cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 16931475     EISSN : 25499777     DOI : doi.org/10.24114/jik
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2014)" : 8 Documents clear
MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GERAKAN SENAM JANTUNG SEHAT SERI III PADA SISWA PUTERI KELAS XII SMA BUKIT CAHAYA HUTA MANIK TAHUN AJARAN 2012/2013 Hervina Novanda Sihombing; Zulfan Heri
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6083

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel 30 orang, yang diperoleh dengan teknik total sampling. Selanjutnya di bagi menjadi dua kelompok melalui teknik maching by pairing yaitu kelompok media Audiovisual dan kelompok media Visual. Dalam pengujian hipotesis dinyatakan bahwa jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Haditerima. Ternyata dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel atau 34 > 1,76, sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar teknologis melalui media Audiovisual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013. Dalam pengujian hipotesis kedua hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel atau 6,80 > 1,76, sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar teknologis melalui media Visual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III pada siswa putri kelas XII SMA Bukit Cahaya Huta Manik Tahun Ajaran 2012/2013. Dalam pengujian hipotesis dinyatakan bahwa thitung < ttabel atau – 0,04 < 1,70, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa kelompok gaya mengajar teknologis melalui media Audiovisual lebih besar pengaruhnya di bandingkan dengan media visual terhadap hasil belajar Gerakan Senam Jantung Sehat Seri III.
HASIL BELAJAR JURUS TUNGGAL CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT Ni Luh Putu Spyanawati
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6076

Abstract

Pembelajaran Pencak Silat yang disajikan pelatih pada kegiatan ekstra-kulikuler di SMP Negeri I Susut kurang efektif. Hal ini karena pelatih kurang memperhatikan kemampuan siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan membandingkan dua gaya mengajar dalam pembelajaran Pencak Silat melalui tes hasil belajar jurus tunggal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Untuk menganalisa data digunakan uji Anava Dua Jalur. Jika terdapat perbedaan yang signifikan maka dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Adapun hasil yang didapat: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan gaya mastery learning paling tinggi, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan gaya mengajar mastery learning sama dengan gaya inklusi pada siswa dengan daya tahan cardiovascular rendah,(3) Hasil belajar siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular tinggi, lebih tinggi daripada siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular rendah pada siswa yang diajar dengan gaya mastery learning, (4) hasil belajar siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular tinggi, sama dengan hasil belajar pada siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular rendah pada gaya mengajar inklusi, dan (5) terdapat interaksi antara gaya pembelajaran dan daya tahan cardiovascular terhadap hasil belajar pencak silat.
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DECLINE PUSH-UP DENGAN LATIHAN STALL BARS HOPS TERHADAP POWER OTOT LENGAN DAN KECEPATAN PUKULAN GYAKU TSUKI CHUDAN PADA ATLET PUTRA KARATEKA WADOKAI DOJO UNIMED TAHUN 2013 Pangondian Hotliber Purba
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Latihan Decline Push Up dan Latihan Stall Bars Hops Terhadap Peningkatan Power Otot Lengan dan Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi seluruh atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013 yang berjumlah 26 orang. Sampel berjumlah 8 orang diperoleh berdasarkan purposive sample (sampel tujuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latihan Decline Push up berpengaruh secara signifikan terhadap power otot lengan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013 (2) latihan stall bars hops berpengaruh secara signifikan terhadap power otot lengan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013, (3) latihan decline push up tidak lebih baik dari latihan stall bars hops terhadap power otot lengan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013 (4) latihan decline push up berpengaruh secara signifikan terhadap hasil kecepatan pukulan gyaku tsuki chudan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013 (5) latihan stall bars hops tidak berpengaruh secara signifikan terhadap power otot lengan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013 (6) latihan decline push tidak lebih baik dari latihan stall bars hops terhadap hasil Pukulan Gyaku Tsuki Chudan pada atlet karateka putra Dojo Unimed tahun 2013.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI 100 METER MELALUI PENDEKATAN BERMAIN Harry Fareira; Mulyadi Mulyadi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6080

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarlari 100 meter melaluipendekatanbermainpadasiswakelas X IPB SMA Negeri 1 DolokBatuNanggarTahunAjaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitati fdengan jenis penelitian tindakan kelas.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Test Hasil Belajar pada test awal, kemudian dilakukan pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Bermain dan dilanjutakan dengan pelaksanaan test Hasil Belajar yang berbentuk aplikasi teknik dasa rlari 100 meter. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari test hasil belajar sebelum menggunakan penerapan pendekatan bermain (pre test), diperoleh 14 siswa (38%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (62%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 62,64. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan bermain. (2) dari test hasil belajar melalui penerapan pendekatan bermain diperoleh 27 siswa (75%) yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan 9 siswa (25%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata rata 73.33. Kemudian dilakukan kembali penerapan pendekatan bermain yang divariasikan. (3) dari test hasilbelajar IIdiperoleh 32 siswa (89%) mencapai ketuntasan sedangkan 4 siswa (11%) belum mencapai ketuntasan, berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapa tmeningkatakan hasil belajarlari 100 meter siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar TahanAjaran 2013-2014.
PENGARUH GAYA MENGAJAR, RENANG GAYA BEBAS DAN KELENTUKAN TERHADAP RENANG GAYA KUPU-KUPU Suprayitno Suprayitno
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6078

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang perbedaan gaya mengajar, keterampilan renang gaya bebas dan kelentukan terhadap keterampilan renang gaya kupu-kupu. Metode eksperimen dengan desain Faktorial 2 x 2 x 2 dan uji lanjut dengan uji tuckey. Hasil penelitian; 1) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dan resiprokal, 2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar, keterampilan renang gaya bebas dan kelentukan, 3) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dan resiprokal bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan renang gaya bebas tinggi dan kelentukan tinggi, 4) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dan resiprokal bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan renang gaya bebas rendah dan kelentukan tinggi, 5) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dan resiprokal bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan renang gaya bebas tinggi dan kelentukan rendah, 6) Tidak terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dan resiprokal bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan renang gaya bebas rendah dan kelentukan rendah.
KOMPETENSI PELATIH EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET TINGKAT SMP DALAM KEJUARAAN INLABS 2013 Imam Sulaiman
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6081

Abstract

Kompetensi Pelatih Ekstrakurikuler Bola Basket Tingkat SMP Dalam Kejuaraan Inlabs 2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi pelatih ekstrakurikuler bola basket tingkat SMP pada kejuaraan INLABS 2013, dilihat dari 8 (delapan) kompetensi yang dijelaskan. Metode penelitian ini termasuk metode deskriptif dengan teknik pengambilan data observasi/survey. Tehnik survey ini menggunakan metode penyebaran angket sebagai instrumen penelitian dalam pengumpulan hasil data dari kompetensi pelatih ekstrakurikuler bola basket ditinjau dari kedelapan kompetensi pelatih. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pelatih ekstrakurikuler bola basket pada kejuaraan INLABS 2013 terdapat 13 (tiga belas) atau 81,25% orang kategori yang baik  dan 3 (tiga) atau 18,75% orang berkategori cukup.
Profil Kondisi Fisik Atletik Hoki Tim Putra Sumut Persiapan Kejurnas Hoki Antar Pengda Se-Indonesia 2005. Zen Fadli
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang Profil Kondisi Fisik Atlet Hoki Tim Putra Sumut Persiapan Kejurna Hoki Antar Pengda Se-Indonesia 2005. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran, dengan jumlah sampel 16 orang yaitu Atlet Hoki Tim Putra Sumut Persiapan Kejurna Hoki Antar Pengda Se-Indonesia 2005. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: untuk unsur kondisi fisik kecepatan rata-rata 3,33 berada pada kategori sedang, untuk kondisi fisik power rata-rata 3,33 berada pada kategori sedang, untuk kondisi fisik daya tahan otot perut rata-rata 3,53 berada pada kategori sedang untuk kondisi fisik kekuatan otot lengan dan bahu rata-rata 3,73 berada pada kategori sedang, untuk kodisi fisik daya tahan anaerobic rata-rata 3,73 berada pada kategori sedang, untuk kondisi fisik kelincahan rata-rata 3,66 pada kategori sedang, untuk kondisi fisik kelentukan rata-rata 4,26 berada pada kategori baik, untk kondisi fisik daya tahan umum (VO2 Max ) rata-rata 3,73 berada pada kategori sedang. Dari hasil data diatas, secara umum kondisi fisik Atlet Hoki Tim Putra Sumut Persiapan Kejurna Hoki Antar Pengda Se-Indonesia 2005 berada pada kategori sedang.
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PEMBERIAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA MAHASISWA JURUSAN PKO REG. B ANGKATAN 2010 FIK-UNIMED 2012 Amansyah Amansyah; Bessy Sitorus Pane; Raswin Raswin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v13i1.6082

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk memperbaki proses pembelajaran mata kuliah bola voli dalam materi passing bawah bolavoli di Jurusan PKO Fik Unimed. Perbaikan pembelajaran melalui pemberian gaya mengajar inklusi, dengan metode penelitian tindakan kelas.  Hal ini dilakukan karena metode mengajar yang diberikan dosen tidak bervariasi sehingga tidak dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah mahamahasiswa  PKO regular B   Angkatan 2010 FIK UNIMED . Peneliti bekerja sama dengan dosen dan kolaborator untuk melihat  dampak gaya mengajar inklus . Penelitian ini direncanakan  menggunakan 2 siklus. Siklus pertama dimulai dengan obesevasi, pemberian tindakan dan refleksi. Kemudian dilanjutkan pada siklus kedua untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus ke dua. Populasi target dalam penelitian ini adalah mahasiswa  PKO reguler B  Angkatan 2010 yang keseluruhan  terdiri dari  40  orang  mahasiswa. Teknik pemilihan sampel yang dilakukan peneliti adalah  cluster random sampling. Dimana kelompok yang akan dijadikan subjek penelitian   telah terbentuk  sebelumnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8