cover
Contact Name
Rafael Lisinus Ginting
Contact Email
rafaelginting@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
psikologikonseling23@unimed.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Psikologi Konseling: Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling
ISSN : 20858086     EISSN : 25027190     DOI : https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2
Core Subject : Education,
Jurnal PSIKOLOGI KONSELING diterbitkan oleh Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian. Jurnal PSIKOLOGI KONSELING merupakan wadah bagi peneliti, staf pengajar (dosen dan guru pembimbing/Konselor) dan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengembangkan khasanah keilmuan dalam bidang Psikologi dan Konseling serta ilmu-ilmu yang berkaitan. Adapun artikel yang diterbitkan pada jurnal ini adalah hasil penelitian yang fokus pada masalah persepsi, sikap, kognisi, dan perilaku manusia terutama dalam dunia pendidikan. Hal lainnya adalah penelitan pengembangan baik instrumen, program BK, bahan atau materi bimbingan, strategi atau teknik BK, model BK, media BK dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kajian keilmuan bimbingan dan konseling.
Articles 212 Documents
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Bk Se-Kota Medan Hariaty Nababan; Drs. Edidon Hutasuhut, M.Pd
PSIKOLOGI KONSELING Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v9i2.5286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru BK se-Kota Medan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru BK se-kota Medan yang berjumlah 111 orang, yang terdiri dari 21 sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 22 orang yang diambil dengan teknik area sampling. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah berupa angket. Untuk menganalisis data digunakan statistik Uji-t.  Berdasarkan hasil perhitungan pada taraf signifikansi 95% dan alpha 5% dan jumlah sampel sebanyak 22 orang rhitung = 0,560 sementara r tabel = 0,423 ; thitung = 3,023 sementara ttabel = 1,72 karena rhitung (0,560) > rtabel (0,423) ; thitung (3,023) > ttabel (1,72), maka hipotesis penelitian yang menyatakan : “Ada pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru BK Se-Kota Medan” dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru BK
Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru BK SMA Kota Medan Edidon Hutasuhut; La Hanu La Hanu
PSIKOLOGI KONSELING Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v12i1.12184

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru BK, pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru BK. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah guru BK SMA di Kota Medan yang berjumlah 238 orang dari 202 sekolah. Sampel penelitian menggunakan tabel morgan. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru BK sebesar 0,168. Pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru BK sebesar 0,371. Dengan demikian, dapat  dijelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru BK diperlukan efektifitas budaya organisasi, kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kemampuan manajemen kepala sekolah, dan juga kinerja guru BK .Kata Kunci:  Budaya Organisasi; Kepemimpinan Transformasional; Kinerja Guru BK
Implementasi Program Parents Course untuk Meningkatkan Pemahaman Orang Tua tentang Auditory Verbal Therapy (AVT) bagi Anak dengan Hambatan Pendengaran di Yayasan Aurica Surabaya Ana Rafikayati
PSIKOLOGI KONSELING Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v8i1.5227

Abstract

Auditory Verbal Therapy (AVT) is a family based rehabilitation approach of hearing. Families, especially parents become the main persons who takes responsibility in child's language development. This study aimed to describe the implementation parents course program to improve the understanding of Auditory Verbal Therapy (AVT) for parents of children with hearing impairment in Aurica Foundation Surabaya. This research used descriptive qualitative research. Research’s subject in this research are the AVT therapists of Aurica foundation, audiologists and parents of children with hearing impairment. Data collection used interviews, observation and documentation techniques. Data analysis used flow analysis of Miles Huberman covering steps of data reduction, data display and verification. The results of this research is known that the implementation of parents course program course to improve the understanding of AVT for parents of children with hearing impairment in Aurica Foundation Surabaya is covering the planning, implementation and evaluation. In planning stage, the trainer analyzed needs of the knowledge AVT. Parents course consists of 4 stages: stage I, II, III, and IV. The program starts from the easy material to complex. The implementation of the parents course program is done in 4 phases. The technique used during training are presentation, discussions and demonstrations. Program evaluation of parents course done by a comparative pre-test and post-test design.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI KONSELING EKLEKTIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SUPERHERO PADA SISWA KELAS VIII-6 SMP NEGERI 5 SIBOLGA Elistiani Tambunan
PSIKOLOGI KONSELING Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v11i2.9637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sibolga sebelum dan sesudah dilakukan konseling eklektik dengan menggunakan media superhero. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sibolga tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel yang diambil adalah satu kelas dan dilakukan konseling eklektik dengan menggunakan media superhero. Instrumen yang digunakan adalah tes minat belajar dalam bentuk angket.  Dari hasil analisis data diperoleh hasil rata-rata pretes sebesar 62,75 setelah dilakukan tindakan diperoleh hasil siklus I sebesar 75,75 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa melalui konseling eklektik dengan menggunakan media superhero di kelas VIII SMP Negeri 5 Sibolga.
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Andy Chandra
PSIKOLOGI KONSELING Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v10i1.9628

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area dengan jumlah sampel 79 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar, dimana rxy = 0,555; p = 0,000 ( p < 0,050 ). Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area memiliki kecerdasan emosional yang tergolong tinggi, sebab nilai rata-rata empirik 97,354 selisihnya dengan nilai rata-rata hipotetik 77,5 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 8,184, sedangkan motivasi belajar mahasiswa tergolong tinggi sebab nilai rata-rata empirik 135,658 selisihnya dengan nilai rata-rata hipotetik 110 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 11,613.
Pengaruh Layanan Penguasaan Konten (Pembelajaran) Dalam Mengatasi Siswa Yang Kurang Minat Belajar Kelas VIII SMPN 1 P.S Tuan Tahun Ajaran 2014/2015 Happy Purba
PSIKOLOGI KONSELING Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v9i2.5338

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015, sedangkan subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan terdiri dari 4 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah 38 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen, dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang kurang minat belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket instrumen yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan penguasaan konten (pembelajaran). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelaksanaan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar pada kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini memberi makna bahwa melalui pemberian layanan penguasaan konten (pembelajaran), kurang minat belajar yang dialami siswa dapat teratasi atau dicari solusinya sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan memiliki prestasi yang baik. Kesimpulan ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 21.8481 > 2.04 pada taraf signifikan 5 % dan hasil angket sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata skor kurang minat belajar siswa sebesar 81.1578 dan setelah diberikan layanan penguasaan konten selama 4 kali pertemuan diketahui rata-rata peroleh skor sebesar 49.6842.
HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERSION DENGAN PERILAKU ASERTIF MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA Fatma Kurnia Sari; Lobby Loekmono; Setyorini Setyorini
PSIKOLOGI KONSELING Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v13i2.12193

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan antara tipe kepribadian ekstroversion dengan perilaku asertif mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Satya Wacana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 99 orang mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Satya Wacana. Alat ukur yang digunakan yaitu Rathus Assertive Schedule dan Eysenck Personality Inventory. Hasil analisis korelasi teknik analisis Kendall Tau menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian ekstroversion dengan perilaku asertif mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Satya Wacana, dengan nilai sig = 0,005 (p<0,05) dan koefisien korelasi rxy = 0,207 yang artinya bahwa ada hubungan yang signifikan dengan arah positif antara variabel tipe kepribadian ekstroversion dengan variabel perilaku asertif mahasiswa BK UKSW. Artinya apabila skor tipe kepribadian ekstroversion naik, maka skor perilaku asertif juga naik, dan sebaliknya apabila skor tipe kepribadian ekstroversion turun, maka skor perilaku asertif juga turun.Kata Kunci: Perilaku Asertif, Tipe Kepribadian Ekstroversion
Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura Ambon Neleke Huliselan, S.Psi, M.Pd
PSIKOLOGI KONSELING Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v8i1.5234

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, desain non-equivalent pretest-posttest control group.Populasi penelitian adalah 71 orang mahasiswa angkatan 2013. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Pattimura Ambon.Sampel penelitian adalah 28 mahasiswa yang berada pada tingkat kemampuan penyesuaian diri dengan kategori sedang.Alat pengumpulan data berupa instrumen kemampuan penyesuaian diri.Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan penyesuaian diri peserta didik secara umum berada pada kategori tinggi; (2) bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa.
LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BAUBAU Wa Ode Husniah; Tuti Seliarti
PSIKOLOGI KONSELING Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v12i1.12180

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji efektifitas layanan konseling kelompok melalui tehnik latihan asertif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Baubau, menggunakan teknik sampel random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi uji t independent (independent sample t test). Penelitian ini menghasilkan : 1) Gambaran kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 12 Baubau secara umum berada pada kategori sedang; 2) Kepercayaan diri  siswa mengalami peningkatan yang positif setelah diberikan teknik latihan asertif; 3) pelaksanaan tehnik latihan asertif yang diberikan terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.Kata kunci: Konseling Kelompok; Latihan Asertif; Kepercayaan Diri Siswa
Hubungan Antara Kompensasi dengan Loyalitas Kerja Karyawan di PT. Perkebunan Nusantara II Kebun Sei Musam Ayudia Poppy Sesilia; Azhar Aziz; Syafrizaldi Syafrizaldi
PSIKOLOGI KONSELING Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Psikologi Konseling
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/konseling.v7i2.5118

Abstract

Loyalitas kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kompensasi. PT. Perkebunan Nusantara II kebun Sei Musam adalah sebuah perusahaan milik pemerintah yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit sehingga membutuhkan karyawan yang memiliki sikap loyalitas yang tinggi. Dengan loyalitas yang tinggi diharapkan karyawan mampu bekerja dengan baik dan setia sampai masa pensiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompensasi dengan loyalitas kerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara II kebun Sei Musam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 78 orang karyawan PT. Perkebunan Nusantara II kebun Sei Musam. Hasil penelitian ini menunjukkan = 0,427 dengan tingkat signifikansi 0,000, yang berarti p < 0,050, artinya bahwa variabel kompensasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas kerja karyawan. R square sebesar 0.182, yang artinya 18,2% variabel loyalitas kerja dipengaruhi oleh kompensasi dan sisanya sebesar 81,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil lain nya adalahloyalitas kerja karyawan tergolong rendah dilihat dari mean hipotetik 105 > mean empirik 80,27 dan kompensasi yang diberikan perusahaan juga tergolong kecil, dilihat dari mean hipotetik 95 > mean empirik 78,79.

Page 1 of 22 | Total Record : 212