cover
Contact Name
Jayanti Putri Purwaningrum
Contact Email
jayanti.putri@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
anargya@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 26154196     EISSN : 26154072     DOI : -
Core Subject : Education,
“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are peer-reviewed by at least two referees. “Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is managed to be issued twice in every volume. The scope of “Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika”.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019)" : 20 Documents clear
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika tentang KPK dengan Model Pembelajaran Card Sort Berbantu Media Kartu Bilangan Sutopo, Sutopo
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.469 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika tentang KPK dengan model pembelajaran card sort berbantu media kartu bilangan bagi siswa kelas V SD 1 Payaman, Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah siswa kelas V SD 1 Payaman, Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari laki-laki 9 dan perempuan 18. Penelitian terdiri dari dua siklu, dan masing-masing dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan tes dan paduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan berrdasarkan serangkaian tindakan pada siklus I dan siklus II dengan penerapan model pembelajaran card sort berbantu media kartu bilangan dapat meningkatkan: (1) Aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat 12 poin dari kondisi awal 65 dankondisi akhir 77; (2) Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan rata-rata siswa meningkat 16 poin, dari kondisi awal 65 dan kondisi akhir mencapai 81.
Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Suprapto, Edy; Apriandi, Davi; Pamungkas, Inayah Putri
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.91 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.4089

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Book interaktif berbasis animasi bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK YP 17-1 Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadopsi dari model pengembangan 4D dan dilaksanakan sampai pada tahap ketiga, yaitu define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah lembar validasi media, angket respon dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji coba media di lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Media yang dikembangkan sangat valid (baik) dengan hasil rata-rata angket validasi media oleh pakar sebesar 97,92%. 2) Media Pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis, dengan mendapatkan respon yang sangat baik dimana rata-rata angket sebesar 92,12% yang memberikan respon positif, 3) Media E-Book interaktif yang dikembangkan cukup efektif, dimana ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 87,19%. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa media EBook interaktif berbasis animasi yang dikembangakan sangat layak untuk digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran di kelas
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Angka Winarni, Tri
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.461 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3944

Abstract

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bilangan melalui penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu angka. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas I SD 4 Karangmalang, Gebog, Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 13 terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu angka. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar matematika tentang bilangan meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu angka. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 9,81, dari kondisi awal 69,81 menjadi 79,62 pada kondisi akhir; (2) Hasil belajar matematika tentang bilangan meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match  berbantuan media kartu angka. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17,68 dari kondisi awal 65,38 menjadi 83,08 pada kondisi akhir
Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA Sari, Indah Puspita
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.945 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.4135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Problem-Based Learning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat sedangkan sampel dipilih dua kelas XI SMAN di Ngamprah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian yang terdiri dari lima butir soal dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematik. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik (uji-t). Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajaranya menggunakan pendekatan ProblemBased Learning lebih baik daripada siswa SMA yang menggunakan pembelajaran biasa, dengan kategori untuk kemampuan berpikir kreatif sedang. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajaranya menggunakan pendekatan Problem-Based Learning lebih baik daripada siswa SMA yang menggunakan pembelajaran biasa, dengan kategori untuk kemampuan berpikir kreatif sedang.
Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kupang Zulfikar, Ryan Nizar; Tamrin, Muhammad
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.788 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3887

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: menganalisis pengembangan modul matematika dengan pendekatan metakognitif untuk memfasilitasi kemandirian belajar siswa SMK Muhammadiyah Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Lokasi yang menjadi objek penelitian adalah SMK Muhammadiyah Kupang. Subyek yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMK Muhammadiyah Kupang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis validasi dari data kuantitatif yang berasal dari lembar penilaian (validasi) dari ahli media berupa skor rata-rata kemudian diubah menjadi skala kualitatif. Hasil validasi penilaian media dan materi pada ?modul matematika dengan pendekatan metakognitif? dikatakan sangat valid dengan rata-rata 3,4. Dengan demikian bahan ajar ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil pengembangan modul dengan pendekatan metakognitif dapat juga dilihat dari repon siswa yaitu angket respon siswa menyebutkan bahwa didapat rata-rata 3,58 dan dapat dikategorikan mendapat respon sangat baik dari siswa. Berdasarkan kriteria keberhasilan modul dilihat dari rata-rata banyaknya siswa yang responnya sangat baik maka, media modul matematika dengan pendekatan metakognitif dapat dikatakan berhasil.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining bagi Siswa Kelas VI Yatimah, Yatimah
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.242 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3943

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi KPK melalui dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017dengan jumlah siswa 14 terdiri dari 5 siswa putra dan 9 siswa putri. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: (1) aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 13, dari kondisi awal 65 menjadi 78 pada kondisi akhir; (2) hasil belajar siswa meningkat sebesar 19, dari kondisi awal 61 menjadi 80 pada kondisi akhir.
Pemanfaatan Software Matematika dalam Perhitungan Jawa: Sebuah Perspektif Matematika Budaya Sulistyawati, Eka
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (20.096 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3789

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan aktifitas menghitung dan mendeskripsikan perhitungan yang dilakukan oleh masyarakat jawa berbantuan software microsoft excel dan microsoft mathematics. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Permasalahan yang diteliti adalah berkaitan dengan sistem perhitungan yang digunakan oleh masyarakat jawa yang diperoleh melalui kegiatan eksplorasi dan observasi yang kemudian menjadi bahan pengembangan peneliti untuk melakukan studi literatur untuk menentukan keterkaitan sistem perhitungan jawa dengan sistem bilangan basis serta pemanfaatan software untuk mempercepat proses perhitungannya. Beberapa tradisi yang berkaitan dengan aktifitas berhitung adalah perayaan 5 hari dan 35 hari kelahiran bayi, peringatan 7 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari meninggalnya seseorang. Perhitungan penentuan waktu peringatan kelahiran dan kematian itu menggunakan rumus sederhana yaitu ?nortu sartu?, ?nomosarmo?, ?norosarmo?, ?nonemsarmo?, dll yang melibatkan pasaran yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing, melibatkan 7 hari, serta melibatkan nama Wuku. Dipandang dari perspektif matematika, perhitungan jawa menerapkan proses konversi bilangan dari basis yang satu ke basis lainnya. Dengan menggunakan bantuan sofware matematika seperti microsoft excel dan microsoft mathematics konversi basis bilangan dapat dilakukan sehingga dapat dengan mudah menentukan hari, pasaran, dan wuku atas perayaan peringatan kematian dan kelahiran. Microsoft excel menyediakan proses konversi bilangan dengan cepat untuk basis bilangan khusus yakni biner, oktal, dan heksadesimal. Sedangkan software microsoft mathematics menyediakan proses konversi yang berulang untuk semua bilangan basis 2 hingga basis 36.
Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar Armiyanti, Armiyanti
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.433 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3904

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada pembelajaran matematika realistic (PMR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD 4 Karangmalang, Gebog, Kudus Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa terdiri. Prosedur penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. PTK dilakukan melalui 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan angket. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara aktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional; (2) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. 
Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Script sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD 4 Karangmalang Rosiah, Siti
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.688 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3949

Abstract

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tema Pengalamanku dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Suprihartini, Suprihartini
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.954 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v2i2.3946

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk aktivitas dan hasil belajar matematika tema pengalamanku dengan model pembelajaran course review horay bagi siswa kelas I SD 3 Tenggeles semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas I SD 3 Tenggeles semester I Tahun Pelajaran 2017/2018dengan jumlah siswa 15 terdiri dari 7 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran course review horay. Hasil penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tema pengalamanku bagi siswa kelas I SD 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Sebagai indikasinya: (1) Aktivitas belajar matematika tema pengalamanku terus meningkat pada tiap siklus. Kondisi awal aktivitas belajar 69, siklus I meningkat menjadi 74 dan siklus II mencapai 78. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 9; (2) Hasil belajar matematika tema pengalamanku terus meningkat pada tiap siklus. Kondisi awal hasil belajar 69, siklus I meningkat menjadi 72 dan siklus II mencapai 88. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 20.

Page 1 of 2 | Total Record : 20