147     EISSN : 25986155     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang relevan dengan kependidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 26 Documents clear
PELATIHAN MEMAHAMI WACANA DALAM UJIAN NASIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Agustina, Rini; Lahir, Muhammad; Ramaniyar, Eti
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.683 KB)

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan pelatihan memahami wacana dalam ujian nasional padapelajaran Bahasa Indonesia. Sasaran kegiatan adalah siswa kelas 3 MAS Sirajul Ulum Pontianak sebanyak 20 siswa. Pelaksanaan pengabdian di dalam Musala MAS Sirajul Ulum. Metode pengabdian yang digunakan adalah demonstrasi. Kegiatan pengabdian mulai dari tahap persiapan yakni observasi dan sosialisai, sedangkan untuk pelaksanaan mulai dari penyajian materi, praktik, refleksi, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan pengabdian terselenggara dengan baik dan lancar sertapara siswa memiliki antusias yang luar biasa sepanjang kegiatan berlangsung; (2) Siswa aktif dalam bertanya maupun memberikan jawaban yang diajukan; dan (3) Siswa mengetahui trik ataupun strategi dalam memahami wacana soal Bahasa Indonesia sehingga dapat diimplementasikan pada saat ujian nasional nanti berlangsung.Kata Kunci: pelatihan, memahami, wacana.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMP DAN SMK MANDIRI PONTIANAK Sulistiyarini, Dewi; Bibi, Sarah; Fatmawati, Erni; Arpan, Muhamad
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.596 KB)

Abstract

Tujuan pengabdian adalah untuk memberikan pelatihan kepada para guru di SMP dan SMK Mandiri Pontianak tentang pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Powerpoint melalui trigger. Kegiatan pelatihan diikuti oleh guru-guru yang berada di lingkungan SMP dan SMK Mandiri Pontianak yang berjumlah 24 orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di ruang Laboratorium Komputer SMK Mandiri. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode praktik, yaitu dengan memberikan materi terlebih dahulu, kemudian para guru membuat media pembelajaran disesuaikan dengan mata pelajaran yang diampu. Diakhir kegiatan, para guru mengisi angket respon terkait pelaksanaan kegiatan pelatihan. Berdasarkan hasil angket diketahui respon guru terhadap kegiatan pelatihan yaitu: (1) Memiliki manfaat yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran; (2) Materi kegiatan pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan; (3) Pelaksanaan kegiatan pelatihan sudah sesuai dengan keinginan para guru; (4) Para guru mengharapkan adanya keberlanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan; dan (5) Para guru menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan menambah wawasan.Kata Kunci: pelatihan, media pembelajaran interaktif, respon.
PEMANFAATAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN IPA BAGI GURU SD/SMP DI DESA TANJUNG SALEH Fadillah, Syarifah; Wahyudi, Wahyudi; Nurhayati, Nurhayati
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.875 KB)

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan tentu akan berdampak pada hasil belajar siswa, salah satu cara yaitu dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Alat peraga yang digunakan selain dapat menyampaikan konsep dengan mudah dan menyenangkan bagi siswa juga harus dapat dibuat dengan mudah oleh guru. Untuk itu, dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan pembekalan pembuatan dan pemanfaatan alat peraga matematika dan IPA dalam pembelajaran bagi guru SD dan SMP yang ada di desa Tanjung Saleh. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan sebelum pembekalan, diketahui bahwa rata-rata pengetahuan guru tentang alat peraga dan media masih belum maksimal. Setelah dilakukan pembekalan, pengetahuan guru tentang media dan alat peraga menjadi meningkat selain itu guru juga dapat menentukan alat peraga yang digunakan dalam pembelajarannya dan mampu untuk membuat alat peraga tersebut. Kata Kunci: alat peraga, pembelajaran Matematika, pembelajaran IPA.
UPAYA MENGOPTIMALISASIKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER SISWA TPQ/TQA MASJID DARUL MUKHLISIN PADANG Azkiya, Hidayati; Tamrin, M.
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.147 KB)

Abstract

Siswa harus diberikan materi pendidikan berbasis karakter dengan tujuan agar siswa mengetahui tentang: (1) Karakter anak; (2) Akhlak sebagai kunci karakter; dan (3) Sejarah para nabi dan rosul sebagai contoh karakter. Sasaran program pengabdian adalah para siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang yang berjumlah 61 siswa. Pelaksanaan program pengabdian dilakukan dengan cara mengadakan workshop dan seminar dengan penyampaian beberapa materi tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalisasikan pendidikan berbasis karakter siswa TPQ/TQA di Masjid Darul Mukhlisin Padang. Hasil akhir yang diperoleh dari program pengabdian adalah peningkatan sikap dan karakter siswa, terutama pada penerapan pendidikan berbasis karakter yang dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa selalu bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan karakter yang telah diketahui dan dapat menerapkannya dalam kehidupan dengan orang tua, guru, serta teman.Kata Kunci:  pendidikan karakter, workshop, seminar.
PELATIHAN MEMANDU ACARA PADA SISWA SMP PANCASILA SUNGAI KAKAP Sulastriana, Elva; Hartati, Mesterianti; Yuda, Ramadhan Kusuma
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.049 KB)

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah: (1) Meningkatkan wawasan dalam memandu acara dengan baik, maksimal, serta mampu menjadi pemandu acara yang profesional yang memahami tentang kedisiplinan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya; (2) Menjadi motivasi bagi mitra agar dapat memberdayakan siswanya yang berpotensi dalam memandu acara untuk dilibatkan dalam kegiatan sekolah; dan (3) Terbentuknya rasa percaya diri, keberanian, dan keterampilan mendasar pada masing-masing siswa untuk memandu acara. Sasaran kegiatan pengabdian adalah siswa kelas VII SMP Pancasila yang berjumlah 22 orang. Kelas tersebut dipilih karena memiliki banyak kekurangan dalam memandu acara, sehingga memerlukan  bimbingan dan pengarahan yang intensif. Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah demonstrasi dan diskusi. Hasil kegiatan pelatihan dapat terlaksana dengan efektif. Pihak sekolah dan para peserta menunjukkan kerja sama yang sangat baik dalam mendukung kegiatan pelatihan. Peserta masih memiliki kekurangan dalam proses memahami teori dan mempraktikkannya dalam kegiatan memandu acara, namun peserta memiliki semangat yang baik dalam belajar.Kata Kunci: pelatihan, pemandu acara, demonstrasi, diskusi.
PELATIHAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH Al ADABIY Wulandari, Fariska
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.39 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa Madrasah Aliyah Al Adabiy. Pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan Bahasa Inggris selama 10 kali pertemuan. Metode drilling, contextual guessing meaning, dan communicative language teaching dilakukan dalam pemberian pelatihan. Pre-test dan post-test dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari ketiga metode serta keefektifan dari pelatihan. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan nilai rata-rata. Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan Bahasa Inggris siswa karena terdapat peningkatan dari nilai pre-test ke nilai post-test.Kata Kunci: pelatihan, drilling, contextual guessing meaning, communicative language teaching.
PEMBELAJARAN MENDONGENG DI SMP AWALUDDIN PONTIANAK Simarmata, Mai Yuliastri; Mastuti, Dewi Leni; Wiranti, Wiendy
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.216 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian berupa workshop dengan tema pembelajaran mendongeng di SMP Awaluddin Kabupaten Kubu Raya. Peserta dalam kegiatan pengabdian adalah siswa yang berjumlah 22 orang. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah: (1) meningkat keterampilan berbicara siswa; (2) Melatih rasa percaya diri siswa; dan (3) Melatih cara mendongeng yang baik sesuai dengan gesture. Kegiatan pengabdian telah menambah wawasan siswa dalam pembelajaran mendongeng, struktur mendongeng, dan gesture yang baik ketika mulai tampil di depan.Kata Kunci: mendongeng, gesture, keterampilan berbicara.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TRIGGER BAGI GURU MGMP IPA DI KABUPATEN BENGKAYANG Oktarika, Dini; Dharmayanti, Winna
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.894 KB)

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan trigger. Sasaran kegiatan adalah guru-guru IPA SMP di Kabupaten Bengkayang sebanyak 32 guru. Pelaksanaan pengabdian di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang. Metode pengabdian yang digunakan adalah demonstrasi dengan berbantuan CD interaktif. Kegiatan pengabdian dimulai dari tahap persiapan yakni observasi dan sosialisasi, sedangkan untuk pelaksanaan mulai dari penyajian materi, praktik, refleksi, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian adalah: (1) Pelaksanaan kegitan pengabdian terselenggara dengan baik, berjalan lancar, dan guru-guru memiliki antusias yang luar biasa sepanjang kegiatan berlangsung; (2) Guru-guru aktif dalam membuat media pembelajaran berbasis animasi dan mengikuti dengan motivasi yang tinggi; dan (3) Guru-guru mendapatkan keterampilan baru dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan trigger dengan berbantuan CD interaktif, sehingga dapat diimplementasikan selama proses pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam mengajar, serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.Kata Kunci: media pembelajaran, trigger, CD interaktif.
FRONT MATTER Matter, Front
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.87 KB)

Abstract

PEMANFAATAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA UNTUK GURU SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA Permana, Ryan; Marlianto, Ferry; Lestari, Isnania
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2018): GERVASI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.444 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan kegiatan workshop tentang pemanfaatan aplikasi pengolah angka terhadap pengetahuan, keahlian, dan respon guru SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Kegiatan pengabdian yang dilakukan meningkatkan pengetahuan maupun keahlian guru, khususnya dalam pemanfaatan aplikasi pengolah angka dalam menunjang kinerja guru di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan adalah presentasi, diskusi, latihan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian yang dilakukan memperoleh respon yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan antusias peserta workshop untuk mengadakan pelatihan lanjutan dengan materi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh para peserta workshop. Dengan dilaksanakannya workshop, para peserta memiliki tambahan ilmu pengetahuan serta keahlian dalam menggunakan aplikasi pengolah angka.Kata Kunci: respon, workshop, keahlian.

Page 1 of 3 | Total Record : 26