cover
Contact Name
Aref Vai
Contact Email
arefvai@lecturer.unri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
anggaseptiadi37@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Published by Universitas Riau
ISSN : 26544474     EISSN : 26549069     DOI : 10.31258
Core Subject : Education,
JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil penelitian, gagasan-gagasan konseptual serta kajian teori yang bisa teraplikasi dalam seluruh perkembangan ilmu olahraga terkhusus pada pendidikan olahraga.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019)" : 5 Documents clear
Pengaruh Gizi, Motivasi dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Atlet Sepakbola Universitas Sriwijaya Reza Resah Pratama
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.011 KB) | DOI: 10.31258/jope.1.2.37-42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gizi, motivasi, dan percaya diri terhadap prestasi Atlet Sepak Bola di Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan pengumpulan dokumen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Penghitungan statistik dibantu menggunakan SPSS 20. Hasil analisis data besarnya pengaruh gizi, motivasi dan kepercayaan diri terhadap prestasi atlet sepakbola adalah sebesar 54,5%. Secara serentak variabel gizi, motivasi dan kepercayaan diri benar-benar berpengaruh terhadap prestasih atlet sepakbola hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara partial hanya variabel motivasi yang berpengaruh terhadap atlet sepakbola hal ini terbukti dari nilai signifikansi sebesar 0,022. Gizi, motivasi, dan kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi atlet sepak bola. Penelitian ini dapat berimplikasi pada guru, pelatih,  dan atlet bahwa gizi, motivasi, dan percaya diri sangat berpengaruh terhadap prestasi atlet. 
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Tes Fisik Untuk Pelatih Sekolah Sepakbola Di Bawah Binaan KONI Ogan Ilir Hartati Hartati; Ahmad Richard Victoriand; Herri Yusfi; Destriani Destriani
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.646 KB) | DOI: 10.31258/jope.1.2.43-48

Abstract

Pelatihan Tes Dan Pengukuran fisik atlet yang menggunakan aplikasi  pada permainan sepakbola bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi tes fisik cabang olahraga sepakbola kepada pelatih sekolah sepakbola di bawah binaan KONI Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu dengan menampilkan aplikasi tes fisik yang telah dibuat suatu program latihan sesuai dengan hasil penelitian. Yang dilaksanakan kepada pelatih SSB di bawah binaan KONI Ogan Ilir, jumlah peserta 50 orang, yang terdiri pelatih SSB dan guru olahraga yang terlibat dalam latihan sepakbola di Ogan Ilir. Hasil pelatihan ini pelatih dapat menggunakan aplikasi tes fisik sepakbola, dan mempermudah atlet dalam pelaksanaan tes fisik cabor sepakbola. Manfaat pengabdian ini ingin meningkatkan kualitas pelatih sepakbola/ SSB di Kabupaten Ogan Ilir di masa yang akan datang.
Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta Muhammad Imam Rahmatullah
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.455 KB) | DOI: 10.31258/jope.1.2.56-65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk software sebagai media pembelajaran e-learning mata pelejaran PJOK di SMA Kota Yogyakartadan sebagai media alternatif dalam pelaksanaan literasi olahraga. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan menggunakan penilaian ahli media serta uji coba coba skala kecil dan uji coba skala besar. Subjek penelitian yang digunakan adalah 30 responden untuk uji coba skala kecil dan 60 responden untuk uji coba skala besar di SMA Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian pada uji coba skala kecil adalah penilaian produk pada aspek pemograman memiliki rerata skor sebesar 2.97 dan dalam skala (1-100) nilainya 74,22 sehingga masuk ke dalam kriteria baik dan hasil uji coba skala besar memiliki penilalian produk aspek pemogramanan sebesar 3,08 dan dalam skala (1-100) nilainya 77,02 sehingga masuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penilaian ahli media pemograman, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, produk software ini layak digunakan sebagai media pembelajaran PJOK di tingkat SMA.
Hubungan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Keterampilan Sepak Sila Permainan Sepak Takraw Rifki Nanda Putra; Fuaddi Fuaddi
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.832 KB) | DOI: 10.31258/jope.1.2.49-55

Abstract

Rendahnya kemampuan sepak sila siswa putra  SMP N 5 Kota Pekanbaru karena kurangnya Koordinasi mata terhadap gerakan kaki saat melakukan sepak sila. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kooordinasi mata kaki terhadap keterampilan sepak sila permainan sepak takraw  siswa putra kelas VIII SMP N 5 Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode eksperiment dengan uji korelasi Penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Kota Pekanbaru dengan populasi siswa putra kelas VIII yang berjumlah 12 orang. Karena jumlah populasi sedikit, yakni kurang dari 100 orang maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yang disebut juga total sampling. Teknik pengolahan data dengan menggunakan 2 tes, tes koordinasi mata kaki dan tes sepak sila, selanjutnya teknik analisa data yang diperoleh diuji signifikasinya dengan uji t. Berdasarkan analisa data diperoleh thitung= 24,88>ttabel = 2,23. Hasil penelitian ini adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat HubunganKoordinasi Mata Kaki Terhadap Keterampilan Sepak sila Permainan Sepak takraw Siswa Putra Kelas VIII SMP N 5 Kota Pekanbaru, dengan demikian Ha diterima.
Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Penjasorkes di Sekolah Dasar Marsiyem Marsiyem; Silvi Aryanti; Destriana Destriana; Destriani Destriani
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.907 KB) | DOI: 10.31258/jope.1.2.34-36

Abstract

Pengembangan profesi guru khususnya guru Penjasorkes dilakukan dalam beberapa kegiatan, salah satunya melalui Artikel Ilmiah Olahraga. Kepmenpan No. 84/1993 tentang Jabatan fungsional guru dan angka kredit, bertujuan untuk membina karir kepangkatan dan profesionalisme guru, dan kebijakan itu mewajibkan guru melakukan ke-4 kegiatan yang menjadi bidang tugasnya seperti kegiatan bidang (1) pendidikan, (2) proses pembelajaran, (3) pengembangan profesi, dan (4) penunjang proses pembelajaran, dan hanya bagi guru-guru yang berhasil melakukan kegiatan dengan baik diberikan angka kredit. Kenaikan pangkat/golongan guru pembina IV/a ke atas mewajibkan adanya angka kredit dari kegiatan pengembangan profesi. Kemampuan menulis  bagi guru merupakan tuntutan profesi yang harus dilakukan dan menjadi sarana bagi pengembangan diri dan syarat pengembangan karir seorang guru. Guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan karya ilmiah yaitu menulis artikel. Syarat ini menjadi penghambat bagi guru dikarenakan rendahnya kemampuan dan minat menulis. Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru penjasorkes dalam penulisan artikel ilmiah. Subjek dalam pelatihan ini yaitu guru Penjasorkes se kecamatan Sekayu. Hasil pelatihan adalah guru dapat membuat artikel ilmiah dengan mengacu pedoman penulisan tentang identifikasi, memilih dan merumuskan topik, menyusun kerangka tulisan, mengumpulkan bahan tulisan, menulis, menyunting, dan membuat artikel ilmiah. Pelatihan penulisan artikel ilmiah berdampak positif  terhadap pengetahuan dan pengembangan diri.

Page 1 of 1 | Total Record : 5