cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
hariefamily@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Ruhama : Islamic Education Journal
ISSN : 26152304     EISSN : 26548437     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Ruhama : Islamic Education Journal PROGRAM PASCASARJANA UMSB, ISSN : 2615-2304, ESSN :2654-8437 merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Program Pascasarjana UMSB.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020" : 5 Documents clear
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR: ANALISIS TERHADAP KOMPETENSI GURU, STRATEGI DAN KUALITAS HASIL Hotmaida Hotmaida; Mahyudin Ritonga; Mursal Mursal
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v3i2.2221

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada berbagai jenjang pendidikan masih dihadapkan pada problem terutama dari aspek kualitas hasil pembelajaran, penelitian ini akan menggambarkan kompetensi guru PAI, strategi pembelajaran yang digunakan serta kualitas hasil pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Untuk mencapai tujuan penelitian yang disebutkan di atas, dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, sumber data terdiri dari kepala sekolah, pengawas dan beberapa orang siswa yang dipilih secara snowball. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi guru PAI di SD Negeri 13 Seberang Padang mencakup kompetensi professional, kepribadian. Sementara strategi yang digunakannya dalam mengajarkan pendidikan agama Islam sangat bervariasi, adapun kualitas hasil pembelajaran PAI di SD Negeri 13 Seberang Padang dapat dilihat dari prestasi yang dimiliki oleh peserta didik bidang pendidikan agama Islam. Kata Kunci sertifikasi; Pendidikan Agama Islam; guru, siswa
INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK Khairil Nasrul; Aguswan Rasyid; Syaflin Halim
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v3i2.2222

Abstract

Pengembangan diri dan kemampuan peserta didik dapat ditempuh melalui berbagai kegiatan, baik yang bersifat intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Penelitian ini berusaha untuk menemukan nilai-nilai karakter yang terdapat pada ekstrakurikuler serta pengembangan diri seperti apa yang dapat ditemukan dalam kegiatan yang bersifat ekstrakurikulum. Untuk ketercapaian tujuan yang dimaksud, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, adapun metode pengumpulan data ialah penulis menggunakan observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data penelitian diketahui bahwa beberapa bentuk iternalisasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam program ekstrakurikuler ialah dapat dilihat dari nnilai karakter yang terdapat pada kegiatan tahfizd, nasyid, rebana, sanggar kaligrafi, dan program babalik ka surau. Selain adanya nilai-nilai karakter, pada kegiatan ekstrakurikuler juga terdapat upaya pengembangan diri yang membina keterampilan siswa untuk kehidupan mereka di masyarakat serta organisasi.
KONTESTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA ORDE BARU DAN REFORMASI Lukis Alam
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v3i2.2223

Abstract

Kebijakan pendidikan yang dibuat pemerintah Orde Baru terkesan menanaktirikan dan hampir saja mengisolasi kepentingan pendidikan Islam. Sejalan dengan itu umat Islam dirasa memiliki kepentingan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah pendidikan. Secara global, era awal Orde Baru hanya melanjutkan dan memperkuat kebijakan Orde Lama. Dalam pada itu, Orde Baru melihat pendidikan Islam sebagai sesuatu yang terpisah dari sistem pendidikan nasional sehingga cenderung tidak memberikan ruang gerak yang luas dan menjadi alat kepentingan penguasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada analisa kebijakan, dengan objek kajian pada kebijakan pendidikan Islam era Orde Baru dan Reformasi, dengan pendekatan kajian kepustakaan. Sedangkan teknik analisa menggunakan metode konten analisis, sehingga saya mengupayakan seleksi sumber kepustakaan yang berisi teks dan tulisan yang dijadikan sumber dalam rangka menarik kesimpulan mengenai kebijakan pendidikan Islam Orde Baru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana kebijakan dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan kebijakan pendidikan Islam era Orde Baru. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kebijakan-kebijakan pendidikan Islam Orde Baru dipengaruhi oleh kepentingan politik, di samping itu juga adanya pengaruh dari modernisasi pendidikan Islam dan kecenderungan dikotomik pendidikan Islam itu sendiri. Oleh karena itu, dalam konteks apapun, penguasa memiliki kekuatan dan pengaruh luar biasa dalam menentukan segalam macam kebijakan, termasuk pendidikan Islam. Penguasa dapat membuat kebijakan model apapun tanpa harus berdiskusi dengan pihak lain dan bila hal itu benar menurut pandangannya sendiri, maka kebijakan yang telah dibuat dapat diputuskan dengan cepat. Kata Kunci Pendidikan Islam; Orde Baru; Kepentingan
KONTRIBUSI KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Agus Salim; Ahmad Lahmi; Aguswan Rasyid
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v3i2.2219

Abstract

Tingkat motivasi peserta didik tidak jarang dipengaruhi oleh bagaimana kompetensi pendidik menyampaikan materi pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengukur besaran kontribusi kompetensi profesionalime yang dimiliki guru terhadap peningkatan motivasi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengambilan sampel adalah total sampel, teknik analisis data menggunakan dilakukan melalui berbagai uji dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian adalah kompetensi profesionalisme guru memberikan kontribusi berdasarkan adjusted R square sebesar 0.510 hal ini berarti 51% dari variabel peningkatan motivasi belajar siswa di MIN 2 Pasaman Barat dipengaruhi oleh variabel konstribusi kompetensi profesionalisme guru, adapun 49 % lainnya dipengaruhi oleh aspek lain di luar cakupan penelitian
PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH Harmen Harianto; Ahmad Lahmi; Wedy Nasrul
Ruhama : Islamic Education Journal Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Program Pascasarjana UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ruhama.v3i2.2220

Abstract

Hasil belajar bidang fiqih banyak dipengaruhi oleh berbagai aspek, seperti halnya motivasi siswa dalam mendalami ajaran agama yang dianutnya baik untuk kebutuhan bermasyarakat maupun pribadinya, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh dari penghasilan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran bidang Fiqih. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif, populasi penelitian berjumlah 177 orang, dari total populasi tersebut peneliti mengambil sampel sebanyak 123 orang. Data peelitian menunjukkan bahwa penghasilan orang tua mempengaruhi hasil belajar peserta didik sebesar 55%, sementara variable X2 yakni motivasi mempengaruhi sebesar 45%, dari hasil analisis diketahui bahwa X1 dan X2 sama-sama memberikan pengaruh terhadap Y (hasil belajar bidang fiqih).

Page 1 of 1 | Total Record : 5