cover
Contact Name
NANA SUTARNA
Contact Email
nana@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nana@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Lensa Pendas
ISSN : 25410199     EISSN : 25416855     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2018): September" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS II MI PUI KABUPATEN KUNINGAN Usamah, Asep
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan bernyanyi dalam mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa MI Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan Kepala Sekolah. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dengan cara membandingkan siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kosakata bahasa Arab siswa MI PUI Kabupaten Kuningan melalui kegiatan bernyanyi. Sebelum tindakan sampai dengan sesudah, yaitu sebelum tindakan 39,71%, siklus I 70,69% dan siklus II 81,91%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui kegiatan bernyanyi dapat mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa pada MI PUI Kabupaten Kuningan” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KABAR (KARTU BERGAMBAR) MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SIDOHARJO 01 KABUPATEN TEGAL Pratiwi, Laila Cahya; Reffiane, Fine; Huda, Choirul
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.642 KB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Kabar (Kartu Bergambar) Materi Sifat – Sifat Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. .Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata pada skor pretest mencapai 58 sedangkan pada posttest mencapai 72,211. Nilai ketuntasan klasikal pretest mencapai 39% sedangkan pada posttest mencapai 61% diketahui dari uji t dengan thitung lebih dari ttabel (5,663 > 2,026). Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal.
PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL YANG DIMODIFIKASI Falah, Irfan Fajrul; Pramudika Sari, Agatha Kristi
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.155 KB)

Abstract

Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar di era yang serba teknologi seperti sekarang ini. Sudah barang tentu kita harus senantiasa membekali anak-anak kita dengan pengetahuan bahasa Inggris yang mana akan sangat berguna dalam kehidupan mereka kelak. Salah satu upaya dalam proses pengenalan bahasa Inggris di Sekolah Dasar yang dapat dilakukan oleh guru khususnya dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris adalah melalui permainan tradisional “Slep Dur” yang berasal dari Jawa Barat. Permainan tradisional ini sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak di daerah karena mungkin kalah bersaing dengan gadget yang diberikan oleh orang tua mereka. Namun dalam penelitian ini, penulis berupaya untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada pembelajar muda usia atau anak-anak sekaligus melestarikan warisan tradisional daerah yang dimiliki.
PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERITA PENGALAMAN PRIBADI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 Zulfa, Nelfa Fairuz
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.501 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman pribadi pada siswa kelas V melalui strategi critical incident berbantu media audiovisual berupa film animasi di SD Negeri Sidoharjo 01 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dilaksanakan di kelas V, dengan subjek penelitianya 23 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, dokumentasi dengan instrumen tes menulis karangan cerita pengalaman pribadi dan lembar validasi perangakat yang digunakan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi, dan media. Hasil penelitian menunjukan kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pengalaman pribadi siswa berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan di peroleh sebesar 54,82 dan rata-rata nilai posttest yang diperoleh sebesar 72,08. Hal ini membuktikan hasil posttest dengan menggunakan strategi critical incident berbantu media audiovisual berupa film animasi dapat mempengaruhi kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi critical incdent berbantu media audiovisual berupa film animasi telah berjalan dengan baik sehingga hasil kemampuan menulis siswa meningkat dan dapat melebihi target nilai pada KKM.
ANALISIS PERMAINAN ORAY-ORAYAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN ANAK Noviati, Pupung Rahayu; Giwangsa, Sendi Fauzi
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.265 KB)

Abstract

Artikel ini memuat tentang permainan tradisional yang ada di wilayah Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Sumedang yaitu permainan Oray-orayan. Latar belakang penelitian mengacu pada permasalahan masuknya arus globalisasi ke Indonesia yang menyebabkan redupnya permainan tradisional digantikan dengan permainan yang bersifat online. Padahal jika dikaji lebih mendalam permainan tradisional mampu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui permainan Oray-orayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptik analistik dengan pendekatan bentuk, fungsi dan makna dari permainan Oray-orayan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan Oray-orayan dapat mengembangkan aspek psikomotor, moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, bahasa, kognitif, dan seni.
PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA TERHADAP SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK MELALUI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS Kurniasari, Ria
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.616 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ecoliteracy siswa. Rendahnya ecoliteracy tersebut dapat dilihat dari sikap ketidakpedulian siswa terhadap lingkungan sekolah yang ditunjukkan dengan perilaku masih banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan. Keadaan yang demikian telah menjadi kekhawatiran peneliti dan melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan ecoliteracy siswa dalam memilah sampah organik dan anorganik. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran group investigation yang merupakan salah satu tipe model cooperative learning. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sindang I. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket kesadaran siswa, lembar wawancara, dan lembar evaluasi. Secara keseluruhan penerapan group investigation ini membawa hasil yang positif terhadap aktivitas belajar dan ecoliteracy siswa. Berdasarkan temuan-temuan penelitian dari data-data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa ecoliteracy siswa meningkat dari siklus I sampai dengan Siklus III. Peningkatan ecoliteracy dapat dilihat dari kenaikan persentase tingkat pencapaian dari berbagai aspek, yaitu aspek pengetahuan, conscience, dan juga aplikasi/tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa group investigation dapat meningkatkan ecoliteracysiswa.
PEMBELAJARAN MENULIS WACANA DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Muhafidin, Muhafidin
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.593 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis wacana deskripsi siswa SD. Mind mapping merupakan cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak dan untuk mengambil informasi dari dalam otak. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes membuat wacana deskripsi berdasarkan indikator penilaian wacana deskripsi meliputi kesesuaian langkah, kesesuaian isi, kesesuaian bahasa, dan kesesuaian bentuk tulisan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Peranggong 2 Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV di SD tersebut dengan jumlah 28 siswa. Setelah diimplementasikannya metodemind mapping dalam pembelajaran, skor rata-rata posttest siswa lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata pretest-nya, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam menulis wacana deskriptif meningkat setelah diberikan treatment. Hasil analisis uji statistik menunjukkan bahwa thitung = 17,08 > ttabel = 2,05 yang berarti kemampuan menulis wacana deskriptif sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mind mapping adalah berbeda signifikan. Metode mind mapping berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana deskripsi siswa. Terdapat peningkatan kemampuan menulis wacana deskripsi oleh siswa setelah diterapkan metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN READER RESPONSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI ISI DONGENG Cunandar, Dadang
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.295 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pendekatan Reader Response terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Karoya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, penulis mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel karena siswa kelas IV SD Negeri 2 Karoya kurang dari 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menujukan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng di Kelas V SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan sebelum penerapan pendekatan Reader Response masih rendah, nilia rata-rata sebesar 57.64. (2) hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng di Kelas V SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan setelah penerapan pendekatan Reader Response meningkat, nilai rata-rata sebesar 82,55. (3) terdapat pengaruh penerapan pendekatan Reader Response terhadap hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng di Kelas V SD Negeri 2 Karoya Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, hal ini berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan Sig. (0,000) < 0,05.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN DATAR BERBANTU MEDIA GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TROSO 06 PECANGAAN JEPARA Husnaya, Arina Ida
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.09 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara pada tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Desain Pra-Eksperimental. Bentuk Desain Pre-Eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata 61.5% dan nilai posttest sebesar 81,75%. Dengan demikian ada peningkata hasil belajar siswa dalam menggunakan Model Think Pair Share pada materi Bangun Datar di Kelas IV. Hasil pengujian hipotesis terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif menunjukkan bahwa thitung = 8,587 dan ttable = 2,093 dengan taraf signifikan 5% maka thitung = 8,587 > ttable = 2,093. Jadi berdasarkan hasil yang didapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima berarti model pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Datar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara.
PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA DAN BERPIKIR SECARA LANGSUNG (MBL) TEMA 7 SUBTEMA 1 PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG Hidayah, Meika Nurul
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.544 KB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model Think Pair Share terhadap kemampuan membaca tema 7 subtema 1 siswa kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group PretestPosttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Bangteayu Wetan 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV B yang berjumlah 37 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes. Hasil analisis pada nilai pretest 50,595 mencapai ketuntasan 100 % atau semua siswa tidak tuntas tuntas karena nilai tertinggi pada saat pretest hanya diangka 68, dibandingkan dengan nilai postest yang mencapai peningkatan di atas rata-rata 79,027 dengan ketuntasan 77% atau 30 siswa yang tuntas dan 23% atau 7 siswa belum tuntas. Perhitungani uji t yang diperoleh thitung = 39 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,021 karena thitung 39 > ttabel 2,021 , dari uji t yang telah didapatkan terdapat perbedaan rata-rata yang mempengaruhi antara hasil pretest dan posttest.

Page 1 of 2 | Total Record : 11