cover
Contact Name
NANA SUTARNA
Contact Email
nana@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nana@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Lensa Pendas
ISSN : 25410199     EISSN : 25416855     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017" : 9 Documents clear
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI MEMBACA NYARING DI KELAS III SD NEGERI 3 ANCARAN Emalia, Eeng
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa permasalahan yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya sarana pendukung untuk melakukan belajar membaca di rumah, tidak adanya buku paket, kurang dukungan dari orang tua, setelah mengetahui permasalahan yang ada penulis mengadakan tindakan untuk membantu siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode demonstrasi membaca nyaring di SDN 3 Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research). Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas III SDN 3 Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, yang berjumlah 31 siswa. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiaptiap siklusnya dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan pengamatan dan tindakan, siklus I yang nilai rata-rata kelas 65,15 jauh di bawah KKM, siklus II ada peningkatan di atas KKM (68) menjadi 72,25, sedangkan di siklus III menjadi 80 sesuai dengan apa yang diharapkan peneliti. Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa dalam pelajaran membaca, menarik minat, dan meningkatkan hasil belajar siswa.
HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALAPAGUNUNG KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Setyani, Tya; Salam, Dudung Abdu
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keterampilan sosial siswa di kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung, mengetahui motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung, mengetahui hubungan keterampilan sosial dengan motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional (asosiatif), jumlah sampel sebanyak 31 responden, teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung berada pada kategori tinggi. Selain itu dilihat dari motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung berada pada kategori tinggi. Disimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan korelasi dua variabel dan taraf signifikansi yang digunakan sebesar 5% diperoleh persamaan regresi 23,54 + 0,72 maka regresinya adalah linier. Sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan sosial dengan motivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung. Hal itu, ditunjukkan dengan keaktifan, proses interaksi komunikasi, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA Erikah, Erikah
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan pemahaman siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga, serta apakah penggunaan metode demonstrasi tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari s/d April Tahun Pelajaran 2013/2014 di SD Negeri 4 Cijoho Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK ). Metode ini dilakukan melalui 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, instrumen tes, dan catatan lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman siswa diakhir siklus I adalah 62,9, kemudian meningkat menjadi 71,3 di akhir siklus II. Sedangkan persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni dari siklus I 70,9%, dan di siklus II menjadi 87,1%%. Selain itu, aktivitas siswa juga turut meningkat dari 63,35% menjadi 82,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrai dengan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DAN MEDIA KARTU PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN IDENTITAS DIRI, KELUARGA, DAN KEKERABATAN UNTUK SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR NEGERI 3 CIHERANG Sudaeti, Sudaeti
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran IPS pokok bahasan identitas diri, keluarga dan kekerabatn dikelas satu Sekolah Dasar Negeri Tiga Ciherang Desa Ciherang. Demi optimalnya hasil belajar IPS siswa Kelas I SD Negeri 3 Ciherang maka penulis berupaya untuk menerapkan model pembelajaran bermain peran secara kolaborasi dengan mengunakan media kartu anggota keluarga sebagai salah satu alternatif pembelajaran bermakna yang bermuara pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Peningkatan tersebut berlangsung secara bertahap, diawal pembelajaran masih bersifat adaptif, memasuki proses pembelajaran kedua dan ketiga peserta didik mulai terbiasa dan menikmati pembelajaran. Ini membuktikan peningkatan peserta didik tidak hanya secara kognitif, tetapi juga mengalami peningkatan secara afektif dan psikomotorik.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING Hernasih, Hernasih
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pengaruh motivasi siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra Test, Siklus I, dan Siklus II, yaitu masing-masing 33,33%, 63,336%, dan 90, 00 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa IV SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan.
METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 NANGGELA Warniah, Waway
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kurang memuaskan. Kenyataan tersebut pernah penulis jumpai dalam beberapa kali pengalaman mengoreksi hasil ujian mengarang bahasa Indonesia. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela, 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (70,73%), siklus I (80,50%), siklus II (100 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran imajinatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mengarang bahasa Indonesia.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA RUMPANG SISWA KELAS IV Sutarna, Nana; Pramudika Sari, Agatha Kristi
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Praktek pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN II Cengal Kabupaten Kuningan, ditemukan beberapa masalah,yaitu aktivitas siswa serta rendahnya hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart, yang terurai dalam suatu siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan media gambar dalam pembelajaran menulis cerita rumpang, proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Cengal mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan bertambahnya jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada setiap siklusnya dimulai dari data awal sebanyak 12 orang siswa atau 40%, siklus I meningkat menjadi 20 orang atau 67%, pada siklus II meningkat menjadi 28 orang atau 93% Dengan demikian, terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan media gambar telah memberikan hasil yang baik terhadap proses pembelajaran menulis cerita rumpang serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Cengal Kabupaten Kuningan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA, AKTIVITAS BELAJAR, DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR Sahrir, Dede Cahyati
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siklus Belajar merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA, aktivitas belajar dan sikap ilmiah siswa melaui model siklus belajar. Penelitian kuantitatif ini mengggunakan metode eksperimen semu yaitu one group pre test post test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest adalah sebesar 56,9 dan nilai rata-rata hasil postest adalah 83,3, sehingga mengalami peningkatan sebesar 36,6 %. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji t diperoleh bahwa thitung (5,658) > ttabel (2,002) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPA yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar. Selanjutnya berdasarkan hasil observasi diperoleh presentase aktivitas belajar siswa sebesar 83% dan presentase sikap ilmiah siswa sebesar 89% dengan kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPA, aktivitas belajardan sikap ilmiah siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR Noor, Muhammad; Hasanah, Lusy Uswatun
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) pada materi perubahan lingkungan fisik untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Darma. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Darma yang berjumlah 40 siswa, yang sampelnya dipilih secara keseluruhan (sampling jenuh) dimana siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen (pembelajarannya menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar) dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol (pembelajarannya tanpa menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar). Pengumpulan data dengan cara pemberian tes awal dan tes akhir sebagai data primer, serta lembar observasi sebagai data sekunder. Hasil Pretest diketahui bahwa nilai ratarata kelompok eksperimen yaitu 60,8 dan kelompok kontrol 54,7. Sedangkan dari hasil postest diketahui bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 87,2 dan kelompok kontrol 66,7. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 6,43 dan ttabel 2,02. Karena 6,43 > 2,02 maka H0 ditolak H1 diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9