cover
Contact Name
Dirvi Surya Abbas
Contact Email
abbas.dirvi@gmail.com
Phone
+628128173331
Journal Mail Official
agungbudi@umt.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.umt.ac.id/index.php/competitive/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 2615255X     EISSN : 2549791X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/
Core Subject : Economy,
Subjek area COMPETITIVE meliputi: Auditing, Perpajakan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Keperilakuan, Akuntansi Lingkungan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Corporate Sustainability, dan Manajemen Keuangan.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan" : 30 Documents clear
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS Vina Dwi Verizaliani
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ada pada pembiayaan murabahah dan pembiayaan musyarakah terhadap profitabilitas Bank Mandiri Syariah tahun 2017 – 2019. Penelitian yang memiliki populasi sekaligus sampel sebanyak 36, memiliki beberapa hipotesis. Dengan penggunaan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial pembiayaan murabahah tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas, (2) secara parsial pembiayaan musyarakah memiliki pengaruh terhadap profitabilitas, dan (3) secara simultan pembiayaan murabahah dan musyarakah memiliki pengaruh terhadap profitabilitas.
ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP JUAL BELI MURABAHAH BERDASARKAN PSAK 102 PADA BANK BRI SYARIAH CABANG TANJUNG KARANG LAMPUNG Falasifa Afrida
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembiayaan pada murabahah Bank BRI Syariah Cabang Tanjung Karang Lampung sesuai dengan penerapan pembiayaan murabahah dengan PSAK No.102.Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan pembiayaan murabahah pada Bank BRI Syariah Cabang Tanjung Karang Lampung adalah jual beli perlakuan akuntansi murabahah yang meliputi pengakuan, pengukuran, dan penyajian yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Cabang Tanjung Karang Lampung sesuai dengan PSAK No.102.
Pengaruh Pendapatan Usaha Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Ujang Suhaemi
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4166

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan usaha dan biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan  property  dan  real estate yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Metode verikatif dengan pendekatan kuantitaf adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini yang bersumber dari laporan laba rugi perusahaan  property  dan  real estate. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 85 yang diambil dari income statement 17 perusahaan periode 2015-2019. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk membantu pengolahan data secara statistik pada penelitian ini. Hasil penelitian diketahui bahwa pendapatan usaha (X1) secara parsial berpengaruh terhadap laba bersih dimana nilai t tabel (8,455 > 1,98932) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Biaya operasional (X2) secara parsial berpengaruh terhadap laba bersih dibuktikan dengan nilai t tabel (-6.182 < 1,98932) dan  signifikansi (0,000 > 0,05). Serta kedua variabel X tersebut berpengaruh secara simultan terhadap laba bersih dimana nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (38,633 > 3,11). Serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil  dari 0,05  (0,000< 0,05).
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUSYARAKAH, DAN MUDHARABAH TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) Nia Mirandha
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh murabahah, musyarakah, dan murabahah terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia periode 2015-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Metode analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan murabahah, musyarakah dan murabahah secara simultan berpengaruh terhadap ROA. Murabahah secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA sedangkan Musyarakah dan Mudharabah bsecara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ROA.
Pengaruh CAR, ROA dan NPF Terhadap Pembiayaan Murabahah Anggia Putri; Wirman Wirman
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4237

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA) dan Non Performing Financial (NPF) terhadap Pembiayaan Murabahah pada Bank Usaha Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh Bank Usaha Syariah yang sudah teregistrasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan periode 2015- 2019. Sampel penelitian ini berjumlah 11 Bank Usaha Syariah  dengan menerapkan metode purposive sampling. Data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang didapat dari situs masing-masing Bank yang menjadi sampel penelitian. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yakni analisis kuantitatif yang menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR dan NPF tidak berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah sementara variabel ROA berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah. Sedangkan secara simultan dari ketiga variabel CAR, ROA, dan NPF berpengaruh secara signifikan terhadap pembiayaan murabahah.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN NILAI TAMBAH DAN LABA RUGI Fitri Dewi Sinta
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4327

Abstract

Tujuan pelatihan ini yaitu mengidentifikasi dan menganalisis kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan metode analisis deskriptif nilai tambah dan metode untung rugi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan pada penelitian yaitu data kuantitatif. Populasi penelitian yaitu Bank Mandiri Syariah tahun 2018 sampai dengan 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode laba rugi dan nilai tambah untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah. Rasio keuangan yang digunakan antara lain ROA, ROE, rasio antara total pendapatan bersih dan total pendapatan aset, NPM dan BOPO. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri, dan sampelnya yaitu laporan keuangan Bank Mandiri Syariah tahun 2018 dan 2019. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio ROA, ROE, dan NPM. Terkait kinerja keuangan, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rasio BOPO dengan kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri selama tahun 2018 dan 2019.
ANALISIS MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH (STUDI KASUS: FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG) Dino Sanjaya
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4312

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui minat menabung di Bank Syariah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan data primer. Pada penelitian ini variabel yang dipergunakan yaitu variabel bebas yang  terdiri dari reputasi bank, kepercayaan diri, dan lokasi sedangkan varibel terikat pada penelitian ini adalah minat menabung mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan menggunakan 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei yang dikelola sendiri, dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang pada bank syariah masih rendah. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa variabel keyakinan dan pengetahuan memiliki pengaruh kepada minat mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang.
Perancangan Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Guest Supplies Pada Department Housekeeping Tiara Ratna Biandari; Ludwina Harahap
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4190

Abstract

Untuk memberikan pelayanan yang baik, maka Hotel XYZ yang telah berdiri sejak tahun 2010 harus memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan pelayanan tamu, salah satunya yaitu dengan pengelolaan persediaan guest supplies. Agar pengelolaan perlengkapan tamu berjalan dengan baik dan mengurangi risiko yang dapat muncul, dibutuhkan praktek pengendalian internal. Penelitian ini bersifat studi kasus dimana penelitian ini membantu menganalisis masalah yang timbul akibat belum diterapkan pengendalian internal pada pengelolaan persediaan guest supplies. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis dan evaluasi data yang akan menghasilkan suatu rekomendasi perbaikan yaitu perancangan sistem pengendalian internal berbasis COSO. Perbaikan ini bertujuan agar aktivitas pengelolaan persediaan guest supplies pada Hotel XYZ dapat semakin efektif dan efisien dalam pelaksanaannya.
PENGARUH CAR, BOPO, DAN NIM TERHADAP ROA Fahmi ali fajar auliya
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4317

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari return on asset (ROA) bank umum syariah, rasio kecukupan modal (CAR), pendapatan operasional dan biaya operasional (BOPO) dan net interest margin (NIM) selama periode 2014-2019. Data sampel untuk penelitian ini terdiri dari 4 bank umum syariah, yaitu: Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah Amerika-Kanada, Bank Syariah Muammarat dan Bank Syariah BNI. Dalam penelitian ini, regresi linier berganda sebagai metode analisis digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil uji simultan diketahui bahwa tingkat BOPO, CAR dan NIM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ROA bank umum syariah.BOPO memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik dan signifikan terhadap ROA bank umum syariah. . Dan CAR berpengaruh positif, namun pengaruhnya terhadap ROA tidak signifikan, dan NIM berpengaruh terhadap ROA, namun tidak konsisten
Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Memperoleh Sertifikasi Profesional Akuntansi di Indonesia (Chartered Accountant) (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Semester Akhir pada Universitas dengan Prodi Akuntansi Berakreditasi A dan B yang berlokasi di Jakarta) Jaka Andika Prayitno
COMPETITIVE Vol 5, No 2 (2021): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v5i2.4248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi karir, motivasi sosial, dan motivasi ekonomi yang mempengaruhi minat mahasiswa prodi akuntansi berakreditasi A dan B dalam mengikuti ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) di Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan responden berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Jakarta yang memiliki prodi akuntansi berakreditasi A dan B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor motivasi karir, motivasi sosial, dan motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa prodi akuntansi berakreditasi A dan B dalam mengikuti ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) di Indonesia. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tidak ada perbedaan hasil yang signifikan antara responden yang berasal dari prodi yang berakreditasi A maupun yang berakreditasi B. Kata kunci: Chartered Accountant, Motivasi Karir, Motivasi Sosial dan Motivasi Ekonomi. 

Page 1 of 3 | Total Record : 30