cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 16931475     EISSN : 25499777     DOI : doi.org/10.24114/jik
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN" : 8 Documents clear
PENGARUH LATIHAN CURLS DUMBLE TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SMAN 6 KENDARI Abdul Saman
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8309

Abstract

Pengaruh Latihan Curls Dumble terhadap Kemampuan Smash pada Permainan Bola Voli Siswa SMAN 6 KendariPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas XI yang berjumlah 135 orang dan selanjutnya dilakukan seleksi berdasarkan variabel kendali dan diperoleh sampel berjumlah 40 orang siswa. Sesuai dengan rancangan  dalam penelitian ini sampel kemudian dibagi mejadi dua kelompok dengan menggunakan teknik ordinal pairing yakni 20 orang kelompok eksperimen dan 20 orang kelompok kontrol. Pelaksanaan program latihan curls dumble hanya kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan latihan sedangkan kelompok kontrol hanya digunakan sebagai pembanding, Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes smashyang diukur menggunakan satuan nilai 1 sampai 5. Hasil analisis data menggunakan uji t- diperoleh hasil t hitung11,02 > ttabel (19:0,05) = 2,023 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan curls dumble terhadap kemampuan smashpada permainan bola voli siswa SMAN 6 Kendari.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR DAN TANGKAP BOLA PERMAINAN ROUNDERS MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BERANGKAI 4 POS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 081238 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2014/2015 Rosmaida nainggolan
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar lempar dan tangkap bola permainan rounders pada siswa kelas VI SD Negeri 081238 Sibolga sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran melalui modifikasi permainan berangkai 4 pos. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 081238 Sibolga tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel yang diambil adalah satu kelas dan diajarkan dengan pembelajaran melalui modifikasi permainan berangkai 4 pos. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dari hasil analisis data siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 5 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 25%. Pada pelaksanaan siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 18 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lempar dan tangkap bola permainan rounders melalui modifikasi permainan berangkai 4 pos pada siswa kelas VI SD Negeri 081238 Sibolga.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 5 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Sayekti Sayekti
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola kelas VII-3 SMP Negeri 5 Sibolga sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan permainan shooting colour.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sibolga tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel yang diambil adalah satu kelas dan diajarkan dengan pendekatan permainan shooting colour. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.Dari hasil analisis data siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 21 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 61,76%. Pada pelaksanaan siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 26 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 76,47%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran sepak bola siswa dengan menggunakan pendekatan permainan shooting colour di kelas VII SMP Negeri 5 Sibolga.
KAJIAN INDEKS KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK DI DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA Hasan Jumareng; Muhammad Rusli
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kesegaran jasmani peserta didik di Provinsi Sulawesi Tenggara. Lokasi penelitian adalah: kabupaten/kota yaitu Kabupaten Muna, Kabupaten Kolaka dan Kota Kendari. Sebagai variabel independen adalah peserta didik sedangkan variabel dependen adalah indeks kesegaran jasmani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: indeks kesegaran jasmani Kabupaten Muna 0.350 (kategory sedang), Kabupaten Kolaka 0.288 (kategori rendah), dan Kota Kendari 0.287 (kategori rendah). Sedangkan indeks kesegaran jasmani peserta didik di Sulawesi Tenggara adalah sebesar 0.308 merupakan akumulasi rata-rata indeks kesegaran jasmani Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara. Sebagai perbandingan, maka dikemukakan indeks kesegaran jasmani nasional; tahun 2004 sebesar 0.540 (kategori sedang), tahun 2005 sebesar 0.352 (kategori rendah), tahun 2006 sebesar 0.335 (kategori rendah). Acuan penentuan besaran indeks menggunakan norma indeks kesegaran jasmani nasional; 0.800-1.000= tinggi, 0.500-0.799= sedang, 0.000-0.499= rendah. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi yang perlu dilakukan adalah (1) meningkatkan indeks kesegaran jasmani peserta didk secara terencana dan terprogram, (2) meningkatkan kesegaran jasmani dengan meperioritaskan perbaikan proses pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang mendukung peningkatan kesegaran jasmani peserta didik.
Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FIK UNIMED Saipul Ambri; Suryadi Damanik; Asep Suharta; Muhammad Irfan
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8318

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan yang mengambil mata kuliah Kepramukaan angkatan 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan 2014 PJKR FIK Unimed yang mengambil mata kuliah kepramukaan. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan  wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji-t. Terdapat pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap kedisiplinan mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, hal ini dapat dilihat dari peningkatan aspek hadir tepat waktu, mengikuti prosedur kegiatan pendidikan, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan mematuhi peraturan kampus setelah mendapatkan matakuliah kepramukaan.
PENGARUH PEMULIHAN LATIHAN AKTIF TERHADAP PEMULIHAN DENYUT NADI ISTIRAHAT SETELAH MELAKUKAN LATIHAN MAKSIMAL PADA TIM FUTSAL FIK UNIMED Puji Ratno; Zulfachri Zulfachri; Rosmaini Hasibuan; Ardi Nusri
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8314

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemulihan latihan aktif terhadap denyut nadi istirahat setelah melakukan latihan Maksimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen tentang  pengaruh pemulihan latihan aktif (berjalan). Sampel berjumlah  30 orang yang diambil dengan cara total sampling. Untuk mengetahui pengaruhnya digunakan statistik dengan uji–t. Dari hasil analisis data dengan uji t menunjukan bahwa  pemulihan aktif dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pemulihan denyut nadi istirahat pada tim Futsal FIK Unimed (thitung = 10,69 > ttabel 1,76). Penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pemulihan latihan aktif (berjalan) memberi pengaruh yang signifikan terhadap pemulihan denyut nadi istirahat pada Tim futsal FIK Unimed.
STUDI TENTANG KEMAMPUAN AEROBIK DAN ANAEROBIK SISWA SMP YANG BERDOMISILI DI KOTA, PEDESAAN DAN PEGUNUNGAN DI SULAWESI TENGGARA Saifu Saifu; Muhammad Rusli
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8315

Abstract

Kemampuan anaerobik menunjukkan kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas yaitu, pasokan energinya berasal dari proses metabolisme  aerobik. Tidak hanya daya tahan aerobik yang dibutuhkan untuk membawa banyak oksigen tapi juga jantung dan paru-paru, sehingga kemampuan sel untuk menggunakan oksigen lebih tinggi. Di sisi lain, untuk meningkatkan VO2 max lebih baik melakukan aerobik, alasannya adalah, ada beban yang meningkatkan kerja jantung dan paru-paru. Latar belakang penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan anaerobik dan aerobik antara SMP Negeri di daerah pesisir, daerah pegunungan dan daerah kota di Sulawesi Selatan. Semua aktivitas atau olah raga yang dilakukan oleh masyarakat, meski dalam iistirahat membutuhkan energi seperti energi anaerob atau energi aerobik. Karena tidak ada olahraga murni yang menggunakan energi anaerobik atau energi aerob murni sekalipun, tapi ada olahraga anaerobik yang dominan dan olahraga aerobik yang dominan.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH RENANG DASAR DI FIK UNIMED Zulfan heri; Nustan Hasibuan
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 16, No 2 (2017): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v16i2.8310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar mata kuliah praktek renang dasar berupa re-desain kurikulum  dalam bentuk Silabus dan SAP. Dengan produk ini diharapkan dapat memecahkan masalah minimnya sumber belajar mata kuliah renang dasar sebagai dasar dalam efisiensi dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan khususnya Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Implikasi  dari produk bahan ajar  tersebut akan mempermudah dosen dalam menjalankan proses belajar mengajar mata kuliah renang pada tiap semesternya yang disesuaikan dengan kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini menhasilkan produk bahan ajar dalam bentuk print out buku renang yang berisi silabus dan SAP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan mengembangkan bahan ajar yang didasarkan pada standar kompetensi melalui analisis kebutuhan pengguna. Hasil analisis ini mendasari re-desain kurikulum untuk menjadi dasar menyusun bahan ajar mata kuliah renang dasar yang berupa Silabus dan SAP.

Page 1 of 1 | Total Record : 8