cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
ISSN : 23382996     EISSN : 25286978     DOI : -
Core Subject : Education,
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 189 Documents
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KREATIVITAS BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG Ratna Sari Dewi
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 6 No 2 (2018): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.459 KB)

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan  media sosial terhadap kreativitas berwirausaha mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Singaperbangsa Karawang angkatan 2017, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian penggunaan  media sosial terhadap kreativitas berwirausaha mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah adalah, (1) mahasiswa lebih tertarik terhadap media sosial sebagai alat komunikasi yang menyenangkan dan efektif. Selain itu, media sosial juga bisa digunakan sebagai media berwirausaha dan berbelanja. (2) Berdasarkan tingkat presentasi pemanfaat media sosial dapat dibagi beberapa jenis yang sering digunakan oleh mahasiswa, meliputi: whatsapp, facebook, instagram dan BBM dengan, (3) peranan Media Sosial sebagai social and communication  activity, receipt of information , entrepreneurship media dan social and communication, (4) Jenis wirausaha yang digeluti mahasiswa berupa kuliner, pakaian dan kosmetik, (5) bentuk kreativitas yang dihasilkan oleh mahasiswa adalah desain produk dan bagaimana berkomunikasi dalam menjual atau promosi pemasaran secara online.
Implementasi Pendekatan Supervisi Akademik terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kabupaten Purwakarta Ega Trisna Rahayu
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 1 No 1 (2013): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
Olah Raga Masyarakat Ruslan Abdul Gani
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 1 No 1 (2013): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
THE EFFECTS OF LINGUISTIC INTELLIGENCE AND INTERPERSONAL COMMUNICATION COMPETENCE TOWARD STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL Sumarta Sumarta
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 4 No 2 (2016): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.767 KB)

Abstract

The purpose of this research is to know: 1.The effect of linguistic intelligence on English students’ speaking skill, 2. The effect of interpersonal communication competence on students’ English speaking skill, and 3. The effects of linguistic intelligence and interpersonal communication competence collaboratively on English students’ speaking skill. The method used in this research is quantitative. To collect the data of this research, writer uses interview and questionnaire. Interview is used for collecting the data of students’ speaking skill, and questionnaires are used to collect the data of linguistic intelligence and interpersonal competences. The participants of this research are 30 students, the English department students in the third semester at University of Singapebangsa Karawang, as the sample taken randomly from the number of students consisted of about 180 students. The result of the research showed that the effect of linguistic intelligence and interpersonal communication competence collaboratively toward students’ speaking skill with the regression Formula : ? = -2.448+0.607X1+0.379X2.  Keywords: Linguistic Intelligence, Interpersonal Communication Competence,                   Students’ English Speaking Skill.
PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEMUDA PRODUKTIF MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN HIAS Ahmad Syahid
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 4 No 2 (2016): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.601 KB)

Abstract

Etos kerja yang belum dimiliki oleh kebanyakan angkatan kerja mengakibatkan kurangnya motivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah. Akibatnya persaingan akan semakin ketat dan tentunya hal ini berdampak pada jumlah lapangan kerja yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah angkatan kerja yang tak terbatas. Pendidikan nonformal sebagai salah satu subsistem pendidikan nasional yang lebih mengarahkan pendidikannya kepada penciptaan lapangan kerja (usaha mandiri) agar peserta didik dapat menguasai keterampilan fungsional dan mampu menciptakan lapangan kerja mandiri memberikan jawaban dari permasalahan diatas. Salah satunya melalui kegiatan pemberdayaan kelompok pemuda produktif  melalui pelatihan budidaya ikan hias di PKBM Isma Al-Mudawamah Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitiannya terdiri dari dua bagian, pertama, sebagai “Sumber Informasi”, yaitu responden yang terdiri dari empat orang anggota pelatihan. Kedua, “Sumber Informan”, yaitu terdiri dari penyelenggara dan satu tutor. Sehingga total jumlah subyek penelitian adalah enam orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data tentang proses, hasil, dampak dan faktor pendukung dan penghambatnya.Kata Kunci: Pelatihan dan Pemberdayaan Kelompok Pemuda Produktif
KREATIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA JAGAKARSA JAKARTA SELATAN Dewi Mutiara Indah Ayu; Sjafty Nursitti Maili
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 5 No 1 (2017): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.876 KB)

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan memiliki potensi untuk menjadi anak yang kreatif. Kreativitas merupakan hal yang sangat mendasar bagi setiap individu. Kreativitas dapat membantu peserta didik untuk menganalisa sesuatu dengan cara yang tidak seperti biasanya. Kreativitas tidak dapat terjadi dengan sendirinya katena hal itu perlu ditingkatkan. Peningkatan kreativitas yang dimiliki oleh setiap peserta didik biasanya dimulai dari lingkungan kelas terlebih dahulu. Lingkungan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kreativitas serta percaya diri peserta didik. Pendidik yang mampu melibatkan diri dengan lingkungan peserta didik menjadikannya cara terbaik dalam mendorong kreativitas peserta didiknya di kelas. Sudah menjadi tugas pendidik mampu menjadikan suasana kelas mereka menjadi lebih efektif serta kondusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini dirancang untuk menemukan permasalahan yang ada dengan cara yang akurat. Peneliti menggunakan tiga cara dalam metode ini yaitu: observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pendidik di SMP Pattimura Jagakarsa Jakarta Selatan itu belum mampu meningkatkan peseta didiknya untuk lebih kreatif di dalam kelas sehingga suasana masih sangat bising di dalam kelas. Keywords: Kreativitas Pembelajaran, Hasil Belajar
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA Asep Sahrudin
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 2 No 1 (2014): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.91 KB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang mempunyai hubungan dengan keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya, memecahkan masalah kehidupan sehari-hari atau kehidupan nyata.Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery.Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran discovery dan siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran langsung. Selain itu, diungkap pula peningkatan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran discovery dan kelas yang pembelajarannya menggunakan langsung.Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan desain current embedded.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA di Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2012/2013.Sampel penelitiannya adalah Siswa Kelas X di salah satu SMA di Kabupaten Pandeglang. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan rataan dan dilakukan juga analisis kualitatif secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran langsung. (2) Motivasi belajar siswa yang diberikan menggunakan strategi pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajarana langsung. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan motivasi belajar.Kata Kunci: strategi pembelajaran discovery, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan motivasi belajar siswa
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TIPE JIGSAW TERHADAP PEMBENTUKAN KEPEMIMPINAN DIRI SISWA Muchamad Ishak
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 5 No 1 (2017): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.413 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran STAD dan Jigsaw memberikan pengaruh terhadap pembentukan kepemimpinan diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang terdiri dari 2 variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw, dan 1 variabel terikat yaitu kepemimpinan diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cimahi yang berjumlah 315 orang, sampel diambil sebanyak 36 orang dari kelas X RPL B. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan datanya dilakukan melalui angket. Analisis instrumen yang dilakukan pada tes yaitu validitas isi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu diolah dan dianalisis menggunakan SPSS Serie 16 dengan tahapan: Uji Keseimbangan, Uji Normalitas (Kolmogorov-Smirnov), Uji Homogenitas (Lavene statistic), Analisis uji-t (One-Sample Test). Dari data analisis disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepemimpinan diri siswa yang lebih baik dibanding model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Kata Kunci : STAD, Jigsaw, dan Kepemimpinan Diri Siswa
PENGUASAAN KOSAKATA KEDWIBAHASAAN ANTARA BAHASA SUNDA DAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK-ANAK (SEBUAH ANALISIS DESKRIPTIF-KOMPARATIF) Daman Huri
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 2 No 1 (2014): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.961 KB)

Abstract

Penguasaan kedwibahasaan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia, misalnya menguasai bahasa Sunda (B1) dan Bahasa Indonesia (B2). Kedua bahasa ini pun menjadi materi ajar di sekolah. Dengan latar belakang tersebut, muncul permasalahan, perlu adanya pengukuran penguasaan kosakata kedwibahasaan siswa. Sejauhmanakah penguasaan kosakata kedwibahasaan antara bahasa Sunda dan bahasa Indonesia dalam ragam tulis? Adapun tujuannya ingin mendeskripsikan penguasaan kosakata kedwibahasaan antara bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia dalam ragam tulis, perbandingan penguasaan dan gejala interfernsi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dan metode komparatif.Hasil analisis membuktikan bahwa penguasaan bahasa Sunda dan bahasa Indonesia siswa dalam ragam tulis meliputi penguasaan bentuk kata antara bahasa Sunda dan bahasa Indonesia seimbang, penguasaan jenis kata berdasarkan kata dasar siswa lebih menguasai kosakata bahasa Indonesia, penguasaan jenis kata berdasarkan kata berimbuhan siswa lebih menguasai kosakata bahasa Sunda, penguasaan jenis kata berdasarkan kata ulang siswa seimbang. Dan penguasaan jenis kata berdasarkan kata majemuk siswa lebih menguasai kata majemuk bahasa Sunda.Kata Kunci: kedwibahasaan, kosakata, bahasa Sunda, dan bahasa Indonesia
PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI PADA SMA NEGERI 4 DEPOK Lilly Dwi Wulandari; Sri Hapsari
JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) Vol 5 No 2 (2017): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.914 KB)

Abstract

Tujuan pembelajaran ekonomi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI pada SMA Negeri 4 Depok. Metode yang digunakan penulis adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan strategi survey, selain itu pengumpulan data dengan metode kuesioner, metode dokumentasi, dan observasi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri 4 Depok dengan besar sampel sebanyak 60 orang dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu hasil angket kedisiplinan dan nilai rapot siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi dalam bentuk checklist dengan jumlah pernyataan 20 soal, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis koefisien korelasi, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan data analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) pada pengaruh kedisiplinan didapat rata-rata, yaitu 85,7, standar deviasi, yaitu 5,8810. sedangkan prestasi belajar siswa didapat rata-rata, yaitu 83,0033, standar deviasi, yaitu 7,0047 kemudian ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,7158, serta regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 11,1124 + 0,8411X. Hal ini berarti apabila kedisiplinan ditingkatkan sebesar 1 poin, maka prestasi belajar juga akan naik sebesar 0,8411 pada konstanta 11,1124 Y, selain itu koefisien determinasi sebesar 0,5123 yang artinya sebesar 51,23% variabel ini mempengaruhi prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 7,8065 > 2,0022 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar kelas XI mata pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri 4 Depok.

Page 1 of 19 | Total Record : 189