cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
nurhayatideli@gmail.com
Phone
+6285252244603
Journal Mail Official
gervasi.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 25986147     EISSN : 25986155     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang relevan dengan kependidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 27 Documents clear
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA Rube’i, Muhammad Anwar; Firmansyah, Syarif; Moad, Moad
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.677 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.967

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan pelatihan penulisan artikel untuk publikasi ilmiah. Sasaran kegiatan adalah guru-guru SD se-Kecamatan Sungai Raya sebanyak 30 guru. Pelaksanaan pengabdian di Sekolah Dasar Islam Daarul Hikmah. Metode pengabdian yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan Pendampingan. Kegiatan pengabdian mulai dari tahap persiapan yakni observasi dan sosialisasi, sedangkan untuk pelaksanaan mulai dari penyajian materi, praktik, refleksi, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian adalah: (1) Terdapat peningkatan kepercayaan dan pemahaman tentang karya tulis ilmiah bagi pendidik mendesain laporan penelitian menjadi artikel imiah yang layak publikasi di jurnal ilmiah; (2) Kegiatan pengabdian masayarakat berupa pelatihan menulis artikel ilmiah telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar, keberhasilan ditunjukkan dengan peserta pelatihan dapat menjelaskan pengetahuan tentang pengertian penulisan artikel ilmiah, memahami jenis-jenis artikel ilmiah, dan mengetaui macam-macam jurnal ilmiah yang menjadi media untuk mempublikasikan jurnal; (3) Meningkatknya pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menulis artikel ilmiah yang sesuai dengan pedoman atau template penulisan artikel ilmiah; dan (4) Peserta pelatihan telah menghasilkan artikel ilmiah yang siap untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah. Kata Kunci: pelatihan penulisan, artikel ilmiah, publikasi ilmiah,
BAZAR ILMU DENGAN METODE MIND MAP DI TANAH OMBAK Isnanda, Romi; Anisa, Witri; Rinaldi, Rio
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (811.501 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.1032

Abstract

Tujuan kegiatan adalah sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca adalah membudayakan kegiatan literasi di kalangan anak-anak. Kegiatan literasi dilakukan dengan metode mind map. Bazar ilmu dilaksanakan dengan memberikan latihan-latihan yang kontiniu sebagai persiapan anak-anak mengahadapai ujian akhir semester atau ujian akhir nasional. Kegiatan dilaksanakan di Komunitas Tanah Ombak dengan pendekatan Quantum Learning dengan metode mind map. Berdasarkan pelaksanan pelatihan penjelasan materi dan pembahasan soal ujian yang terdapat dalam program bazar ilmu dengan metode mind map di Tanah Ombak, dapat disimpulkan, yaitu (1) melalui program bazar ilmu dengan metode mind map memberi kebebasan kepada anak untuk membahas dan mepertanyakan kepada instruktur tentang sisi kesulitan yang mereka rasakan sehingga proses pembelajaran lebih santai karena anak-anak tidak merasa terbebani; (2) konsep pembelajaran “belajar sambil bermain” juga terintegrasi selama proses pelatihan berlangsung; (3) melalui program kegiatan bazar ilmu dengan menggunakan metode mind map juga berdampak pada perolehan nilai siswa ketika menjawab soal-soal yang diberikan setelah penjelasan materi. Hal tersebut disebabkan adanya iklim pembelajaran yang sangat santai dan siswa tidak merasa terbebani dalam pembelajaran. Kata kunci: bazar, ilmu, mind map, Tanah Ombak
PELATIHAN PENUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 BAGI MGMP PPKn di KABUPATEN SANGGAU Octavia, Erna; Rohani, Rohani; Rianto, Hadi; Novianty, Fety; Suhaida, Dada; Yuliananingsih, Yuliananingsih; Sulha, Sulha
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.879 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.993

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan kurikulum selalu mengarah pada perbaikan sistem pendidikan. Perubahan tersebut dilakukan karena dianggap belum sesuai dengan harapan yang diinginkan sehingga perlu adanya revitalisasi kurikulum. Usaha tersebut mesti dilakukan demi menciptakan generasi masa depan berkarakter, yang memahami jati diri bangsanya dan menciptakan anak yang unggul, mampu bersaing di dunia internasional. Melalui pendekatan yang dilakukan berdasarkan kurikulum 2013 diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik. Adapun yang menjadi permasalahan dalam kegiatan yang dilaksanakan ini adalah sebagai berikut: (1) Masih rendahnya kemampuan guru dalam memahami pembuatan Perangkat Pembelajara PPKn sesuai dengan kurikulum 2013; (2) Masih rendahnya keterampilan guru dalam memahami pembuatan instrument penilaian sesuai dengan kurikulum 2013; (3) Belum memadainya keterampilan yang dimiliki oleh guru di daerah dalam mengembangkan media, model, strategi atau pendekatan pembelajaran. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013, MGMP PPKn
PENERAPAN ALAT PERAGA PAPAN AJAIB UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN Nurrahmah, Arfatin; Hikmah, Nurul; Kusumawardani, Rita
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.822 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.970

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMP Al-Nur Cibinong. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal-soal materi Operasi Hitung Pecahan. Dalam pembelajaran Matematika, suatu konsep mudah dipahami dan diingat oleh siswa jika konsep tersebut disajikan melalui prosedur dan langkah-langkah yang didesain secara tepat, jelas, dan menarik. Salah satu cara adalah dengan menggunakan media belajar, yaitu alat peraga. Alat peraga diharapkan dapat membantu memahami konsep Matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan sehingga pengalaman belajar akan tertanam dengan baik. Guru dapat merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga Papan Ajaib untuk materi Operasi Hitung Pecahan. Alat peraga dapat digunakan dengan mudah hanya dengan meletakkan angka-angka di sebuah papan. Di dalam papan sudah terdapat alur untuk menghitungnya. Dengan begitu diharapkan penggunaan alat peraga dapat membantu mengatasi kesulitan belajar Matematika siswa  terutama dalam materi Operasi Hitung Pecahan. Kata Kunci: penerapan, alat peraga, Papan Ajaib
COVER COVER, COVER
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.166 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.1065

Abstract

PELAKSANAAN PAKET KONTEN UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN KUBU RAYA Atika, Amelia; Andriati, Novi
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.439 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.1004

Abstract

Pelaksanaan paket konten ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru dan siswa dalam rangka membantu perkembangan dalam setiap aspek pada fase perkembangan siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah:1) Memfasilitasi dan menstimulasi perkembangan siswa, 2) Mengatasi hambatan perkembangan siswa pada setiap aspek perkembangan, 3) Menuntaskan ketercapaian tugas perkembangan, 4) Memfasilitasi guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.Metode kegiatan menggunakan langkah-langkah: 1) Pesiapan, yaitu dengan cara survey di lapangan, 2) Kegiatan, dengan cara pelatihan membuat paket konten,  3) Evaluasi, diberikan dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari kegiatan pelatihan pembuatan paket konten. Hasil kegiatan dapat diidentifikasikan mengenai tingkat pemahaman peserta pengabdaian adalah 75% peserta memahami konsep pengembangan layanan paket konten, arti penting pengembangan layanan , dan menerbitkan sebuah buku bahan ajar. Kata Kunci: Paket Konten, Guru Bimbingan dan Konseling, SMA Kubu Raya.
PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT DAN BAHAN PRAKTIKUM IPA UNTUK GURU IPA SE-KABUPATEN KUBU RAYA Alsagaf, Lukman Hakim; Boisandi, Boisandi; Sari, Ira Nofita; Matsun, Matsun; Trisianawati, Eka; Sukadi, Eti
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1078.84 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.971

Abstract

Minimnya pengalaman guru-guru terhadap pelaksanaan praktikum disebabkan karena pembelajaran yang biasa digunakan guru memerlukan waktu yang lama jika pembelajarannya dikemas dalam praktikum (eksperimen di laboratorium), sehingga diperlukan adanya suatu kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan praktikum. Oleh karena itu dilakukan kegiatan pelatihan penggunaan alat dan bahan praktik IPA untuk Guru IPA, khususnya guru IPA yang tergabung dalam MGMP Kubu Raya. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru IPA di Kubu Raya terkait dengan pelaksanaan praktikum, khususnya pada pembelajaran IPA. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah penyelenggaraan inservice berupa pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang dilaksanakan adalah   pelatihan menggunakan aplikasi manajemen laboratorium, inventaris alat dan bahan laboratorium, tata ruang laboratorium, pembuatan buku penuntun paraktikum IPA SMP/MTs, dan Pelatihan penggunaan Alat dan bahan laboratorium IPA. Pendampingan juga dilakukan terkait dengan meningkatkan kemampuan guru dalam mengeksplorasi, mengelaborasi dan merefleksi materi ajar IPA terpadu (mencakup aspek fisika, biologi, dan kimia), serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengimplementasikan rancangan pembelajaran yang dibuat sekaligus  penyempurnaan rancangan pembelajaran. Kata Kunci: praktikum, alat dan bahan, IPA
PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GAMES UNTUK MENARIK MINAT BELAJAR SISWA SMP AWALUDDIN Sahrawi, Sahrawi; Hafis, Maliqul; Sari, Dian Shinta; Astuti, Desi Sri; Wiyanti, Senny
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.502 KB)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh program studi pendidikan bahasa ingris IKIP-PGRI Pontianak di sekolah SMP Awaluddin kelas dua. Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk pelayanan terhadap masyarakat khususnya disekolah sebagai bentuk implementasi dari kewajiban yang terdapat dalam tri dharma perguruan tinggi. Metode yang digunakan berupa pengajaran kosakata bahasa inggris menggunakan games didalam kelas. Hasil dari kegiatan PKM menunjukkan bahwa peserta didik dapat lebih mudah mengerti dan mengingat kosakata selama proses belajar mengajar, efektifitas kegiatan belajar mengajar dapat dipantau oleh guru, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan antusias yang tinggi, materi dapat disampaikan secara menarik oleh pengajar, dan topic dalam materi juga dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Kegiatan tersebut membuat interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa menjadi lebih aktif, sehingga siswa menjadi lebih termotivasi selama proses pembelajaran. Kata kunci: Bahasa Inggris, Kosakata, Games
PEMANDUAN BAKAT CABANG OLAHRAGA ANGKAT BESI DI SEKOLAH DASAR (USIA 10-12 TAHUN) Iskandar, Iskandar; Yane, Stephani; Dewi, Utami
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.378 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.972

Abstract

Tujuan umum kegiatan pengabdian kepada masyarakat  adalah untuk mengetahui potensi keberbakatan cabang olahraga angkat besi pada siswa Sekolah Dasar usia 10-12 tahun di Pontianak. Tujuan khusus untuk megetahui: (1) Cara menemukan lifter yang dapat mewakili Indonesia pada event remaja (dibawah 16 tahun);  Kejuaraan Asia/Dunia Angkat Besi Remaja dan Junior, Asian Youth Games, Youth Olympic Games di masa yang akan dating; dan (2) Peningkatan  prestasi di tingkat remaja pada level junior dan dapat menjadi pengganti yang berkualitas pada ajang multi event: Sea Games, Asian Games, Olimpiade, dan pada kejuaraan internasional lainnya. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah penyelenggaraan inservice berupa tes dan pengukuran metode pengenalan bakat (Talent Identification). Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat  hasil yang didapat setelah melalui seleksi melalui data data parameter tes dan pengukuran antopometri, siswa yang lolos berikut guru penjas disekolah, akan diberi materi pelatihan selama 12 –16 minggu yang akan diawasi oleh guru penjasnya” Kata kunci: pemanduan bakat , lifter, Talent Identification
MENINGKATKAN MINAT DAN BUDAYA MEMBACA DENGAN MERINTIS RUMAH BACA MASYARAKAT DI GANG H. HASAN KOTA PONTIANAK Eviliyanto, Eviliyanto; Anggela, Rika
GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.613 KB) | DOI: 10.31571/gervasi.v2i2.1022

Abstract

Tujuan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ingin meningkatkan minat dan budaya membaca dengan merintis rumah belajar masyarakat di Gang H. Hasan Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survei lapangan dan Tinakan. Survey lapangan dilakukan dengan mendatangi lokasi, berkoordinasi dengan pihak warga yang akan ikut terlibat dengan kegiatan merintis rumah baca. Tindakan yang dilakukan adalah pengadaan alat dan bahan untuk membuat sarana untuk mendukung rumah baca dan pelaksanaan program.kegiatan yang telah dilaksanakan dalam merintis Rumah Baca Masyarakat di Gang H. Hasan kota Pontianak dapat dilihat bahwa pelaksanaan telah sesuai dengan indikator yang ingin dicapai. Terlihat dari fasilitas – fasilitas yang terkait untuk menjadi sarana dan prasarana di rumah baca dapat terpenuhi berupa lemari, meja belajar, dan poster kata-kata motivasi. Kata Kunci : Minat, Membaca., Rumah Baca, Masyarakat

Page 1 of 3 | Total Record : 27