cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi)
Published by Universitas Telkom
ISSN : 24424005     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The Journal of Communication Studies Peripheries (LISKI) has a philosophy of advancing communication studies through the dissemination of knowledge transferred by the journal. At the beginning of its formation, LISKI was a discussion-group activity initiated by the lecturers of communication studies of Telkom University. Starting from sharing knowledge among themselves, it expanded into becoming a scientific-media for communication experts throughout Indonesia. LISKI is inviting all researchers and academicians of communication studies in publishing their research either in qualitative, quantitative, or mixed-mode method. All research papers must be correlated to communication studies. LISKI publishes two publications yearly (1 volume, 2 issues) in February and September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019" : 6 Documents clear
INSTAGRAM @BKKBNJAWABARAT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK Frebriani Mutiara Hafni Syafitri; Renata Anisa
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v5i2.1626

Abstract

Peran Instagram dalam lembaga atau institusi adalah sebagai media komunikasi dengan publik. Menurut APJI pengguna internet di indonesia pada saat ini mencapai 54,68% dari jumlah populasi di Indonesia, dan menurut hasil penelitian yang di lakukan Hootsuite We Are Sosial menunjukan bahwa di Indonesia pengguna Instagram pada januari 2018 sudah mencapai 38% sehingga Instagram merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi. BKKBN Jawa Barat sebagai salah satu lembaga pemerintah di Indonesia membangun hubungan dengan publik salah satunya Instagram dengan nama akun @bkkbnjawabarat. Peran Instagram @bkkbnjawabarat ini adalah untuk menyampaikan informasi mengenai program dan kegiatan yang dilakukan BKKBN Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Instagram @bkkbnjawabarat dalam menyampaikan informasi dan membangun komunikasi dengan publik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis informasi yang disampaikan oleh BKKBN dalam Instagram adalah mengenai program, kegiatan yang dilaksanakan, peringatan hari besar, edukasi untuk anak muda, dan edukasi untuk orang tua. respon netizen terhadap informasi yang di sampaikan BKKBN. Terdapat dua tipe netizen dalam merespon unggahan atau informasi yang di sampaikan yaitu positif dan negatif, dari setiap unggahan yang disampaikan BKKBN hanya terdapat 0-10 komentar saja.
DIMENSI BUDAYA BARU SEBAGAI IMPLIKASI MEDIA DIGITAL Reza Praditya Yudha; Irwansyah Irwansyah
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v5i2.1682

Abstract

Pada level paling sederhana, media digital menjadi sarana yang menghilangkan batas lokalitas dalam konteks komunikasi budaya. Secara konvensional, Gudykunst & Lee (Gudykunst, 2003) mengidentifikasi pendekatan komunikasi budaya berhubungan dengan norma dan nilai kultural yang bersifat lokalitas. Sementara saat ini, media digital meretas batas ruang, waktu, dan status sosial. Teknologi akhirnya memberi dampak dan dimensi baru atas budaya itu sendiri, dalam sebuah medium digital. Makalah penelitian ini menggunakan metode library dengan data sekunder (desk-study) untuk mengintegrasikan asumsi, proposisi, dan diskusi konsep-konsep media digital. Media digital pada level paling sederhana menjadi sarana yang menjembatani persebaran atau peneguhan nilai budaya. Manusia memegang kendali atas konten media. Namun media digital berkembang pada Level II sehingga memungkinkan remediasi dari produk budaya. Bahkan saat ini, meme, digital fetishism, dan pekerjaan berbasis protokol biner menjadi wujud perkembangan media digital telah mencapai Level III. Masyarakat perlu memahami konsep, batas, dan implikasi tahap perkembangan teknologi agar mampu memanfaatkan dan bukan justru dikendalikan media digital.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SATE TAICHAN GORENG Rana Aushaf; Nofha Rina
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v5i2.1739

Abstract

Fenomena celebgram menjadikan perlunya penelitian yang dilakukan secara mendalam. Pemilihan topik Rachel Vennya seorang celebgram yang mempromosikan Sate Taichan “Goreng” memiliki beberapa tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh visibility, credibility, attraction dan power yang dimiliki Rachel Vennya terhadap minat beli Sate Taichan “Goreng”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan, penggunaan celebgram berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Sate Taichan “Goreng”. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung (24,837) > Ftabel (2,467) dengan tingkat signifikansinya 0,00 > 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) didapat bahwa variabel visibility, credibility, attraction dan power berpengaruh signifikan terhadap minat beli Sate Taichan “Goreng” di Kota Bandung. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa celebgram (celebrity endorser Instagram) Rachel Vennya mampu menjelaskan minat beli sebesar 51,1% dan sisanya 48,9% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini celebgram Rachel Vennya berada pada kategori sangat baik.
MEDIA CONVERGENCE STRATEGY OF PT. PIKIRAN RAKYAT Freddy Yusanto; Ritzy Dika Riyadhiputra
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v5i2.1944

Abstract

Salah satu perusahaan yang telah membuat konvergensi media adalah Pikiran Rakyat. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan tiga informan dari Pikiran Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam tentang proses konvergensi, beberapa kendala dan evaluasi telah dilakukan oleh Pikiran Rakyat dalam menghadapi konvergensi media. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari konvergensi teknologi, Pikiran Rakyat telah mengembangkan inovasi baru seperti aplikasi MyPakRakyat, PRTV, dan situs web Pikiran Rakyat dan juga bekerja sama dengan UKM (Usaha Kecil dan Menengah), klub pemuda, vloggers, dan blogger lokal untuk memperkaya konten digital mereka. Namun, perkembangan teknologinya masih terkendala oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami teknologi digital dan karakteristiknya. Solusi yang dibuat adalah Pikiran Rakyat terus mencari karyawan baru dengan usia yang lebih muda, memilah beberapa karyawan yang tidak produktif dan memperbarui perkembangan teknologi media digital serta membangun budaya kerja baru yang disesuaikan dengan karakteristik media digital.
MOTIF PENGGUNA AKUN WHISPER ANONIM Asaas Putra
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v5i2.2131

Abstract

Perkembangan eknologi Informasi dan Komunikasi berbasis aplikasi bergerak (mobile) dan jejaring sosial, telah mengubah cara manusia bersosial, berkomunikasi serta berbagi informasi. Ketika Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi diciptakan dengan tujuan untuk menyamarkan indentitas seseorang (anonym), dan menjaga privacy, serta menghubungkan antara anggotanya, ternyata telah menciptakan suatu celah yang mendukung hubungan bebas yang berujung hubungan sex, yang sangat sulit dilacak oleh aparat penegak hukum. Diantara media sosial yang ada, Wishper dengan segala keunikannya menjadi aplikasi media sosial yang mendukung hal tersebut. Hampir semua status anggota yang berada dalam lingkungan tersebut, mengupdate status menggunakan kata sensual dan menjurus kepada seksualitas yang mengarah kepada prostitusi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam mengenai pola komunikasi anggota aplikasi tersebut dalam tindakan protitusi online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengambil data melalui wawancara dan observasi kepada pelaku prostitusi online yang menggunakan aplikasi Wishper.
STRATEGI PEMASARAN MUSEUM GEOLOGI MELALUI INSTAGRAM @GEOMUZEE Berlian Primadani Satria Putri
Lingkar Studi Komunikasi (LISKI) Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/liski.v5i2.2201

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang memiliki kekuatan visual. Dengan kekuatannya ini, banyak pihak baik individu maupun organisasi menggunakannya untuk menarik perhatian masyarakat dengan informasi yang disampaikan. Penggunaan media sosial Instagram merupakan salah satu langkah dari pihak Museum Geologi Bandung dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengungkapkan bagaimana strategi pesan komunikasi pemasaran Museum Geologi Bandung melalui media sosial Instagram @geomuzee. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik Pengumpulan data dengan cara mengambil postingan dari akun Instagram yang diduga mengandung strategi komunikasi pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran khususnya strategi penyusunan pesan melalui media sosial. Hasil penelitian ini meliputi bagaimana isi informasi komunikasi dan bentuk kreatif pesan yang tersampaikan dalam akun Instagram @geomuzee periode Februari hingga Juli 2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 6