cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 16931475     EISSN : 25499777     DOI : doi.org/10.24114/jik
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RENANG BERBASIS HUKUM SYARIAT ISLAM PADA SISWA-SISWI SMP NEGERI DI KOTA LANGSA Yoki Afriandy Rangkurti; Andi Nova
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15852

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran renang berbasis hukum syariat islam pada siswa-siswi SMP Negeri di Kota Langsa. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh data persepsi siswa tentang pembelajaran renang berbasis hukum syariah islam, khususnya pada materi pembelajaran renang. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini menggunakan pendekatan model penelitian dan pengembangan (Research & Development) dari Brog dan Gall. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah seluruh siswa dan siswi SMP Negeri di Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dari seluruh siswa di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 4 di Kota Langsa. Penelitian dilaksanakan di Kolam renang Virta tirta raya di Langsa. Tanggapan siswa tentang pengetahuan tentang pengajaran renang berbasis hukum syariat islam dengan persentase 84% siswa merespon sangat baik. Tanggapan siswa tentang persepsi siswa dan guru tentang pengajaran renang berbasis hukum syariat islam dengan persentase 85% siswa merespon sangat baik. Tanggapan siswa tentang pentingnya pengajaran renang berbasis hukum syariat islam bagi siswa di sekolah dengan persentase 84% siswa merespon sangat baik. Jadi secara keseluruhan dapat disimpukan tanggapan siswa sangat baik dengan persentase 84%.
PENGAMBANGAN ALAT PELONTAR BOLA TENIS LAPANGAN DAN HUBUNGANNYA DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI OLAHRAGA Palmizal Palmizal
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15848

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat bantu pelontar bola tenis lapangan yang dapat  membantu pelatih tenis lapangan dalam melatih atletnya..Denganhasilpenelitianinimakaakandisebarluaskansebagaibaktiakademisikepadamasyarakat.Alatinidapatdiperjualbelikansebagaiindustryolahragayangakandi PatenkansehinggadapatmenjadipemasukanbagiUniversitasJambi.Dengan melibatkan mahasiswa didalam penelitian inimaka dapatmenghasilkan lulusan Universitas Jambi yang kompetitif dalampengembanganInovasiteknologi.DenganhasilpenelitianiniditargetkanuntukdipatenkanberupaHKIdandipublikasikanpadajurnalNasionalmaupunInternasional.Jenispenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpenelitianpengembangan (research and development).Disebutpengembanganberbasispenelitian(research-baseddevelopment).Salahsatutahapandalam penelitianiniadalahdesainproduk.Dalam halinidesainprodukadalah pembuatan alat yang berupa rangka pelontar bola danmenyusunnya,semuarangkadankebutuhanyang dibutuhkandenganmelakukanvalidasi,revisi,ujicoba,hinggakeprodukakhir. AdapuntargetLuaranPenelitianiniadalah;ProdukberupaalatpelontarbolaTenis,hak KekayanIntelektualberupahakpatensertapubliksiIlmiahkedalam jurnalnasionalterakreditasi.
STUDENT ENGAGEMENT DALAM PENERAPAN E-LEARNINGPADA PEMBELAJARAN PSIKOLOGI OLAHRAGA DI PJKR FIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Doris Apriani Ritonga; Agung Sunarno; Chairul Azmi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15853

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan media e-learning dapat meningkatkan student engagement dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah mahasiswaJurusanPJKR,FIK Universitas Negeri Medanpada matakuliah Psikologi Olahraga.Variabel independen adalah pembelajaran e-learningmenggunakan aplikasi Edmodo. Variabel dependen adalah student engagement mahasiswa dalam belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pengukuran student engagement dengan dua kali pengukuran yaitu pretes dan post test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil pengujian data menunjukkan perbedaan tingkat student engagement hasil post tes kelompok kontrol dan eksperimen sebesar 1,19, memiliki nilai signifikansi sebesar 0,626 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan tingkat student engagement setelah dilakukan pembelajaran e-learning pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol adalah sama (setara) secara statistik. Hasil pengujian data masing-masing kelompok menunjukkan tingkat student engagement pada kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional mengalami penurunan tingkat student engagement dari 106,69 menjadi 105,75, turun 0,938  poin dari kondisi sebelum mendapatkan pembelajaran, dengan nilai signifikasi sebesar 0,652 > 0,05 sehingga disimpulkan tidak ada kenaikan tingkat student engagement sebelum dan sesudah pembelajaran. Tingkat student engagement pada kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran e-learning denganedmodomengalami peningkatan student engagement dari 104,00 menjadi 106,94, naik 2,934 poin dari kondisi sebelum mendapatkan pembelajarane-learning,dengan nilai signifikasi sebesar 0,008 < 0,05 sehingga disimpulkan ada kenaikan tingkat student engagementdari sebelum dan sesudah pembelajaran dengan e-learning Edmodo. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-learning mampu meningkatkan student engagement pada kelompok eksperimen yaitu kelas PJKR, FIK Universitas Negeri Medan.
PENGARUH LATIHAN TIGA GERAKAN PUSH UP TERHADAP KEMAMPUAN KEKUATAN ATLET PORWIL PANJAT TEBING SUM-SEL Bayu Hardiyono
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15844

Abstract

Penelitan  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh latihan tiga gerakan push up terhadap kemampuan kekuatan atlet PORWIL Panjat Tebing SUM-SEL. Metode  penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yaitu dengan menggunakan One-Group Pretest-Postest Design. kemudian dilakukan Pretest atau Posttest.  Populasi  pada  penelitian  ini  adalah  15  orang Atlet PORWIL Panjat Tebing SUM-SEL,  Teknik  penentuan sampel menggunakan total sampling  15 orang, Tes pada penelitian ini menggunakan tes kekuatan menggunakan alat Hand Dynamometer.  Uji  analisis pada penelitian ini   adalah  uji  beda  rata-rata dengan menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan  hasil perhitungan  uji  t diperoleh  nilai sig 0,002 <  0,05 dengan  thitung = 4,465 >ttabel = 2.145.  Jadi  Ha    menyatakan  terdapat perbedaan  kekuatan atlet PORWIL panjat tebing SUM-SEL pada saat pemusatan latihan atau PELATDA sebelum  dan  setelah  diberikan  latihan tiga gerakan Push Up diterima,  dengan  kata  lain  latihan tiga gerakan Push Up berpengaruh  terhadap  kemampuan kekuatan atlet PORWIL panjat tebing SUM-SEL sebelum  dan  setelah  diberikan latihan tiga gerakan Push Up  untuk  peningkatan kemampuan  kekuatan atlet  selama  12  minggu  dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu. Artinya, latihan tiga gerakan push up berpengaruh positif terhadap kemampuan kekuatan atlet PORWIL Panjat Tebing SUM-SEL dan  memberikan penikatan yang signifikan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Dewi Anggraini Hutabarat; Usman Nasution
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket melalui model problem based learning pada siswa kelas XI SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas XI yang terdiri dari 28 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan model problem based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses dribblimh  bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling  bola basket. Setelah siklus I  dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 18 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 64,28% dengan nilai rata-rata 7,42, dan terdapat 10 orang belum tuntas yaitu sebesar 35,72% . Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 24  siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata 8,95, dan terdapat 4 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 14,29%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMK Swasta Jambi  Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN Selvi Atesya Kesumawati; Saipul Ambri Damanik
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar melalui aktivitas bermain yang layak dan relevan bagi karakteristik anak tunagrahita ringan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi, (2) analisis hasil informasi, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil, (6) revisi, (7) uji coba skala besar, (8) revisi akhir, (9) pembuatan produk final, dan (10) diseminasi dan implementasi produk final. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang siswa dan 4 orang guru SDLB C Karya Ibu Palembang  pada kelompok kecil, 21 orang siswa dan 4 orang guru dari ketiga SDLB yang melayani anak tunagrahita di Kota Palembang pada kelompok besar.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) angket untuk 4 orang Ahli, (2) lembar kuesioner untuk Guru PJOK. Teknik analisa data menggunakan Content Validity Index (CVI) dan Conten Validity Ratio (CVR). Hasil uji CVR menunjukkan skor 0,6 yang berarti model permainan yang dikembangkan sesuai atau relevan serta memiliki validitas isi yang tinggi untuk pembelajaran gerak dasar bagi anak tunagrahita ringan
Pemanfaatan Video Game Virtual Tenis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Tenis Lapangan Mahasiswa Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Dian Pujianto; Ari Sutisyana; Arwin Arwin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15845

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan peran media video game virtual yenis lapangan dalam proses perkuliahan tenis lapangan materi servis. Metode penlitian yang digunakan adalah dengan penelitian tindakan.Penelitian dilaksankan dalam 2 siklus. Subeyk penelitian adalah mahasiswa semester V kelas A program studi pendidikan jasmani FKIP Universitas  Bengkulu. Teknik analisis data mengunakan teknik prosesntase dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Pada pra siklus menunjukkan 100% mahasiswa tidak mencapai KKM, siklus 1 ada 16,7 % telah lulus sesuai dengan KKM, dan di siklus 2 100 % mahasiswa telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik simpulan bahwa media video game virtual tenis dapat meningkatkan hasil belajar servis tenis lapangan pada mahasiswa semester V kelas A program studi pendidikan jasmani, FKIP, Universitas Bengkulu.
PENGARUH MODEL LATIHAN WEIGHT TRAINING DAN MOTIVASI LATIHANTERHADAP BODY FAT DAN BODY MASS INDEX (BMI) Hasanul Fitrah Alba; Mulyana Mulyana; Herman Subarjah
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15850

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model latihan yaitu Circuit Weight Training dan Super Set pada member yang memiliki tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap Body Fat dan Body Mss Index. Metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian ini  berjumlah 20 orang, 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random assignment pada member SOSI SPORT CLUB Kota Bandung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Karada Scan Body Composition dan Scale Motivation Sport II (SMS II). Analisis data menggunakan SPSS versi 21 dengan pengujian hipotesis melalui Two Way Anova. Hasil analisis dan perhitungan data mengungkapkan bahwa model latihan weight Training berpengaruh terhadap penurunan body fat, adanya interaksi antara model latihan dan tingkat motivasi latihan terhadap penurunan body fat, model latihan Circuit weight training lebih baik digunakan dibandingkan model latihan super set pada kelompok motivasi tinggi terhadap penurunan body fat dan kedua model latihan weight training berpengaruh sebanding atau sama terhadap penurunan body fat pada kelompok motivasi rendah.
PENGARUH AUDIOVISUAL TRAINING DAN IMAGERY TRAINING TERHADAP PERFORMA BERMAIN SEPAK BOLA Fahmi Hidayat; Herman Subarjah; Komarudin Komarudin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15846

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh audiovisual training dan imagery training  terhadap performa bermain sepak bola. Metode penelitian yang digunakan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan The Pretest-Post-Test Two Treatment Design. Populasi SSB Ranggajati Kabupaten Cirebon sebanyak 50 orang. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang. Instrument penelitian GPET (Game Performance Evaluation Tool).  Berdasarkan hasil uji paired sample test audiovisual terhadap performa bermain sepak bola menunjukan nilai Sig 0,000 < α 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh antara metode latihan audiovisual terhadap performa bermain sepak bola. Dan pengaruh imagery terhadap performa bermain sepak bola menunjukan nilai Sig 0,000 < α 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh metode latihan imagery terhadap performa bermain sepak bola. perbandingan audiovisual dengan imagery yang memiliki nilai Sig 0,000 < α 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan pengaruh antara audiovisual dengan imagery terhadap performa bermain sepak bola.
KONTRIBUSI POTENSI FISIK DAN STRUKTUR TUBUHTERHADAP PRESTASI ATLET DAYUNGPROVINSI SULAWESI TENGGARA 2019 Badaruddin Badaruddin; Muhammad Rusli
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 18, No 2 (2019): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v18i2.15851

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi potensi fisik terhadap prestasi atlet dayung provinsi Sulawesi Tenggara. (2) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi struktur tubuh terhadap prestasi atlet dayung provinsi Sulawesi Tenggara. (3) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi potensi fisik dan struktur tubuh secara bersama-sama terhadap prestasi atlet dayung provinsi Sulawesi Tenggara.Pada penelitian ini populasi sekaligus sampel yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari 39 orang atlet putra dan 11 orang atlet putri, teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi.               Hasil penelitian ini menunjukkan ada kontribusi potensi fisik 34,80% dan struktur tubuh 41,70% pada atlet putra, sedangkan potensi fisik 70,60% dan struktur tubuh 37,70% pada atlet putri. Kontribusi Potensi fisik dan struktur tubuh secara bersama-sama terhadap prestasi dayung sebesar 51,90% pada atlet putra dengan persamaan garis regresi data tersebut adalah Y = -19,816 + 0,410x1 + 0,338x2 dengan nilai F 6,619 dengan P (0,004) < α 0,05. Hal tersebut juga ditunjukkan ada kontribusi potensi fisik dan struktur tubuh  secara bersama-sama terhadap prestasi sebesar 89,20% pada atlet putri dengan persamaan garis regresi data tersebut adalah Y = -53,179 + 0,769x1 + 0,873x2 dengan nilai F 15,553 dengan P (0,002) < α 0,05.

Page 1 of 2 | Total Record : 11