cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
hariefamily@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Ruhama : Islamic Education Journal
ISSN : 26152304     EISSN : 26548437     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Ruhama : Islamic Education Journal PROGRAM PASCASARJANA UMSB, ISSN : 2615-2304, ESSN :2654-8437 merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Program Pascasarjana UMSB.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018" : 5 Documents clear
KONTRIBUSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN VII KOTO PADANG SAGO KABUPATEN PADANG PARIAMAN Fatimah Fatimah
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v1i2.943

Abstract

This study aims to describe the contribution of the School Committee as a consideration, support, controller, and liaison in improving the quality of PAI at MTsN VII Koto Padang Sago. This study uses a descriptive qualitative approach. Sources of research data include: School Committee, Head and Deputy Head and teacher assembly of MTsN VII Koto Padang Sago. Data collection techniques used include observation, questionnaire and documentation study. Data analysis uses inductive analysis. The results of this study indicate that the contribution of the School Committee as a consideration, controller and liaison has been good, while the School Committee's contribution as a supporter is considered sufficient. For this reason, the School Committee is expected to improve understanding of its duties and roles and improve coordination between the committee members.
PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK TINGGAL KELAS (Studi Kasus di MTsN 10 Pesisir Selatan) leni marlini
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v1i2.1003

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik tinggal kelas di kelas VIII MTsN 10 Pesisir Selatan. Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah adalah “Bagaimana problematika peserta didik tinggal kelas di MTsN 10 Pesisir. Batasan masalahnya adalah probelmatika peserta didik tinggal kelas dari segu guru, segi peserta didik itu sendiri, segi sarana dan prasarana sekolah dan keluarga.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika peserta didik tinggal kelas dari segi guru, segi peserta didik itu sendiri, segi sarana dan prasarana dan keluarga.Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Field Research yang bersifat Deskriptif yaitu menggambarkan penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan dengan menghubungkan berbagai objek sesuai dengan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik tinggal kelas,  guru, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana MTsN 10 Pesisir Selatan,  dan orangtua peserta didik tinggal kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Menganalisa data, penulis lakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian (display) data dan verifikasi data. Kemudian, untuk memperoleh keabsahan data penulis melakukan kegiatan triangulasi.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa, problematika peserta didik tinggal kelas dari segi guru adalah a) guru belum maksimal menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran. b) Kadang-kadang guru memperlihatkan sikap dan kepribadian kurang baik dalam hal bertutur kata karena situasi dan kondisi peserta didik tinggal kelas. c) Interaksi guru dengan peserta didik kurang maksimal karena peserta didik yang pasif. d) Motivasi guru terhadap peserta didik kurang mampu membuat peserta didik mengubah sikap dan tingkah lakunya e). Guru juga menanamkan nilai-nilai dan sikap baik terhadap peserta didik, namun kurang mampu diteladani oleh peserta didik tinggal kelas.. Problematika dari segi peserta didik itu sendiri adalah kurangnya memahami materi pelajaran, sikap peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas kurang baik, dan kurangnya minat dan perhatian belajar peserta didik. Problematika dari segi sarana dan prasarana adalah media pembelajaran kurang lengkap, kurangnya kemampuan guru untuk menggunakan media teknologi sebagai media pembelajaran, dan lingkungan sekolah yang memberikan peluang bagi peserta didik keluar dari sekolah. Problematika dari segi keluarga adalah kurangnya peran orang tua terhadap belajar anak di rumah, kondisi ekonomi keluarga yang kurang mendukung, suasana rumah kurang baik, dan kurangnya peduli dan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah.
ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI STANDAR KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI SUMATERA BARAT sakban sakban
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v1i2.957

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian implementasi kebijakan standar kompetensi manajerial kepala Madrasah Aliyah Negeri di Privinsi Sumatera Barat. .Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma keilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam khususnya kajian perilaku manajerial kepala madrasah.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data juga dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Sumatera Barat dengan jabaran subjek penelitian (1) Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang, (2) Madrasah Aliyah Negeri Padusunan, (3) Madrasah Aliyah Negeri Lembah Melintang.Hasil penelitianini: 1) Hasil Implementasi kebijakan Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang sudah dilaksanakan secara optimal. Hasil Implementasi Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri Padusunan belum dilaksanakan secara optimal. Hasil Implementasi Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri Lembah Melintang belum dilaksanakan secara optimal. Implikasinya adalah kepala madrasah dituntut untuk senantiasa melakukan peningkatan kompetensi manajerial yang dimilikinya secara terus menerus dengan cara mengikuti workshop, pelatihan, seminar-seminar dan lain-lain, sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara optimal.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KISAH NABI MUSA AS DAN BANI ISRAIL DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 67-74 indra padri
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v1i2.990

Abstract

Abstrakpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan akidah, ibadah dan akhlak dalam surat al-Baqarah ayat 67-74. Penelitian ini menggunakan riset pustaka (library research). Sumber data primer meliputi: al-Quran al-Karim dan kitab-kitab tafsir, sementara sumber data sekunder berupa buku-buku jurnal dan artikel-artikel yang relevan. Nilai-nilai pendidikan akidah dalam surat al-Baqarah ayat 67-74 adalah menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya pelindung, meyakini bahwa Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, dan meyakini bahwa Allah SWT mampu melakukan segala sesuatu, tidak terkecuali menghidupkan orang yang telah mati.Nilai-nilai pendidikan ibadah seperti berdoa memohon sesuatu kepada Allah SWT, membaca zikir dan kalimat thayyibah seperti insya Allah, dan menyembelih hewan sebagai wujud pengabdian kepada Allah SWT.Nilai-nilai pendidikan akhlak meliputi menjauhi perbuatan orang-orang jahil, mengerjakan dengan segera apa yang diperintahkan, tidak banyak bertanya jika hanya menambah berat pekerjaan, tidak saling menuduh jika tidak ada bukti kuat, tidak keras hati, takut kepada Allah SWT, dan mengucapkan insya Allah.NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KISAH NABI MUSA ASDAN BANI ISRAIL DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 67-74
PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP SIKAP DAN SIFAT PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PADANG ilham ilham
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v1i2.946

Abstract

Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di sekolah sudah berjalan lama, namun pengaruhnya terhadap perbaikan prilaku dan kepribadian peserta didik masih jauh dari apa yang diharapkan terutama terkait sikap dan sifat peserta didik yang masih terlihat tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang peserta didik. Hasil pengamatan lapangan dari objek penelitian yaitu SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3, sikap dan sifat peserta didiknya terlihat tidak disiplin, melanggar aturan sekolah, berkata tidak baik kepada sesama teman, tidak hormat kepada guru, membuang sampah tidak pada tempatnya serta terlibat dalam tauran antar sekolah, untuk itu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diharapkan dapat menjadi solusi dalam pembentukan sikap dan sifat peserta didik di sekolah. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5