cover
Contact Name
Dimas Garda
Contact Email
dimasgarda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpkma@umnaw.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
ISSN : 25800337     EISSN : 25800531     DOI : -
Core Subject :
Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), with registered number ISSN 2580-0337 (print), ISSN 2580-0531 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services.
Arjuna Subject : -
Articles 135 Documents
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SFAE DAN ENE DALAM MENULIS KARANGAN DI SMK NEGERI I TELUK MENGKUDU DESA SIALANG BUAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Mimi Rosadi; Sujarwo Sujarwo
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.13

Abstract

Mengenai hal tentang pendidikan di Sialang Buah saat ini khususnya satu sekolah yangterdapat di sana yaitu SMK Negeri 1 Teluk Mengkudu, masih kurangnya pendidikankarakter yang diterapkan oleh guru kepada siswa serta penggunaan strategi pembelajaranyang terlalu monoton dengan model ceramah. Hal ini membuat siswa kurang aktif dalampembelajaran karena hanya mengandalkan guru dalam memahami materi-materi yangdiajar.Usaha sadar yang dilakukan oleh seorang guru dapat mempengaruhi karakter yangmereka miliki. Pendidikan karakter tersebut dapat diwujudkan dalam kegiatan prosespembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat membantu siswauntuk mempermudah belajar mereka khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia dalammenulis karangan. Penerapan strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalampembelajaran menulis karangan yaitu kombinasi antara strategi pembelajaran SFAE danENE. Dalam hal ini pengusul berupaya untuk memperkenalkan startegi pembelajaran yangmengkombinasikan strategi SFAE dengan ENE dalam mencapai hasil karangan yangbaik.Strategi pembelajaran SFAE merupakan strategi yang mengarahkan siswa untukmempresentasikan ide atau pendapatnya secara inovatif (Purnitawati, 2011:21).Siswadiarahkan untuk menyampaikan pendapatnya setelah mendengarkan penjelasan dariguru.Strategi SFAE dikombinasikan dengan strategi ENE dimana siswa diarahkan untukmemperhatikan sebuah gambar yang ditampilkan dari OHP atau gambar-gambar dariguru kemudian dituliskan ke dalam bentuk karangan dengan menggunakan strategipembelajaran SFAE.
PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA BERBASIS PEMBENTUKAN KARAKTER Sri Sulistyawati; Nelvitia Purba; Hardi Mulyono; Gelora Sinaga
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.12

Abstract

Korupsi adalah merupakan suatu dari kejahatan yang luar biasa (ekstra ordinary crime), hal inidisebabkan karena korupsi terjadi di semua bidang kehidupan, dan dilakukan secara sistematissehingga sangat sulit untuk memberantasnya. Perbuatan korupsi merupakan suatu perbuatanorang yang tidak jujur yang bermula sebagai perbuatan jahat yang memerlukan kemampuanberpikir, dengan pola perbuatan yang demikian itu kemudian paling mudah merangsang untukditiru dan menjalar dalam lapisan masyarakat. Oleh karenanya tidak mengherankan bila korupsiterjadi di semua bidang kehidupan, dan dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, baikpemerintah, maupun swasta baik pejabat maupun pegawai rendahan. Berkaitan dengan KPKyang sudah mencanangkan program kerja yang salah satunya adalah melakukan suatu upayapreventif dengan melibatkan semua unsur. Upaya preventif ini adalah dengan melakukanpenanaman nilai-nilai anti korupsi terhadap semua pihak,bahakn KPK meminta sekolah danPerguruan Tinggi dalam mata pelajaran dan mata kuliah dapat disisipkan penanaman nilai-nilaianti korupsi, dengan demikian generasi penerus bangsa diharapkan menjadi generasi antikorupsi. Hal yang sama juga dapat ditanamkan nilai-nilai anti korupsi dapat dilakukan dilingkungan keluarga melalui nilai nilai 18 karakter .Dengan menenanamkan 18 nilai nilaikarakter di keluarga akan menumbuhkan nilai nilai anti korupsi dan menjadi budaya yangditerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dengan demikian dapat berpartisipasi dalamprogram pemerintah untuk membenrantas korupsi.
STRATEGI GAYA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Alkausar Saragih; Marija Dalimunthe
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.11

Abstract

Indonesia mewajibkan Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu bagian yang pentingdalam mewujudkan peserta didik sehingga memiliki kompetensi dalam aspek kognitif, afektif danpsikomotorik (IQ dan EQ). PAI berfungsi untuk membentuk kepribadian siswa supaya menjadimanusia yang berbudi luhur dan berahlak mulia (SQ) Untuk meningkatkan kompetensi padapendidikan agama Islam diperlukan pengembangan strategi pembelajaran yang bervariatif.Strategi pembelajaran yang bervariatif berfungsi untuk merancang metode dan modelpembelajaran, sehingga mampu mendesain sistem lingkungan belajar-mengajar sertamengimplementasikan secara efektif dan efisien apa yang telah direncanakan di dalam tujuanpembelajaran. Strategi pembelajaran diklasifikasikan menjadi 5 macam: (1) strategi pembelajaranlangsung, (2) strategi pembelajaran tak langsung, (3) strategi pembelajaran interaktif, (4)strategi pembelajaran empirik (experiental), (5) strategi pembelajaran mandiri. SD SwastaTunas Harapan di Desa Patumbak Kampung, Kec. Patumbak, Kab. Deli Serdang jugamenjadikan PAI sebagai kurikulum wajib bagi peserta didik mereka. Pelaksanaan kegiatan telahdilaksanakan dengan memberikan metode penyuluhan dan diskusi kepada mitra kegiatan yaknipara guru di SD Tunas Harapan Desa Patumbak Kampung, Ke. Patumbak, Kab. Deli Serdang.Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru utamanya gurupengasuh mata pelajaran PAI di SD Tunas Harapan dalam merancang dan menerapkan berbagaistrategi pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat peserta didik sekaligus meningkatnya nilairata-rata siswa untuk mata pelajaran PAI.
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 106160 DESA TANJUNG REJO KECAMATAN PERCUT SEI TUAN Yugi Diraga Prawiyata
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.10

Abstract

Tulisan ini memaparkan penerapan pendididikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris.Pendidikan karakter ialah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhikarakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakupketeladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi,bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya. Secara umum, paparan nilainilaiutama karakter selanjutnya dapat dicerminkan, antara lain pada saat memformulasikanindikator dan mengembangkan bahan ajar. Berikut ini adalah beberapa contoh pengintegrasianmasing-masing nilai karakter pada indikator dan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa,khususnya Bahasa Inggris, yang dilakukan dalam satu kali pertemuan (2x45 menit): relijius,jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab.
PEMBINAAN OLIMPIADE MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA NAMIRA ISLAMIC SHOOLMEDAN Tanti Jumaisyaroh siregar
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.9

Abstract

Olimpiade matematika merupakan sebuah kegiatan yang rutin diikuti oleh setiap kabupaten/ kotasetiap tahunnya khususnya dinas pendidikan kota Medan. Oleh karena itu, setiap SMP Di KotaMedan mempersiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti kegiatan OSNMatematika tersebut dimanasalah satunya SMP Swasta Namira Islamic School Medan. Pelajaran matematika di SMP SwastaNamira Islamic School Medan hanya diperoleh siswa pada saat jam pelajaran sekitar 4-6 jampelajaran kemudian ditambah dengan kegitan les matematika tambahan sekitar 2 jam pelajaransetiap minggunya. Dengan demikian, kemampuan siswa SMP Swasta Namira Islamic SchoolMedan untuk mengikuti kegiatan olimpiade matematika masih kurang. Hal ini berdasarkan masihminimnya partisipasi dan prestasi siswa dalam mengikuti kegiatan olimpiade matematika. Olehkarena itu, perlu dilakukan pembinaan khusus olimpiade matematika bagi siswa-siswi SMP SwastaNamira Islamic School Medan. Adapun jenis pembinaan olimpiade matematika yang akandiberikan yaitu program pembinaan dengan struktur program 30%pemantapan teori, 50%latihansoal, dan sisanya 20% wawancara atau moderasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkankemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal olimpiade matematikasehingga dapat meningkatkan prestasi siswa dalam kegiatan olimpiade matematika yang akandiadakan tahun depan.
MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DESA PERCUT SEI TUAN Khairiah Khairiah; Dahlia Sirait
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.8

Abstract

Pembelajaran sains sebagai subsistem pendidikan nasional memberi kontribusi penting dalampembentukan karakter siswa. Pembelajaran sains yang benar akan mengarahkan siswa untukmemiliki karakter-karakter diantaranya berupa kecermatan, disiplin, kejujuran, ketekunan,berpikir kritis, bertanggungjawab, dan saling bekerja sama. Desa Percut Sei Tuan salah satu desadi Kota Medan akan menjadi sasaran pengabdian masyarakat untuk melakukan pelatihan dansosialisasi terkait Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sains di Sekolah DesaPercut Sei Tuan. Hal ini dilakukan karena permasalahan yang berkaitan dengan Narkoba di Desaini agak mengkhawatirkan dan ini berkaitan dengan keluarga terdekat yang merupakan pemakaidan pengedar. Agar pendidikan karakter tidak bertambah merosot dan pengaruh narkoba tidaksemakin menjadi-jadi, maka perlu adanya penyuluhan ke sekolah- sekolah khususnya sekolah.Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pendekatan keterampilan proses melaluipelatihan dan sosialisasi. Pendekatan keterampilan proses adalah proses pembelajaran yangdirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan fakta fakta, membangun konsepkonsepdan teori teori dengan keterampilan intelektual dan sikap ilmiah siswa sendiri.
USAHA PRODUK MINUMAN KESEHATAN JAHE MERAH INSTAN DI KELURAHAN BINJAI KECAMATAN MEDAN DENAI Anny Sartika Daulay
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.7

Abstract

Jahe merah merupakan komoditi yang mempunyai harga tinggi karena merupakan bahan dasardalam pembuatan obat tradisional. Jahe merah dengan nama latin Zingiber officinale Roxb.memiliki banyak khasiat, jika dipasarkan dalambentuk olahan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.Jahe merah instan adalah salah satu sediaan minuman yang dapat secara langsung dikonsumsi.Peluang bisnis produksi jahe merah instan sangat bagus, karena jahe merah instan baik untukdikonsumsi dengan maksud pencegahan bahkan pengobatan berbagai penyakit. Pelatihanpembuatan jahe merah instan dilakukan pada Mitra Rezeki Jaya di Kelurahan Binjai KecamatanMedan Denai. Pelatihan tetang pembuatan Jahe Merah instan meliputi pengolahan jahe merahsehingga menjadi bentuk bubuk, pengemasan dan pemasarannya. Produk Jahe Merah instan yangdihasilkan dipasarkan dengan berbagai cara diantaranya dipasarkan pada Warung, Toko Grosirdan konsumen secara langsung.
NARKOBA, BAHAYA DAN CARA MENGANTISIPASINYA Ahmad Darwis; Gabena Indrayani Dalimunthe; Sulaiman Riadi
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.14

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda dan remaja tidak dapat dipungkiri ternyata masih banyak yang mengkonsumsinya di lingkungan sekitar kita. Dampaknya bagi kesehatan dan masa depan tidaklah sedikit. Bahaya narkoba bagi pecandu dan kalangan muda, para pelajar sangat banyak dan jika tidak segera dihentikan kebiasaan mengkonsumsi narkoba maka hal ini akan memperburuk derajat kesehatan penggunanya itu sendiri secara pelan pelan tapi pasti serta akan merusak masa depan kehidupan mereka.. Dalam kehidupan bermasyarakat para pemuda atau pelajar membutuhkan suasana lingkungan yang kondusif dan nyaman dari penyalahgunaan narkoba, oleh karena itu penanggulangan narkoba menjadi tanggung jawab bersama dimulai dari keluaraga, kemudian masyarakat dan pemerintah. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat di kabupaten karo tentang bahaya yangdiderita akibat penyalahgunaan narkoba , jenis jenis dan macam-macam narkotika serta bagaimana cara menanggulanginya. Metode yangdigunakan dalam menanggulangi narkoba adalah memberikan presentasi pemahaman yang benar tentang narkoba serta adanya diskusi tanya jawab seputar jenis jenis narkoba, bahayanya dan langkah langkah yang efektif agar masyarakat di Kabupaten Karo dapat menanggulanginya terlebih dahulu harus dimulai dari pribadi masing-masing keluarga, kemudian masyarakat dan pemerintah.
PENGARUH NIKAH DI BAWAH TANGAN TERHADAP PSIKOLOGIS ISTRI DAN ANAK Novita Friska; Cut Latifah
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.15

Abstract

Perkawinan adalah ikatan lahir bathin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Perkawinan merupakan bagian yang sakral karena harus melihat norma-norma dan kaidah hidup dalam masyarakat. Namun dalam hal ini tidak semua orang memiliki prinsip demikian, dengan berbagai alasan pembenaran yang cukup masuk akal dan bisa diterima masyarakat, perkawinan sering kali tidak dihargai kesakralannya. Pernikahan merupakan sebuah media yang akan mempersatukan dua insan dalam sebuah rumah tangga. Pernikahan adalah satu-satunya ritual pemersatu dua insan yang diakui secara resmi dalam hukum kenegaraan maupun hukum agama. Seorang laki-laki yang menikahi perempuan dengan cara nikah di bawah tangan bisa saja dengan seenaknya meninggalkan istri tanpa dibebani tanggung jawab apapun terhadap istri dan anaknya karena tidak adanya bukti otentik dalam pernikahannya, terbukanya peluang bagi laki-laki untuk melakukan tindakan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), terhalangnya pembagian warrisan dan hak nafkah. Kesulitan untuk membuat akte kelahiran anak karena tidak ada bukti otentik bahwa pernikahan tersebut sah menurut hukum negara, dampak psikis tentunya akan dirasakan oleh anak-anak yang tidak jarang dari mereka menjadi topik pembicaraan masyarakat yang menganggapnegatif perkawinan orang tuanya yang tidak dicatatkan dan masih banyak lagi dampak yang ditimbulkan
PELATIHAN TIPS DAN TRIK SUBMIT ARTIKEL ILMIAH DI JURNAL BERBASIS ONLINE Febry Ichwan Butsi; Auliana Nasution
AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 1 No. 1 (2017): Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M UMN AL WASHLIYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/ajpkm.v1i1.16

Abstract

Karya tulis ilmiah memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan profesi guru. Secara singkat karya tulis ilmiah dapat didefinisikan sebagai laporan tertulis tentang (hasil) suatu kegiatan ilmiah. Karya tulis ilmiah dapat dipilah dalam dua kelompok yaitu: (a) karya tulis ilmiah yang merupakan laporan hasil pengkajian/penelitian, dan (b) karya tulis ilmiah yang berupa tinjauan/ulasan/ gagasan ilmiah. Permasalahan mitra yang menjadi sorotan utama adalah para guru masih belum mengerti dan paham cara memasukan karya mereka di jurnal ilmiah berbasis online. Para guru di SD Tunas Harapan umumnya mengirimkan tulilsan mereka di jurnal yang terbitan cetak dengan ISSN.Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan dan kompetensi guru di SD Tunas Harapan untuk memasukan karya ilmiah mereka ke jurnal yang berbasis online.Tentunya diperlukan monitoring oleh pengabdi pada masa depan untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian yang disampaikan kepada para guru di SD Tunas Harapan. Namun evaluasi awal oleh pengabdi menilai bahwapemahaman guru mengenai metode memasukan karya ilmiah di jurnal berbasis online telah diserap dengan baik oleh para guru.

Page 1 of 14 | Total Record : 135