cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
ISSN : 22526269     EISSN : 27214222     DOI : https://doi.org/10.15294/la
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 232 Documents
PENGGUNAAN FUNGSI CHARF LAM DALAM SURAT ALI-IMRAN Fachruzi, Rayza Purwo
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.512 KB) | DOI: 10.15294/la.v5i1.10431

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian library research. Data dalam penelitian ini adalah charf lam dalam Al-Qur?an surat Ali-Imran Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-Qur?an surat Ali-Imran. Melalui penelitian ini peneliti menemukan 160 data 1) terdapat 2 jenis charf lam dengan rincian 17 partikel  (???)yang berdampak reksi pada verba, 114 partikel  (???)yang berdampak reksi pada nomina, dan 29 partikel  (???)yang tidak berdampak reksi ; 2) terdapat 2 bentuk reksi pada partikel (???) dengan rincian 17 bentuk reksi pada verba, dan 114 bentuk reksi pada nomina.   Abstract ___________________________________________________________________This research is qualitative. Researcher using library research study design. The data in this study is Charf lam the Quran letter Ali-Imran Sources of data in this study is the Qur'an letter Ali-Imran. Through this study researchers found 160 Data 1) there are two types of Charf lam with details of 17 particles (???) resulted in correcting the verb, 114 particles (???) resulted in correcting the noun, and 29 particles (???) that do not impact correcting; 2) There are two forms of correcting the particles (???) with 17 shape correcting details on the verb, and 114 in the noun form of correcting.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII Wijoyo, Toto
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.382 KB) | DOI: 10.15294/la.v5i1.10432

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Berdasarkan data dari badan pusat statistic (BPS), salah satu permasalahan siswa adalah kesulitan dalam pembelajaran membaca yang disebabkan oleh minat baca siswa sangat sedikit. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca siswa. Salah satunya dengan Media E-Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang setelah dilakukan analisis kebutuhan, desain prototype, dan validitas ahli terhadap media. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media E-Learning. Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada media E-Learning. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 18,158 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 35,05. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima dan produk baru lebih efektif dari produk lama.Abstract___________________________________________________________________Based on data from the central statistical agency (BPS), one of the problems the students are difficulties in learning to read due to students read very little. For it is necessary to develop a media that can motivate students to improve students' reading interest. One of them with Media E-Learning. The purpose of this study to examine the effectiveness of media-based E-Learning applications for Lectora Inspire Arabic reading skills with classroom trials is a class VIII MTs Negeri 1 Semarang after a needs analysis, prototype design, and the validity of the expert to the media. This study design is a research and development (R & D). The research data was obtained through the test and non test. The conclusion of this study is the result of a needs analysis shows teachers and students require a media E-Learning. Expert assessment of media and subject matter experts in the media shows the results of the suitability of E-Learning. Hypothesis test results received, with details of the results of hypothesis testing right parties resulting from the value of students' work on the problems test showed t 18.158 and student assessment results through questionnaires showed t 35.05. Everything falls in the reception area Ha, so Ha is received and the new product is more effective than the old products.
ARABIC PUZZLE BOOK PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA KELAS IV MI DI KOTA SEMARANG Rohman, Ibadi
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.708 KB) | DOI: 10.15294/la.v5i1.10433

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Rendahnya minat belajar dan kesulitan membaca bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MI. Untuk itu, peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berupa buku puzzle pembelajaran bahasa Arab Arabic Puzzle Book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  hasil uji coba terhadap Arabic Puzzle Book setelah dilakukan analisis kebutuhan, desain prototype, dan validitas ahli terhadap media. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini adalah: 1) guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran berbentuk buku puzzle, 2) prototipe media pembelajaran Arabic Puzzle Book disajikan secara interaktif dan menarik, 3) penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan para ahli terhadap Arabic Puzzle Book memperoleh rata-rata nilai dengan kategori sangat baik pada setiap aspek, dan  4) berdasarkan hasil uji coba diperoleh t hitung 17.562 jatuh pada penerimaan Ha sehingga media Arabic Puzzle Book dapat diterima.Abstract___________________________________________________________________The low interest in learning Arabic and reading difficulties experienced by many students at the rate of MI. To that end, researchers offered a solution by developing learning media in the form of a puzzle book learning Arabic Arabic Puzzle Book. The purpose of this study was to determine the results of tests on Arabic Puzzle Book after conducting a needs analysis, prototype design, and the validity of the expert to the media. This study design is the design of Research and Development (R & D). The results of this research are: 1) teachers and students need learning media shaped puzzle books, 2) prototype learning Arabic media Puzzle Book is presented in an interactive and engaging, 3) assessment of experts, lecturers, and experts on the Arabic Puzzle Book obtain the mean average value with excellent category in every aspect, and 4) based on test results obtained by 17 562 t fall at the reception Ha so that Arabic media Puzzle Book acceptable.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA HAMBURGER MUFRODAT PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELASVII MTs NU DEMAK AJARAN 2014/2015 Ulya, Robiati Miftahul
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.745 KB) | DOI: 10.15294/la.v5i1.10434

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Kualitas keterampilan berbahasa seseorang jelas bergantung kepada kuantitas dan kualitas kosa-kata yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan strategi pembelajaran kosa-kata bahasa arab yang diterapkan oleh guru MTs NU Demak melalui hamburger mufradat untuk mempercepat pembelajaran makna kosa-kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media hamburger mufradat terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab.  Jenis  penelitian ini kualitatif dengan desain eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data akhir dapat disimpulkan bahwa media hamburger mufradat efektif terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal sebesar 65. Abstract___________________________________________________________________The quality of a person's language skills obviously depend on the quantity and quality of its vocabulary. Based on this, the researchers developed a vocabulary learning strategies applied by the Arabic language teacher at MTs NU Demak through hamburger mufradat to accelerate learning the meaning of vocabulary. This study aims to determine the effectiveness of media hamburger mufradat towards learning Arabic vocabulary. This type of qualitative research with experimental design. Based on the results of the final data analysis can be concluded that the media hamburger mufradat effectively towards learning Arabic vocabulary by achieving a minimum completeness criteria was 65.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC THEMATIC VIDEO PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS VIII MTS Sulastri, Sulastri
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.267 KB) | DOI: 10.15294/la.v5i1.10435

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Minat belajar bahasa Arab yang rendah dan kesulitan berbicara bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MTs. Secara umum kesulitan ini terjadi karena adanya beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal, salah satunya yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan variatif. Peneliti menawarkan solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran bahasa Arab bertema (Arabic Thematic Video) untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini adalah  desain  Research  and  Development  (R&D).  Data  diperoleh  dari  hasil  wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Prototipe media pembelajaran Arabic Thematic Video disajikan secara interaktif dan dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 yang terdiri dari menu kompetensi, kosakata, video (percakapan), pembahasan, evaluasi, dan profil. Penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan guru menunjukkan bahwa media ini secara umum sudah baik dan sangat sesuai baik dilihat dari aspek materi maupun tampilan.Abstract___________________________________________________________________Interest in learning Arabic is low and difficulty speaking Arabic experienced by many students at the junior level. In general, this difficulty is due to several factors, both internal and external factors, one of which is the lack of appropriate use of instructional media and varied. Researchers offer solutions to these problems by developing a learning media such as video-themed learning Arabic (Arabic Thematic Video) to encourage and increase student motivation. This study design is the design of Research and Development (R & D). Data obtained from interviews, observation, documentation, and questionnaire. Thematic learning Arabic media Prototype Video is presented in an interactive and applications developed using Adobe Flash CS6 menu consists of competence, vocabulary, video (conversation), discussion, evaluation, and profiles. Assessment experts, lecturers, and teachers indicated that these media are generally good and very appropriate both from the aspect of material and appearance.
ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER KELAS VII MTs NU UNGARAN Anggraeni, Dita Suci
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.589 KB) | DOI: 10.15294/la.v5i1.10436

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Salah  satu komponen utama dalam kurikulum yaitu penilaian atau evaluasi.  Tes merupakan instrumen   dari  evaluasi.   Untuk   mencerminkan  baik   tidaknya  tes  sebagai  alat  evaluasi  yang digunakan   dapat   dilakukan   dengan   menganalisis   dari   hasil  ujian  terlebih  dahulu  dari  siswa selanjutnya   untuk   dilakukan   analisis   kualitas   butir   soal. Tujuan   penelitian   ini  adalah   untuk   mengetahui  kualitas   soal  Ulangan   Akhir  Semester bahasa  Arab  di MTs  NU Ungaran. Jenis  penelitian   ini   adalah   penelitian   deskriptif   kualitatif   kuantitatif   dan   menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa soal Ulangan  Akhir Semester bahasa Arab kelas VII MTs NU Ungaran tahun 2014 memiliki  validitas  dengan kategori baik. Karena terdapat 47% indeks validitasnya  yang memenuhi  standar. Reliabilitas  masuk dalam kategori kuat. Dengan perolehan angka 0,638 untuk  butir soal essay dan 0,712 untuk butir soal pilihan  ganda, dan terdapat 9 nilai karakter yang terintegrasi  dalam 50 butir soal yaitu Bersahabat/ komunikatif terdapat pada 23 butir soal, Religius  terdapat pada 1 butir soal, Cinta damai terdapat pada 5 butir soal, Toleransi terdapat pada 6 butir soal, Rasa ingin  tahu terdapat pada 36 butir soal, Menghargai prestasi terdapat pada 1 butir soal, Gemar membaca terdapat pada 19 butir soal, Kerja keras terdapat pada 2 butir soal dan Mandiri terdapat pada 2 butir soal..Abstract___________________________________________________________________One of the main components in the curriculum that assessment or evaluation. The test is an instrument of evaluation. To reflect whether or not the test as an evaluation tool used can be carried out by analyzing the results of the test in advance of the next person to do the analysis of quality items. The purpose of this study is to investigate the matter of Deuteronomy Final Arabic at MTs NU Ungaran. This research is a quantitative and qualitative descriptive study using documentation techniques. The results showed that about Deuteronomy Final Arabic class VII MTs NU Ungaran 2014 has validity in both categories. Because there is a 47% validity indices that meet the standards. Reliability included in the strong category. By scoring 0.638 for items essay and 0.712 for item multiple choice questions, and there is a 9-character value that is integrated in the 50 items that Bersahabat / communicative found on 23 items, Religious contained at 1 items, Love peace found in 5 eggs matter, Tolerance contained in 6 items, Curiosity found on 36 items, Rewarding achievements are at 1 items, Fond of reading found on 19 items, hard work are the two items and Self contained on two items.
KATA BERMAKNA HUJAN DALAM AL-QURAN (TINJAUAN SEMANTIK DAN STILISTIKA) miftahuddin, ahmad miftahuddin; Khalwani, Ahmad; Ahmad Hasyim, Mohamad Yusuf; Miftahudin, Ahmad
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 6 No 1 (2017): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.469 KB) | DOI: 10.15294/la.v6i1.14386

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Setiap kata dalam Al-Quran mengalami interpretasi yang berbeda-beda oleh para linguis dan penafsir, karena pemilihan kata dalam Al-Quran memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dalam memperhatikan maknanya. Disebutkan ada 66 ayat yang membahas tentang hujan dalam Al-Quran, dari 66 ayat itu terdapat 19 kata yang menunjukan makna hujan. Tapi, sebenarnya hujan yang seperti apa yang dimaksud dalam ayat-ayat Al-Quran tersebut. Oleh karena itu dalam penelitian ini, penulis ingin membahas kata bermakna hujan di dalam Al-Quran dengan tinjauan semantik dan stilistika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian Library Research. Data penelitian ini berupa kata yang mengungkapkan makna hujan. Sedangkan sumber datanya berasal dari Al-Quran. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik dokumentasi dengan instrumennya yaitu kartu data. Serta dengan menggunakan metode distribusional teknik bagi unsur langsung dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam Al-Quran terdapat 71 data yang mengungkapkan makna hujan. 71 data tersebut tersebar dalam 66 ayat dan menggunakan 19 kata yang berbeda. Dari 71 data tersebut 6 data mengalami perluasan makna, 45 data mengalami penyempitan makna, 10 data mengalami perubahan makna total. Dan dari 71 data tersebut ditemukan 24 data menggunakan kata hakekat dan 47 data menggunakan kata majas.   Abstract ___________________________________________________________________ Every word in Qur?an gets different interpretation from linguists and interpreters, because word selection in Qur?an needs high quality of carefulness in interpreting the meaning. There are 66 verses in Qur?an which discuss about rain, from those verses, 19 verses means rain itself, but what kind of rain which is meant by those verses are. Because of that, in this research, we want to discuss about the meaning of rain in Qur?an by using semantics and stylistics approach. This research is a qualitative research which uses library research design. The data are words which have rain meaning. While the source is from Qur?an itself. The data collection technique of this research is documentation and instrument which are data cards. This research also uses technique distributional method for direct elements in analyzing data. The result of this research shows that there are 71 data which show rain meaning. Those data are scattered in 66 verses in 19 different words. From those data, there are 6 data?s meaning which have been broaden, 45 data have been narrowed, and 10 data have already totally changed. From those data, we found 24 words which use essence words and 47 for figurative words..
PENGGUNAAN ISTILAH BAHASA ARAB OLEH AKTIVIS ROHIS DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (ANALISIS SEMANTIK DAN SOSIOLINGUISTIK) miftahuddin, ahmad miftahuddin; Ayuningtias, Suci Utami; Irawati, Retno Purnama; Busri, Hasan
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 6 No 1 (2017): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.025 KB) | DOI: 10.15294/la.v6i1.14387

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Aktivis Rohis Universitas Negeri Semarang sering menggunakan istilah bahasa Arab dalam komunikasi. Penggunaan istilah bahasa Arab oleh aktivis Rohis merupakan fakta menarik, karena hal ini menyebabkan makna baru terbentuk, dan penggunaan istilah ini dapat berupa alih kode atau campur kode. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk menganalisis istilah bahasa Arab ditinjau dari perspektif semantik dan soiolinguistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desasin etnografi. Data dalam penelitian ini bersumber dari aktivis Rohis Universitas Negeri Semarang dengan sampel aktivis Rohis Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) UNNES. Pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrument penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar angket, serta kartu dan lembar rekapitulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan istilah bahasa Arab oleh aktivis Rohis terjadi pada berbagai suasana, meliputi resmi ada 18 peristiwa tutur, agak resmi ada 24 peristiwa tutur, santai ada 12 peristiwa tutur dan akrab ada 15 peristiwa tutur. (2) Perubahan makna meliputi perluasan makna ada 8 istilah, penyempitan makna ada 33 istilah, perpindahan makna ada 22 istilah, dan makna tetap ada 38 istilah. (3)  Relasi makna meliputi sinonim ada 79 istilah, antonim ada 1 istilah, polisemi ada 2 istilah,  homonimi ada 18 istilah, dan hiponimi ada 1 istilah. (4) Alih kode dan campur kode ditemukan 8 alih kode berupa 7 alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab dan 1 alih kode dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Campur kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab 68 dan 1 campur kode dari bahasa Jawa ke bahasa Arab. (5) Motivasi dalam menggunakan istilah bahasa Arab ini aktivis Rohis lebih menyukai menggunakan bahasa Arab karena bahasa Arab lebih mudah, lebih sederhana, dan sopan digunakan. Selain itu mereka berusaha menambah istilah dan bertanya saat ada istilah yang tidak dimengerti. Adapun istilah bahasa Arab yang sering digunakan adalah adab syuro, afwan, akhi, akhwat, annisa, hijab, hijrah, dan jamaah.   Abstract ___________________________________________________________________ Rohis Activist Semarang State University often uses the Arabic term in communication. The use of the Arabic term by Rohis activists is an interesting fact, as it causes new meanings to be formed, and the use of this term can be either code transfer or code mixing. This draws the attention of researchers to analyze the Arabic term in terms of semantic and soiolinguistic perspectives. This research uses qualitative research type with desasin ethnografi. The data in this research comes from activist Rohis State University of Semarang with sample of Rohis activist Faculty of Mathematics and Science (FMIPA) UNNES. This data collection through observation, interview, questionnaire and documentation. Research instruments include observation guides, interview guides, questionnaires, as well as cards and recapitulation sheets. Data analysis using qualitative research data analysis techniques. The result of the research shows that: (1) The use of Arabic term by Rohis activist occurs in various atmosphere, covering official there are 18 speech events, rather official there are 24 speech events, relax there are 12 speech events and familiar there are 15 events said. (2) Changes in meaning include the extension of the meaning there are 8 terms, narrowing the meaning there are 33 terms, displacement meaning there are 22 terms, and the meaning remains there are 38 terms. (3) The relation of meaning includes synonyms there are 79 terms, antonyms have 1 term, polysemy there are 2 terms, homony there are 18 terms, and hyponimi there is 1 term. (4) The code and code interfaces are found to be 8 codes in the form of 7 transfers from Indonesian to Arabic and 1 from Arabic to Indonesian. Mix code from Indonesian to Arabic 68 and 1 mix code from Java language to Arabic. (5) The motivation in using this Arabic term Rohis activists prefer to use Arabic because Arabic is easier, simpler, and decently used. In addition they try to add terms and ask when there are terms that are not understood. The Arabic term that is often used is adab syuro, afwan, akhi, akhwat, annisa, hijab, hijrah, and totally changed. From those data, we found 24 words which use essence words and 47 for figurative words.
ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN NAHWU PADA SISWA KELAS VIII MTS AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016 miftahuddin, ahmad miftahuddin; Sari, Ana Wahyuning
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 6 No 1 (2017): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.247 KB) | DOI: 10.15294/la.v6i1.14388

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Belajar merupakan proses dasar perkembangan bagi hidup manusia. Dengan belajar, manusia mengalami perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Faktor yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di sekolah itu banyak dan beragam yaitu adanya faktor intern dan ekstern. Seperti input para siswa yang tidak semua berasal dari sekolah yang awalnya sudah mempelajari bahasa Arab khususnya ilmu nahwu. Selain itu juga disebabkan oleh output pendidikan dan guru yang berbeda. Ada guru yang lulusan dari universitas tetapi ada pula yang lulusan dari pondok pesantren yang karena hal itu menyebabkan metode yang digunakan berbeda pula. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) apa saja faktor kesulitan pembelajaran nahwu pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016? 2) bagaimana solusi kesulitan pembelajaran nahwu tentang kalam pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui faktor kesulitan pembelajaran nahwu tentang kalam pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui solusi kesulitan pembelajaran nahwu tentang kalam pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016. Data Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa soal tes yang diberikan kepada siswa. Alat data non tes yang digunakan berupa angket, observasi, dan wawancara,. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Faktor penyebab kesulitan siswa yang berasal dari diri sendiri yaitu sebesar 22, 04 %, faktor yang berasal dari lingkungan keluarga yaitu sebesar 30 %, faktor yang berasal dari lingkungan sekolah yaitu sebesar 35, 44 % dan yang terakhir faktor yang berasal dari lingkungan masyarakat yaitu sebesar 12, 52 % 2) Solusi yang di tawarkan oleh peneliti terhadap hasil penelitian tersebut diantaranya: a) Diri Sendiri: lebih fokus dalam memahami penjelasan materi yang diberikan oleh guru di kelas, kebiasaan belajar lebih diperhatikan lagi; b) Lingkungan Keluarga: masalah dalam keluarga sebaiknya diselesaikan dengan musyawarah dengan sesama anggota keluarga; c) Lingkungan Sekolah: fasilitas media, ala-alat pembelajaran, koleksi buku atau materi pembelajaran lebih diperbanyak dan diperbarui lagi; d) Lingkungan Masyarakat: memilih dalam pergaulan, manajemen waktu dalam belajar dan bekerja termasuk organisasi.   Abstract ___________________________________________________________________ Learning is a basic process of development for human life. By learning, humans undergo individual qualitative changes so that their behavior develops. Factors that can cause learning difficulties in school are many and varied, namely the existence of internal and external factors. Like the input of the students who are not all from schools who originally had studied Arabic especially nahwu science. It is also caused by different educational and teacher outputs. There are teachers who graduated from university but some are graduates from boarding school because that causes the method used is different too. The problems raised in this research are: 1) what are the factors of difficulty of learning nahwu in grade VIII students of MTs Al Irsyad Gajah Demak academic year 2015/2016? 2) how to solve the problem of learning nahwu about kalam in grade VIII student of MTs Al Irsyad Gajah Demak academic year 2015/2016. The purpose of this research are: 1) to find out the difficulty factor of learning nahwu about kalam in grade VIII student of MTs Al Irsyad Gajah Demak academic year 2015/2016, 2) to find out solution of learning difficulties nahwu about kalam on grade VIII student MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun Teachings 2015/2016. Research data is through test and non test. Testing data retrieval tool used in the form of test questions given to students. Non-test data tools used in the form of questionnaires, observations, and interviews. The conclusion of this research are: 1) The factors that caused the students' self-difficulties are 22, 04%, the factor that comes from the family environment is 30%, the factor that comes from the school environment is 35, 44% and the last factor Derived from the community environment that is 12, 52% 2) Solutions offered by researchers on the results of the research include: a) Self: more focused in understanding the material explanations given by teachers in the class, study habits more attention again; B) Family Environment: family problems should be resolved by deliberation with fellow family members; C) School Environment: media facilities, learning tools, book collection or learning materials are further copied and updated; D) Community Environment: choosing socially, time management in learning and work including the organization.
TAMYIZ; MODEL ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA AL-QUR’AN Himam, Muhammad Wafaul; Raswan, Raswan
Lisanul' Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 6 No 1 (2017): Lisanul Arab
Publisher : Program studi Pendidikan Bahasa Arab UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.313 KB) | DOI: 10.15294/la.v6i1.14389

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Penelitian ini berusaha mendeskripsikan model pembelajaran Tamyiz. Model ini hasil karya bukan ?ahli pendidikan bahasa arab? dalam arti formal  oleh sebab itu peneliti istilahkan sebagai model alternatif. Tamyiz berusaha memberikan kontribusi dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih cepat dan komprehensif. Menurut pendukungnya, tamyiz efektif dalam menciptakan kemampuan berbahasa Arab secara kilat. Akan tetapi ?tak ada gading yang tak retak?, setiap model pasti memiliki kelebihan dan kekurangan disamping peluang dan tantangannya. Penelitian ini akan mencoba mendeskripsikannya dan mengambil sisi postif selanjutnya diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan pola dan teori ilmiah metodologi pembelajaran bahasa Arab.   Abstract ___________________________________________________________________ This study attempts to describe Tamyiz's learning model. This model of work is not 'Arabic educational experts' in the formal sense therefore the researcher termed as an alternative model. Tamyiz strives to contribute to faster and more comprehensive Arabic learning. According to his supporters, tamyiz is effective in creating Arabic skills in lightning. But "no ivory is not cracked", every model must have advantages and disadvantages in addition to opportunities and challenges. This research will try to describe it and take positive side then applied in Arabic learning in accordance with pattern and scientific theory of learning methodology of Arabic language.

Page 1 of 24 | Total Record : 232