cover
Contact Name
NANA SUTARNA
Contact Email
nana@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nana@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Lensa Pendas
ISSN : 25410199     EISSN : 25416855     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018" : 9 Documents clear
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA Nurfirdaus, Nunu; Husen, Muhamad
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pemahaman guru terhadap model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa, kejadian, pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Penelitian kualitatif selalu bersifat deskriptif artinya data yang dianalisis berbentuk deskriptif fenomena, tidak berupa angkaangka. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan mencakup catatan, laporan dan foto. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Student Teams AchievementDivision (STAD) di SD Negeri II Garajati dilakukan dengan cara yang lain, yaitu dengan cara guru menerangkan materi lalu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian tiap kelompok diberi soal-soal lalu dibacakan hasilnya secara perwakilan kelompok. Pemahaman guru terhadap model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar siswa akan meningkat jika guru lebih memahami suatu model pembelajaran dan menerapkan sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya.
PENERAPAN METODE MENGHAFAL DAN PROBLEMATIKANYA DALAM PENGAJARAN AL-QUR'AN HADITS Usamah, Asep
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian tentang metode menghafal merupakan obyek penelitian yang sangat luas, untuk memberikan pemahaman yang mendalam peneliti memfokuskan pada penerapan metode dan problematikanya. Dalam hal ini peneliti mengambil kancah penelitian di MI PUI Cikaso Kab. Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Data-data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan yang mencakup catatan dan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI PUI Cikaso Kab. Kuningan menerapkan metode menghafal, walaupun pada kenyataannya permasalahan yang dialami dalam menerapkan metode menghafal pada pembelajaran al-Qur'an Hadits di MI PUI Cikaso Kab. Kuningan adalah kurang tepat dalam menempatkan antara tahap klasikal dan tahap privat, sehingga berakibat pada kekurangan waktu, yang nantinya berakibat pada pelaksanaan fase-fase yang lain. Saran bagi guru adalah dalam menerapkan metode menghafal pada pembelajaran alQur'an Hadits pembelajaran yang didahulukan adalah bentuk klasikal dulu baru kemudian pembelajaran tahap privat
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE Rochmah, Eliya
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi internet telah mempengaruhi ke segala aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. E-learning menjadi salah satu alternatif penunjang pembelajaranblended learning. Blended learning adalah pembelajaran dengan menggabungkan pemanfaatan e-learning dan pembelajaran tatap muka konvensional. Moodle adalah salah satu alternatif LMS yang menyediakan fasilitas pembelajaran blended learning. Tujuan daripenelitian ini adalah menganalisis, mendesain, dan mengembangkan sekaligusmenerapkan konten mata kuliah khususnya Dasar-dasar Teknologi Informasi danKomunikasi berbasis LMS Moodle untuk menunjang pembelajaran blended learning. Model yang digunakan untuk mendesain pembelajaran blended learning menggunakan moodle adalah dengan model ADDIE dengan melalui tahapan (1) analysis, (2) design, (3)development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil analisis yaitu perkuliahan dilaksanakan dengan empat model setting pembelajaran yakni Sinkron Langsung, Sinkron Maya, Asinkron Mandiri, Asinkron Kolaboratif.
ANALISIS MEDIA REALIA DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DI KELAS IV SD NEGERI XI KUNINGAN Lokawati, Ajeng Sri; Sutarna, Nana
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan penggunaan media realia dalam menulis karangan di kelas IV SD Negeri XI Kuningan, serta untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa di kelas IV SD Negeri XI Kuningan setelah menggunakan media realia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan/observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri XI Kuningan. Adapun jumlah siswa kelas IV SD Negeri XI Kuningan adalah 26 siswa. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media realia memudahkan siswa dalam kemampuan menulis karangan. Siswa sudah dapat menulis karangan dengan memperhatikan aspek-aspek penilaian yang ditentukan.Media realia ini hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam menyusun strategi pembelajaran pada materi menulis karangan sehingga diharapkan siswa memiliki pemahaman yang tepat dalam menulis karangan.
PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN CIGUGUR Sutarna, Nana
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui perbandingan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan untuk mengetahui pengaruh model sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dikelas IV SDN Cigugur. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen berupa Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design yang disajikan dengan model Sains Teknologi Masyarakat pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model sains teknologi masyarakat. Pembelajaran ini memiliki subyek sebanyak 54 siswa. Dengan uraian 26 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa dikelas kontrol. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata hasil pretest pada kelas eksperimen adalah 63.42 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 63.25. untuk hasilposttest pada kelas eksperimen mendapakan rata-rata 83.15 dan kelas kontrol 67.68. pengujian hipotesis berdasarkan hasil tes di dapatkan thitung >ttabel. Atau 3,98 > 1.68 dengan ? 0.05%, dari hasil pengujian tersebut didapat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga model STM berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.
KAJIAN STRUKTURAL DAN NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT KECAMATAN KARANGKANCANA KABUPATEN KUNINGAN Cunandar, Dadang; Dahlia, Lidia
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1) mendeskripsikan cerita rakyat; 2) struktur cerita rakyat; 3) Nilai Moral yang ada dalam cerita rakyat, dan 4) Hubungan cerita rakyat antar desa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang mengetahui cerita rakyat di setiap desa. Tehnik yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu teknik wawancara, dokumentasi, analisis data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif analisis yang mempunyai tujuan untuk mendepenelitiankan data-data lisan maupun tulisan, sekaligus bakal menganalisis data yang diperolehnya. Cara menganalisisnya menggunakan struktural cerita yang meliputi tema, fakta certa (Karakter,latar, alur) sarana Cerita (Judul, Sudut Pandang, Gaya Basa, Simbolisme, ironi), dan menganalisis ajen moral yang ada di dalam cerita. Berdasarkan hasil penelitian struktural cerita yang ditemukan menyangkut, tema yang digunakan dalam cerita ini mengenai realita kehidupan sosial. Judul yang digunakan dalam cerita ini mengenai kejadian yang mempengaruhi adanya cerita di desa Simbol yang digunakan dalam cerita ini menyangkut larangan-larangan. Ironi yang ditemukan mengenai kebiasaan manusia yang mempercayai kejadian yang dirasa tidak masuk akal. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, akan di inventarisasi datanya untuk keperluan masyarakat yang ada di Kecamatan Karangkancana Kabupaten Kuningan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SPALDING Labudasari, Erna
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Pelaksanaan proses pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional yaitu kegiatan yang hanya berpusat pada guru saja. Oleh karena itu, pembelajaran dinilai kurang efektif bagi siswa. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan Metode Spalding. Metode Spalding diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui metode ini diharapkan siswa dapat lebih mudah mengungkapkan gagasan, ide, dan termotivasi untuk lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dimana 1 siklus terdiri dari satu pertemuan dan setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Watubelah Kabupaten Cirebon. Setelah dilakukan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya dan nilai siswa ada pada kategori baik
PENGARUH MEDIA MINIATUR STRUKTUR BUMI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BUMI KELAS V-D SD NEGERI 17 KUNINGAN Salam, Dudung Abdu; Sutriani, Rini
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa yaitu sebesar 45% memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V-D SD Negeri 17 Kuningan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah PurposiveSampling, karena peneliti yang menentukan dan memilih sendiri kelas yang akan digunakan menjadi sampel, sehingga sampel yang diambil adalah siswa kelas V-D SD Negeri 17 Kuningan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), tes, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji rerata dan uji gain.. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai thitung = 3,62 > ttabel = 1,67 maka H1 diterima, ini artinya terdapat pengaruh media miniatur struktur bumi terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi bumi kelas V-D SD Negeri 17 Kuningan.
PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI SD GUNUNG KARUNG KUNINGAN Fauziah, Popi; Usamah, Asep
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 2 Gunung Karung setelah menggunakan media diorama. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Gunung Karung, semester II tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitianquasi experimental design type nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif antara siswa yang menerima materi pembelajaran kenampakan permukaan bumi menggunakan media diorama dengan siswa yang menerima materi pembelajaran kenampakan permukaan bumi tidak menggunakan media diorama. Di kelas eksperimen, rata-rata hasil pre-test sebesar 52,82, dan rata-rata hasil posttest sebesar 83,59. Mengalami kenaikan sebesar 30,77, dan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa diperoleh 0,67592, yang berarti termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan di kelas kontrol, rata-rata hasil pre-test sebesar 53,83, dan rata-rata hasil post-test sebesar 72,32. Mengalami kenaikan sebesar 18,49, dan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa diperoleh 0,39494, yang berarti termasuk ke dalam kategori sedang.

Page 1 of 1 | Total Record : 9