cover
Contact Name
Tri Lestariningsih
Contact Email
trilestariningsih@pnm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jeecae@pnm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)
ISSN : 25410288     EISSN : 25280708     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) is a periodical scientific journal containing the work of researchers, lecturers, and practitioners on the study of thepower system in electrical engineering, electronics and control engineering, mechanical engineering and automotive. The journal is published by the engineering department of State Polytechnic of Madiun (PNM) with the aim of collecting the innovative works from authors, publish new ideas and innovation. The discussion on JEECAE focuses on analysis, implementation, and development of engineering science that benefit the society.
Arjuna Subject : -
Articles 131 Documents
Studi Numerik Pengaruh Radial Distance Rectangular Obstacle Pada Tube Banks Fin Heat Exchanger Terhadap Karakteristik Aliran dan Perpindahan Panas Romandoni, Nanang; Faizin, Kholis Nur
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 2, No 1 (2017): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.389 KB)

Abstract

Tube banks fin heat exchanger merupakan alat yang diaplikasikan untuk mentransfer panas dari liquid-to-air atau refrigerant-to-air. Peningkatan heat transfer dalam alat ini terus dikembangkan yaitu menggunakan obstacle. Penggunaan obstacle selain meningkatkan heat transfer juga berkorelasi dalam peningkatan pressure drop. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengoptimalkan penggunaan obstacle.Analisa numerik secara 2-D dilakukan untuk memperoleh karakteristik aliran dan perpindahan panas pada tube banks fin heat exchanger tersusun staggered yang menggunakan rectangular obstacle. Dalam penelitian ini, kombinasi antara circumferential angle (α) dan radial distance (Rl) dari obstacle dievaluasi secara numerik menggunakan CFD code Fluent. Variasi dilakukan pada α=300 dan Rl/D=0,66-0,90 dengan ReD=4000.Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan rectangular obstacle dengan konfigurasi common flow down pada tube mampu meningkatkan local Nusselt number dan velocity dipermukaan tube. Untuk radial distance, menunjukkan bahwa semakin kecil radial distance, area wake region dibelakang tube semakin berkurang sehingga local Nusselt number dan velocity semakin meningkat. Akan tetapi, penggunaan variasi circumferential angle dan radial distance dari rectangular obstacle secara keseluruhan berkontribusi dalam peningkatan pressure drop. Hasil evaluasi performa menunjukkan bahwa kombinasi yang relevan untuk rectangular obstacle diperoleh pada circumferential angle 300 dan radial distance 0.66.
Pengaruh Penggunaan Panas Gas Hasil Pembakaran Terhadap Penguraian Gas CO (Karbon Monoksida) Menjadi C (Karbon) dan O2 (Oksigen) pada Asap Knalpot Sepeda Motor dengan Adsorben Zeolit Majedi, Farid
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 1, No 1 (2016): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.512 KB)

Abstract

Zat beracun seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), oksida nitrogen (Nox), sulfur oksida (SOx), zat debu timbal (Pb), dan partikulat. Untuk mengurangi kadar CO dari asap knalpot menjadi unsur yang tidak beracun. Untuk mengurangi emisi gas buang CO, maka dibuat alat yang menggunakan panas gas buang yang berfungsi untuk memecah molekul CO(g) menjadi C(s) + O2(g), sehingga dengan alat re-heater ini diharapkan bisa mengurangi unsur emisi gas buang CO. Dari hasil pengujian, prosentase CO mengalami penurunan hingga 30 - 75%,  prosentase HC mengalami penurunan hingga 40 - 65%, presentase CO2 mengalami peningkatan hingga 11 - 12%, dengan menggunakan tambahan modifikasi re-heater dan re-heater + Zeolit.Kata kunci— Reduksi Emisi gas buang, motor, zeolit
Perancangan Prototype Mesin listrik AC Dinamis dan Statis Dengan Pemodelan Rangkaian Ekivalen (Pengaruh Nilai Parameter L Terhadap ηmax dan Regulation Transformator ) Abidin, Zainal; Adam, Adam; Suhardiman, Suhardiman
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 4, No 1 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.786 KB)

Abstract

Kondisi ideal transformator tidak mengalami rugi-rugi, karena perbandingan kumparan merupakan perbandingan tegangan dan secara praktek, daya masuk trafo tidak sama dengan daya keluaran, karena terjadi rugi-rugi inti besi dan kumparan. Transformator dapat dimodelkan dengan rangkaian ekivalen, nilai parameter didapat dengan melakukan uji rangkaian tanpa beban dan uji rangkaian hubung singkat. Drop tegangan parameter Rc dan Xm uji rangkaian tanpa beban sebesar 13,8 V.dan 17,2 V, dan uji hubung singkat, diabaikan, karena tegangan yang terukur merupakan tegangan di Zeq. Parameter L meningkat di uji hubung singkat, secara bertahap tegangan primer diturunkan dari 16 V , 14 V, 12 V, dengan nilai L berturut-turut sebesar 4,9315 mH, 13,6148 mH dan 53,7771 mH. Efesiensi dan regulation trafo turun akibat tegangan primer turun, terjadi perpotongan Efisiensi (4,6 kVA) dan regulation (4,5%) saat tegangan primer 195V. Pengujian tanpa beban, daya Poc dan Psc menurun, tegangan primer 190V terjadi titik pertemuan dengan nila L = 0,0152 mH dan pengujian hubung singkat pada tegangan 14 V dengan nilai L =  13,6148 mH
Analisis Simulasi Power System Stabilizers (PSS) pada Single Machine Damping System Haryo, R.Jasa Kusumo; Sukamto, Sukamto
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 1, No 1 (2016): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.397 KB)

Abstract

Untuk menyuplai kebutuhan energi listrik dibutuhkan kemampuan pada sistem pembangkit yang dapat dihandalkan, hal ini berpengaruh pada kualitas daya listrik yang disalurkan kepada konsumen tersebut. Untuk memperoleh daya listrik yang berkualitas dibutuhkan pengaturan sistem pada sisi pembangkit yang efektif dan efisien. Maka dari itu perlu dilakukan pengaturan desain pada pembangkit yang dalam hal ini generator pembangkit sehingga didapatkan generator yang benar-benar baik dan dapat dihandalkan kualitasnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka dilakukan simulasi pada sisi generator sebagai wujud perkembangan teknologi yang pada akhirnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pada sistem tenaga listrik akan lebih mudah dalam mendesain dan memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan.
Studi Eksperimental Karakterisasi Elemen Termoelektrik Peltier Tipe TEC Agus Salim, Alfi Tranggono; indarto, Bahtera
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 1 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32486/jeecae.v3i1.211

Abstract

Konsep efek peltier adalah  arus listrik searah yang melalui sambungan dua bahan termoelektrik dapat menghasilkan perbedaan temperatur di ujung sambungan. Elemen termoelektrik berfungsi sebagai alat pengkonversi listrik menjadi thermal/panas yang menggunakan konsep hukum peltier, dikenal dengan termoelektrik tipe TEC (termoelektrik cooler)Studi eksperimental dilakukan untuk mengetahui karakteristik termoelektrik TEC pada keterbalikan fungsi, dengan Pengujian memanaskan dan mendinginkan pada setiap sisi elemen termoelektrik tipe TEC, dilakukan untuk memperoleh nilai tegangan dan arus listrik dengan pembebanan menggunakan resistor sehingga diketahui karakteristik elemen tersebut.Dan telah dilakukan karakterisasi thermoelektrik tipe TEC untuk mengetahui daya  yang dapat diberikan pada beban. Pemanasan elemen thermoelektrik antara suhu 34,5°C  disatu sisi serta 135°C disisi lainnya. Diperoleh  daya sebesar 0.008501W, tegangan sebesar 1.12V, serta arus sebesar 0.00759A. Disimpulkan elemen thermoelektrik tipe TEC yang memiliki fungsi sebagai pendingin secara umum, dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga panas secara langsung.
Modifikasi Transmisi dan Final Gear pada Mobil Prototype “Ronggo Jumeno” Wahyudi, Noorsakti; Puspitasari, Indah
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 2, No 2 (2017): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.284 KB)

Abstract

Dengan diselenggarakannya event Kontes Mobil Hemat Energi menjadi dasar mobil Prototype Ronggo Jumeno dibuat. Dalam kendaraan tersebut penyusun memodifikasi transmisi dan final gear yang dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi transmisi dan final gear terhadap konsumsi bahan bakar. Dalam proses modifikasi transmisi dan final gear, dimana pada bagian transmisi dirubah rasio perbandingan gigi pada gigi kecepatan satu dan mengurangi lebar roda gigi 1, 2 dan 3. Pada final gear dimodifikasi dengan merubah perbandingan gigi nya dan disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Ronggo Jumeno.  Pengujian dilakukan secara dinamis. Parameter yang diuji adalah konsumsi bahan bakar. Hasil dari pengujian secara dinamis dengan cara menjalankan kendaraan di jalan raya dengan jarak 1230 meter dengan bahan bakar 10 ml dengan variabel kontrol 40 ml dan kecepatan yang bervariasi, hasil yang dicapai ialah pada kecepatan 0 - 20 km/jam konsumsi bahan bakar 8 ml menempuh jarak 1230 m dengan waktu 212 detik, kecepatan 20 – 30 km/jam konsumsi bahan bakar 10 ml menempuh jarak 1230 m ditempuh dengan waktu 176 detik, kecepatan 30 - 40 km/jam konsumsi bahan bakar 10,6 ml menempuh jarak 1230 m dengan waktu 146 detik. Dan kecepatan roda dengan perbandingan rasio final gear modifikasi yang dihitung dengan teoritis adalah pada gigi kecepatan 1 dengan kecepatan roda 17,64 km/jam, gigi kecepatan 2 dengan kecepatan roda 33,92 km/jam, gigi kecepatan 3 dengan kecepatan roda 46,90 km/jam.
LED control system with cayenne framework for the Internet of Things (IoT) Artono, Budi; Susanto, Fredy
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 2, No 1 (2017): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.153 KB)

Abstract

Internet (interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung secara global di dalam beberapa rangkaian dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Internet seperti benang-benang maya yang menghubungkan satu dengan yang lain, meneruskan data dan menyampaikan data dari satu titik ke titik lain. Internet tidak lagi hanya untuk menghubungkan antar manusia tapi juga menghubungkan antar benda apapun yang dapat terhubung. Cayenne merupakan salah satu platform IoT (Internet of Things) sekaligus sebagai server yang mampu menyimpan project serta mendukung berbagai jenis mikrokontroler, memiliki interface yang user-friendly dan mempunyai berbagai macam tipe koneksi dalam menghubungkan antara mikrokontroler dengan platform internet. Dalam penelitian ini dikembangkan skema untuk kontrol perangkat elektronik melalui internet dengan berbasis web dan mobile. Pengendalian perangkat elektronik berupa lampu LED menggunakan mikrokontroller arduino uno dengan memanfaatkan platform IoT Cayenne. Hasil dari perancangan adalah sistem kontrol lampu LED yang dapat dikendalikan melalui platform IoT Cayenne. Desain arsitektur dan desain skenario diusulkan sebagai pedoman bagi penelitian selanjutnya.
Analisa Rancang Bangun Alat Pengering Pakaian Otomatis Ardi, Marlius; Amri, Hikmatul
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 4, No 1 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.624 KB)

Abstract

Pemanasan global yang melanda dunia akhir akhir ini menyebabkan perubahan iklim serta musim di seluruh dunia. Salah satu dampak yang terasa adalah perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan kerepotan jika hujan datang tiba tiba. Permasalahan ini sering dialami oleh masyarakat maupun pemilik jasa laundry. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membuat sebuah alat pengering pakaian otomatis berbasis mikrokontroler. Sistem pengeringan bisa menggunakan hembusan udara yang mengandung panas seperti blower, heater dan hair dryer. Pengeringan dibuat dengan sistem otomatis sehingga diperlukan sensor untuk mendeteksi berat pakaian saat dimasukkan dan pakaian kering. Rancang bangun alat pengering pakaian otomatis dilengkapi dengan sensor suhu DS18B20, sensor berat (load cell) dan beberapa rangkaian lainnya seperti: rangkaian power supply, rangkaian push button, rangkaian relay, LCD dan Arduino Uno. Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa waktu pengeringan pakaian dengan berat 1138 gram membutuhkan waktu 200 menit dengan suhu maksimal 40,60C pada saat cuaca cerah sedangkan pada alat pengering pakaian otomatis dengan berat yang sama hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan suhu maksimal 490C.
Decision Support System untuk Pelayanan Gangguan Listrik PelangganDecision Support System untuk Pelayanan Gangguan Listrik Pelanggan Artono, Budi; Atmaja, Ardian Prima; Priyanto, Priyanto
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 1, No 1 (2016): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE)
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.354 KB)

Abstract

Pemilihan dan penentuan jenis gangguan listrik menjadi suatu proses yang sangat dibutuhkan oleh petugas teknik dalam menangani gangguan listrik pada pelanggan PLN. Dalam kasus penentuan jenis gangguan listrik banyak terdapat peluang untuk membuat keputusan yang salah karena proses pemilihan dan penentuan jenis gangguan masih berdasarkan subyektifitas dan pengetahuan dari petugas teknik yang pastinya dari satu petugas dengan petugas yang lain memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Ini memungkinkan bahwa gangguan listrik yang terjadi dengan penanganannya masih belum sesuai dengan stadart operasinal prosedur yang telah ditentukan dan dimungkinkan juga  terjadinya penentuan jenis gangguan yang belum tepat. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan proses perhitungan terhadap seluruh kriteria untuk penentuan dan pemilihan jenis gangguan listrik. Sudah dilakukan diklat dan pelatihan bagi petugas teknik untuk menunjang peningkatan kemampuan petugas dalam menentukan dan menangani gangguan listrik. Decision Support System dibuat untuk dapat membantu petugas teknik dilapangan dalam pemilihan dan penentuan serta dalam menangani gangguan listrik sesuai dengan masing - masing kriteria jenis gangguan listrik PLN.Kata kunci— Gangguan Listrik; Decision Support System; Pelayanan Teknis PT.PLN; Web-based.
Sistem Monitoring Daya Listrik Berbasis IoT (Internet of Thing) Handarly, Dolly; Lianda, Jefri
JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) Vol 3, No 2 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE
Publisher : Politeknik Negeri Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.922 KB)

Abstract

Pengukuran penggunaan daya listrik biasanya dilakukan dengan menggunakan alat ukur sederhana dan pencatatan masih manual sehingga data yang didapat tidak bisa dilakukan setiap saat dan hasilnya terlalu lama untuk didapatkan. Makalah ini membahas sistem monitoring daya listrik berbasis Internet of Thing (IoT) untuk mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan pengukuran energi listrik antara lain daya semu (VA), tegangan (V), dan Arus (A) secara real time yang dapat diakses dari Jaringan Internet. Untuk menghubungkan ke internet alat ini mengguanakan ethernet shield, dan untuk tampilan monitoring di internet menggunakan Ubidot. Sistem monitoring ini dalam 1 menit menghasilkan data sebanyak 60 data, data dimonitoring dalam waktu per detik. Untuk nilai perbandingan antara daya yang terbaca pada tampilan monitoring dengan alat ukur watt meter memiliki tingkat akurasi diatas 90 % dengan persentase error 2,96 – 7,28 %

Page 1 of 14 | Total Record : 131


Filter by Year

2016 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2023): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol. 7 No. 2 (2022): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol. 7 No. 1 (2022): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol. 6 No. 2 (2021): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol 6, No 1 (2021): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE) Vol. 6 No. 1 (2021): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol. 5 No. 2 (2020): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol 5, No 2 (2020): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE) Vol. 5 No. 1 (2020): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol 5, No 1 (2020): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE) Vol 4, No 2 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE) Vol 4, No 1 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol. 4 No. 1 (2019): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol 3, No 2 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol 3, No 2 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE) Vol 3, No 1 (2018): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE) Vol 2, No 2 (2017): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE Vol 2, No 1 (2017): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) Vol 2, No 1 (2017): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) Vol 1, No 1 (2016): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) Vol 1, No 1 (2016): Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) More Issue