cover
Contact Name
lppm stmik yadika
Contact Email
lppm@stmik-yadika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stmik-yadika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
SPIRIT
ISSN : 20853092     EISSN : 2721057X     DOI : 10.53567
Core Subject : Science,
Spirit : STMIK Yadika Journal of Computing and Cybernetic System diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer didukung oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Yadika Bangil. Redaksi mengundang para profesional dari dunia usaha, pendidikan dan peneliti untuk menulis mengenai perkembangan ilmu di bidang Teknik dan Manajemen Informatika.
Arjuna Subject : -
Articles 190 Documents
ANALISIS KAUSAL UNTUK JENIS LAYANAN INTERNETI-Direct PADA PT. TIGATRA KOMUNIKATAMA Fahrobby Adnan; Asep Juarna
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.924 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.3

Abstract

Sebagai meningkatkan kualitas layanan, PT. Tigatra Komunikatama (3GNet) memerlukan informasi yang dapat memberikan solusi pada masalah yang sering keluhkan oleh pengguna. dibutuh sebuah analisis kausal untuk menemukan penyebab masalah sebagai alasan dasar untuk memecahkan dan menghindari masalah / kegagalan. FTA dan WBA adalah analisis kesalahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi akar masalah penyebab. Penulis Estimated Causal Analysis (ECA) untuk informasi lengkap dengan mengkonsolidasikan data dan informasi dari tim NS (Network Service), NO (Jaringan Operator), Engineer dan lokakarya tim dengan tujuan untuk menggali informasi lebih dalam untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik akar penyebab . Dari hasil analisis, diperoleh informasi ke akar penyebab keluhan pelanggan adalah yang paling mendominasi dan sering terjadi pada keluhan pelanggan melaporkan Januari periode 2012 hingga Desember 2012. Dari informasi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk menyarankan perbaikan kepada perusahaan. Kata kunci-3GNet, ECA, FTA, kausalitas, WBA.Keywords—3GNet, ECA, FTA, causality, WBA.
PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN LOKASI STRATEGIS PEMASANGAN IKLAN Sugiono Bagus Trisandi; Teguh Pradana
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.263 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.4

Abstract

Komputer saat ini adalah kebutuhan manusia dalam berbagai kegiatan, ditambah dengan meningkatnya peran teknologi informasi dalam dunia kerja. Mengingat pentingnya kebutuhan internet dan perkembangan dalam dunia periklanan sangat cepat dan bervariasi, pengembangan aplikasi pendukung keputusan menggunakan Weighted Product (WP) diharapkan menjadi solusi bagi seseorang yang akan berinvestasi dalam iklan. menggunakan aplikasi sistem pendukung keputusan dalam menentukan lokasi strategis iklan. Akan sangat mudah bagi seseorang yang berinvestasi di dalamnya. Selain waktu yang dibutuhkan untuk memproses data lebih cepat, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai pembanding untuk menentukan apakah pengolahan / perhitungan dengan menggunakan sistem / aplikasi hasil yang sama secara manual. Kata kunci: Visual Basic 6.0, Microsoft Acces, Metode Weighted Product, Decision Support System (DSS)
PENGGALIAN KAIDAH MULTILEVEL ASSOCIATION RULE DARI DATA MART SWALAYAN ASGAP Teguh Pradana
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): Jurnal SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.587 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.5

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, termasuk penggunaannya di sektor pemasaran. Namun pada umumnya digunakan sebatas penyimpanan data yang hanya digunakan untuk pencatatan transaksi dan mengolah data transaksi tersebut untuk pembuatan laporan pembelian atau penjualan perusahaan. Bagi penjualan yang hanya menjual beberapa jenis produk atau toko-toko kecil, laporan seperti itu mungkin cukup bagi pemilik untuk melakukan analisis pada pasar dan mengambil keputusan.Hal ini dapat berpengaruh dalam penjualan suatu jenis produk tertentu, tetapi karena banyaknya data yang harus diolah, informasi tersebut menjadi bias atau bahkan tidak akan ditemukan jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, perusahaan seperti ini perlu menggunakan konsep data mining dengan market basket analysis untuk mengetahui buying habits dari konsumen sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. Dengan menggunakan data mart yang ada dapat dijadikan sebagai pendukung untuk diolah dengan menggunakan teknik-teknik yang ada pada data mining.Multi level association rule bisa memberikan aturan asosiasi pada tingkatan yang berbeda, yang menggunakan data mart yang memiliki data multi dimensi, sehingga dapat memberikan informasi pada tingakatan yang berbeda.Keywords: Multilevel Association Rule 
IMPLEMENTASI ANDROID MOBILE UNTUK GAME AKSARA JAWA Nurul Fuad
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): Jurnal SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1360.654 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.6

Abstract

Kemajuan teknologi pada saat sekarang ini sudah sangat berkembang pesat, teknologi ini telah merambah kedalam beberapa aspek kehidupan manusia, Dengan adanya tingkat mobilitas yang tinggi, perangkat-perangkat mobile saat ini telah berkembang pesat. Salah satunya yaitu handphone, hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki handphone dan menggunakannya sebagai alat komunikasi sehari-hari. Namun kini handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi karena di dalamnya telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat diinstal sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan adanya sistem operasi pada handphone.Android merupakan salah satu sistem operasi yang telah banyak digunakan di dalam perangkat mobile. Dengan sistem operasi yang berbasis linux, android bertujuan untuk mengembangkan inovasi perangkat mobile agar pengguna dapat mengembangkan kemampuannya dan menambah pengalamannya. Saat ini, android terus berkembang. Android ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat membantu para masyarakat yang memiliki tingkat aktivitas yang tinggi dan padat untuk mengenal dan mempelajari tentang Aksara Jawa. Aplikasi ini bisa menjadi suatu alternatif dalam rangka upaya pelestarian budaya daerah.Kata Kunci : Mobile, Android, Aksara Jawa. 
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PENGAJUAN KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-MAMDANI (Studi Kasus Di KSP Sarana Makmur) Ayu Dewi Octavianingtiyas; Yusron Rijal
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.095 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.7

Abstract

Memberikan keputusan kredit dalam pinjaman kredit aplikasi calon debitur tidak mudah, karena setiap keputusan tidak dapat tertarik dan memberikan konsekuensi untuk setiap keputusan. Oleh karena itu melakukan analisis kredit kepada calon debitur yang yang diharapkan dapat membantu dalam memberikan keputusan kredit tepat. Calon debitur diterima kredit jika kredit memenuhi persyaratan analisis kredit. Analisis kredit seperti aset, karakter, usia, pendapatan, biaya dan gaji, dan langit-langit dari calon debitur. Sistem pendukung keputusan sangat tepat untuk mengambil keputusan kredit. Sistem pendukung keputusan penerimaan permohonan kredit dengan menggunakan metode mamdani kabur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penalaran yang mamdani fuzzy logic pada proses input data dan output dapat menganalisis diterima atau ditolak pengajuan kredit. Sistem ini dapat membantu akurat mengambil keputusan kredit dengan tingkat akurasi 86,67% dan sistem ini dapat memproses permohonan kredit data yang terintegrasi dengan tingkat akurasi 100% dengan menggunakan metode pengujian sistem yang Black Box Testing. kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, keputusan kredit, Fuzzy M, ethode, Mamdani
ALGORITMA CART DALAM PENENTUAN POHON KEPUTUSAN SERTIFIKASI GURU Nur Nafi’iyah
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.953 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.8

Abstract

Mengingat pentingnya kemudahan dalam melakukan penilaian terhadap portfolio peserta sertifikasi ini maka penulis berpendapat untuk membuat sebuah sistem yang dapat mendukung keputusan (Decission Support System) penilaian terhadap dokumen inputan portofolio yang nantinya akan dijadikan acuan kelulusan dari peserta sertifikasi guru ini. Tujuan dari penyusunan penelitian ini adalah membuat pohon keputusan penentuan sertifikasi guru dengan algoritma cart berbasis komputer secara efektif, efisien dan akurat. algoritma CART mampu digunakan untuk menyelesaikan studi kasus penentuan sertifikasi guru. Algoritma CART membutuhkan data untuk training, hasil training algoritma CART, yaitu pohon biner dan rule. Hasil Rule algoritma CART digunakan untuk testing data baru.Keywords: CART, Sertifikasi Guru.
PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK ANAK BALITA PADA SISTEM OPERASI ANDROID Abdul Rokhim; Nurul Fuad
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.698 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.9

Abstract

Pemanfaatan ponsel saat ini tidak hanya sarana komunikasi yang biasa digunakan oleh orang-orang, ponsel kini telah berubah menjadi alat yang multifungsi dan salah satu keuntungan banyak digunakan sebagai media atau alat belajar namun masih ada sedikit belajar aplikasi yang beredar di internet, terutama aplikasi berbasis pembelajaran huruf alfabet untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk memperkenalkan huruf alfabet untuk anak-anak dengan memaksimalkan perangkat mobile yang memiliki sistem operasi Android. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini adalah analisis masalah dan kebutuhan, aplikasi desain dan antarmuka aplikasi desain, Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pengenalan huruf pada sistem operasi Android yang diciptakan dapat menjadi salah satu aplikasi alternatif belajar untuk anak usia dini dalam memperkenalkan huruf alfabet dan dapat meningkatkan minat belajar karena fitur yang menarik bagi anak-anak seperti surat pengakuan dan bentuk berbasis gambar. Kata kunci: mobile, android, abjad, belajar, gambar, suara
APLIKASI SECURE ZONE SEBAGAI KONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID Nur Raffi; M. Noval Riswandha
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): Jurnal SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.209 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.10

Abstract

Saat ini, smartphone ini tidak menjadi benda asing bagi masyarakat di dunia teknologi. Hal ini juga tak terelakkan bahwa saat ini, sebagian besar remaja menggunakan smartphone modern yang menggunakan sistem operasi Android. Orangtua becomeing perhatian lebih karena itu. Berdasarkan masalah ini, penulis menyajikan penggunaan Android sebagai media aplikasi parental control untuk digunakan smartphone oleh anak-anak di mana aplikasi yang dibuat oleh penulis dengan tujuan mencegah anak-anak mengakses sebuah aplikasi yang dapat mengarahkan anak ke konten yang diinginkan oleh orang tua seperti pornografi, situs hacking, dll Kata kunci: android, aplikasi android, kontrol orangtua, aman, zona aman, kunci telepon
CLUSTERING PROGRAM KEAHLIAN PADA PENDAFTARAN SISWA BARU (PSB) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS: STUDI KASUS DI SMKN 1 NGULING Endang Widia Astuti
SPIRIT Vol 7, No 2 (2015): Jurnal SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.986 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v7i2.11

Abstract

Dalam dunia pendidikan, khususnya di lembaga pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) rata-rata sekolah memiliki beberapa (lebih dari satu) program keahlian sehingga memungkinkan terjadi kebingungan bagi siswa yang ingin mendaftar dalam memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan. Tentunya dalam mendaftar seorang siswa akan memiliki acuan/tolak ukur untuk memilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat dan keinginannya. Hal tersebut tentunya perlu adanya informasi yang tepat sehingga siswa benar-benar paham tentang jurusan yang akan dipilihnya. Oleh karena itu perlu suatu Data Mining untuk membantu mengambil keputusan siswa dalam memilih jurusan sehingga mempermudah siswa dalam mengambil keputusan secara tepat dan akurat. Penelitian ini akan menggunakan algoritma K-Means, karena dalam algoritma K-Means acuannya adalah angka yang dikelompokkan/ clustering diharapkan siswa langsung mengetahui jurusan yang tepat yang sesuai dengan keputusan dari Data Mining.Kata kunci : SMK, data mining, classification model, K-Means, Clustering.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN JURNAL ONLINE STUDI KASUS DI STMIK YADIKA BANGIL Yusron Rijal; Arif Hidayatullah
SPIRIT Vol 8, No 1 (2016): SPIRIT
Publisher : STMIK YADIKA BANGIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.644 KB) | DOI: 10.53567/spirit.v8i1.12

Abstract

Based on the Decree of the Directorate General of Higher Education (SK Director General of Higher Education) No. 152 / E / T / 2012, concerning provisions of Scientific Journal Publications, the existence of the scientific journal will be one of the graduation requirements for the degree program hierarchy 1. The journal is one of the results of scientific work which is important for the students, so that the journal should be well-organized, effective and efficient. STMIK Yadika is one of the engineering faculty of informatics and information management first in the area Bangil, STMIK Yadika has various support facilities engineering activities informatics and information management, well and computerized,but there is one problem in the management of scientific journals, which is still done manually , this can lead to waste of time, materials and labor, based on the problem, the writer, wanted to make design a newsystem, in the form of management applications online journal, which will be expected to make it easier to manage and publish the results of scientific work that deserves to be published, after carried out the assessment. Based on testing black box testing of the application of this research, that, application management online journal of a case study in STMIK Yadika Bangil, can run well, during the process add, save, edit, delete, or in the process of collecting data and publication of the journal was successful,so as to simplify the process of managing journal in STMIK Yadika Bangil.Keyword : E-Journal, Aplikasi E-Journal, Waterfall Model, Aplikasi Journal Online System  

Page 1 of 19 | Total Record : 190