cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
ISSN : 16931475     EISSN : 25499777     DOI : doi.org/10.24114/jik
Core Subject : Health, Education,
Jurnal ini di kelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal memuat tentang hasil penelitian dan hasil kajian teori dalam bidang Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN" : 17 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN FOREHANDDRIVEMAHASISWA Siregar, Samsuddin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar forehand drive tenis meja. Subjek penelitian adalahmahasiswa yangbelum terampil bermain tenis meja sebanyak 30 orang.Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desainRondomized Control Group Pretest-Posttest.Hasil analisis diketahui bahwa kelompok pembelajaran berbasis permainanmemperoleh nilai rata-rata 5,800 dengan nilaisig(2-tailed) 0.00<0.05.Kemudian kelompok pembelajaran teknik dasar forehand drive tenis meja dengan model konvensionaldiperolehrata-rata 4,967 dengan nilai sig (2-tailed) 0.00<0.05.Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diketahui bahwa kedua kelompok model pembelajaran sama-sama memiliki nilai yang signifikan.Namun bila dilihat dari perolehan nilai rata-rata, kedua kelompok memiliki perbedaan, dimana nilai rata-rata kelompok model pembelajaran berbasis permainan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok model pembelajaran konvensional.Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran berbasis permainanlebih efektif bagi mahasiswayang ingin belajar teknik dasar forehanddrive tenis meja.
PENGEMBANGAN MEDIA ALAT BANTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOOTING BOLA BASKET DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN (FIK) UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Ade Ros Riza; Ibrahim Sembiring; Zulpikar Ilham
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18461

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang merupakan suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau meyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian in imenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan desain pengembangan yang dipilih adala hmerujuk pada pengembangan yang dikemukakan oleh sugiono. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil keterampilan shooting bola basket, berdasarkan Pretest dan Posttest, diperoleh bahwa hasil keterampilan shooting bola basket pada Pretest yaitu skor terendah 4 dans kortertinggi 11. Sedangkan pada Posttest, hasil kemampuan shooting bola basket diperoleh skor terendah 6 dan skor tertinggi 12. Skor rata-rata dan simpangan baku pada Pretest berturut-turut sebesar 6,71dan 1,91, sedangkan pada Posttest sebesar 9,46 dan 1,60. Perbandingan Efektifitas Model Pembelajaran setiap indicator penilaian pembelajaran model baru (sesudah menggunakan alat bantu drill shooting) lebih efektif dari pembelajaran model lama (sebelum menggunakan alat bantu drill shooting). Rata-rata efektifitas pada indikatr persiapan pada pembelajaran model lama 60% dan pembelajaran model baru 85,71%. Rata-rata efektifitas pada indicator pelaksanaan pada pembelajaran model lama 50% dan pembelajaran model baru 70%. Rata-rata efektifitas pada indicator lanjutan pada pembelajaran model lama 57,86% dan pembelajaran model baru 80,71%. Total hasil belajar (rata-rata darikeseluruhan indikator) yang diperoleh pun mengalami peningkatan dari 55,59% menjadi 78,81%. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran model baru (setelah menggunakan alat bantu drill shooting) lebih efektif dar ipembelajaran model lama (sebelum menggunakan alat bantu drill shooting).
PENGARUH PENERAPAN PSYCHOMOTORIC THERAPYTERHADAP PERILAKU SELF INJURED UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK AUTISME Mitta Pratama; Herman Subarjah; Bambang Abduljabar
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18451

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan psychomotoric therapy terhadap perilaku self injured untuk meningkatkan kepercayaan diri anak autisme yang diterapkan pada anak autisme di SLB YPLAB Lembang. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Single Subject Research (SSR) yang dilakukan pada 1 anak autisme. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepercayaan diri yaitu tes kepercayaan diri dengan menggunakan treatment psychomotor therapy. Pengolahan dan analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan teknik analisis Uji Bartlett. Hasilnya penerapan psychomotor therapy berpengaruh terhadap unsur-unsur kepercayaan diri anak autisme pada taraf nyata α = 0,05. Terdapat varians yang berbeda diantara awal perlakuan Baseline 1 (A-1) dan akhir perlakuan Baseline 2 (A-2). Memberikan dampak pada pengurangan perilaku self injured melalui peningkatan kepercayaan diri.
IMPELEMENTASI SPORT EDUCATION MODEL DAN FAIR PLAY GAME TERHADAP SOCIAL SKILL SISWA DAN KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA Wahyudi Ahmad Yuniyar; Nurlan Kusmaedi; Tite Juliantine
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18456

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani memiliki berbagai pelajaran yang dapat diaplikasikan dengan baik kepada siswanya, pengaplikasian sering kali terhambat karena rencana serta model yang digunakan tidak sesuai dalam pembelajaran, sehingga keterampilan sosial serta keterampilan bermain tenis meja tidak ada perubahan ke arah lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengtahui adanya peningkatan atau tidak dengan menggunakan sport education model dan fair play game terhadap keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain tenis meja pada siswa kelas 8 sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dengan menggunakan eksperimen, desain the randomized pretest-posttest control group dsesign. Instrumen yang digunakan adalah instrument validitas sosial, tes keterampilan bermain tenis meja. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kelompok eksperimen dengan menggunakan Sport Education Model dan fair play game untuk keterampilan sosial siswa sebesar 60% dan keterampilan bermain tenis meja sebesar 43%, sebaliknya kelompok kontrol yang menggunakan Sport Education Model dengan  pendekatan tradisional untuk ketrampilan sosial siswa adanya peningkatan sebesar 10% sedangkan untuk keterampilan tenis meja 58%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Sport Education Model dan fair play game dan dengan pendekatan tradisional dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain tenis meja.
PENGARUH SMALL SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA BERDASARKAN TINGKAT MOTOR EDUCABILITY Rahmat Ambri Kristianto; Tite Juliantine; Nuryadi Nuryadi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18447

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bermain sepakbola dikalangan usia 13 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Small Sided Games pada siswa yang memiliki motor educability tinggi dan motor educability rendah terhadap hasil keterampilan bermain sepakbola siswa akademi Inspire FC. Metode penelitian ini menggunakan desain factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruhsiswa akademi Inspire fc usia 13 tahun yang aktif berlatih. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Performance Evaluation Tool (GPET).Hasil penelitian menunjukkan bahwa . 1) Terdapatperbedaan pengaruh keterampilan bermain sepakbola berdasarkan tingkat Motor Educability;2) Terdapat pengaruh latihan SSG dengan latihan Coerver pada kelompok tingkat ME tinggi terhadap keterampilan bermain sepakbola;3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh latihan SSG dengan Coerver pada kelompok tingkat ME rendah terhadap keterampilan bermain sepakbola.
PERAN SARANA PRASARANA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN Badaruddin Badaruddin; Muhammad Rusli
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18462

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di Kabupaten Wakatobi, populasi dan sampel adalah Guru-Guru pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dengan menggunakan sampel wilayah sebanyak tiga kecamatan dan sebanyak 50 Sekolah Dasar dan sampel obyek sebanyak 58 orang Guru Pendidikan Jasmani dan kesehatan di Sekolah dasar.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan presentase hasil wawancara dan data lapangan atau observasi sesuai data nyata. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan sarana prasarana sebagai media mengajar, peralatan olahraga dan prasarana menunjukkan hasil sebagai berikut :1) Sarana yang digunakan sebagai media pendidikan untuk kegiatan belajar baik teori dan praktik pendidikan jasmani dan kesehatan. Pengadaan sarana prasarana sebagai media mengajar, peralatan Olahraga dan prasarana menunjukkan hasil sebagai berikut :1).Pengadaan sarana sebagai media pendidikan untuk kegiatan belajar baik teori dan praktik pendidikan jasmani dan kesehatan, 2). Pengadaan sarana sebagai media olahraga, untuk kegiatan mengajar praktik olahraga dan kesehatan. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan bahwa Pengadaan sarana prasarana, harus mendapat perhatian sebab kenyataan kegiatan pendidikan kurang dapat berjalan dengan baik dan lancar kerena keterbatasan peralatan yang mendukung.Serta perlu ditunjang oleh kemampuan tenaga pendidik yang lebih profesional dan memahami materi yang akan diajarkan, sebab masih banyak tenaga pendidik yang tidak sesuai dengan bidang kompetensinya.
MODEL LATIHAN ENDURANCE BERBASIS JURUS TUNGGAL TANGAN KOSONG PENCAK SILAT UNTUK ATLET PEMULA Hidayatullah Hidayatullah; James Tangkudung; Junaidi Junaidi
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan enduranceberbasis jurus tunggal tangan kosong pencak silat untuk atlet pemula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Researh and Development (RnD) dengan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 60 siswa. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0.05. analisi data diperoleh nilai rata-rata endurance sebelum diberikan model latihan adalah 16.2402 dan setelah diberikan perlakuan dengan model latihan 14.8740. uji signifikansi perbedaan dengan SPSS dapat hasil t-hitung  = 6.323, df = 59 dan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan taraf signifikansi 0.05 maka H0 ditolak.
PENGARUH LATIHAN LADDER DRILL TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN KOMUNITASTENIS LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Ratno, Puji; Simanjuntak, Lasni
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Ladder drill terhadap peningkatan kelincahan Komunitas Tenis Universitas Negeri Medan 2019 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan motede eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 12 orang ditetapkan berdasarkan purposive sampling. Data diambil melalui tes planned agility tes.Berdasarkan hasil pengukuran kelincahan pada kelompok eksperimen ( yang diberi latihan ladder drill ) mengalami peningkatan kelincahan dari pre-tes ke post-test yaitu dari rata – rata 37,31 pada saat saat pre-test menjadi 32,30 pada saat post-test. Sedangkan pada kelompok kontrol (yang diberi latihan rutin) mengalami peningkatan kelincahan dari pre-tes ke post-test yaitu dari rata – rata 37,46 pada saat saat pre-test menjadi 34,24 pada saat post-test. Peningkatan pada latihan ladder drill sebesar 5,01 sementara peningkatan pada kelompok latihan rutin adalah 3,22. Hal tersebut menunjukkan bahwa latihan ladder drill dan latihan rutin memiliki pengaruh terhadap peningkatan kelincahan komunitas tenis Universitas Negeri Medan dan latihan ladder drill memiliki pengaruh yang lebih signifikan daripada latihan rutin. Penelitian ini dapat bermanfaat baik bagi para atlet tenis, pelatih dan masyarakat umum.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN AIR DI SDN CIPINANG CIMPEDAK 05 PAGI JAKARTA TIMUR Bharetto Abdul Harry; Sudradjat Wiradihardja; Sri Nuraini
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD Kelas IV, (2) menentukan efektivitas pengembangan model pembelajaran dengan desain yang dikemukakan oleh Bord&Gall melalui empat tahap yaitu (1) tahap identifikasi dan analisis kebutuhan, (2) tahap pengembangan desain dan draf model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV, (3) tahap pengujian (tinjauan ujicoba dan ahli ), dan (4) implementasi model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV yang terdiri dari 27 permainan. Menurut para ahli permainan, renang dan ujicoba, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV adalah efektif untuk meningkatkan tekhnik berenang siswa SD kelas IV.
SPORT EMOTION LEVEL ATLET PADA OLAHRAGA PERORANGAN DAN BEREGU KASUS PADA PORDA XII TAHUN 2019 KABUPATEN BOGOR Finaldhi Palgunadhi; Komarudin Komarudin
JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN Vol 19, No 1 (2020): JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jik.v19i1.18453

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tingkat perbedaan sport emotion level atlet antara olahraga perorangan dan olahraga beregu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal komparatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 Atlet PORDA Jawa Barat yang dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 30 atlet untuk olahraga perorangan (27 atlet squash, 3 atlet bulutangkis), dan 30 atlet olahraga beregu (18 atlet voli, 12 atlet basket). Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa Sport Emotion Questionnaire (SEQ) yang dikembangkan oleh Jones, et al. (2005). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sport emotion dalam hal anxiety, dejection, dan anger antara olahraga perorangan dan olahraga beregu, sedangkan pada excitement dan happiness tidak menunjukkan perbedaan antara olahraga perorangan dan olahraga beregu.

Page 1 of 2 | Total Record : 17