cover
Contact Name
Verdi Yasin
Contact Email
verdiyasin@jayakarta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jisicom@stmikjayakarta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
JISICOM (Journal of Information System, Infomatics and Computing)
ISSN : 25795201     EISSN : 25973673     DOI : -
Core Subject : Science,
JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing) , ini, diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Lembaga Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 135 Documents
Pengaruh Kegunaan, Informasi, Layanan Interaksi, User Interface Dan User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Website Detik.Com Metode Webqual 4.0, User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Eight Golden Rules Muhamad Amirlulah Syaputra
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 5 No 2 (2021): JISICOM: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisicom.v5i2.625

Abstract

Detik.com is one of the news portal websites that had the second most visits in Indonesia in the early days of the Covid-19 pandemic. The website Detik.com supports mobile and desktop display making it easier for users to access detik.com without fear of experiencing gadget or device limitations. While there is minimal information about Covid-19 websites Detik.com it is expected that visitor traffic increases but website statistics Detik.com according to www.similarweb.com decrease after March 2020, then the assessment of website performance Detik.com is very necessary. This assessment is to find out if the website Detik.com has provided satisfaction to users. Detik.com has given satisfaction to the user. Based on this research that should be focused on improving the quality of information, the quality of user interface and the quality of user experience. So the authors conducted research efforts using the Webqual method, User Experience Questionnaire (UEQ) and Eight Golden Rules as well as quantitative-descriptive approaches. The results include usability quality, information quality, quality of service interaction, quality of user interface and quality of user experince has a positive influence on the level of user satisfaction.
IMPLEMENTASI TEOREMA BAYES UNTUK MENDIAGNOSA TINGKAT STRES Zulfian Azmi; Kurniadi Syahputra
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018): JISICOM : Volume 2, Nomor 1, Februari 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.4 KB)

Abstract

Stres merupakan kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai kesempatan tersebut terdapat penghalang dan mempengaruhi kinerja keseharian seseorang, bahkan dapat menimbulkan rasa sakit, gangguan mental dan produktivitas menurun. Dengan menggunakan metode Terorema Bayes dengan probabilitas bersyarat, untuk memperoleh model marginal didalam mesin pembelajaran dapat menghasilkan estimasi parameter dengan menggabungkan informasi dari sampel dan informasi lain yang telah tersedia sebelumnya. Sistem yang dirancang dengan gejala yang ada dapat mengenali apakah pasien terkena strok ringan, sedang dan berat. Selanjutnya sistem juga selain dapat memberikan laporan informasi juga solusi dan terkait gejala dan penyakit yang ditimbulkan.
EXPERT SYSTEM DIAGNOSA PENYAKIT PARU PADA ANAK DENGAN METODE FORWARD CHAINING Embun Fajar Wati; Martua Hami Siregar; Nur Indah Kurniawati
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 2 (2018): JISICOM : Volume 2, Nomor 2, December 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.849 KB)

Abstract

Sistem pakar (expert system) merupakan salah satu bidang yang menggunakan kecerdasan buatan. Expert system adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dalam hal ini adalah permasalahan kesehatan paru pada anak, yaitu dengan membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan kedokteran dalam mendiagnosa penyakit paru pada anak yang ditampilkan dalam bentuk website menggunakan pemrograman PHP dengan database MySQL dengan metode forward chaining. Dengan fasilitas yang diberikan untuk user dan pakar, memungkinkan baik user maupun pakar untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhannya masing-masing. User diberi kemudahan dalam mengetahui informasi berbagai jenis penyakit paru anak dengan gejala-gejala klinisnya, serta konsultasi layaknya dengan seorang dokter paru anak melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan pakar dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru dari hasil pembahasan, disimpulkan bahwa sistem pakar diagnosa penyakit paru pada anak telah selesai dibuat. Dengan dibuatnya sistem ini diharapkan mampu memberikan informasi segala hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan paru anak secara cepat dan efisien secara timbal balik antara user dan sistem.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ACCESS ID CARD Ifan Junaedi
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 1 No 1 (2017): JISICOM : Volume 1, Nomor 1, September 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.344 KB)

Abstract

Pengembangan teknologi informasi berbasis access Id-Card ini sangat berguna bagi , Pendidikan , Instansi dan masyarakat pada umumnya yaitu Id-Card ini sangat membantu dalam proses penjagaan dan proteksi data, karena dengan memakai IdCard ini dapat dengan teratur proses administrasi pada Instansi, Pendidikan atau masyarakat . Dimana data dengan sangat terjaga karena tidak semua pemakai dapat menggunakan Id-Card tersebut kecuali yang berhak dan berwenang . Kata kunci : Acces Id Card
PERANCANGAN WEBSITE SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGINTER PADA KOPERASI BUMI SEJAHTERA JAKARTA Syahrul Suci Romadhon; Desmulyati Desmulyati
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 3 No 1 (2019): JISICOM : Volume 3, Nomor 1, Februari 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.564 KB)

Abstract

Koperasi simpan pinjam adalah sebuah lembaga keuangan yang memberikan layanan transaksi menyimpan dan meminjam uang kepada anggotanya. Koperasi Simpan Pinjam Bumi Sejahtera perlu memiliki sebuah sistem informasi guna mempermudah proses pengolahan data, melaksanakan tugas secara tepat, dan meminimalkan kesalahan pencatatan transaksi maupun perhitungan keuangan, dikarenakan sistem yang ada tidak dapat mendukung akitifitas yang dilakukan oleh koperasi bumi sejahtera, terlebih lagi permasalahan pada program yang berjalan yaitu program yang digunakan sudah tidak diperpanjang dengan pihak aplikasi. Untuk memenuhi kebutuhan diatas maka perlu dirancang sebuah sistem informasi simpan pinjam. Tahap perancangan meliputi pembuatan deskripsi system requirement specification, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, serta perancangan database. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogramam PHP melalui framework CodeIgniter, serta MySQL sebagai penyimpanan databasenya. Dengan menggunakan penyimpanan database, pada sistem informasi koperasi dapat memudahkan proses pengolahan data trasansaksi simpan pinjam dikarenakan telah tersimpan pada 1 pusat basis data. Sistem informasi berbasis web ini merupakan alternatif untuk meningkatkan mutu pengolahan data dan pelayanan jasa koperasi simpan pinjam untuk pengurus dan anggotanya. Fasilitas yang terdapat dalam sistem informasi ini antara lain pengolahan data anggota, simpanan, pinjaman, angsuran, pemotongan gaji . Dalam sistem ini terbagi menjadi 2 kategori user yaitu admin dan anggota.
PERANCANGAN JARINGAN VOIP DENGAN IVR (INTERACTIVE VOICE RESPON) UNTUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK STMIK JAYAKARTA MENGGUNAKAN ASTERISK Febri Wulandari; Verdi Yasin; Abdi Moissa
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018): JISICOM : Volume 2, Nomor 1, Februari 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.057 KB)

Abstract

Alat komunikasi mengalami perkembangan di berbagai bidang terutama di bidang teknologi. Terutama untuk suatu kampus layanan komunikasi menjadi sangat penting. Adapun bentuk teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah sistem IVR (Interactive Voice Response). Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Metode WaterFall . Call flow menggambarkan proses interaksi pengguna melalui telepon dan kemudian melakukan logika tertentu yang kemudian diverifikasi terhadap database, saat pemanggil mendial nomor telephone yang dituju, sampai terkoneksi dengan diberikannya jawaban dari server (biasanya berupa greeting). Pemanggil menekan pilihan yang disediakan dalam aplikasi dengan cara menekan tombol-tombol keypad handphone atau teleponnya (menggunakan sistem DTMF). Sistem IVR di STMIK Jayakarta yang di buat sesuai dengan rancangan yang telah di buat contoh nya dapat dibuktikan dengan cara mengakses data sesuai dengan database. Data tersebut akan berjalan apabila mahasiswa menekan pilihan Informasi.
SISTEM INFORMASI KOPERASI PINJAMAN PADA KOPERASI KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL JAKARTA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK Embun Fajar Wati
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 1 No 1 (2017): JISICOM : Volume 1, Nomor 1, September 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.393 KB)

Abstract

Koperasi Mandarin Oriental Jakarta atau biasa disebut dengan KKMOJ adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi terutama pinjaman. Tujuan utama dari koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota-anggotanya. Adanya dokumen-dokumen yang banyak dalam satu transaksi membuat pengurus kesulitan dalam pencarian data, terjadinya kesalahan perhitungan dan aktivitas rutin yang semakin meningkat ternyata membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Sehingga membuat koperasi sadar akan perlunya suatu alat yang membuat pekerjaan menjadi mudah. Oleh sebab itu, Koperasi Mandarin Oriental Jakarta tak ingin ketinggalan dalam penggunaan komputer. Cara inilah yang digunakan koperasi sebagai langkah awal yang tepat menuju kemajuan. Analisis Sistem Informasi menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang berorientasi objek sebagai alat pemodelan sistem. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi pendahuluan (tinjauan lapangan dan penelitian kepustakaan), analisa sistem, dan rancangan sistem. Hasil penelitian ini mencakup beberapa proses yaitu : pendaftaran anggota, transaksi pinjaman, transaksi pinjaman bukopin, perhitungan dan pembuatan laporan yang akan dikembangkan dengan aplikasi berbasis desktop. Rancangan ini diharapkan dapat memfasilitasi aliran informasi rekaman dokumen dan perhitungan keuangan, serta mendukung pelaksanaan proses bisnis koperasi. Kata Kunci : Koperasi, pinjaman, UML, waterfall.
APLIKASI BENGKEL ONLINE MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) BERBASIS ANDROID PADA CV. RUMAH OTOMOTIF Badri Zaki; Syahrizal Dwi Putra
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 2 (2018): JISICOM : Volume 2, Nomor 2, December 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.651 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi bengkel online berbasis android. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan solusi atas sulitnya mencari bengkel terdekat ketika mengalami kerusakan pada kendaraan di tengah perjalanan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah metode waterfall. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan android, Global Positioning System (GPS), Google Maps API, JSON (JavaScript Object Notation) dan Firebase. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat diakses melalui berbagai perangkat smartphone. Dengan aplikasi ini akan mempermudah pengendara dalam mencari bengkel terdekat. Pelanggan dapat menghindari antrian pada saat ingin melakukan servis kendaraan. Menambah traffic pada bengkel-bengkel yang terdaftar di aplikasi. Menghasilkan sebuah aplikasi bengkel online yang dapat digunakan untuk semua pengendara bermotor dan bengkel.
PERANCANGAN PALANG PINTU KERETA OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 16 Febriyanto Febriyanto; Desmulyati Desmulyati
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018): JISICOM : Volume 2, Nomor 1, Februari 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.917 KB)

Abstract

Palang pintu kereta otomatis merupakan suatu otomatis yang diterapkan pada jalur transportasi kereta api guna berfungsi menutup dan membuka jalan yang membatasi atau menghentikan jalur lalu lintas agar kendaraan berhenti sementara untuk memdahulukan kereta api yang akan melewati. Aplikasi ini hanyalah sebuah prototype kecil yang menggambarkan sebuah aplikasi untuk palang pintu kereta api yang dapat bergerak secara otomatis, dibandingkan penerapan sesungguhnya aplikasi ini mungkin masih jauh sekali dari kejadian sebenarnya, akan tetapi aplikasiini mungkin dapat sebagai dasar dari palang pintu kereta yang dapat berjalan secara otomatis. Palang pintu kereta otomatis ini mempunyai empat bagian umum yaitu motor DC yang berfungsi untuk membuka dan menutup palang pintu kereta, sensor inframerah dan photodioda sebagai pendeteksi adanya kereta api yang akan melintas, buzzer dan display sebagai peringatan dini bila ada kereta yang akan melintas dan mikrokontroler ATMEGA 16 sebagai pengendali program.
PENGGUNAAN TEKNOLOGI ROUTER MIKROTIK DALAM MENUNJANG JARINGAN HOTSPOT DAN VOUCHER HOTSPOT PADA WARNET BNET Conrad Nainggolan; Syahrizal Dwi Putra
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018): JISICOM : Volume 2, Nomor 1, Februari 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.635 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah penggunaan teknologi Router Mikrotik dalam menunjang jaringan hotspot dan voucher hotspot pada warnet BNET, sehingga warnet dapat memberikan fasilitas hotspot berbasis mikrotik, voucher hotspot bagi pengguna selain koneksi kabel disekitar lingkungan warnet BNET dan tentunya yang mendatangkan revenue tambahan diluar koneksi kabel. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode analisis yaitu melakukan observasi terhadap sistem yang berjalan dan studi literatur, penggunaan topologi jaringan yaitu memilih perangkat jaringan yang akan digunakan dan konfigurasi pada perangkat jaringan yang digunakan, melakukan testing jaringan hotspot baru dan voucher hotspot. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penyediaan layanan hotspot dan voucher hotspot, maka warnet mendapat revenue dari layanan hotspot selain revenue dari layanan kabel.

Page 1 of 14 | Total Record : 135