cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi)
Published by Universitas Telkom
ISSN : 24424005     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The Journal of Communication Studies Peripheries (LISKI) has a philosophy of advancing communication studies through the dissemination of knowledge transferred by the journal. At the beginning of its formation, LISKI was a discussion-group activity initiated by the lecturers of communication studies of Telkom University. Starting from sharing knowledge among themselves, it expanded into becoming a scientific-media for communication experts throughout Indonesia. LISKI is inviting all researchers and academicians of communication studies in publishing their research either in qualitative, quantitative, or mixed-mode method. All research papers must be correlated to communication studies. LISKI publishes two publications yearly (1 volume, 2 issues) in February and September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015" : 7 Documents clear
EKONOMI POLITIK TELEVISI LOKAL Christiany Juditha
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.817

Abstract

Kini industri penyiaran di Indonesia makin tidak terkendali, dengan banyaknya stasiun televisi yang berdiri. Hal ini menimbulkan persaingan ketat antar televisi dalam berbagai hal yang berimbas pada televisi-televisi lokal untuk bisa tetap eksis. Beberapa diantaranya memilih bergabung dengan televisi swasta nasional, diantaranya Kendari TV yang bergabung dengan Kompas TV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang ekonomi politik (audiens, konten dan kapital) Kompas TV Kendari di tengah persaingan industri penyiaran. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa segmentasi audiens dan konten Kompas TV Kendari mengacu pada Kompas TV. Televisi lokal ini juga baru mampu memproduksi dua program berita berdurasi satu jam per hari. Potensi kapital Kompas TV Kendari relatif masih minim secara mandiri. Modal finansial untuk operasional siaran dan karyawan masih ditanggung pusat. Pemasukan iklan relatif masih sangat sedikit meski didukung oleh SDM yang cukup memadai. Ketersediaan infrastruktur penyiaran juga minim dan banyak yang rusak serta daya jangkau siaran yang terbatas menjadi kendala utama. Kondisi ini membuat Kompas TV Kendari belum mampu bersaing dengan televisi lokal lainnya di Kendari yang memiliki potensi kapital yang lebih baik.
REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM INDONESIA Sigit Surahman
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.818

Abstract

Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita menghadirkan representasi perempuan dalam konteks ke-Indonesia-an melalui tanda-tanda, konsep, pemikiran, dan bahasa tertentu. Representasi yang dimaksud tersebut dapat berupa penggambaran kekerasan fisik maupun psikis, subordinasi, beban kerja, kekuasaan, ataupun hak-hak reproduksi perempuan. Metode Penelitian mengunakan model analisis semiotika Roland Barthes dan pendekatan paradigma konstruktivisme. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita setidaknya mengandung tiga poin temuan: (1) Aspek domestifikasi perempuan dan politik gender, yang mendorong untuk menempatkan kaum perempuan dalam posisi tradisional sebagai ibu rumah tangga, (2) aspek segresi, yakni menempatkan perempuan pada posisi yang lemah dalam hubungannya dengan laki-laki, (3) perempuan banyak mengalami kenyataan yang menempatkannya pada posisi sub-ordinat.
SOCIAL MEDIA, SOCIAL COMPETENCE DAN REMAJA Khotimatus Sholikhati
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.819

Abstract

Social media is one of the results of the development new media. It grows with a wide variety of information and technology applications and has a great demand by all levels of society. The use of social media can provide a dual effect on the social fabric of society, especially the youth, because youth are the active users of social media. Students as a young generation need to be prepared with digital media literacy skills to be able to use digital media intelligently and effectively. This study aims to determine the ability of the digital media literacy of students STIKOM LSPR Jakarta, in particularly of the usegae of social media. The research used the instrument of Social Competence Framework based on European Commission (2009) to determine the level of digital media literacy of students. The results showed that the media literacy of students STIKOM LSPR including medium level based on their social competence. Moreover, the result can be used as a foundation in creating digital media literacy education programs.
WORD OF MOUTH JUDI ONLINE DIKALANGAN REMAJA Ratih Hasanah
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.820

Abstract

Word of mouth (WOM) adalah sebuah usaha komunikasi yang memicu komunikan untuk menjadi komunikator yang meneruskan pembicaraan, mempromosikan, dan merekomendasikan segala informasi kepada komunikan lain. WOM tersebut dianggap lebih dapat dipercaya dan berefek secara langsung kepada para remaja yang mencari tempat bermain judi online. Kepercayaan dan keefektifan WOM tidak terlepas dari komunikasi antar pribadi yang dilakukan bandar dengan para pemilik akun atau pejudi, hal tersebut bisa membuat informasi judi online tersebar di kalangan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi WOM judi online di kalangan remaja adalah sebagai berikut: melihat teman bermain, kesaksian teman-teman yang sudah menang, kepercayaan, promosi yang dilakukan bandar melalui media sosial, BBM serta besarnya situs judi online tersebut.
PERANAN RADIO SIARAN SWASTA DI ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF Dini Salmiyah Fithrah Ali
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.821

Abstract

Sejarah perkembangan teknologi telah membawa kita pada era komunikasi dua arah yang memudahkan kita untuk mencari sekaligus memberikan informasi melalui berbagai fasilitas interaktif. Radio ikut memberi pengaruh secara sosial terhadap perubahan tersebut agar tetap bisa terjaga keberadaannya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengindentifikasi dan merancang program yang tepat bagi praktisi radio di kota Bandung khususnya dan masyarakat penikmat radio umumnya agar dapat tetap eksis di era sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur dengan analisa hasil observasi secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui focus group discussion dan in-depth interview dengan kelompok pendengar dan praktisi radio swasta di kota Bandung
DISKURSUS INDONESIA DAN KONSTRUKSI IDEOLOGI MEDIA DALAM BERITA DEBAT CALON PRESIDEN 2014 DI MEDIA METRO TV DAN TV ONE Anastasya Putri; Ahmad Toni
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.822

Abstract

Penelitian ini menggabungkan konstruksi media dalam teks berita yang bersifat jurnalistik dan menggabungkannya dengan hasil wawancara dengan para wartawan yang terlibat dalam pemberitaan kedua media. Penelitian ini mencoba untuk menyajikan fakta teks dengan kesadaran wartawan dalam menjalankan profesi jurnalistiknya yang berpedoman pada ekonomi politik media. Nilai Indonesia menurut media ialah nilai yang dibangun berdasarkan pada konstruksi pemikiran dari seorang pemimpin. Media dalam pemilu 2014 melakukan kontruksi pada diskursus Indonesia pada debat calon presiden 2014. Metro TV melakukan konstruksi pada calon presiden Joko Widodo pada level nilai-nilai kerakyatan yang riil dalam program kerja dengan data-data riil yang disuguhkan sebagai sebuah konstruksi atas fakta-fakta jurnalistiknya. Sementara TV One mengkonstruksi calon presiden Prabowo sebagai individu yang mampu membawa bangsa Indonesia pada level yang lebih baik. Namun dalam konstruksi jurnalistik, TV One kurang bisa memberikan fakta-fakta yang lengkap yang berkaitan dengan fakta Prabowo. Diskursus Indonesia menurut kedua media terpusat pada apa yang telah dilakukan oleh para calon presiden 2014.
STUDI FENOMENOLOGI TA’ARUF SEBAGAI CARA MENENTUKAN PASANGAN HIDUP PADA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA Asaas Putra
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 1 No 2 (2015): SEPTEMBER 2015
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v1i2.823

Abstract

Partai Keadilan Sejahtera merupakan partai yang sangat memperhatikan sistem kaderisasi pada organisasinya. Sistem kaderisasi ini membentuk sebuah sistem yang harus ditaati oleh para kadernya. Dalam sistem tersebut, termasuk juga aturan tentang hubungan antar pribadi setiap kader. Pada dasarnya, hubungan antar pribadi atau antar kader yang terdapat pada Partai Keadilan Sejahtera ini dimulai ketika kaderisasi. Kaderisasi ini dinamakan dengan model usrah (kumpulan orang-orang yang terikat oleh kepentingan yang sama, yakni: bekerja, berdakwah, men-tarbiyah [mendidik] dan mempersiapkan kekuatan untuk Islam). Kemudian setelah berkumpul, antar kader semakin dikuatkan melalui rukun-rukun. Rukun tersebut adalah saling mengenal (ta’aruf), saling memahami (tafahum) dan saling menanggung beban (takaful). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan tiga pasangan kader PKS, yang melakukan pernikahan dengan cara ta’aruf sebagai informan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hubungan antar pribadi konvensional dengan hubungan antar pribadi yang diterapkan oleh PKS

Page 1 of 1 | Total Record : 7