cover
Contact Name
Aref Vai
Contact Email
arefvai@lecturer.unri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
anggaseptiadi37@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Published by Universitas Riau
ISSN : 26544474     EISSN : 26549069     DOI : 10.31258
Core Subject : Education,
JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil penelitian, gagasan-gagasan konseptual serta kajian teori yang bisa teraplikasi dalam seluruh perkembangan ilmu olahraga terkhusus pada pendidikan olahraga.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
Pengaruh Latihan Berjalan Di Atas Balok Kayu Terhadap Keseimbangan Dinamis Wedi S; Apri Agus; Bafirman Bafirman
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.179 KB) | DOI: 10.31258/jope.2.1.34-39

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari latihan berjalan di atas balok kayu terhadap keseimbangan dinamis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian berjumlah 30 orang yang merupakan siswa dari Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak Kab. 50 Kota. Data tes diambil dengan tes keseimbangan menggunakan papan keseimbangan (balance board). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan analisis uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa latihan berjalan di atas balok kayu memberi pengaruh terhadap peningkatan keseimbangan dinamis siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sarilamak. Pengaruh ini sebesar 9,13, yaitu dari skor rata-rata 18,47 pada pre test  menjadi 27,60 pada post test. The Effect of Walking on Wooden Beams Exercise to Increase  Dynamic BalanceAbstrakThe purpose of this study was to determine the effect of walking on wood beams exercise on dynamic balance of elementary school students 02 Sarilamak. This research is a quasi-experiment with 30  population and sampling. Data test taken with the balance board test. The data analysis technique used to test the hypothesis is the analysis of the t test at significance level of 5%. The results showing that : walking on wood beams exercise give an effect to the dynamic balance of  elementary school students 02 Sarilamak. This exercise was take effect to dynamic balance of 9.13, is from an average score of 18.47 at pre-test to post-test becomes 27.60. 
Kemampuan Soft Skills Guru Penjasorkes Kelompok Kerja Mts Jepara Tahun 2019 Lusiana Lusiana; Yudhi Purnama
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.331 KB) | DOI: 10.31258/jope.2.1.1-9

Abstract

Seorang Guru harus mempunyai kemampuan soft skills yang baik sebagai penunjang menjadi guru yang profesional. Kemampuan soft skills menjadi bagian dari kompetensi kepribadian dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan soft skills Guru Penjasorkes Kelompok Kerja MTs Jepara Tahun 2018. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan angket self-report. Populasi sebanyak 66 Guru Penjasorkes, sampel diambil dengan teknik accidental sampling yaitu ketika peneliti menjadi narasumber dalam workshop kurikulum 2013 Penjasorkes. Sebanyak 50 Guru Penjasorkes yang hadir dijadikan sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian diketahui bahwa aspek keterampilan berkomunikasi prosentae 80,30%, aspek keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah 80,65%, aspek kerja tim 79,08%, aspek keterampilan belajar manajemen informasi 81,30%, aspek kewirausahaan mendapatkan 76,60%, aspek etika dan moral 79,60% dan aspek keterampilan kepemimpinan 83,73%. Disimpulkan bahwa kemampuan soft skills guru penjasorkes di KKMTs Kabupaten Jepara Tahun 2019 masuk dalam kategori baik sekali dengan prosentase rata-rata sebesar 80,18% Skills of Penjasorkes Teacher Soft Skills Jepara MTS Working Group of 2018                                                                                                        AbstractA teacher must have a good soft skill to be a professional teacher. Soft skills ability to became part of the personality and social competence. This research purpose is to knowing the soft skill ability of education and healthy teachers in the workgrup at MTS Jepara 2018 year. The research method used suvey with descriptive cuantitave approach. The result of the data got from the questionnaire self-report. The population in this reseach is 66 peoples, and the sample used accident sampling technique,the accident sampling technique is The researcher being facilitator in the 2013 curicculum workshop to education sport and healthty teachers, with sample is 50 peoples, they are participants who attended the workshop event. The data analysis used analysis technique of quantitative descriptive percentage. The result research from communication skills aspect is 80,30%, critical thingking and problems solving skills aspect is 80,65%, management learning skills aspect is 81,30%, entrepreneurship aspect is 76,60 %, ethnicals and moral aspect is 79,60% and the leadership aspect is 83,73%. The summary is the soft skill ability at physical education sport and healty teachers in KKMTs Jepara Region, they are showing level “very Good” category value 80,81%.
Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional Septian Raibowo; Yahya Eko Nopiyanto; Muhammad Khairul Muna
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.784 KB) | DOI: 10.31258/jope.2.1.10-15

Abstract

Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya Proses tersebut Disekolah tidak hanya belajar tapi yang paling terpenting adalah pendidikan. Karna pendidikan yang akan membentuk watak seseorang pengetahuan akan memperlancar prosesnya Salah satu pembelajaran dan pendidikan karakter di Sekolah adalah pendidikan jasmani. Pendidikan Jasmani adalah aktivitas psikomotorik yang dilaksanakan atas dasar pengetahuan (kognitif), dan pada saat melaksanakannya akan terjadi perilaku pribadi yang baik (afektif). Untuk mencapai semua itu dibutuhkan guru yang berkompetensi. Salah satu kompetensinya adalah kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Teknik pengumpulan data terdiri atas (1) Observasi, (2) wawancara/Interview, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan kegiatan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru PJOK tentang kompetensi profesional sangat beragam, diantaranya (1) Guru harus menguasai materi, membuat inovasi dalam pembelajaran dan memaksimalkan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran, (2) Guru harus menghindari prilaku tindakan indisipliner, seperti datang tepat waktu, mengutamakan kepentingan tugas yang sudah dibebankan diatas kepentingan pribadi, (3) Guru harus “melek” teknologi dan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. PJOK Teachers' Understanding of Professional Competency Standards AbstractThe learning process occurs because of the interaction between a person and his environment. The process is not only learning but also the most important thing is education. Education will shape a person's character. One of the character education in schools is physical education. Physical Education is a psychomotor activity that is carried out on the basis of knowledge (cognitive), and at the time of implementing it will occur good personal behavior (affective). To achieve all of that, competent teachers are needed. One of the competencies is professional competence. This research uses a qualitative research approach. The main data sources in qualitative research are words, and actions, the rest are additional data such as documents and others. Data were collected using (1) observation, (2) interview (3) documentation. Qualitative data analyzed using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data display, and conclusion/ verification activities. The results showed that PJOK teachers' understanding of professional competence was very diverse, including (1) Teachers must take control the material, make innovations in learning and maximize facilities and infrastructure to support learning, (2) Teachers must avoid disciplinary action behaviors, such as arriving on time, give priority to the interests of tasks that have been charged above personal interests, (3) Teachers must "literate" technology and use it as a learning media. 
Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Mengikuti Implementasi Penugasan Dosen Sekolah Adi Sumarsono; Nyoman Widiantari; Etriana Meirista
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jope.2.1.16-23

Abstract

Proses perkuliahan dapat tercapai sesuai arahan kurikulum jika interaksi antara ilmu yang diberikan dan respon penerima dapat terjadi nyata secara linier. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar mahasiswa saat mengikuti perkuliahan pada program Penugasan dosen Sekolah (PDS) pada mata kuliah kepalatihan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek yang dilibatkan dari penelitian ini sebanyak dua kelas yang terdiri dari masing-masing kelas sebanyak 32 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala belajar, wawancara dan dokumentasi. Aspek yang hendak diukur dalam penelitian ini meliputi tiga aspek yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini adalah terdapat kecenderugan gaya belajar mahasiswa di jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dalam mengikuti perkuliahan Implementasi PDS. Adapun hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa gaya belajar visual sebesar 38,30%, sedangkan gaya belajar auditori sebesar 53,55% dan juga gaya belajar kinestetik mahasiswa sebesar 96,30%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pada jurusan PJKR UNMUS lebih cenderung suka dan mudah dalam memahami jika materi yang disampaikan dalm bentuk di keterampilan yang langsung dipraktekkan dari pada menggunakan gaya belajar yang mempunyai kecenderungan selain kinestetik.  Tendency of  Student Learning Styles in Attending the Implementation of School Lecturer Assignments AbstractThe lecture process can be achieved according to curriculum direction if the interaction between the given knowledge and the recipient's response can occur linearly. The purpose of this study is to describe the tendency of student learning styles when attending lectures in the School Lecturer Assignment (PDS) program in basic course subjects. The method used in this research is quantitative descriptive. Subjects involved in this study were as many as two classes consisting of each class of 32 students. The instruments used in this study were study scale questionnaires, interviews and documentation. The aspects to be measured in this study include three aspects namely, visual learning style, auditory learning style and kinesthetic learning style. The results of this study are there are trends in student learning styles in the physical health and recreation education majors in attending PDS Implementation lectures. The results of this study can be explained that the visual learning style is 38.30%, while the auditory learning style is 53.55% and also the kinesthetic learning style is 96.30%. From the results of this study it can be concluded that students in the UNMUS PJKR majors are more likely to like and easily understand if the material delivered preformance in the form of skills that are directly practiced rather than using learning styles that have trends other than kinesthetic.  
Tinjauan Kemampuan Keterampilan Teknik Dasar Bola Voli pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli Sman 1 Bunut Rola Angga Lardika; Salam Salam
Journal Of Sport Education (JOPE) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.157 KB) | DOI: 10.31258/jope.2.1.24-33

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang tinjauan kemampuan keterampilan teknik dasar bola voli pada siswa ekstrakurikuler bola voli SMAN 1 Bunut. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskripitif. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling (sampel jenuh), dimana seluruh populasi yang dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan penentuan sampel di atas maka didapat sampel sebanyak 20 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Bola Voli SMAN 1 Bunut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab terdahulu dapat dikemukakan kesimpulan bahwa : Tingkat kemampuan passing bawah yang dominan dimiliki siswa ekstrakurikuler Bolavoli di Sekolah SMAN 1 Bunut Kabupaten Pelalawan adalah 1,7-80,5tergolong baik. (36,36%), Tingkat kemampuan passing atas yang dominan dimiliki siswa ekstrakurikuler Bolavoli di Sekolah SMAN 1 Bunut Kabupaten Pelalawan adalah 48,7-56,5  tergolong kategori baik (40,90%), Tingkat kemampuan servis yang dominan dimiliki siswa ekstrakurikuler Bolavoli di Sekolah SMAN 1 Bunut Kabupaten Pelalawan adalah 13,3-1452 tergolong kategori kurang  (31,80%), Tingkat kemampuan smash  yang dominan dimiliki siswa ekstrakurikuler Bolavoli di Sekolah SMAN 1 Bunut Kabupaten Pelalawan adalah 13,9-15,7  tergolong kategori kurang (36,36%). Descriptive of Volleyball Basic Skills on Volleyball Extracurricular Students SMAN 1 Bunut AbstractThe purpose of this study was to reveal a review of the ability of volleyball basic technical skills in volleyball extracurricular students at SMAN 1 Bunut. This research belongs to descriptive research. This study uses a total sampling technique (saturated sample), in which the entire population is sampled. Based on the determination of the sample above, 20 samples were obtained from students who joined the Volleyball extracurricular at SMAN 1 Bunut. Based on the results of the research described in the previous chapter, it can be concluded that: The dominant level of under-passing ability possessed by Bolavoli extracurricular students at SMAN 1 Bunut School in Pelalawan Regency is 1.7-80.5, which is classified as good. (36.36%), the level of passing ability over the dominant extracurricular students possessed at Bolavoli SMAN 1 Bunut Pelalawan Regency was 48.7-56.5 classified as good category (40.90%), the level of service ability dominantly possessed by extracurricular students The volleyball at SMAN 1 Bunut in Pelalawan Regency is 13.3-1452 classified as less (31.80%), the dominant level of smash ability possessed by extracurricular students Bolavoli at SMAN 1 Bunut Pelalawan Regency is 13.9-15.7 classified as a category less (36.36%).  

Page 1 of 1 | Total Record : 5