cover
Contact Name
NANA SUTARNA
Contact Email
nana@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nana@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Lensa Pendas
ISSN : 25410199     EISSN : 25416855     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2017): September 2017" : 8 Documents clear
ANALISIS MEDIA KOMIK STRIP DALAM HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA Nurfirdaus, Nunu; Nurfauzi, Eva Rizqi
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media dalam prestasi hasil belajar siswa (studi kasus di SDN 1 Kadugede). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa, pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan yang mencakup catatan, laporan dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 1 Kadugede menerapkan media pembelajaran komik strip, walaupun ada beberapa langkah yang tidak dilakukan diantaranya adalah apersepsi, pembagian kelompok dan penekanan materi diakhir pembelajaran. Setelah diterapkan media pembelajaran komik strip siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru, hal tersebut dibuktikan ketika ulangan harian siswa menjawab soal dengan benar, sehingga berdampak pada prestasi hasil belajar. Saran bagi guru, diharapkan ketika pembelajaran menerapkan media komik strip sebelumnya guru harus sudah paham betul bagaimana menerapkannya supaya dalam pelaksanakan proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan siswa dapat lebih paham mengenai materi yang disampaikan oleh guru.
KOLABORASI QUESTION AND ANSWER TECHNIQUE DAN SEE DIFFERENCES DALAM MENINGKATKAN RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR Pramudika Sari, Agatha Kristi; Falah, Irfan Fajrul
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris di sekolah merupakan sebuah kendala yang harus dipecahkan. Tentu ini merupakan sebuah tantangan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris agar materi yang kita sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh siswa sehingga mereka dapat mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapat dalam kehidupan sehari-hari yang juga akan berdampak secara otomatis terhadap respond dan juga minat siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Salah satu caraya adalah dengan menggunakan metode yang sesuai dengan karakter dan juga kebutuhan siswa. Dalam hal ini metode question and answer yang dikolaborasikan dengan permainan see differences, Selain dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, metode ini juga sangat membantu guru dalam menciptakan respon positif siswa dalam mempelajari bahasa Inggris khususnya pada aspek speaking
PENGARUH METODE MNEMONIC TIPE SISTEM LOCI TERHADAP KETAJAMAN MEMORI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Cunandar, Dadang
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mnemonics tipe sistem loci terhadap ketajaman memori siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitiannya yaitu one group pretest posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wilangara Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian melaui tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 48,13 dan nilai rata-rata posttest 73 sehingga mangalami peningkatan sebesar 24,87. Ini berarti ketajaman memori siswa pada materi pokok membaca berbagai teks setelah menggunakan metode mnemonics tipe sistem loci mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan uji t adalah 9,63, dengan mengambil taraf signifikan 5% diperoleh t tabel= 2,021. Karena 2,021>9,63 artinya terdapat pengaruh metode mnemonics tipe sistem loci terhadap ketajaman memori siswa pada materi pokok membaca berbagai teks.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI CAHAYA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 3 CISANTANA Syahrir, Dede Cahyati; Ilmanda, Meike
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak dengan diterapkannya model pembelajaran CORE terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi cahaya pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 3 Cisantana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana penulis menetapkan sampel dari dua sekolah yang memiliki karakteristik yang sama. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Cisantana yang berjumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD negeri 2 Cisantana yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,13 kemudian menentukan nilai ttabel dengan jumlah sampel 27 + 32 = 59 diperoleh nilai ttabel = 1,67 (taraf signifikan 5% dengan dk = 27 + 32 - 2 = 57) sehingga diketahui bahwa thitung = 7,13 > ttabel = 1,67 jadi Ho ditolak dan Hi diterima artinya dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam materi cahaya pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 3 Cisantana.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN GUGUS BANYUASIH Noor, Muhammad; Rosyid, Abdul; Maryani, Gia Sri
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran open ended. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan nonequivalent controlgroup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Banyuasih dengan menggunakan puposive sampling yaitu kelas IV SDN 2 Ciherang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 1 Ciherang sebagai kelas kontrol. Dari perhitungan uji kesamaan dua rerata diperoleh - ttabel < thitung < ttabel = -1,68 < -0,22 < 1,68 maka tidak terdapat perbedaan antara rerata nilai tes awal kelas eksperimen dan rerata tes awal kelas kontrol. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,73 dan kelas kontrol 0,59. Dari hasil perhitungan uji perbedaan dua rerata ngain diperoleh nilai thitung > ttabel = 2,46 > 1,68 dengan taraf signifikansi 5% sehingga peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran open ended lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEGGUNAAN MEDIA MAKET Giwangsa, Sendi Fauzi
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya masalah dalam pembelajaran IPS yaitu aktivitas siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran serta hasil pembelajaran IPS yang belum optimal. Permasalahan tersebut terjadi karena sebagian siswa menganggap bahwa pembelajran IPS merupakan pembelajran yang membosankan, karena terlalu seringnya guru menyajikan pembelaran IPS secara langsung dengan tanpa dibantu melalui media pembelajran sehingga siswa kurang antusias dengan pembelajaran IPS tersebut. Penggunaan media pembelajran bisa membantu siswa mudah memahami pembelajran serta bisa memberikan pengalaman belajara yang menyenangkan bagi siswa melalui interaksi dengan media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SDN Sukalerang II Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Kemmis dan Tagart. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media maket bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukalerang Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Hal ini karena melalui pengguaan media dapat memudahkan anak memahami materi dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KADUAGUNG Usamah, Asep
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas III dalam pembelajaran IPA dan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPA SDN Kaduagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Kabupaten Kuningan. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kaduagung dengan jumlah murid 28 dengan teknik simple random sampling. Didapatkan thitung 4,266 > ttabel 1,674 maka Ho ditolak, ada hubungan model pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA pada materi Energi dan pengaruhnya pada kehidupan sehari-hari di kelas III SD Negeri Kaduagung
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEDAGOGI MATERI SUBYEK (PMS) BERBASIS GOOGLE EARTH DALAM KONSEP MENGIDENTIFIKASI BENUA-BENUA Sutarna, Nana; Kaman, Kaman
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelajaran IPS menjadi pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. PMS adalah perspektif teoretis yang lebih menyeluruh bagi para guru untuk dapat mengelola berbagai metode pengajaran dan berbagai metode pembelajaran sesuai dengan proses berbagi pengetahuan bangunan. Pendekatan Pedagogis Materi Perihal Berbasis Google Earth adalah proses pembelajaran yang mengacu pada PMS yang dimodifikasi menggunakan media Google Earth. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi benua kelas enam SDN Unggulan Kuningan Kecamatan Kramatmulya Kecamatan Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian tindakan kelas yangdigunakan adalah model siklus yang dilakukan berulang-ulang dan terus menerus (spiral cycle) yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan instrumen penelitian berupa pertanyaan uji, lembar observasi, lembar kerja siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dapat dilihat dari kenaikan rata-rata hasil skor tes formatif. Nilai rata-rata uji formatif pada siklus I adalah 77,92 dan hasil formatif pada siklus II dengan skor rata-rata 87,91. Dan pada siklus II siswa mendapatkan hasil belajar 100% di atas 75 atau KKM.

Page 1 of 1 | Total Record : 8