cover
Contact Name
Dirvi Surya Abbas
Contact Email
abbas.dirvi@gmail.com
Phone
+628128173331
Journal Mail Official
agungbudi@umt.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.umt.ac.id/index.php/competitive/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 2615255X     EISSN : 2549791X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/
Core Subject : Economy,
Subjek area COMPETITIVE meliputi: Auditing, Perpajakan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Keperilakuan, Akuntansi Lingkungan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Corporate Sustainability, dan Manajemen Keuangan.
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan" : 29 Documents clear
PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL Chaerunisa Riskia Ramadhani; Isro’iyatul Mubarokah
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4330

Abstract

Permasalahan yang kerap bank hadapi pada pengendalian aset dan kewajibannya yaitu di satu sisi mereka memecahkan kontradiksi antara likuiditas dan sekuritas, dan di sisi lain mereka memecahkan kemampuan untuk meningkatkan laba. Rasio lancar menjelaskan kapabilitas perusahaan untuk melunasi kewajiban keuangan yang patut secepatnya terpenuhi. Tingkat laba berguna dalam pengukuran kapabilitas perusahaan untuk menciptakan laba, meliputi dua bentuk laba dan nilai ekonomis. Tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh likuiditas (FDR) dan profitabilitas (ROE) terhadap rasio kecukupan modal (CAR) Bank Muamarat Indonesia selama tahun 2012-2020. Data yang digunakan di penelitian berasal dari laporan keuangan triwulanan dalam website resmi Bank Muamalat Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini memperlihatkan beberapa variabel FDR pada variabel CAR dan ROE terhadap CAR tidak berpengaruh. Pada saat yang sama, FDR dan ROE berdampak pada CAR secara bersamaan.
PENGARUH ELEMEN FRAUD DIAMOND DALAM MENDETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN Arry Eksandy; Riski Ulan Sari
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.5876

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh elemen fraud diamond yang terdir dari elemen pressure (yang diproksikan dengan financial stability, external pressure, dan financial target), elemen oppoturnity (yang diproksikan dengan nature of industry dan ineffective monitoring), elemen rationalization yang diproksikan dengan opini audit, dan elemen capability yang diproksikan dengan pergantian direksi terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Sampel penelitian berjumlah 13 perusahaan dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial stability berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan, external pressure berpengaruh negatif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan financial target, nature of industry, ineffective monitoring, opini audit dan pergantian direksi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.
THE EFFECT OF WORK STRESS AND FINANCIAL REWARD TOWARDS SALES & MARKETING WORK PERFORMANCE Anthonius Anthonius
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4755

Abstract

The purpose of this research is to focus on examining the effect of work stress and financial rewards towards work performance in the hotel industry in Indonesia. This research employs quantitative research with hypothesis testing. 100 employees in the sales & marketing division in the 5-star hotel industry were used as samples in this study. A questionnaire was used as the research instrument in this study. Structural Equation Modelling (SEM based on covariance) was used to analyse data. The study's findings show that, during the pandemic, financial reward factor has no effect on work performance in the hotel industry's sales and marketing department. However, work stress is a factor that has an impact on job performance.Keywords: work stress, financial reward, work performance, hotel industry
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Hikmah Hikmah
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4378

Abstract

Kesehatan bank dianggap sebagai upaya pengawasan bank untuk mengetahui tingkat kesehatan bank dalam melaksanakan berbagai aktivitas secara kontiniu serta mampu melaksanakan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesehatan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode pengumpulan data laporan keuangan dengan pendekatan Risk Based Bank Rating (RBBR) terhadap kinerja bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator NPL, GCG, ROA, CAR dan keseluruhan bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berada pada kategori sehat.
PENERAPAN BA'I AS-SALAM DALAM TRANSAKSI JUAL ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Mentari Aprillia Nurfatah; Nana Diana
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4354

Abstract

Saat ini Smartphone merupakan salah satu alat untuk melakukan aktivitas jual beli, adanya provider semakin memudahkan dalam hal terjadinya transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Jual Beli atau Ba'i As-Salam adalah kegiatan menjual barang dimana pembeli membayar terlebih dahulu barangnya, kemudian menyerahkannya sesuai waktu yang telah disepakati. Dalam ilmu ekonomi islam terdapat prinsip yang harus dihindari yaitu gharar, kegiatan ini dilarang dalam islam karena merupakan kegiatan perdagangan yang mengandung ketidakpastian suatu barang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan, sumber datanya berasal dari buku, internet dan karya tulis ilmiah dan bersifat deskriptif, ialah mengungkap suatu masalah sehingga pada akhirnya dapat memperoleh kejelasan, gambaran baru ataupun dapat memberkuat gambaran yang sudah ada melalui data yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan as-salamin para ahli ekonomi Islam diperbolehkan sepanjang memenuhi prinsip dan ketentuan, serta tidak mengandung unsur-unsur yang dapat menimbulkan kerugian seperti riba, ketidakadilan dan kecurangan. Pada kesimpulan tersebut, sebelum melakukan transaksi sebaiknya pelanggan meminta informasi yang jelas tentang produk tersebut, sehingga tidak ada ruginya dalam melakukan transaksi online ini.
PENGARUH NPF DAN CAR TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH Andika Rahayu; Kosasih Kosasih; Ujang Suhaemi
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4593

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui apakah variabel terikat dalam penelitian ini dapat dipengaruhi oleh variabel bebas.  Populasi pada penelitian ini sebanyak 14 Bank Umum Syariah dengan teknik sampling yang dipergunakan ialah purposive sampling sehingga sampel yang dipakai yaitu sebanyak 11 Bank Umum Syariah. Dalam penelitian ini, regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil uji simultan diketahui bahwa pembiayaan murabahah tak dapat dipengaruhi oleh NPF dan CAR secara bersama-sama. Berdasarkan uji parsial menghasilkan pembiayaan murabahah tak dpat dipengaruhi oleh NPF tetapi pembiayaan murabahah dapat dipengaruhi oleh CAR.
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS Bella Ramadytha; Isro’iyatul Mubarokah
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4371

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh murabahah terhadap profitabilitas roa. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan yang sudah go public. Sampel yang diambil adalah laporan neraca dan rasio keuangan. Cara analisis data menggunakan data kuantitatif dengan melakukan analisis statistik menggunakan analisis regresi linier, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel murabahah tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA, baik secara parsial maupun simultan. Kesimpulannya pembiayaan murabahah tidak selalu berpengaruh terhadap tingkat peningkatan profitabilitas Bank BRI Syariah Indonesia pada Q2012-2020. 
PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS Dinda Difa Nurkhalizah; Nana Diana
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4340

Abstract

Di Indonesia, perusahaan bank umum syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat setiap tahunnya. Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terlihat bahwa sumber daya dan perndapatan bank umum syariah setiap bulannya mengalami kenaikan yang baik. Maka dari itu, para peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap komponen-komponen yang mempengaruhi produktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengujian produktivitas dengan menggunakan faktor-faktor independen berupa Intellectual Capital dan efisiensi operasional, dan variabel dependennya adalah Profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini ialah Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK. Dalam pertimbangan tersebut, terdapat 6 bank umum syariah dengan periode investigasi sejak 2015 hingga 2019 sebagai pengujian. Dalam pengujian pengumpulan, peneliti menggunakan metode purposive sampling. Bank yang terpilih adalah Bank Central Asia Syariah, Bank Negara Indonesia Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Tabungan Pensiun Negara Syariah, Bank Bukopin Syariah dan Bank Muamalat Indonesia. Berdasarkan penulisis yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa Intellectual Capital dan Efisiensi Operasional berpengaruh secara simultan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Indonesia Periode 2015-2019. Secara parsial, Intellectual Capital tak mempunyai pengaruh profitabilitas dan Efisiensi Operasional memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas.
MENDETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN ANALISIS RASIO KEUANGAN Wati Yaramah; Imam Hidayat
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.5885

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan dengan analisis rasio keuangan. Pelaporan laporan keuangan merupakan informasi yang sangat penting dan berharga bagi pihak internal maupun eksternal dalam mengelola suatu perusahaan atau instansi, karena banyak kasus yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk kepentingan sendiri dalam memanipulasi pelaporan laporan keuangan. Laporan keuangan juga menjadi barometer perusahaan untuk berkembang dan going concern bagi perusahaan atau instansi. Dalam penelitian ini variabel perubahan aset, return on assets, dan return on equity tidak berpengaruh dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan, tetapi variabel debt to assets dan debt to equity berpengaruh dalam mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan. Data perusahaan yang digunakan adalah 28 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, untuk periode 2017–2020.
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP LABA BERSIH Reiska Salkawinata; Ujang Suhaemi
COMPETITIVE Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/competitive.v6i1.4418

Abstract

Peneliti melakukan riset untuk melihat apakah terdapat pengaruh pada variabel pembiayaan murabahah dan variabel pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih yang ada di BUS di Indonesia. Data yang dipakai oleh peneliti yaitu data sekunder yang didapat melalui laporan keuangan periode 2015-2019. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pada uji hipotesa mendapatkan hasil pembiayaan murabahah dan mudaharabah berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Artinya, peningkatan atas pembiayaan murabahah dan mudharabah dapat meningkatkan laba BUS. Dan juga secara bersama-sama, pembiayaan murabahah dan pembiayaan mudharabah berpengaruh terhadap laba bersih yang ada pada BUS di Indonesia periode 2015-2019.

Page 1 of 3 | Total Record : 29